alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570b4a94162ec223438b4567/apa-itu-welding-checker

Apa Itu Welding Checker?


Apa itu welding checker? Pertanyaan sederhana itu wajar sekali ditanyakan oleh masyarakat awam yang sehari-harinya tidak bersinggungan dengan pekerjaan dengan alat-alat teknik. Welding checker mempunyai fungsi sebagai alat pengelasan atau penyambungan terhadap material-material logam biasa seperti besi, stainless steel, alumunium, hingga baja. Perlu diketahui bersama bahwa nama welding dan welder harus dibedakan secara fungsinya. Welding adalah alatnya sedangnkan welder adalah orang yang menggunakan alatnya. Untuk bisa mengoperasikan mesin welding checker ini seseorang perlu memiliki sertifikasi khusus. Seorang welder saja dibedakan tingkatanya berdasarkan apa yang dilasnya. Seorang Welder Argon adalah seseorang yang secara khusus mengelas bahan material yang terbuat dari stainless steel dan alumunium.

Apa Itu Welding Checker?

Welding checker merupakan salah satu alat yang vital dalam kebutuhan industri. Alat ini pada dasarnya digunakan untuk kebutuhan industri manufaktur yang memang membutuhkan banyak sekali penggunaan material besi, stainless steel hingga baja. Alat seperti welding checker digunakan untuk kebutuhan industri karena beberapa bahan seperti pelat baja, spare part mesin, hingga pipa baja hanya bisa disambung dengan menggunakan welding checker. Belum lagi dengan produk-produk berbahan logam lainnya yang memiliki tingkat kesulitan dan ketelirian yang tinggi dalam pengerjaannya. Welding checker digunakan sebagai alat utama dari proses assembly yang mana proses assembly adalah sebuah proses perakitan spare part yang terpisah-pisah menjadi satu bagian yang utuh.

Pengelasan dengan cara welding pada hakikat dan prinsipnya sama dengan proses pengelasan biasa yang kita lihat di bengkel-bengkel pinggir jalan cuma ada yang sedikit membedakannya. Cara kerjanya adalah dengan mencairkan logam induk dan logam pengisi untuk kemudian disambungkan untuk mendapatkan hasil yang kuat dan teliti. Hal inilah yang sedikit membedakannya dengan proses pengelasan dengan cara yang biasa kita lihat di bengkel-bengkel di pinggir jalan yang menggunakan logam tambahan. Proses pengelasan sendiri bisa dilakukan dengan atau tanpa tekanan.

Mesin welding checker yang bisa digunakan untuk memanaskan dan menyambung logam tentu saja memiliki derajat suhu panas yang begitu tinggi. Besaran suhu panas yang dihasilkan mesin ini berada di kisaran 1300-1400 CO. Panas tersebut memang sangat tinggi mengingat bahwa baja-baja dalam industri manufaktur rata-rata memiliki ketebalan yang cukup dalam. Hal ini membuat mesin harus disetting dengan panas yang sesuai dengan ketebalan logam atau baja yang ingin disambung. Tentu kita tidak akan menggunakan suhu mencapai 13000 CO ketika memanaskan alumunium.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di