alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570b4fc9a2c06e64168b457a/asal-usul-ras-campuran-asiaeropadan-arab-di-wilayah-asia-tengah

ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH

RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB
DI WILAYAH ASIA TENGAH


MIsi agan-agan Tread pertama nih emoticon-Salam Kenal


Wilaya Asia Tengah Adalah kawasan yang terdiri dari lima negara: Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan. Namun, dari lima negara tersebut hanya empat negara yang tergabung dalam kerjasama Collective Security Treaty Organization (CSTO), dimana Turkmenistan menolak untuk ikut dalam kerjasama tersebut. Tapi sebenarnya masih ada beberapa negara lain yang masuk kedalam wilayah Asia Tengah, Hanya saja beberapa negara tersebut memiliki setengah wilayah yang masuk kedalam Asia Tengah. Ada beberapa ciri khas dari masyarakat Asia Tengah ini, Mereka banyak yang berasal dari ras campuran. ada yang bermata biru sipit,sipit arab,mongol mata biru,dll. oke kita akan bahas satu per satu.:

ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH

image by:wikipedia


1. UZBEKISTAN

ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH


Republik Uzbekistan (kadang-kadang dieja Uzbekstan atau Ozbekistan)(bahasa Uzbek: O‘zbekiston Respublikasi atau O‘zbekiston Jumhuriyati: Sirilik: Ўзбекистон Республикаси; bahasa Rusia: Республика Узбекистан), adalah sebuah negara antar benua yang terletak sebagian di Asia Tengah dan Eropa Timur yang sebelumnya merupakan bagian dari negara Uni Soviet. Negara dengan wilayah yang terkurung daratan ini berbatasan dengan Kazakhstan di sebelah barat dan utara, Kirgizstan dan Tajikistan di timur dan Afganistan dan Turkmenistan di selatan. Bahasa resmi satu-satunya adalah bahasa Uzbek sebuah bahasa Turkik tetapi bahasa Rusia tetap dipergunakan secara luas, sisa peninggalan pemerintahan Soviet.
PENAMPAKAN ORANG UZBEKISTAN

Spoiler for Penampakan:



2. TAJIKISTAN

ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH


Republik Tajikistan adalah sebuah negara sempalan Uni Soviet di Asia Tengah yang berbatasan dengan Afganistan di selatan, Republik Rakyat Tiongkok di timur, Kirgizstan di utara dan Uzbekistan di barat. Kondisi geografisnya merupakan dataran tinggi yang tidak berbatasan dengan laut. Sebagian besar penduduk Tajikistan termasuk ke dalam etnis Tajik yang berbahasa Persia dan berbudaya dari Afghanistan dan Iran. Setelah menjadi bagian dari Kekaisaran Samanid, Tajikistan menjadi republik konstituen dari Uni Soviet pada abad ke-20 dengan nama Republik Sosialis Soviet Tajikistan.
Setelah kemerdekaan, Tajikistan menderita perang saudara yang berlangsung mulai dari 1992 sampai 1997. Sejak akhir perang, stabilitas politik yang baru didirikan dan bantuan asing telah memungkinkan perekonomian negara berkembang. Perdagangan komoditas seperti kapas, aluminium dan uranium telah memberikan kontribusi besar untuk negara ini supaya terus membaik. Namun, pertempuran pecah kembali di akhir Juli 2012 dengan hasil yang kurang jelas.
PENAMPAKAN ORANG TAJIKISTAN

Spoiler for Penampakan:



3. TURKMENISTAN

ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH


Turkmenistan (bahasa Turkmenistan: Türkmenistan), juga dikenal sebagai Turkmenia (bahasa Rusia: Туркмения). Sampai tahun 1990, Turkmenistan masih tergabung dalam konstitusi Uni Soviet yang bernama Republik Sosialis Soviet Turkmenistan. Turkmenistan terletak di Asia Tengah dan berbatasan langsung dengan Iran di selatan, Afganistan di tenggara, Uzbekistan di utara, Kazakhstan di barat laut dan Laut Kaspia di barat. Sebagian besar wilayahnya merupakan hamparan gurun pasir Karakum. Negara ini memiliki cadangan
gas alam terbesar kelima di dunia.
PENAMPAKAN ORANG TURKMENISTAN

Spoiler for Penampakan:


4. KIRGISTAN

ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH


Kirgistan adalah negara yang terkurung daratan di Asia Tengah, yang berbatasan dengan Kazakhstan, Cina, Tajikistan dan Uzbekistan. Letak astronomisnya adalah 39° LU - 44° LU, dan 69 ° BT - 81 ° BT. Kirgizstan terletak di rangkaian pegunungan Tian Shan (Kyrgyzstan kadang-kadang disebut sebagai "Swiss Asia Tengah"), sebagian besar daerahnya berupa lembah dan cekungan.
Issyk Kul adalah danau terbesar di Kirgizstan dan danau pegunungan terbesar kedua di dunia setelah Danau Titicaca. Puncak tertinggi berada di kisaran Kakshaal, membentuk perbatasan Cina. Puncak Jengish Chokusu, 7439 m (24.406 ft), adalah titik tertinggi dan dianggap oleh ahli geologi menjadi puncak utara lebih dari 7.000 m (22.966 ft) di dunia. Badai salju di musim dingin yang mengarah ke musim semi, banjir yang sering menyebabkan kerusakan hilir.
PENAMPAKAN ORANG KIRGISTAN

Spoiler for Penampakan:


5. KAZAKHSTAN

ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH


Kazakhstan (bahasa Kazakh : Қазақстан / Qazaqstan dalam aksara Latin, bahasa Qaragandı : ұғуҚазақштаны бгу / wğuQazaqştanı bgu) , secara resmi dikenal Respublikası Qazaqstan Federalsanı (Республикасы Қазақстан Федералсаны) adalah sebuah negara Antarbenua yang sebagian besar wilayah termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur.
PENAMPAKAN ORANG KAZAKHSTAN

Spoiler for Penampakan:

6. ARMENIA

ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH


Republik Armenia atau dikenal sebagai Armenia saja (Tulisan asli dalam bahasa Armenia: Հայաստան, Hayastan, Հայք, Hayq), adalah negara yang berada di wilayah Eropa dan Asia, daratnya terjepit oleh negara lain. Negara ini berbatasan dengan Turki di sebelah barat, Georgia di sebelah utara, Azerbaijan disebelah timur, dan Iran serta eksklave Nakhichevan (yang masih daerah Azerbaijan atau eksklave) disebelah selatan. Armenia adalah anggota dari Dewan Eropa dan Perserikatan Negara-Negara Merdeka dan selama berabad-abad menjadi daerah lintasan dan penyeberangan daerah timur dan barat.
PENAMPAKAN ORANG ARMENIA

Spoiler for Penampakan:


7. AFGHANISTAN

ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH


Afganistan (Pashtun/Dari: افغانستان, Afganistan), secara resmi Republik Islam Afganistan, adalah negara yang terkurung daratan yang terletak di Asia Selatan dan Asia Tengah. Memiliki penduduk sekitar 32 juta, menjadikannya negara paling padat penduduknya ke-42 di dunia. Negara ini berbatasan dengan Pakistan di selatan dan timur; Iran di barat; Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan di utara; dan Cina jauh di timur laut. Wilayahnya meliputi 652.000 km² (252.000 sq mi), menjadikannya negara terbesar ke-41 di dunia.
Umumnya, Afganistan dianggap sebagai negara Asia Selatan, namun tidak ada klasifikasi yang jelas. Hal ini disebabkan karena Afganistan terletak di persimpangan Asia dan terpengaruh oleh berbagai budaya negara-negara yang mengelilinginya. Afganistan umumnya diklasifikasikan sebagai negara Asia Selatan karena merupakan salah satu wilayah dari "India Raya", yakni wilayah yang dipengaruh oleh budaya dan kepercayaan India, seperti Hindu dan Buddha. Walau begitu, Afganistan merupakan tempat dimana sebagian besar pengaruh India berakhir, tepat di pegunungan Hindu Kush yang membentang dari timur laut hingga barat daya Afghanistan.
PENAMPAKAN ORANG AFGHANISTAN

Spoiler for Penampakan:


8. AZERBAIJAN

ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH


Republik Azerbaijan (bahasa Azeri: Azərbaycan Respublikası) adalah sebuah negara di Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya, Azerbaijan juga tercatat masuk kedalam wilayah asia barat dan. Ia berbatasan dengan Rusia di sebelah utara, Georgia dan Armenia di barat, dan Iran di selatan. Republik Otonomi Nakhichevan (sebuah eksklave milik Azerbaijan) berbatasan dengan Armenia di sebelah utara, Iran di selatan, dan Turki di barat.
PENAMPAKAN ORANG AZERBAIJAN

Spoiler for Penampakan:


Selain negara-negara diatas masih ada beberapa negara yang masuk kedalam wilayah Asia Tengah, hanya saja wilayahnya Terlalu sedikit masuk kedalam wilayah Asia Tengah. Wilayah tersebut seperti : daerah milik Tiongkok di wilayah otonom Xinjiang yang didiami Suku Uighur pemeluk Islam di Tiongkok, daerah Rusia bagian selatan (Siberia Selatan), wilayah Mongolia dan sebagian daerah Pakistan bagian Utara. Dan Hampir seluruh masyarakat yang mendiami wilayah Asia Tengah merupakan ras campuran, yang kemungkinan akibat letak geografisnya dikelilingi oleh barbagai suku bangsa seperti orang asia timur,mongol,eropa,aryan,dan arab. Sehingga tidak aneh melihat orang-orang dari Asia tengah yang bermata sipit dengan hidung mancung dan memiliki mata berwarna biru,hijau atau abu-abu. Bahkan ada seorang anak di Afghanistan yang memiliki mata berwarna kaleideskop atau berwarna-warni. Ada bebrapa karakteristik masyarat Asia Tengah yang bisa dijelaskan asal-usulnya, tapi ada juga yang masih menjadi teka-teki.
All image flag by:Wikipedia.com


PENAMPAKAN SUKU UIGHUR
Spoiler for Penampakan:


PENAMPAKAN ORANG RUSIA (SIBERIA SELATAN)
Spoiler for Penampakan:


PENAMPAKAN ORANG MONGOL
Spoiler for Penampakan:


PENAMPAKAN ORANG PAKISTAN UTARA
[SPOILER=Penampakan]ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH
ASAL-USUL RAS CAMPURAN ASIA,EROPA,DAN ARAB DI WILAYAH ASIA TENGAH
Image byemoticon-Stick Out Tongueinterest.com & [url=http://www.kalash-tribal.co.uk[/SPOILER]]www.kalash-tribal.co.uk[/SPOILER][/url]


Oke cukup sekian. kepanjangan ya gan. hehehehe...!!!
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Judulnya "asal-usul", kirain mau bahas soal sejarah migrasi & persebaran orang-orang Turk. Taunya isinya ngebahas soal profil negara-negaranya emoticon-Hammer

Btw, Armenia sama Azerbaijan kenapa ikut dimasukin? Dari segi geografis, mereka itu masuknya Kaukasus yg lebih dekat dengan Asia Barat. Kalau alasannya karena punya kedekatan kultural, Azer emang termasuk kelompok etnis Turk, tapi kalau Armenia?

Thanks replynya

Quote:


sory gan ane belum sempat lanjutin ke penyebaran ras dari berbagai suku asia tengahnya. soalnya ane mau lanjutin di trhead selanjutnya.
untuk azerbaijan dan armenia memang tidak ada konsensus pasti bro. tapi sebagian wilayah mereka masuk ke wilayah asia tengah. bisa di cek di wiki wikipedia wilayah asia. dan untuk kaukasus bukan hanya eropa timur dan asia barat tapi sebagian di anggap wilayah tengah. bisa di cek nih gan wikipedia wilayah kaukasus.
mana sejarahnya nih emoticon-Thinking orang Turkmen bener2 eropa-asia wajahnya

btw apa karena migrasi bangsa XiongNu ke eropa alasannya emoticon-Bingung (S)
Quote:


buat sejarah dan penyebarannya masih ane susun gan.. masih nyari" sumber. pengenalan dulu. thread selanjutnya ane baru coba nyari" kenapa begini dan begitunya gan. hihihi..emoticon-Jempol
tapi sedikit buat orang turkmenistannya mungkin berasal dari persia yang menyebar sampai ke uzbekistan. budaya dan agama mereka terbawa sampai ke khazakstan dan kyrgistan yang sepertinya campuran arab asia.beberapa kelompok suku di afghanistan ada juga ada yang campuran arab asia dengan budaya dan agama yang mirip dengan bangsa persia,ingat hanya mirip ga sama loh ya. dan ini baru perkiraan awal ane gan. masih perkiraan kasar. belum buka semua sumber. nanti awalnya ane mau coba dari ras" bermata biru di asia tengah ini. where they'r eyes come from??. tapi ane sempat baca klo mata biru ini sebenarnya berawal dari mata coklat yang bermutasi ribuan tahun lalu. dan peneliti mengukapkan awalnya dari german. tapi belakangan ditemukan mayat di afghanistan lebih tua umurnya dan membawan gen mata biru tersebut. tapi karena sumbernya belum jelas masih ane kumpulin lagi sumbernya. ok gan.!so wait for my next thread..heheheemoticon-Jempol
Quote:



buat sejarah dan penyebarannya masih ane susun gan.. masih nyari" sumber. pengenalan dulu. thread selanjutnya ane baru coba nyari" kenapa begini dan begitunya gan. hihihi..emoticon-Jempol
tapi sedikit buat orang turkmenistannya mungkin berasal dari persia yang menyebar sampai ke uzbekistan. budaya dan agama mereka terbawa sampai ke khazakstan dan kyrgistan yang sepertinya campuran arab asia.beberapa kelompok suku di afghanistan ada juga ada yang campuran arab asia dengan budaya dan agama yang mirip dengan bangsa persia,ingat hanya mirip ga sama loh ya. dan ini baru perkiraan awal ane gan. masih perkiraan kasar. belum buka semua sumber. nanti awalnya ane mau coba dari ras" bermata biru di asia tengah ini. where they'r eyes come from??. tapi ane sempat baca klo mata biru ini sebenarnya berawal dari mata coklat yang bermutasi ribuan tahun lalu. dan peneliti mengukapkan awalnya dari german. tapi belakangan ditemukan mayat di afghanistan lebih tua umurnya dan membawan gen mata biru tersebut. tapi karena sumbernya belum jelas masih ane kumpulin lagi sumbernya. ok gan.!so wait for my next thread..heheheemoticon-Jempol
bisa gak ditambahin landmark-landmark dan bangunan-bangunan bersejarah di negara2 tsb.
Juga ciri-ciri bahasa-bahasa negara2 tsb.

menurut ane, budaya suatu bangsa tercermin dari bahasa dan bangunan-bangunan sipil.
Semakin banyak bangunan-bangunan tua yang skala besar, dan bahasa yg kompleks, bisa jadi barometer bahwa bangsa itu berkebudayaan tinggi, walau belum tentu ekonomi nya bagus.

BTW, oot dikit yak, tim volley putri Kazakhstan bakalan main di Asian games 2018 gak yak ?
kalo main, pengen beli tiket nonton, mo liat Sabina Altynbekova.

emoticon-Motret
Kalo baca di diary nya AgusVn,,backpacker Surabaya yang menjelajah negeri negeri asia tengah tersebut katanya orang Tajikistan itu yang paling mirip bule...mereka secara bahasa juga masuk ke sub bahasa Persi gitu..mirip mirip sama Iran ...jadi negara-negara pecahan USSR ini, hanya satu aja yang indo arya ..yaitu Tajik....kalo yang lain lebih dekat ke Turki secara ras/bahasa...

Yang aneh Tukrmenistan ..deket sama iran ,,tapi kayaknya secara ras dan bahasa mereka adalah Turki ..setahu ane gitu..
Quote:


siip deh gan, thread selanjunya ane coba tambahin. thanks sarannya gan.. emoticon-Jempol

wahh ga tau juga gan,,, klo mau lebih deket langsung aja gan ke tkp keliling asia tengah... hihihihi..emoticon-Ngacir2
trit belum selsesai sudah di postemoticon-Ngakak


armenia keknya gak ada campuran sama asiatic deh tapi jelasnya gw gak tau, mungkin serumpun dengan arab.

kalau arab kan masuk rumpun semitic, sub ras dari kaukasoid.

Quote:


persia bukan arabemoticon-Ngakak
Diubah oleh traviscool
Quote:


wahh.. thanks bgt infonya gan..
iya gan, ane masih nyari" sumber buat penyebaran masyarakat di asia tengah ini gan...
emangsih dari namanya aja miripgan. cuma beda turk sama menistannya. mereka serumpun kayanya. tapi ane baru baca klo yang benar" serumpun sama orang turki itu dari suku uighur. tapi semuanya baru perkiraan dari sumber yang terbatas. ane lagi terjemahin artikel" yang bahasa ingrisnya gan. info berbahasa indo sangat terbatas. seandainya ane bisa bahasa persia mungkin lebih bisa bantu.. hihihihi..emoticon-Jempol

Quote:

yaudah sabar gan.. hihihihi..
ohh iya.. bansa persia aryan maksudnya gan..
APA BENER GERMAN BANGSA ARYAN?
Orang Armenia, Georgia, Azerbaijan, dan Afghanistan itu murni Kaukasoid. Sementara orang Kazakh, Uzbek, Kyrgyz, Tajik, dan Turkmen itu bisa bervariasi. Makin ke barat makin mirip Bule dan makin ke timur makin mirip Mongol, makin ke tengah makin keliatan percampuran 2 ras tersebut. Uniknya biarpun rasnya beda-beda, tapi mereka tetep berbahasa dan berbudaya serumpun yaitu Turkic (kecuali Tajik yang Persian).

Dan bangsa-bangsa Asia Tengah itu dari dulu terkenal sebagai bangsa pengembara dan cukup ditakuti karena suka bikin kekacauan di tempat yang diserbu. Mulai dari Hun yang memporakporandakan Eropa zaman Romawi Kuno, sampai Mongol dan Timurid yang juga bikin dunia abad pertengahan saat itu bener-bener ketar-ketir. Walau beda generasi, bahkan beda millenium tapi tetep aja sifat mereka sama. Tapi untungnya sekarang udah kagak gitu lagi, orang Asia Tengah zaman sekarang sudah beradab dan tidak lagi ditakuti. emoticon-Big Grin
Quote:


emoticon-Cendol Gan waaww afganistan
Klo org di negara pecahan soviet Kazakhstan, Turkmenistan, Uzbekistan, Krigistan, azerbaijan lebih ke eropa cewe2 nya jga cantik2 emoticon-Smilie
afganistan n pakistan murni Asia tapi ke arah persian yaa
thanks atas share nya gan emoticon-Toast
Diubah oleh Satria029
yuk ah
ini kl cewe2nya nyasar kesini pasti dijadiin artis sinetron... emoticon-Ngakak
kalah jauh semua artis2 disini tampangnya
Quote:


Yang bener gan....bisa pesen satu gakemoticon-Malu
Quote:


hei ketek uler, ga diquote semua juga bisa kali emoticon-Marah .

kecewa gw kira bakal ada pembahasannya emoticon-No Hope
kalo bukan gara2 ajaran bandit2 gurun abad ke 7 yg doyan invansi, mana mgkn gen arab bisa nyampe di asia tengah....itu iran yg aslinya persia aja skrg tampangnya kaya arab semua


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di