alexa-tracking

Cara Menghadapi Debt Collector

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5703b3a6de2cf2c31e8b4569/cara-menghadapi-debt-collector
Cara Menghadapi Debt Collector
Cara Menghadapi Debt Collector
Inilah enam jurus sakti dalam menghadap debt collector alias penagih utang saat cicilan sepeda motor, mobil, perumahan, bank, BPR, koperasi, kartu kredit, atau cicilan utang Anda macet.

Berikut tips dalam menghadapi mereka:

Cara Menghadapi Debt Collector
1. Sapalah dengan santun dan minta mereka menunjukkan identitas dan surat tugas. Tanyakan kepada mereka, siapa yang menyuruh mereka datang dan minta nomor telepon yang memberi tugas para penagih utang ini.

Jika mereka tak bisa memenuhi permintaan Anda dan Anda ragu pada mereka, persilakan mereka pergi. Katakan, Anda mau istirahat atau sibuk dengan pekerjaan lain.

Cara Menghadapi Debt Collector
2. Jika para penagih utang bersikap santun, jelaskan bahwa Anda belum bisa membayar karena kondisi keuangan Anda belum memungkinkan. Sampaikan kepada penagih utang bahwa Anda akan menghubungi yang terkait langsung dengan perkara utang piutang Anda. Jangan berjanji apa-apa kepada para penagih utang.


3. Jika para penagih utang mulai berdebat meneror, persilakan mereka ke luar dari rumah Anda. Hubungi pengurus RT, RW, atau polisi. Sebab, ini pertanda buruk bagi para penagih utang yang mau merampas mobil, motor, atau barang lain yang sedang Anda cicil pembayarannya.

Cara Menghadapi Debt Collector
4. Jika para penagih utang berusaha merampas barang cicilan Anda, tolak dan pertahankan barang tetap di tangan Anda. Katakan kepada mereka, tindakan merampas yang mereka lakukan adalah kejahatan. Mereka bisa dijerat Pasal 368, Pasal 365 KUHP Ayat 2, 3, dan 4 junto Pasal 335.

Dalam KUHP jelas disebutkan, yang berhak untuk melakukan eksekusi adalah pengadilan. Jadi, apabila mau mengambil jaminan, harus membawa surat penetapan eksekusi dari pengadilan negeri.

Ingatkan kepada mereka, kendaraan cicilan Anda misalnya, adalah milik Anda, sesuai dengan STNK dan BPKB.

Cara Menghadapi Debt Collector
Kasus ini adalah kasus perdata, bukan pidana. Kasus perdata diselesaikan lewat pengadilan perdata dan bukan lewat penagih utang. Itu sebabnya, polisi pun dilarang ikut campur dalam kasus perdata soal utang piutang.

Cara Menghadapi Debt Collector
Kasus ini menjadi kasus pidana kalau para penagih utang merampas barang cicilan Anda, meneror, atau menganiaya Anda. Untuk menjerat Anda ke ranah pidana, umumnya perusahaan leasing, bank, atau koperasi akan melaporkan Anda dengan tuduhan penggelapan.

Cara Menghadapi Debt Collector
5. Jika para penagih utang merampas barang Anda, segera ke kantor polisi dan laporkan kasusnya bersama sejumlah saksi Anda. Tindakan para penagih utang ini bisa dijerat Pasal 368 dan Pasal 365 KUHP Ayat 2, 3, dan 4 junto Pasal 335.

6. Jangan titipkan mobil atau barang jaminan lain kepada polisi. Tolak dengan santun tawaran polisi. Pertahankan mobil atau barang jaminan tetap di tangan Anda sampai Anda melunasi atau ada keputusan eksekusi dari pengadilan.

Berkonsultasi hukumlah kepada Lembaga Perlindungan Konsumen, Komnas Perlindungan Konsumen dan Pelaku Usaha, atau Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen.

Cara Menghadapi Debt Collector
Gorok pake katana aja gampang bray, abis itu lari ke guyana kek koruptor emoticon-army
Quote:


di negeri ini pembunuh gak aman bray, mending korup aja dulu, terus kabur, jgn ngebunuh tapinya
nice trit gan
Quote:


Yah kek ga tau aje bray, disini koruptor yang sebenarnya membantai ribuan rakyat aja cuma dipenjara setahun, sedangkan orang nyuri pisamg setandon dipenjara 5 tahun. Semua bisa diatur asalkan finansial mampu emoticon-Blue Guy Peace
Cara yg tepat adalah : jangan ngutang ke orang yg make debt collector.

kalo bisa sih jangan ngutang emoticon-Big Grin
Solusinya kita nyamar aja jadi debt collector juga gan
ampun deh kalau urusan ginian. mending beli barang second aje, nggak puyeng...


Quote:



Spoiler for #salamsarung:



Cara Menghadapi Debt Collector
banyakin bela diri aja gan..
emoticon-Cool
wahh...ane ga punya utang untungnya...emoticon-Embarrassment
Caranya : Bodybuilding sampe kekar, pasang tato yang sangar, pake jaket kulit ala ramones, celana sobek-sobek, dan sepatu boot tentara. Dijamin tuh ! Pada lari tuh tukang "jabel" a.k.a debt collector.
jangan pakek ak47 aja yang penting gan emoticon-Big Grin
jadi ngondek gan......

tu collektor ente raba" pasti kabur duluan.....



emoticon-Cool
Kalo cicilan rumah gimana gan, bisa-bisa ane yang diusir dari rumah ane ama debt colectornya emoticon-Hammer (S)
Quote:



Plot twist : ternyata collektornya malah menikmati dan akhirnya ente harus ngelayani nusbol tuh kolector ampe dia puass
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:

makanya jangan ngutang gan GA enak ngutang sama debt collector emoticon-Najis
Kalo gamau ditagih . kalo kira kira penghasilan gamasuk gausah so gaya pengen terlihat wah dengan cara kredit.

Kalo gasanggup bayar hutang gausah kredit jadi ga akan ketemu kolektor

Kredit lah sesuai ke mampuan.kalo kira penghasilan pas pasan gausah maksa kredit
Tatap matanya aja gan ,pelototin terus lu bilang.. ampun bang... ampuh emoticon-Metal
kalo gak sanggu bayar bre...
jangan kredit bre..

hidup sederhana saja emoticon-Hammer2