alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
KPK Buka Peluang Panggil Ahok di Kasus Sanusi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5703cebba09a395e0b8b456a/kpk-buka-peluang-panggil-ahok-di-kasus-sanusi

KPK Buka Peluang Panggil Ahok di Kasus Sanusi

KPK Buka Peluang Panggil Ahok di Kasus Sanusi

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi membuka peluang memanggil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Ahok sapaan akrab Basuki akan diperiksa dalam kasus dugaan suap terkait pembahasan rancangan peraturan daerah soal reklamasi Teluk Jakarta.

"Kalau nanti dianggap penyidik akan memperkaya penyidikan kasus ini, pasti akan dipanggil," kata Wakil Ketua KPK Laode Muhamad Syarif di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2016).

Menurut dia, KPK tak akan segan untuk memintai keterangan kepada pihak manapun. Terlebih, bila keterangannya diperlukan.

"Semua pihak yang berhubungan dengan raperda itu yang berhubungan dengan baik pemberi maupun penerima (bisa dipanggil)," papar dia.

Namun, dia belum tahu kapan Ahok akan dipanggil. Pasalnya, hal ini merupakan kewenangan penyidik.

Diketahui, KPK mencokok Ketua Komisi D DPRD DKI M. Sanusi dan Karyawan PT Agung Podomoro Land Trinanda Prihantoro pada Kamis malam, 31 Maret 2016. Sanusi baru saja menerima uang dari Trinanda melalui seorang perantara. 

Lembaga Antikorupsi mengamankan  uang sebesar Rp1,140 miliar yang diduga merupakan suap untuk Sanusi. Politikus Gerindra ini diketahui telah menerima sekitar Rp2 miliar dari PT APL namun uang itu sudah digunakannya hingga hanya bersisa Rp1,140 miliar.

Fulus itu terkait pembahasan rancangan peraturan daerah tentang rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Provinsi DKI Jakarta 2015-2035. Selain itu, uang terkait raperda tentang rencana kawasan tata ruang kawasan strategis pantai Jakarta Utara.

Sanusi dan Trinanda kemudian dibawa dan diperiksa di Kantor Lembaga Antikorupsi. Sementara, Presiden Direktur PT APL Ariesman Widjaja yang juga tersangkut kasus ini menyerahkan diri ke KPK pada Jumat malam 1 April.

Di lain tempat, KPK menggeledah kantor Sanusi dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik. Dari lokasi ini, penyidik KPK mengamankan beberapa dokumen diduga terkait kasus suap ini.

Sanusi dijadikan tersangka penerima suap. Dia disangka melanggar pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau pasal 11 Undang-Undang 39 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU 20 Tahun 2001 jo pasal 64 ayat 1 KUHP.

Sementara, Trinanda dan Ariesman jadi tersangka pemberi suap. Keduanya disangka melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a atau pasal 5 ayat 1 b atau pasal 13 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke-1 jo pasal 64 ayat 1 KUHP.

Para tersangka ini sudah ditahan KPK untuk 20 hari ke depan. Sanusi kini meringkuk di Rumah Tahanan Polres Jakarta Selatan, Trinanda di Rutan Polres Jakarta Timur, sedangkan Ariesman di Rutan Polres Jakarta Pusat.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...i-kasus-sanusi

---

Kumpulan Berita Terkait KPK TANGKAP LEGISLATOR DKI :

- KPK Buka Peluang Panggil Ahok di Kasus Sanusi KPK Buka Peluang Panggil Ahok di Kasus Sanusi

- KPK Buka Peluang Panggil Ahok di Kasus Sanusi M Sanusi Selesai Jalani Pemeriksaan di KPK

- KPK Buka Peluang Panggil Ahok di Kasus Sanusi Ini Saran KPK untuk Kelanjutan Proyek Reklamasi

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di