alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengulas sosok dan kejahatan Eddy Tansil
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570adce7c1cb1763508b4568/mengulas-sosok-dan-kejahatan-eddy-tansil

Mengulas sosok dan kejahatan Eddy Tansil

Mengulas sosok dan kejahatan Eddy Tansil

-- BIODATA --
Nama Lengkap : Eddy Tansil
Kategori : Pengusaha
Tempat Lahir : Ujg Pandang, Sulawesi Selatan
Tanggal lahir :Senin, 2 Februari 1953
Zodiac : Aquarius
Warga Negara : Indonesia
Ayah : Harry Tansil


-- BIOGRAFI --
Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, nama Eddy Tansil sudah tidak asing lagi. Dia dikenal sebagai koruptor kelas wahid yang hingga kini keberadaannya tidak diketahui dimana. Sebelum dijatuhi vonis hukuman sebagai seorang koruptor, Eddy Tansil adalah seorang pengusaha Indonesia keturunan Tionghoa yang sempat berjaya di Indonesia. Kehidupan pribadi Eddy Tansil sendiri sepertinya masih menjadi misteri hingga saat ini.
Mengulas sosok dan kejahatan Eddy Tansil

Banyak sekali versi cerita mengenai Eddy Tansil yang tersebar di media. Dalam paspor milik Eddy Tansil tertulis sebagai Tan Eddy Tansil alias Tan Tju Fuan kelahiran Ujung Pandang, Sulawesi Selatan pada tanggal 2 Februari 1934. Namun data yang beredar di publik adalah nama Eddy Tansil dengan nama asli Tan Tjoe Hong kelahiran 2 Februari 1953. Beberapa sumber mengatakan kalau Eddy sempat kuliah di sebuah universitas ternama di Singapura. Namun, belum sampai kuliah tersebut dia selesaikan, Eddy sudah terlebih dulu meninggalkannya dan terjun ke dunia bisnis.

Mengulas sosok dan kejahatan Eddy Tansil

Di awal tahun 1970, bersama ayahnya Harri Tansil atau Tan Tek Hoat Eddy mulai merintis usaha Tunas Bekasi Motor yang merupakan agen tunggal pemegang merek Bajaj. Dia membangun industri perakitan kendaraan bermotor teknologi India itu di daerah Tambun, Bekasi. Karena saat itu, popularitas bajaj sedang berada di puncak maka tidak butuh waktu lama bagi Eddy untuk mendulang sukses. Pada puncak masa jayanya itu, Eddy juga mengambil alih perusahaan perakit sepeda motor Kawasaki.

Mengulas sosok dan kejahatan Eddy Tansil


Tak lama setelah Eddy mengambil perusahaan perakit motor Kawasaki, pemerintah melarang mobil roda tiga sebagai kendaraan umum. Produksi Bajaj miliknya pun terpaksa dihentikan, sementara perusahaan perakit motor Kawasaki tersendat di pasaran karena kalah bersaing dengan Suzuki dan Honda.

Di awal tahun 1980, usaha Tunas Bekasi milik Eddy akhirnya mengalami kebangkrutan. Utang kreditnya pun tak terbayar. Untungnya walaupun mengalami kebangkrutan, usaha Eddy tak sampai kolaps. Dia masih sempat menyelamatkan industri moulding dan diesnya, PT Materindo Supra Metal Works. Pabrik penghasil cetakan baja pres ini kelak menjadi salah satu tulang punggung kerajaan bisnis Eddy Tansil. Tiga tahun kemudian, Eddy mencoba untuk membangun bisnisnya kembali. Namun kali ini, usaha yang dia bangun dia pusatkan pada pembuatan bir dengan merk dagang Beck's Beer yang berasal dari Bremen, Jerman dan memboyongnya ke Bogor, Jawa Barat.

Mengulas sosok dan kejahatan Eddy Tansil

Bir cap kunci itu memang sedang populer di Eropa bahkan bir itu sendiri dikatakan telah menguasai pasar bir di Amerika Serikat. Berdasarkan rekor itu, Eddy mengadu peruntungan baru. Dengan modal awal Rp 2 miliar, dia mendirikan PT Rimba Subur Sejahtera (RSS). Untuk mendirikan perusahaan ini, Eddy menggandeng Koesno Achzan Jein, seorang pensiunan mayor jenderal Angkatan Darat menjadi mitranya. Untuk membangun bisnis ini, Eddy mempertaruhkan segalanya. Dia mendatangkan mesin baru, tenaga penyelia, bahan baku malt, bahkan ragi khusus langsung dari Jerman. Pabriknya semua terkomputerisasi dan bisa dibilang tercanggih di Asia Tenggara. Eddy membangun pabrik Bir Kunci van Bogor benar-benar seperti aslinya di Bremen. Tak hanya itu, untuk menerobos pagar persaingan yang ketat, Eddy juga langsung mendirikan dua distributor yakni CV. Terang Meteor Cahaya dan CV.

Sinar Beck Birindo. Dengan persiapan yang demikian rapi, dia yakin bakal menuai kesuksesan. Namun, karena lidah orang Indonesia yang tidak cocok dengan rasa bir Eddy membuat bisnisnya kembali tersendat. Hanya dalam dua tahun, Eddy terpaksa menutup produksi bir kunci di Indonesia. Dikabarkan, Eddy kemudian memboyong seluruh mesin pembuat bir ke Fujian, China. Disana dia mengolah bir dengan merek yang sama dan berhasil menuai kesusksesan besar.

Nama Eddy Tansil tiba-tiba semakin melejit ketika dia menjadi pemberitaan seluruh media setelah pada tanggal 4 Mei 1996 Eddy berhasil melarikan diri dari penjara Cipinang, Jakarta, saat tengah menjalani hukuman 20 tahun penjara. Eddy terbukti telah menggelapkan uang sebesar 565 juta dolar Amerika (sekitar 1,5 triliun rupiah dengan kurs saat itu) yang didapatnya melalui kredit Bank Bapindo melalui grup perusahaan Golden Key Group.

Mengulas sosok dan kejahatan Eddy Tansil

Saat itu, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menghukum Eddy Tansil 20 tahun penjara, denda Rp 30 juta, membayar uang pengganti Rp 500 miliar, dan membayar kerugian negara Rp 1,3 triliun. Sekitar 20-an petugas penjara Cipinang diperiksa atas dasar kecurigaan bahwa mereka membantu Eddy Tansil untuk melarikan diri. Sebuah LSM pengawas anti korupsi bernama Gempita memberitakan pada tahun 1999 bahwa Eddy Tansil ternyata tengah menjalankan bisnis pabrik bir di bawah lisensi perusahaan bir Jerman, Becks Beer Company, di kota Pu Tian, di propinsi Fujian, China.


Mengulas sosok dan kejahatan Eddy Tansil

Pada tanggal 29 Oktober 2007, Tempo Interactive memberitakan bahwa Tim Pemburu Koruptor (TPK), sebuah tim gabungan dari Kejaksaan Agung, Departemen Hukum dan HAM, dan Polri menyatakan bahwa mereka akan segera memburu Eddy Tansil. Keputusan ini terutama didasari adanya bukti dari PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) bahwa buronan tersebut melakukan transfer uang ke Indonesia satu tahun sebelumnya.
sampe ada di lirik lagu kalo ga salah ya
koruptor bangcyaaat emoticon-Mad (S)
Loh bukannya sudah ada trit tentang si Edi Tansil barusan, kok ada lg. Terpaksa gw post lg muka dia.. nih..
Mengulas sosok dan kejahatan Eddy Tansil
ohh, itu toh yang nama nya edi tansil?
ternyata dy koruptor emoticon-Cape d...
ini yang rumahnya di Pondok Kacang itu bukan sih?
penasaran gw
Ane kok ga tau ya? mungkin karena ane waktu itu belum lahir kali yak
Maling klas kakap
Bandar narkoba
Bandar judi

Ya dr kalangan itu2 jg
Dia menggelapkan pajak ato gimana kurang jelas ane emoticon-Bingung
sakti ni orang bisa ngilang
emang udah ngga dikejar lagi ya?... jangan2 ada kesengajaan :sedih
Quote:


lu tau keberadaan dia ya?, dapat potonya dari mana? lu gak lapor, lu bisa kena pasal bersekongkol degan penjahat... emoticon-Ngakak
keren deh kalo bangsa dia. kalo ga penipu ya bandar.
slama ini cma tauk namanya trnyta kjahatannya it toh dn bru ini liat mukanya emoticon-Matabelo
enak dikit tanpa hasilemoticon-Ngakak (S)
ternyata emg beneran ada org yg namanya edy tansil yah
ane kira edy tansil itu cuma singkatan dari "ejakulasi dini tanpa hasil"
dia ngehire anak buah kagak ya ???
Edi tansil = ejakulasi dini tanpa hasil emoticon-Ngakak
Quote:

kalo maling kelas teri
pengedar narkoba...
judi kelas teri
pemerkosa...
pembunuh....
perampok
begal
teroris
penipu...
tukang fitnah...
koruptor....
ya dari ras item aja emoticon-Big Grin
Quote:




Quote:


oh ini yg bener tohemoticon-Ngakak (S)
sampai sekarang masih buronan gan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di