alexa-tracking

Jokowi Kesal Banyak PLTS Mangkrak, ESDM: Itu Proyek yang Dulu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570b56881ee5df9d418b4567/jokowi-kesal-banyak-plts-mangkrak-esdm-itu-proyek-yang-dulu
Jokowi Kesal Banyak PLTS Mangkrak, ESDM: Itu Proyek yang Dulu
Jakarta -Saat meresmikan 8 pembangkit listrik dari energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia Timur pekan lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengungkapkan kekesalannya karena banyak pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang mangkrak di berbagai daerah.

PLTS yang dibangun dengan uang rakyat dan diharapkan bisa menjadi solusi untuk melistriki daerah-daerah terpencil, justru jadi proyek buang-buang uang karena tidak dirawat dengan baik, akhirnya sia-sia.

Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mengakui memang banyak PLTS rusak di berbagai daerah. Umumnya PLTS mangkrak tersebut adalah hasil proyek lama, ketika ESDM masih baru 'belajar' membangun PLTS.

"Kita nggak menyangkal bahwa dulu-dulu itu terjadi, tapi kita hidup ini kan belajar. Yang lama-lama jelek, makin ke sini makin bagus," kata Rida, saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Pihaknya mengaku sedang menyiapkan langkah-langkah untuk menata proyek-proyek PLTS supaya tidak jadi proyek buang-buang anggaran. "Saya nggak menyembunyikan, yang penting bagaimana nanti itu diperbaikinya. Ini yang lagi ditata. Jangan kesannya kita pintar bikin proyek, bisa bangun, nggak bisa merawat. Itu akan kita evaluasi," ucapnya.

Sekarang, pembangunan PLTS harus diusulkan oleh pemerintah daerah (pemda) agar sesuai kebutuhan daerah, bukan lagi inisiatif dari pemerintah pusat. Pemda yang mengusulkan juga harus membuat surat pernyataan kesanggupan untuk merawat PLTS. Dengan begitu, diharapkan PLTS di daerah bisa terawat dengan baik.

"Agar sustain, pertama-tama pembangunan PLTS harus diusulkan oleh pemda setempat, artinya mereka butuh, jangan dari kita. Kalau dari kita nanti kesannya itu kemauan pusat. Harus ada kemauan dan kesanggupan bupati untuk memeliharanya. Itu yang kita pegang, semuanya bermaterai. Baru kita bangun," paparnya.

Kementerian ESDM juga menyiapkan teknisi-teknisi andal untuk perawatan PLTS. Lalu ada program 'Patriot Energi', yaitu pengiriman mahasiswa/i ke daerah-daerah untuk membantu pengembangan EBT, termasuk merawat PLTS.

"Tiap tahun kita bangun 100-an unit PLTS. Artinya kita harus didik teknisi untuk 100 lokasi. Kita juga ada patriot energi, mengkondisikan PLTS-nya," cetus Rida.

Masyarakat lokal juga diajak untuk memelihara PLTS. "Masyarakat juga harus terlibat, harus dibangun sense of belonging. Jangan mereka merasa ini barang orang, dikirim dari pusat, rusak atau tidak terserah," tutupnya.
(wdl/wdl)

http://finance.detik.com/read/2016/0...oyek-yang-dulu

32 + 10 tahun yang sia sia

emoticon-Traveller
yang dulu dulu itu jaman mega maksudnya?
dah bisa kalo itu mah............
yang pentung proyek jalan
32 + 10 ::: Jokowi Kesal Banyak PLTS Mangkrak, ESDM: Itu Proyek yang Dulu
Quote:Original Posted By mr.setuju
32 + 10 tahun yang sia sia

emoticon-Traveller

Kalo yang Setelah 32 dan Sebelum 10 gimana gan?
Quote:Original Posted By mr.setuju
Jakarta -Saat meresmikan 8 pembangkit listrik dari energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia Timur pekan lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengungkapkan kekesalannya karena banyak pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang mangkrak di berbagai daerah.

PLTS yang dibangun dengan uang rakyat dan diharapkan bisa menjadi solusi untuk melistriki daerah-daerah terpencil, justru jadi proyek buang-buang uang karena tidak dirawat dengan baik, akhirnya sia-sia.

Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mengakui memang banyak PLTS rusak di berbagai daerah. Umumnya PLTS mangkrak tersebut adalah hasil proyek lama, ketika ESDM masih baru 'belajar' membangun PLTS.

"Kita nggak menyangkal bahwa dulu-dulu itu terjadi, tapi kita hidup ini kan belajar. Yang lama-lama jelek, makin ke sini makin bagus," kata Rida, saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Pihaknya mengaku sedang menyiapkan langkah-langkah untuk menata proyek-proyek PLTS supaya tidak jadi proyek buang-buang anggaran. "Saya nggak menyembunyikan, yang penting bagaimana nanti itu diperbaikinya. Ini yang lagi ditata. Jangan kesannya kita pintar bikin proyek, bisa bangun, nggak bisa merawat. Itu akan kita evaluasi," ucapnya.

Sekarang, pembangunan PLTS harus diusulkan oleh pemerintah daerah (pemda) agar sesuai kebutuhan daerah, bukan lagi inisiatif dari pemerintah pusat. Pemda yang mengusulkan juga harus membuat surat pernyataan kesanggupan untuk merawat PLTS. Dengan begitu, diharapkan PLTS di daerah bisa terawat dengan baik.

"Agar sustain, pertama-tama pembangunan PLTS harus diusulkan oleh pemda setempat, artinya mereka butuh, jangan dari kita. Kalau dari kita nanti kesannya itu kemauan pusat. Harus ada kemauan dan kesanggupan bupati untuk memeliharanya. Itu yang kita pegang, semuanya bermaterai. Baru kita bangun," paparnya.

Kementerian ESDM juga menyiapkan teknisi-teknisi andal untuk perawatan PLTS. Lalu ada program 'Patriot Energi', yaitu pengiriman mahasiswa/i ke daerah-daerah untuk membantu pengembangan EBT, termasuk merawat PLTS.

"Tiap tahun kita bangun 100-an unit PLTS. Artinya kita harus didik teknisi untuk 100 lokasi. Kita juga ada patriot energi, mengkondisikan PLTS-nya," cetus Rida.

Masyarakat lokal juga diajak untuk memelihara PLTS. "Masyarakat juga harus terlibat, harus dibangun sense of belonging. Jangan mereka merasa ini barang orang, dikirim dari pusat, rusak atau tidak terserah," tutupnya.
(wdl/wdl)

http://finance.detik.com/read/2016/0...oyek-yang-dulu

32 + 10 tahun yang sia sia

emoticon-Traveller


Sia-sia bijimana gan? Kalo mangkrak dibilang kerjaan terdahulu,klo diresmikan bilang itu proyek yg sekarang. gak bakal maju dah kalo mindset seperti itu.
ESDMnya siapa nih? emoticon-Marah
sebut langsung orangnya.
Kerja berat nih pak Jokowi selalu benahi kerja era pemerintahan sebelum nya
Lebih baik dibantu genset Tbbm, bahkan yg sudah itungan megawatt...
Quote:Original Posted By gafaciga


Sia-sia bijimana gan? Kalo mangkrak dibilang kerjaan terdahulu,klo diresmikan bilang itu proyek yg sekarang. gak bakal maju dah kalo mindset seperti itu.

kalau mangkrak berarti bukan pekerjaan yang dulu ya bray?

kalau di resmikan itu hasil rencana yang dulu?

gitu ya

Leh uga
Jokowi Kesal Banyak PLTS Mangkrak, ESDM: Itu Proyek yang Dulu Jokowi Kesal Banyak PLTS Mangkrak, ESDM: Itu Proyek yang Dulu
NTAP...
hallah..

esdm nya bijak koq omongnya. baca dlo britanya bener2.
Gtu
Ntap
Jokowi Kesal Banyak PLTS Mangkrak, ESDM: Itu Proyek yang Dulu Jokowi Kesal Banyak PLTS Mangkrak, ESDM: Itu Proyek yang Dulu
Quote:Original Posted By nana94
kalau mangkrak berarti bukan pekerjaan yang dulu ya bray?

kalau di resmikan itu hasil rencana yang dulu?

gitu ya



Karena agan tanya, ane jawab : "iya.." emoticon-Kaskus Radio
coba tanya pak jk ?
Quote:Original Posted By protein.tahu
ESDMnya siapa nih? emoticon-Marah
sebut langsung orangnya.


Orangnya udah dibui KPK
Quote:Original Posted By windnight


Orangnya udah dibui KPK


ya udah, lupain aja kalo gitu emoticon-Ngakak
×