alexa-tracking

Longsor di Yahukimo Papua, 153 Keluarga Kesulitan Dapat Makanan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570329c094786891388b4567/longsor-di-yahukimo-papua-153-keluarga-kesulitan-dapat-makanan
Longsor di Yahukimo Papua, 153 Keluarga Kesulitan Dapat Makanan
Longsor di Yahukimo Papua, 153 Keluarga Kesulitan Dapat Makanan

Quote:TEMPO.CO, Jayapura - Longsor terjadi di Kampung Uldam dan Kampung Ilion di Distrik Kosarek, Kabupaten Yahukimo, Papua, akibat curah hujan yang tinggi sejak dua bulan terakhir.

Kepala Kampung Ilion, Paulus Saram, saat berada di Kota Jayapura, Papua, Senin siang, 4 April 2016, membenarkan kabar tentang peristiwa longsor yang mengakibatkan sekitar 153 keluarga kesulitan mendapatkan bahan makanan.

“Jadi, yang longsor itu kebun kami yang berada di lereng-lereng gunung. Semua tanaman seperti ubi jalar, buah merah, kol, kentang, dan kelapa hutan tersapu oleh air hujan bercampur material batu dan tanah,” kata Paulus yang didamping Yafet Saram dan sejumlah pemuda asal Kosarek.

Ia menuturkan, longsor membuat 88 keluarga di Kampung Uldam dan 65 keluarga di Kampung Ilion bertahan dengan bahan makanan seadanya.

“Warga di sana bisa bertahan dengan mencari hipere (ubi jalar) sisa-sisa longsor. Beruntung rumah kami tidak ikut kena longsor karena agak jauh dari lokasi longsor. Kami juga berupaya menyampaikan persoalan ini ke Kepala Distrik Kosarek tapi beliau tidak ada di tempat,” katanya.

Sementara untuk ke Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo, untuk menyampaikan peristiwa itu, kata dia, agak sulit karena tidak ada akses jalan darat, hanya menggunakan pesawat yang datang tidak tepat jadwal dengan daftar antrean penumpang yang panjang.

“Jadi, saya putuskan menunggu jadwal pesawat ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dan langsung terbang ke Jayapura dengan tujuan bisa melaporkan peristiwa ini ke pihak berkompeten,” kata Paulus Saram.

Yafet Saram berharap pemerintah daerah dan provinsi lewat instansi terkait bisa memperhatikan bencana alam yang ada di kedua kampung tersebut.

“Harapannya persoalan warga di kedua kampung bisa diperhatikan, jangan menunggu sampai ada korban. Pemerintah tolong lihat warga di kampung yang sedang tertimpa bencana,” katanya.


Sumber

menunggu uluran bantuan dari pemerintah
setidaknya gak ada korban jiwa.
kebun lagi kena longsor, banyak jenis juga tanamannya.