alexa-tracking

Pejabat Publik Terlibat Panama Papers Diminta Mundur

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570aa0a95a5163b25e8b4568/pejabat-publik-terlibat-panama-papers-diminta-mundur
Pejabat Publik Terlibat Panama Papers Diminta Mundur
TEMPO.CO, Jakarta - Program Manager International NGO for Indonesia Development (INFID) Khoirun Nikmah menghimbau agar pejabat publik yang terlibat dalam skandal Panama Papers mengundurkan diri dari jabatannya. Sebab, sebagai pejabat publik harusnya memberikan contoh yang baik bagi masyarakat dengan membayar pajak untuk pembangunan negara. "Harusnya meniru Perdana Menteri Islandia Sigmundur Gunnlaugsson yang mengundurkan diri dari jabatannya ketika masyarakatnya mendesak," ujarnya dalam Konferensi Pers bertajuk Indonesia Darurat Mafia Perpajakan, di Kebayoran Baru, Jakarta, Ahad, 10 April 2016.

Sebagaimana diketahui, beberapa pejabat publik seperti Airlangga Hartanto, Johnny Gerard Plate, dan lainnya diduga tercantum dalam praktik penghindaran pajak dengan membangun perusahaan di negara tax havens yang menyediakan fasilitas untuk penghindaran pajak. "Tentu pemerintah perlu menginvestigasi lebih lanjut terhadap dokumen Panama tersebut dan mempublikasikan nama-namanya," katanya.

Khoirun mengatakan dengan adanya penghindaran pajak tersebut, Indonesia kehilangan sekitar Rp 200 triliun setiap tahunnya. Khoirun berujar tingginya angka tersebut dikarenakan rendahnya kinerja otoritas pajak di Indonesia. "Selain itu rendahnya kepatuhan wajib pajak kelompok kaya dan korporasi juga jadi indikasi hilangnya potensi pajak itu," ucapnya.

Khoirun menuturkan adanya skandal Panama Papers ini menunjukan buruknya sistem keuangan dan ekonomi global. Khoirun berujar, Indonesia perlu mempelopori perubahan tata kelola keuangan global terkait sistem perpajakan, penghentian rezim kerahasiaan data perpajakan dan perbankan. "Presiden Jokowi dapat menggunakan forum G-20 atau forum internasional lainnya untuk mendesak agenda-agensa itu," ucapnya.

Ratusan perusahaan tercantum namanya dalam sebuah kebocoran dokumen finansial berskala luar biasa, dan melibatkan berbagai kepala negara baik mantan dan yang masih menjabat serta politikus, dan pengusaha besar dunia, termasuk Indonesia. Perusahaan itu didirikan di yurisdiksi bebas pajak, yang diduga bertujuan menghindari pembayaran pajak kepada negara.

The Panama Papers menyebut 899 orang dan perusahaan di Indonesia yang memiliki perusahaan cangkang di beberapa kawasan surga pajak. Dari jumlah itu, 803 berupa nama pemegang saham, 10 perusahaan, 28 perusahaan yang diciptakan, dan 58 nama pihak terkait.

Mereka semua terakit dengan berbagai perusahaan gelap yang sengaja didirikan di wilayah-wilayah surga bebas pajak (tax havens). Dokumen ini diketahui berasal dari sebuah firma hukum kecil namun amat berpengaruh di Panama yang bernama Mossack Fonseca. Firma ini memiliki kantor cabang di Hong Kong, Zurich, Miami, dan 35 kota lain di seluruh dunia.

Data ini mencakup email, tabel keuangan, paspor dan catatan pendirian perusahaan, yang mengungkapkan identitas rahasia dari pemilik akun bank dan perusahaan di 21 wilayah/yuridiksi offshore, mulai dari Nevada, Singapura sampai British Virgin Islands.

https://nasional.tempo.co/read/news/...diminta-mundur
----reserved----
----reserved---
KASKUS Ads
image-url-apps
lah,kmaren ada yg buat thread katanya uang yg tersimpan d panama blm tentu hasil dr kejahatan...yg bner mana nih??
Quote:


Hasil kejahatan apa dulu?

Uang haram dari:
- perdagangan narkoba
- curian, korupsi atau terima suap
- perdagangan manusia
- aktivitas ilegal lain seperti hasil jualan uang palsu

Ada juga uang dari hasil usaha bersih, tapi disimpan di Panama untuk pengelapan pajak. Ini legal atau nggak, tergantung negara mau tanggapin gimana. Sementara, katanya mau coba dikasih Tax Amnesty dulu, pengampunan agar tobat.

Sebagai pejabat yg meminta rakyatnya taat bayar pajak, sangat tidak pantas klo mereka sendiri malah tidak bayar pajak.

Bocoran Panama seharusnya lebih komprehensif karena datanya bocoran besar sekali, mungkin dilengkapi dgn data2 seperti jumlah uang di rekening2 gelap, data transaksi ke rekening (kemungkinan disini ketauan dari mana sumber uangnya), dll. Ada juga tercantum detail yg agak mencurigakan seperti pesan2 khusus dari pihak klien Panama yg minta akunnya ditangani dgn sangat rahasia, misalnya seperti tiap kali transaksi harus dihapus rekam jejak transaksi.

Ada satu kalimat yg heboh di Internet dikutib dari memo internal pekerja di Mossack Fonseca (perusahaan Panama yg datanya dibocorkan):

"95 percent of our work, coincidentally, consists in selling vehicles to avoid taxes."

95 persen pekerjaan kami, secara kebetulan, terlibat dalam penjualan fasilitas untuk menghindari pajak.



image-url-apps
ga ngerti gw emoticon-Hammer

yg gw tw kalo apbn apbd ga dikorup itu udah wah banget duitnya buat infrastruktur, kalo ada tambahan pajak dari klien fonseca ya bagus, tapi seberapa besar se dibanding yg dikoruo
Quote:


Koruptor bisa aja simpan uang di Mossack Fonseca.
image-url-apps
Koko bakal mundur ga nih?
Quote:


Bakalan mundur? Sudah jatuh.


































Kemarin pagi gw buru2, gak sengaja kesenggol, Koko Krunch jatuh dari meja ke lantai. emoticon-Turut Berduka
image-url-apps
ada buktinya ga?? enak ajaemoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


Orang dalam Mossack Fonseca sendiri sudah bilang:

"95 persen pekerjaan kami, secara kebetulan, terlibat dalam penjualan fasilitas untuk menghindari pajak."
image-url-apps
Rini mundur ga nie...emoticon-Ngacir
Quote:


Masuk ya namanya?
mana ada yg mundur di indo ... ada juga yg nyalon korupsi emoticon-Stick Out Tongue
image-url-apps
Quote:



Kmrn bukannya ada thread soal itu ya gan...
Msh pake nama suami di belakang, belum cerai... Kata nya sih gitu di berita nye..
Quote:


Klo soal nama, mungkin karena rekening dibuatnya dulu sebelum cerai?

image-url-apps
emang udah keluar nama2 yang dari Indo?

nunggu tempo rilis dulu aja, lagi investigasi tuh emoticon-Ngacir
image-url-apps
Quote:



Tapi klo emang beneran doi... tetap aja kan hindarin pajak gan...
image-url-apps
Quote:


Segera tong, kaya pacar lo si pig bogel bilang dari 2015 emoticon-Ngakak
Quote:


emoticon-Cape deeehh
×