alexa-tracking

Siap-siap, Indonesia Bakal Kedatangan Hujan Meteor Bulan Ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5703ebaf902cfe735f8b4572/siap-siap-indonesia-bakal-kedatangan-hujan-meteor-bulan-ini
Siap-siap, Indonesia Bakal Kedatangan Hujan Meteor Bulan Ini
Setelah kedatangan Gerhana Matahari Total dan Gerhana Bulan Penumbra beberapa hari yang lalu, Indonesia bakal kembali kedatangan fenomena alam yang tak kalah indahnya, yaitu hujan meteor.
Dilansir dari National Geographic, hujan meteor yang dinamakan hujan meteor Eta Aquarids dikabarkan akan terjadi selama sebulan penuh mulai pertengahan April mendatang, tepatnya mulai sekitar tanggal 20 April hingga 21 Mei. Waktu terbaik untuk melihat mereka antara tanggal 5 dan 7 Mei, ketika langit menjadi gelap selama bulan baru.

Terlihat bintik-bintik, kamu akan melihat potongan-potongan kecil dari puing-puing dari Komet Halley yang menabrak atmosfer Bumi dan terbakar. Mereka disebut Eta Aquarids seperti yang muncul dari konstelasi Aquarius.
Hujan meteor ini akan lebih terlihat di belahan bumi bagian selatan. Namun, orang-orang di belahan bumi utara dapat menangkapnya juga, terutama jika kamu dekat dengan garis khatulistiwa. Pada puncaknya, orang-orang di belahan bumi selatan dapat melihat hingga 30 meteor per jamnya. Bahkan, kalau kondisi cuaca menguntungkan, mereka yang berada di utara khatulistiwa masih bisa melihat 10 meteor setiap jam.

Untuk melihat hujan meteor, lebih baik untuk pergi ke luar selama setengah jam sebelum mandi, agar mata kamu menjadi diaklimatisasi untuk melihat dalam cahaya rendah. Selain itu, meteor akan lebih jelas terlihat, kalau cahaya dari lampu-lampu kota dan lampu jalan dimatikan.
Di Indonesia sendiri fenomena ini bisa disaksikan sekitar tanggal 15 hingga 25 April nanti, dengan puncaknya pada 22 sampai 23 April, hanya saja bukan hujan meteor Eta Aquarids, melainkan hujan meteor Lyrid. Hal ini disampaikan oleh Astronom dari Pusat Sain Antariksa LAPAN, Rhorom Priyatikanto.
“Intensitasnya sekitar 12 meteor setiap jamnya. Hujan meteor itu bisa dilihat di wilayah Indonesia, termasuk Provinsi Riau. Syaratnya kondisi langit bersih, sehingga bisa dilihat dengan jelas,” sebut Rhorom seperti dikutip dari GoRiaucom, Jumat (1/4/2016).

Ia menyampaikan, arah pancaran meteor ini ada di dekat rasi Lyra yang terbit sekitar jam 21.00 WIB. Ini termasuk hujan meteor langka yang terjadi sekali dalam 415 tahun. “Baru sekali diamati pada tahun 1861, tapi serpihan ekornya masih tersisa sebagai meteor stream hingga kini,” ulasnya.
Perlu diketahui, lokasi pengamatan sangat menentukan hasil. Saran Rhorom, pilihlah suasana langit malam yang cerah dan tidak berawan, serta bebas dari polusi cahaya. “Misalnya di pinggiran kota. Itu juga tergantung prakiraan cuaca. Mungkin di Sumatera bagian utara atau daerah Nusa Tenggara berpeluang cerah,” sebut Rhorom.
Jadi, sudah siap untuk melihat fenomena alam ini? emoticon-Matabelo
mata telanjang bisa gan?
bisa asal langit cerah... yg gak bisa klo agan ikutan telanjang, masuk angin ntar emoticon-Wkwkwk
ayo abadikan moment indahnya emoticon-Traveller
ane nunggu hujan duit aja gan emoticon-nyantai
Jakarta ga bisa ya gan?
Ok gan thanks info nya emoticon-Jempol
Ane tunggu tgl maennya emoticon-Big Grin

Btw bukan meteor garden kan gan emoticon-Ngakak



emoticon-Rate 5 Star

wah bakalan heboh lg nh gan kyaknya emoticon-Ultah
daerah jakarta cerah gak ya emoticon-Bingung
Meteor gardenemoticon-Hammer
Ya berdoa saja semoga nanti pas hari H suasana langit malam cerah, tidak berawan, dan bebas dari polusi cahaya emoticon-linux2
Terjadi sekali dalam 415 tahun. emoticon-Matabelo
Sadly, not so interesting for me... emoticon-Ngacir
415 tahun sekali emoticon-Matabelo momen yang sangat-sangat lanka emoticon-Matabelo
yg jomblo berdoa semoga hujan emoticon-Hammer2 pejwan dulu ah
Kalau diliat dengan mata keranjang bisa gan ?
kaya meteor garden F4 ya emoticon-Wow
Wah, mudah2an gk jatoh di atap rumah ane gan emoticon-Takut
yachh hujan meteor nye cuman di Riau doank emoticon-Big Grin
tu dpt smbr dr mane bree?? emoticon-Bingung (S)
jgn prcaya national geografi om.. smber tak trpercaya..
waow....meteor garden datang lage emoticon-Belo
×