alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Bawa Sekarung Daun Bawang Penuh Ulat dari Petani Brebes
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570b3a34529a452b0e8b4571/jokowi-bawa-sekarung-daun-bawang-penuh-ulat-dari-petani-brebes

Jokowi Bawa Sekarung Daun Bawang Penuh Ulat dari Petani Brebes

Jokowi Bawa Sekarung Daun Bawang Penuh Ulat dari Petani Brebes

BREBES, KOMPAS.com - Sejumlah petani bawang di Desa Luwung Gede, Kecamatan Larangan, Brebes, Jawa Tengah, mengeluhkan serangan hama ulat kepada Presiden Joko Widodo.

Keluhan itu disampaikan para petani ketika Presiden didampingi Ibu Negara Iriana datang ke pematang sawah petani, Senin (11/4/2016) siang, di sela kunjungan kerjanya di Brebes.

"Saya sudah pakai (antihama) 30cc, tapi enggak ampuh," ujar Kiswo, salah satu petani.

Akibatnya, lahan bawang seluas seperempat hektare terancam gagal panen.

Jokowi, Iriana dan para petani mengobrol di bawah pohon rindang, tidak jauh dari jalan. Di samping tempat mereka mengobrol, terdapat saluran irigasi.

Adapun, sekelilingnya adalah lahan sawah bawang dan cabai keriting. Cuaca cukup terik.

Jokowi kemudian meminta petani mengambil sampel daun bawang penuh hama ulat untuk dibawa ke Jakarta. Sekarung jumlahnya.

Jokowi sempat membuka karung kemudian mengambil beberapa helai daun untuk ditunjukkan kepada wartawan. (baca: Jokowi Jajal Jalan Tol yang 20 Tahun Sempat Terbengkalai)

Dia menyobek daun itu dan menunjukkan bagian dalamnya yang penuh ulat berwarna hijau.

"Tuh, lihat ulatnya. Ini nanti akan memakan habis ini," ujar Jokowi sambil menunjukkan bagian dalam daun.

"Ini mau saya bawa semuanya. Saya cek. Nanti orang Dirjen Kementerian Pertanian akan ke sini untuk mengurus masalah hama ulat tadi," lanjut dia.

Karung itu kemudian dibawa seorang anggota Paspampres ke mobil untuk dibawa ke Ibu Kota.

Jokowi mengatakan, urusan hama memang urusan kecil. Namun, jika hal itu tidak segera diurus, akan berimbas negatif ke ekonomi petani kecil.

"Kalau tidak segera diterjunkan orang, kapan mau selesai?" ujar Jokowi.

Sumber

Kemarin kodok sekarang ganti ulet keknya ... emoticon-Wkwkwk

Tapi asik juga punya presiden Jokowi, petani bisa curhat kek ama temen sendiri aja.... emoticon-2 Jempol
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
Baguslah. Supaya penyuluh pertanian ada kerjanya

Gak cuma ngendon di kantor

MAGABUT
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Oleh-olehnya ulet emoticon-Stick Out Tongue, semoga cepat dapat solusinya emoticon-shakehand emoticon-shakehand
Quote:

ntap
Jokowi Bawa Sekarung Daun Bawang Penuh Ulat dari Petani BrebesJokowi Bawa Sekarung Daun Bawang Penuh Ulat dari Petani Brebes
sedih amat jadi petani di sini. petani di luar negeri udah pake alat2 canggih. ane pernah liat ada traktor canggih yang langsung bisa cabut kentang dari tanah. petaninya enak aja tinggal nyetir2 sambil liat gps peta. traktornya yang kerja cabutin kentang. berpuluh2 hektar cuman satu doang yang nyetir cabutin kentang. pake skala keekonomian akibatnya produk pertanian jadi murah. di sini daun berulat masih pusing solusinya gimana.
klo buat sayur malah tambah protein itu.
brebes lagi, bupatinya ngorok kali
salam 2 periode
presiden yg mau turun ke petani ga hanya menjelang kampanye emoticon-Shakehand2
hidupkan kembali kelompencapir
agar kedekatan rakyat dan pemerintah terjalin indah emoticon-Embarrassment
apaan tuh gak brani manggul karung emoticon-Mad
Quote:



kapala daerah melakukan kelompencapir? males lah yaw. skrg raja2 kecil punya aturan sendiri dan presiden ga bisa mecat.
Quote:

Jokowi Bawa Sekarung Daun Bawang Penuh Ulat dari Petani Brebes

Gubernurnya si GANJAR sibuk persiapan DKI-1 pak... Jd klo mslah ulet ya ucrit2lah....emoticon-Big Grin
koompencapir apaan seh gan emoticon-Bingung
emoticon-Matabelo

Ane demen presiden yg merakyat seperti pakde.

Semoga pajak gak dinaikin dan harga2 semakin murah.emoticon-Big Grin
Semoga bener ada hasilnya, kasihan petaninya klo berlanjut sampe gagal panen
ada petani mengeluh,
ama presiden ditanggapi dgn baik & serius.
kok malah jd ajang hujat menghujat...

emoticon-Cape d...
Quote:


tar buruh tanam / buruh panen pada teriak2 ga dapat kerjaan
berdasarkan hasil penelitian istana ternyata ulat yg menyerang bawang suka minum bir, coba ulatnya di kasih minum bir, biar mereka tidak makan bawang lagi.
emoticon-Toast
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di