alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Aneh, Brankas Isi Rp 400 Juta, Digondol Hanya Rp 20 Juta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570afe1ba09a392d208b456c/aneh-brankas-isi-rp-400-juta-digondol-hanya-rp-20-juta

Aneh, Brankas Isi Rp 400 Juta, Digondol Hanya Rp 20 Juta

Bank Mega Syariah di Jalan Bypass Bukitinggi, Sumbar, diobrak-abrik garong. Gembok dibobol, brankas dijebol dengan gergaji besi oleh para pelaku, yang hanya butuh waktu 30 menit untuk membawa lari uang puluhan juta, Sabtu (9/4) dinihari.

Anehnya, meski berhasil membobol brankas, para pelaku tak menguras seluruh isinya. Di brankas, ada uang sebanyak Rp 400 juta. Namun, yang dibawa kabur hanya Rp20 juta.

Entah apa penyebabnya. Yang pasti, kejadian ini juga membuat polisi berkernyit kening. Sebab, tak biasanya maling berkelakuan demikian. Kalau dapat, dijarahnya semua yang berharga.


Diketahuinya aksi perampokan ini berawal dari kecurigaan Lidya Noferita, Kepala Operasional Bank Mega Syariah. Pukul 02.00 WIB, alarm sistem keamanan bank, yang terhubung ke ponselnya berbunyi.

Panik, Lidya lalu menghubungi Jamal, satpam yang baru seminggu bekerja. “Alarm di ponsel saya berbunyi. Langsung saya telepon satpam,” ungkap Lidya kepada polisi.

Dapat perintah, Jamal mengaku langsung menuju bank dan memeriksa setiap sudut. Namun, dia mengaku tidak menemukan hal yang mencurigakan.

Merasa aman, Jamal lalu menelepon balik Lidya dan menyebut kondisi bank aman. Dia menduga, alarm berbunyi karena ada cicak yang melintas di lokasi sensor.

“Firasat saya sudah jelek. Tapi, Jamal menyebut semua aman dan menduga alarm berbunyi karena sensornya dilintasi cicak,” papar Lidya saat ditanya penyidik.


Ada kemungkinan, ketika alarm pertama berbunyi, perampok sudah berhasil membuka gembok dan masuk ke dalam, sembari menutup pintu, sehingga Jamal tidak mengetahuinya.

Setelah kejadian pertama, Jamal bukannya menjaga bank, malah pergi lagi meninggalkan bank untuk minum kopi di dekat Fly Over Bukittinggi.

“Satpam tersebut merasa kondisi aman, lalu dia pergi minum kopi,” terang Kapolres Bukittinggi AKBP Wahyudi, Minggu (10/4).

Sekitar setengah jam kemudian, alarm di ponsel Lidya kembali bebrunyi. Untuk kedua kalinya, dia menelepon Jamal, dan meminta sang satpam untuk memastikan kondisi bank. Sekitar pukul 02.45 WIB, Jamal lalu meninggalkan kedai kopi.

Dari jauh, dia melihat segerombolan perampok yang memakai minibus putih sedang beraksi mengacak-acak bank. Anehnya, sebagai satpam, Jamal mengaku tak berani menghampiri pelaku, karena takut pelaku memakai senjata api.

Jangankan menghampiri dan mengusir, berteriak pun Jamal tak berani. Entah kenapa, dia memilih diam dan melihat jauh selama 10 menit, tanpa melakukan tindakan untuk menangkap para pelaku.

“Kata satpam, dia melihat aksi pelaku. Tapi, dia takut pelaku membawa senjata api dan jumlahnya banyak. Dia hanya berani melihat jauh saja,” ucap Kapolres.

Sekitar 10 menit mengamati, dan komplotan perampok kabur, Jamal baru menghubungi Lidya dan menyebut kalau bank telah di
masuki maling. Selain menghubungi atasannya, Jamal juga memeriksa bagian bank. Diketahui kalau mesin CCTV raib, termasuk kameranya.

Pintu depan merenggang dan gemboknya rusak. Setelah dia lihat ke dalam, kondisi bank sudah berantakan. Bankas ukuran 50 Cm sudah bobol. Kemungkinan, pelaku memakai gergaji listrik untuk membobol brankas tersebut.

Pukul 04.00 WIB, Lidya menelepon petugas piket Polres Bukittinggi. Adanya laporan itu, jajaran Polres Bukittinggi termasuk Unit identifikasi mendatangi lokasi dan melakukan olah TKP.

Setelah dilakukan pengecekan, dari keterangan Lidya, kalau uang tunai dalam brankas berjumlah Rp 400- an juta, namun pelaku hanya berhasil mengambil Rp 20 juta. “Pelakunya hanya membawa Rp20 juta. Tidak semuanya dibawa kabur,” ucap AKBP Triwayudi.

Dijelaskan Kasatreskrim Polres Bukittinggi AKP Joko Hendro Lesmoni, dari pola aksinya, pelaku diduga kuat sudah profesional. Mereka dengan mudah membobol pintu dan menjebol brankas menggunakan gergaji besi.

Polisi agak kesulitan melakukan penyelidikan karena pelaku membawa kabur CCTV beserta mesinnya. Jamal sebagai saksi mata juga mengaku hanya melihat jauh saja.

“Kita akan terus melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti-bukti yang ada, serta memeriksa saksi. Sampai sekarang, identitas pelaku belum bisa diketahui,” papar Joko. (wan/sam/jpnn)


http://www.jpnn.com/read/2016/04/11/...ya-Rp-20-Juta-

yang gw bold merah ada waktu 10 menit utk menghubungi polisi
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
satpamnya agag mencurigakan klo menurut saiya.
...
klo soal cuman 20 jt yg diambil mungkin karena rampoknya berprinsip gag boleh berlebih2an, ambil secukupnya aja.
Sy curiga satpam nih terlibat emoticon-Cool
tikusnya ada didalem jg tuh......emoticon-Big Grin
Pelaku hanya butuh 20 juta mungkin..biar dosanya ngak terlalu berat emoticon-Ngakak
Yg diambil cuman 5% saja,hmmmm.....
Diubah oleh yooben
rampok yang aneh emoticon-Stick Out Tongue
Lupa bawa tas pas kejadian,jd bawa nya pake kantong kresek kalo kebanyakan takut jebol
rampok syar i..emoticon-Ngakak
satpam nya paok ini mah emoticon-Big Grin
malah minum2 kopi , ada maling ngga inisiatif telp polisi atau cari bantuan
Cuma butuh 20 juta mungkin buat bayar utang, dll.
10 menit yang sia-sia....
yah bisa saja perampok hanya mengambil sesuai kebutuhan merekaemoticon-Big Grin
Satpamnya kok agak mencurigakan ya
yg di bold itu justru bikin ane makin curiga sama satpam nya
kenapa nunggu maling nya pergi baru nelp? kenapa gak nelp dari awal? kan dari jauh ngeliatnya? aneh nih satpam, alibi nya mencurigakan
Satpamnya aneh, malingnya juga aneh... emoticon-Amazed
coba satpamnya lebih diinterogasi
segerombolan? Bermobil? cuma 20 juta?
Aneh juga ha..ha..
Btw
Satpamnya bego banget,
kualitas asal comot emoticon-Cape d... (S)
pertanyaannya
kenapa tidak menghubungi polisi
atau merekam mereka gitu?
ada yang ANEH???
Quote:


5% kali bray emoticon-Malu (S)
Garongnya cuman butuh duit 20 jeti klo kebanyakan takut numpuk dosanya emoticon-Wkwkwk
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di