alexa-tracking

WASPADAI 5 PENYAKIT BERBAHAYA AKIBAT GIGITAN NYAMUK

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570b1b029252334d378b4571/waspadai-5-penyakit-berbahaya-akibat-gigitan-nyamuk
Peringatan! 
WASPADAI 5 PENYAKIT BERBAHAYA AKIBAT GIGITAN NYAMUK
emoticon-Salaman WELCOME TO MY FIRST THREAD !! emoticon-Salam Kenal

No Repsol

WASPADAI 5 PENYAKIT BERBAHAYA AKIBAT GIGITAN NYAMUK


Musim hujan begini yang namanya genangan air ada dimana-mana. Paling beresiko buat sarang nyamuk terutama genangan air di kaleng bekas, tumpukan ban bekas atau bak mandi yang jarang dikuras emoticon-Cape d...

Gigitan nyamuk jangan dianggap enteng gan, karena beberapa jenis nyamuk dikenal menjadi biang pembawa penyakit-penyakit berbahaya seperti demam chikungunya, penyakit kuning, malaria, demam berdarah, dan lainnya yang resikonya bisa bisa fatal yaitu menyebabkan Agan di Balikpapan atau ke Sukabumi emoticon-Turut Berduka

Oleh karena itu, perhatikan setiap saat apakah di rumah dan lingkungan Agan banyak terdapat sarang nyamuk atau tidak. Kalau banyak, maka Agan bersama warga sekitar harus segera membersihkannya.

Beberapa penyakit berbahaya yang populer di Indonesia akibat gigitan nyamuk, cekidot gan :


1. Malaria


WASPADAI 5 PENYAKIT BERBAHAYA AKIBAT GIGITAN NYAMUK

Malaria adalah suatu infeksi darah yang menyebabkan demam panas tinggi dan kedinginan. Ia disebabkan oleh parasit (disebut plasmodium) yang ditularkan pada manusia oleh sejenis nyamuk tertentu yang menggigit kebanyakan pada malam hari. Jutaan orang mati setiap tahun akibat malaria, dan beberapa juta orang lagi hidup bersama penyakit ini. Malaria secara khusus berbahaya bagi anak-anak usia di bawah 5 tahun, wanita hamil, dan orang penderita HIV/AIDS.

Kehamilan menurunkan kemampuan seorang wanita untuk memerangi penyakit dan infeksi. Jika seorang wanita hamil mengidap malaria, ia juga dapat menderita anemia (kurang darah), dan anemia ini akan memperbesar resiko kematian pada saat atau setelah persalinan. Penyakit malaria pada masa hamil dapat pula menyebabkan keguguran atau kelahiran dini, bayi terlalu kecil, atau kelahiran mati. Ada beberapa jenis malaria. Orang bisa hidup bertahun-tahun dengan beberapa jenis malaria, dan kebanyakan malaria dapat disembuhkan. Tetapi malaria otak (Plasmodium falciparum) dapat menyebabkan kematian dalam 1 atau 2 hari setelah terinfeksi. Di daerah dimana terdapat malaria otak, penting untuk segera melakukan pengujian dan mencari pengobatan jika Agan curiga terkena malaria.

Biasanya malaria menyebabkan demam setiap 2 atau 3 hari, tapi pada awalnya demam dapat terjadi setiap hari. Siapa pun yang menderita demam yang tak jelas alasannya sebaiknya menjalani pengujian untuk malaria. Hal ini dapat dilakukan di hampir semua pusat-pusat kesehatan. Jika hasil pengujian darah mengatakan positif mengidap malaria, atau jika pengujian tak dapat dilakukan, segera mencari pengobatan.


2 . Demam berdarah

WASPADAI 5 PENYAKIT BERBAHAYA AKIBAT GIGITAN NYAMUK

Demam berdarah disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang berciri hitam bintik-bintik putih yang dari jauh terlihat seperti garis putih. Kaki-kakinya juga bergaris-garis.Dua penyakit dibawah ini juga disebabkan oleh gigitan nyamuk jenis ini. Demam berdarah biasanya terjadi pada saat udara panas di musim hujan dan paling sering terjadi di kota-kota, di tempat-tempat air tergenang, dan di tempat yang saluran pembuangan airnya buruk.

Pertama kali seseorang terkena demam berdarah, biasanya ia akan sembuh dengan istirahat dan minum banyak air. Tetapi jika seseorang terkena untuk kedua kalinya, akan lebih berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Gejala demam berdarah umumnya akan terlihat pada tiga hingga empat belas hari setelah masa inkubasi dan biasanya diawali dengan demam tinggi yang bisa mencapai suhu 41 derajat celsius. Masa inkubasi adalah jarak waktu antara virus pertama masuk ke dalam tubuh sampai gejala pertama muncul.Penyebab DBD adalah virus dengue dan menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Artinya DBD tidak bisa menular langsung dari seseorang ke orang lain tanpa perantara nyamuk tersebut. Nyamuk Aedes aegypti biasanya berkembang biak di daerah berpenduduk tinggi (seperti di kota-kota besar) yang memiliki iklim lembap dan hangat.Jika Agan mengalami gejala seperti flu dan demam selama lebih dari satu minggu, sebaiknya periksakan diri Agan ke dokter.

Ciri-ciri spesifik dari gejala DBD, yaitu demam tinggi hingga mencapai 41 derajat celsius, sakit kepala, nyeri sendi, otot, dan tulang, hingga rasa sakit di belakang mata. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah ada virus dengue di dalam tubuh Agan. Tidak ada obat-obatan khusus untuk mengobati DBD, namun gejala penyakit ini bisa diatasi dengan meminum banyak cairan, istirahat, dan mengonsumsi parasetamol. Jika cara pengobatan tersebut diterapkan, biasanya DBD akan sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu.


3. Demam chikungunya


Biang demam ini nyamuk Aedes Aegypti juga gan. Penyakit demam virus jenis ini bisa sembuh dengan sendirinya ditandai dengan arthralgia (nyeri sendi hebat) atau arthritis, terutama di pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki dan persendian lainnya dari kaki dan tangan yang berlangsung beberapa hari hingga berbulan-bulan. Dikenal juga dengan nama lumpuh layu. Kalau Agan kena demam jenis ini, dijamin deh bakal ngalami merangkak kalau jalan.
Gejala utama terkena penyakit chikungunya adalah tiba-tiba tubuh terasa demam diikuti dengan linu di persendian. Bahkan, karena salah satu gejala yang khas adalah timbulnya rasa pegal-pegal, ngilu, juga timbul rasa sakit pada tulang-tulang, ada yang menyebutnya sebagai demam tulang atau flu tulang. Gejala-gejalanya memang mirip dengan infeksi virus dengue dengan sedikit perbedaan pada hal-hal tertentu.

Virus ini dipindahkan dari satu penderita ke penderita lain melalui gigitan nyamuk, antara lain si Aedes aegypti. Virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini akan berkembang biak di dalam tubuh manusia. Virus menyerang semua lapisan usia, baik anak-anak maupun dewasa di daerah endemis. Secara mendadak penderita akan mengalami demam tinggi selama lima hari, sehingga dikenal pula istilah demam lima hari. Pada anak kecil dimulai dengan demam mendadak, kulit kemerahan. Ruam-ruam merah itu muncul setelah 3-5 hari. Mata biasanya merah disertai tanda-tanda seperti flu.

Sering dijumpai anak kejang demam. Pada anak yang lebih besar, demam biasanya diikuti rasa sakit pada otot dan sendi, serta terjadi pembesaran kelenjar getah bening. Pada orang dewasa, gejala nyeri sendi dan otot sangat dominan dan sampai menimbulkan kelumpuhan sementara karena rasa sakit bila berjalan. Kadang-kadang timbul rasa mual sampai muntah. Pada umumnya demam pada anak hanya berlangsung selama tiga hari dengan tanpa atau sedikit sekali dijumpai perdarahan maupun syok. Berita baiknya gan, bedanya dengan demam berdarah dengue, pada chikungunya tidak terdapat perdarahan hebat, renjatan (shock) maupun kematian. Aman gan emoticon-Jempol


4. Demam penyakit kuning


Do'i Aaedes Aegepty bawa penyakit ini juga gan, namanya demam kuning (dijuluki "Yellow Jack"). Ini adalah sebuah penyakit hemorrhagik virus akut. Virus ini berupa sebuah virus RNA sebesar 40 hingga 50 nm dengan indera positif dari keluarga Flaviviridae.

Virus demam kuning ini ditularkan melalui gigitan nyamuk betina (nyamuk demam kuning, Aedes aegypti, dan spesies lain) dan ditemukan di kawasan tropis dan subtropis di Amerika Selatan dan Afrika, namun tidak di Asia.(Aman gan emoticon-Toast )
Satu-satunya makhluk yang ditunggangi virus ini adalah primata dan beberapa spesies nyamuk. Penyakit ini diyakini berasal dari Afrika, kemudian dari sana diperkenalkan ke Amerika Selatan melalui perdagangan budak pada abad ke-16. Sejak abad ke-17, beberapa epidemi besar penyakit ini tercatat muncul di Amerika, Afrika dan Eropa. Pada abad ke-19, demam kuning dianggap sebagai salah satu penyakit menular paling berbahaya.

Demam kuning terjadi dalam rupa demam, mual dan nyeri dan penyakit ini umumnya menghilang setelah beberapa hari. Pada beberapa pasien, fase beracunnya terjadi setelah itu, dan kerusakan hati dengan jaundis (penguningan kulit yang memberi nama penyakit ini) dapat terjadi dan mengakibatkan kematian. Karena kecenderungan pendarahan yang meningkat (diatesis pendarahan), demam kuning termasuk dalam kelompok demam hemorrhagik. WHO memperkirakan bahwa demam kuning mengakibatkan 200.000 korban sakit dan 30.000 kematian setiap tahunnya di daerah berpenduduk tanpa vaksin sekitar 90% infeksi terjadi di Afrika.

Vaksin teraman dan efektif melawan demam kuning sudah ada sejak pertengahan abad ke-20 dan beberapa negara mensyaratkan vaksinasi untuk pelancong. Karena belum ada terapi untuk penyakit ini, program vaksinasi ini, bersama peraturan mengurangi populasi nyamuk pengangkut virus, memiliki kepentingan besar di daerah-daerah terjangkit. Sejak 1980-an, jumlah kasus demam kuning terus meningkat dan menjadikannya sebagai penyakit yang bangkit kembali.


5. Penyakit kaki gajah


Filariasis (penyakit kaki gajah) adalah penyakit menular yang disebabkan cacing yang ditularkan melalui gigitan berbagai jenis nyamuk atau lalat pengisap darah. Cacing jenis Wuchereria bancrofti yang paling sering ditemukan di negeri tropis seperti Indonesia. Kemudian ada jenis lain bernama Brugia malayi merupakan jenis endemis di daerah pedesaan di India, Asia Tenggara, daerah pantai utara China dan Korea Selatan. Dan yang terakhir jenis Brugia timori yang banyak ditemukan di daerah pedesaan di Kepulauan Timor, Flores, Alor dan Roti di Tenggara Indonesia.Penyakit kaki gajah bersifat menahun (kronis). Apabila tidak mendapat pengobat sesegera mungkin, bisa menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan, dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Akibatnya penderita tidak dapat bekerja optimal bahkan hidupnya bergantung pada orang lain.

Seseorang dapat tertular atau terinfeksi penyakit kaki gajah apabila orang tersebut digigit nyamuk yang infektif, yaitu nyamuk yang mengandung larva stadium III (L3). Nyamuk tersebut mendapat cacing filarial kecil (mikrofilaria) sewaktu mengisap darah penderita yang mengandung mikrofilaria atau binatang reservoir yang mengandung mikrofilaria.

Siklus penularan penyakit kaki gajah ini melalui dua tahap, yaitu perkembangan dalam tubuh nyamuk (vektor) dan tahap kedua perkembangan dalam tubuh manusia (hospes) dan reservoir.

WASPADAI 5 PENYAKIT BERBAHAYA AKIBAT GIGITAN NYAMUK

Apabila pasien menderita filariasis akut akan terlihat gejala klinis berupa demam berulang-ulang selama 3–5 hari. Demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat. Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) di daerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan, panas dan sakit.

Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan ke arah ujung (retrograde lymphangitis). Akibat seringnya menderita pembengkakan, kelenjar getah bening dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah. Terjadi pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema).


Nah, itu dia 5 penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Pada prinsipnya jaga kebersihan lingkungan gan, agar nyamuk tidak berkembang biak.
Terima Kasih sudah mampir di thread ane. Salam Sehat.

SUMUR 1
Penyakit disebabkab Nyamuk

SUMUR 2
Penyakit disebabkan Nyamuk
nice thread gan
sangat bermanfaat buat yang belum tau :emoticon-Cendol (S)
nice info gan,, mudah2an bisa jadi HT emoticon-Cendol (S)

untuk yang kaskus kaki gajah, kalau tidak salah nyamuk ini hanya sebagai karier aja ya gan ? dalam artian ini bukan penyakit yang bener bener datang dari nyamuk, tapi nyamuk membawa bakteri itu dan akhirnya masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitannya,,

mari kita sama2 jaga kebersihan mas gan, kita hilangkan tempat2 yang menjadi kesukaan nyamuk , biar nyamuk ini tidak berkembang biak dengan cepat,, mudah2an kita semua sekeluarga sehat selalu amien, emoticon-Cendol (S)
Keren ya makhluk kecil yg 1 ini, gigitannya bisa bikin macem2 penyakit emoticon-Blue Guy Peace

Yg paling umum sih demam berdarah gan, aku dulu jg pernah kena DBD, tp syukur gk pernah kena selain DBD emoticon-Smilie
Quote:


makasih gan udah mampir emoticon-Jempol
Quote:


amiin gan..
betul gan, kaskus kaki gajah si do'i cuma karier..
emang segalanya kalo bersih jadi sehat gan emoticon-2 Jempol
Quote:


keren sih keren gan,tp syang yg dibawa penyakit..bukan uang emoticon-Wink

sama gan, ane pernah kena..malah sempat salah diagnosa..awal divonis typhus..opname seminggu dg obat typhus..pulang mimisan..
masuk lagi,..baru ketahuan demam berdarah.. emoticon-Cape d...
opname lagi gan..

makasih sdh mampir gan emoticon-Jempol
yang paling Gruesome tuh Dengue fever (DBD) Sama Elephantiasis (Kaki Gajah). emoticon-Takut
Quote:


iya gan, yang penting jaga kebersihan lingkungan rumah gan emoticon-Jempol
Quote:



Yah tetep aja gan.
namanya nyamuk kalo rumah bersih jg masih doyan masuk sembarangan emoticon-Ngakak
ane sih kalo tidur digigitin nyamuk sampe insomnia.langsung ane hajar pake hand body lotion ane olesin ke kulit full.
Ngacir dah tuh nyamuk. emoticon-Ngacir
chikungunya ane pernah ngalaminWASPADAI 5 PENYAKIT BERBAHAYA AKIBAT GIGITAN NYAMUK
Quote:


pake a*t*n ato s*ff*l ya gan emoticon-Request
Quote:


dari ripiew nya aza ane g bisa ngebayangin rasanya..agan ini malah sdh ngalamin
Quote:


Kagak gan.Kagak berani ane pake begituan takutnya ada efek negatifnya.
ane pake Handbody biasa gan. emoticon-Ngakak
Quote:


gak enak rasanya kan brey?
ane udh 3 x kena chikungunya.
rasanya badan kaya digebukin pegel linu panas pusing.mau makan gak enak ah serba salah dah.
Quote:

ane baru sekali
dan gamau ngalamin lagi kena chikungunya