alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Inilah Penjelasan Sandiaga Uno Soal Hubungannya dengan Mossack Fonseca
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5703b138a2c06e6a2d8b456b/inilah-penjelasan-sandiaga-uno-soal-hubungannya-dengan-mossack-fonseca

Inilah Penjelasan Sandiaga Uno Soal Hubungannya dengan Mossack Fonseca

Inilah Penjelasan Sandiaga Uno Soal Hubungannya dengan Mossack Fonseca

Panama Papers menyebut sejumlah pengusaha Indonesia, di antaranya Sandiaga Uno yang disebut-sebut punya hubungan dengan firma Mossack Fonseca.

Solopos.com, JAKARTA — Sejumlah pengusaha nasional yang tercantum dalam Panama Papers karena diduga melakukan penggelapan pajak tidak bermasalah atas laporan investigasi tersebut. Salah satu pebisnis Indonesia yang tercantum dalam daftar Panama Papers adalah Sandiaga Uno.

Mantan Presiden Direktur PT Saratoga Investama ini mengatakan laporan tersebut harus disikapi secara positif. Menurutnya, laporan tersebut bisa menjadi evaluasi bagi dunia investasi dalam negeri

“Ini awal yang baik untuk meningkatkan transparansi, dan full disclosure, namanya juga selama ini berkaitan dengan proses investasi dan penciptaan lapangan kerja. Jadi ini regulasi yang bisa dievaluasi agar pengusaha tidak perlu memakai off-shore untuk upgrade bisnisnya,” kata Sandiaga kepada Bisnis/JIBI, Selasa (5/4/2016).

Menurut Sandiaga, selama ini dirinya dan sejumlah pebisnis lain memakai off-shore karena memiliki nilai tambah dan menarik investor. Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini mengaku hubungannya dengan firma Mossack Fonseca asal Panama adalah relasi yang wajar dan lumrah untuk mendongkrak iklim bisnis.

“Terus terang nama saya juga ada karena kami menganggap penting untuk off-shore service dan itu lazim dan tidak melanggar hukum. Nah, kehadiran iklim investasi yang kondusif ke depan mungkin bisa menjadi pemicunya, kita duduk sama-sama apa yang bisa diperbaiki,” tutur Sandiaga.

Sementara itu nama pebisnis lainnya, yakni Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, mengaku belum bisa memberikan komentar atas kemunculan namanya dalam laporan investigasi tersebut. “Saya belum bisa komentar dulu untuk hal itu,” ujar Rosan.

Firma Mossack Fonseca terindikasi melakukan operasi rahasia paling ilegal sekaligus bernilai tinggi di dunia. Perusahaan ini ditemukan membantu para klien untuk mencuci uang, menjembatani transaksi ilegal, menghindari sanksi, sekaligus menghindar dari kewajiban pajak.

Dalam waktu empat dekade terakhir, perusahaan yang didirikan oleh Juergen Mossack dan Ramon Fonseca ini tak pernah melakukan pelanggaran hukum. Namun, operasi bisnis ekstra rahasia dan tertutup tersebut akhirnya terkuak setelah Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (International Consortium of Investigative Journalists/ICIJ) melakukan liputan mendalam terkait kasus tersebut selama setahun terakhir.

Suddeutsche Zeitung menjadi media pertama yang memperoleh data bocoran tersebut. Data tersebut akhirnya diserahkan ke ICIJ dan lalu disebarkan oleh media massa internasional lainnya, termasuk media massa Inggris, The Guardian.

Konsorsium yang beranggotakan 370 wartawan dari 100 media massa di dunia ini berhasil memperoleh bocoran data dalam bentuk 11,5 juta catatan dan 2,6 terabyte data digital. Data-data tersebut berisikan aksi pengemplangan pajak dan tranksaksi keuangan ilegal. Bocoran data tersebut dinamai Panama Papers, yang disesuaikan dengan negara kantor pusat dari Mossack Fonseca.

Panama Papers mengungkap aksi 140 politisi dari seluruh dunia yang masih aktif maupun yang nonaktif, 29 miliarder di daftar Forbes, sejumlah pesepakbola, dan artis internasional dalam skandal keuangan di biro hukum tersebut. Uniknya, organisasi terorisme, koruptor, dan para kartel narkoba pun turut meminta bantuan kepada perusahaan ini untuk mencuci uangnya.

Selain itu, dokumen ini juga mengungkap keterlibatan 214.000 perusahaan offshore dari 200 negara dalam aksi keuangan ilegal tersebut. Sejumlah bank dengan skala besar di dunia seperti UBS dan HSBC disebut turut mendorong kondisi agar aksi ilegal ini sulit dilacak. Dari 140 pejabat yang terlibat, 12 di antaranya merupakan kepala negara yang masih aktif dan juga yang telah pensiun.

Solopos
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
Gelar tiker dulu, nungguin temen ahok yg selalu tampil garang dan beringas
emoticon-Cool
oo gitu to hubunganne.
yaudah klo gitu
emoticon-Ngacir
Nah lo
Inilah Penjelasan Sandiaga Uno Soal Hubungannya dengan Mossack Fonseca Inilah Penjelasan Sandiaga Uno Soal Hubungannya dengan Mossack Fonseca
Quote:


ya tanyain juga adeknya ahok hubungannya apa emoticon-Ngakak
Nyimeng gans... Ternyata legal ya... Bener legal nih... Roeslan kan rekannya sandi yang sekarang ceo recapital gantiin sandi ya...
asal licin mah gapapa yak emoticon-Big Grin
Wajar menurut gw perusahaan investasi macam Saratoga mencari hutangan atau investor ke offshore. Tapi kenapa banyak kaskuser di sini tahunya perusahaan terdaftar di offshore itu pasti lagi nyuci uang yah?
Keren mainan nya! 😅
yg gw heran mamarika gak disebut emoticon-Bingung
oh bukan ahok
gakpapa
kalo ada nama ahok harus dibesar2kan dan harus didemo

mana panasbung! emoticon-Mad
anjer ada jga yg kek gnian yak emoticon-Hammer
Quote:


Yang gak wajar itu justru law firm ya... Apalagi kl bukan the big law firm...
Quote:


Emang adiknya Ahok ada hubungannya dgn Mossack Fonseca?
Oh gitu ya pak
Wajar ya
Tapi kalau adek Ahok yg ngelakuin itu pasti money laundering yaaa emoticon-Kaskus Radio
Ngeleessss bajaj hahahahahaah


Belum jg di buka masalah simpanan model fhm ya bos wkt main di singapore dan aussie ngeles apa lg luh ?hahahahahahaha kejang2
yg penting santun n gk tapir bray emoticon-Cool
Quote:



coba tanya si ahok tentang hubungan adiknya si fifi letya indra dgn mosack.
buat mencuci uang hasil korupsi dia bukan?
lagi di selidiki itu terkait penyelewengan apbd ups transjakarta sumberwaras dan yg skrg reklamasi.
Quote:


Yang ga wajar justru kl ada law firm lokal yang namanya ada di situ ya oms... Gede banget kayaknya duitnya..
Ea ea.

Ketahuan busuknya. emoticon-Selamat
Quote:


haha bener banget ni. kalo ahok yg ngelakuin pasti money laundering... kalo bukan ahok oh gpp positif thinking aja emoticon-Motret
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di