alexa-tracking

Ihwal kontroversi suguhan bir di rumah Ahok

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570b40aa1cbfaa0e638b4584/ihwal-kontroversi-suguhan-bir-di-rumah-ahok
Ihwal kontroversi suguhan bir di rumah Ahok
Ihwal kontroversi suguhan bir di rumah Ahok

Pertemuan Gubernur DKI Jakarta, Basuki T. Purnama (Ahok) dengan sejumlah pegiat media sosial, memicu kontroversi di kalangan netizen.

Kontroversi dipicu oleh minuman bir, yang tersaji dalam pertemuan itu. Adapun pertemuan tersebut, berlangsung di rumah pribadi Ahok, kompleks Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (8/4/2016).

Sajian bir dalam pertemuan itu, antara lain dipersoalkan akun Twitter @KRMTRoySuryo --dikenal milik Wakil Ketua Partai Demokrat, Roy Suryo.

Sabtu (9/4), @KRMTRoySuryo membagikan foto pertemuan itu. Dalam foto itu, setidaknya terlihat dua kaleng bir yang tersaji di atas meja.

@KRMTRoySuryo lantas "melaporkan" (baca: menyebut akun) soal kaleng bir itu kepada @KPK_RI (akun resmi Komisi Pemberantasan Korupsi). Momen itu juga dimanfaatkan sejumlah pengguna Twitter lain, untuk mengirim sentimen negatif terhadap Ahok.

Gambar satire memuat logo "Teman Mabok" turut tersebar. Logo itu merupakan plesetan Teman Ahok --relawan pendukung Ahok jelang Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.
Quote:
Quote:

Respons balasan, datang dari sejumlah akun yang hadir dalam pertemuan itu.

Misalnya, @Hotradero, dikenal milik analis pasar saham, Poltak Hotradero. @Hotradero mengaku bahwa dirinya menenggak bir dalam pertemuan itu. Namun, dirinya menepis anggapan bila itu dilakukan untuk mabuk-mabukan.

@Hotradero juga balik mempertanyakan kicauan @KRMTRoySuryo yang membawa nama KPK. Sebagian tweeps juga mempertanyakan relevansi "laporan" @KRMTRoySuryo itu. Mereka beranggapan bahwa bir adalah minuman legal, yang bisa ditemukan di sejumlah supermarket. Pun aktivitas minum bir tak ada sangkut paut dengan KPK.

Keterangan juga datang dari akun @Kurawa, yang menceritakan konteks pertemuan tersebut.

Lebih kurang, @Kurawa menyebut suguhan bir bisa saja dituding tak etis bila disajikan di kantor atau rumah dinas Gubernur. Namun yang terjadi tidak demikian, pertemuan digelar di rumah pribadi Ahok.

Menurut @Kurawa, setelah selasai makan malam, sejumlah pegiat media sosial bertanya kepada tuan rumah: "kita boleh minum bir yah pak? Karena kebiasaan saat makan minum sekaleng." Ahok pun mengizinkan, karena pertemuan itu digelar di rumah pribadi.

Akun dengan 138 ribu pengikut itu menerangkan bahwa Ahok tak menyentuh minuman beralkohol. Dalam pertemuan itu, Ahok sekadar minum susu. @Kurawa pun merujuk pada foto pertemuan yang menunjukkan sebuah kotak susu tepat berada di depan Ahok. Kicauan lengkap @Kurawa bisa disimak di sini.

Respons lain adalah beredarnya foto sejumlah orang berseragam Partai Demokrat, yang tengah berpose di depan beberapa botol bir. Netizen balik menyindir @KRMTRoySuryo, dengan menunjukkan bahwa aktivitas minum bir juga dilakukan rekan-rekan satu partainya.

Berikut sejumlah keterangan para pegiat media sosial yang hadir para pertemuan tersebut. Pun kami sertakan sejumlah komentar dari netizen lainnya.
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:

Senin (11/4), Ahok akhirnya angkat bicara soal topik ini.

Tokoh yang tengah dijagokan berlaga dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 itu mengaku bahwa dirinya menyimpan beberapa jenis minuman keras di rumahnya. Minuman itu disimpannya untuk menjamu para tamu, bukan untuk konsumsi pribadi.

"Kalau minuman bir, di rumah saya memang punya bir. Kamu mau wine, bir, sirup, jus, di rumah saya tersedia. Kulkas saya penuh," kata Ahok, dikutip Okezone.com, Senin (11/4).

Ahok juga berseloroh bila ingin mencicip bir orang boleh saja datang ke rumahnya. "Tapi kalau kamu mabuk, gue tempeleng loh. Kalau cuma satu botol, silakan. Satu kaleng, silakan," ujar dia.

Seperti ditulis Kompas.com, Ahok secara khusus menyimpan bir berjenama Anker. Jenama bir itu diproduksi PT Delta Jakarta, yang sebagian sahamnya dimiliki Pemerintah Provinsi DKI. "Saya juga tahu di foto kok. Saya taruh saja bir. Bagus dong, promosi Anker Bir," kata Ahok, soal foto-foto yang menjadi perdebatan di media sosial.

Adapun soal pertemuan itu, Ahok menyebutnya sebagai inisiatif para pegiat media sosial. "Mereka mau datang ke rumah. Mereka mau ketemu," kata Ahok, dikutip Pos Kota. Ahok pun menyebut bahwa rumahnya senantiasa terbuka bagi siapapun yang ingin bertamu.

Setidaknya ada 20 orang pegiat media sosial yang hadir dalam pertemuan itu. Seperti ditulis Media Indonesia, mereka yang turut hadir dalam pertemuan itu, antara lain: Poltak Hotradero (@Hotradero ), Renny Fernandes (@RennyFernandez ), Shafiq Pontoh (@ShafiqPontoh ), Rudi Valinka ([URL="https://twitte

Baca Selengkapnya : https://beritagar.id/artikel/berita/...-di-rumah-ahok

---

Klo kejadiannya di rumah ridwan kamil apalagi di rumah risma udah pasti bakal di bully deh..
Tp krn ini kejadian di rmh ahok ya liat sndiri deh komen2 "penggiat medsos" ahok.. namanya penggiat medsos, ha..ha..
Dulu jasmev skrng penggiat medsos.
Ntaps....
Ihwal kontroversi suguhan bir di rumah Ahok Ihwal kontroversi suguhan bir di rumah Ahok
Walah emoticon-Betty
selama di luar jam kerja dan dia minum di rumah sendiri, itu urusan masing-masing pribadi. Emang hukum apa yang dia langgar?