alexa-tracking

Ahok Ubah Dua Poin di Raperda Reklamasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5702f19dc2cb1706288b4567/ahok-ubah-dua-poin-di-raperda-reklamasi
Ahok Ubah Dua Poin di Raperda Reklamasi
Ahok Ubah Dua Poin di Raperda Reklamasi

Siti Nuraisyah Dewi, Ade AlfathSabtu, 2 April 2016, 15:18 WIB

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama, mengusulkan dua poin krusial dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Reklamasi. Raperda Reklamasi digodok sebagai aturan detail dari Keppres No. 52 Tahun 95 terkait Reklamasi.

Ahok, sapaan Basuki, mengatakan poin pertama, yakni terkait penanggulangan banjir Jakarta. Di Keppres hanya disebutkan, pengembang hanya berkewajiban menjaga daratan Jakarta tidak banjir.

Sementara itu, Ahok menilai, proyek reklamasi memang tidak akan menyebabkan banjir, karena sesuai hitungan ahli, reklamasi wajib dilakukan minimal berjarak 300 meter dari daratan.

"Bisa enggak orang buat pulau menyebabkan banjir Jakarta? Enggak bisa, enggak ada hubungan, orang dia bikin daratan. Kamu nambah tanah nih, volumenya sama, dunia kita bukan aquarium," ujar Ahok di Rusun Marunda, Jakarta, Sabtu, 2 April 2015.

Untuk itu, Ahok mengubah poin tersebut dengan penambahan kewajiban, yakni membantu Jakarta agar tidak banjir.

"Bukan mengatakan menjamin tidak banjir, dia akan ngeles, belum bikin pulau juga banjir. Sayaenggak mau dia alasan gitu. Saya bilang mesti diubah, butuh Perda biar lebih kuat," tambahnya.



Sementara itu, poin kedua, lanjut Ahok, yaitu kewajiban pengembang membagi hasil 15 persen kepada Pemda DKI dari nilai jual objek pajak (NJOP), dari setiap hak guna bangunan (HGB) dan hak pengelolaan (HPL) yang dijual.

Sedangkan di Keppres, hanya diatur pengembang wajib memberikan lima persen lahan dari setiap pulau reklamasi.

Ahok menduga, poin kedua tersebut menjadi keberatan oleh pengembang, dan menjadi dasar bagi pengusaha untuk menyuap DPRD demi menghilangkan poin itu.

"Waktu ketemu Balegda (Badan Legislasi Daerah) mereka (DPRD) bilang bisa enggak 15 persennya dihilangkan, dianggap saja lima persen dari tanah, saya bilang enggak bisa, saya kasih disposisi, saya ancam Bappeda, Sekda, siapapun yang turunkan 15 persen, saya masalahkan. Berarti korupsi, ada deal, lalu mereka bilang (Balegda) bagaimana kalauenggak disetujui oleh DPRD, saya bilang enggak usah diterusin, emang gue pikirin, sampai ganti DPRD 2019 aja kalau mereka enggak mau putuskan," kata Ahok.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Tbk, Arieswan Widjaja, diduga telah memberikan suap kepada anggota DPRD DKl Jakarta, Mohamad Sanusi. 

Dia diduga telah memberikan suap lebih dari Rp1 miliar kepada Sanusi. Suap diberikan untuk memuluskan proyek reklamasi. (asp)

© VIVA.co.id


http://m.news.viva.co.id/news/read/7...masi-lewatmana

Sorry ahok lagi ahok lagi

Sehitam apa sih hati para ahok hater?

Kalau alasannya karena keimanan, okelah masih masuk logika. Ya sudah alasannya sampai situ aja, jangan alasan lain yang mengada ada.

Tapi kalo menyerang kebijakan2 Ahok yg sebetulnya demi kebaikan Jakarta sendiri bahkan mendukung kebijakan yg berlawanan dan mengambil hanya dalil yg tujuannya menyetop ahok, sungguh keterlaluan sekali.

Suka tidak suka ada reklamasi atau nggak, teluk jakarta sudah rusak tercemar logam berat.

Kalo ngga ada reklamasi maka 15 tahun y.a.d 80% wilayah Jakarta bagian Utara akan berada lebih rendah dari permukaan air dan dalam 50 tahun lagi jalan2 di jakarta sekarang akan berada 3,33 meter di bawah air.

Siapa pun Gubernur di masa mendatang , Ahok sudah meletakkan pasal penjaga agar Jakarta mendapat untung dari reklamasi ini.

tabik.
gak sekalia 3 poin pakk emoticon-Traveller
Dua point aja udah rame suap-suapan buat gagalin...
-sudut pandang agama
-sudut pandang rasa nasionalis
serah lu aja deh hok, yg penting diselesaikan masalah amdal nya emoticon-Traveller
2 point yg dirubah jd lebih menguntungkan masyarakat & pemkot.


Goodjob hok emoticon-Traveller
ahok keliatannya strong disini.emoticon-thumbsup

tapi kasus reklamasi ini ultimate test lah buat Ahok.emoticon-shakehand

kita tau dia tegas/keras terhadap tukang minta2 (wakil rakyat dan birokrasi)
apakah demikian jg terhadap penyuap biarpun konco2 dia?

ane watching .

Quote:



amdal?

KemenLH udah maju sampe PK MA... emang masih ada upaya hukum apa lagi? emoticon-cystg


Soal Reklamasi Pantai Jakarta, Walhi Kecewa Dengan Putusan MA

JUM'AT, 01 APRIL 2011 | 12:26 WIB



Penyelam memasang spanduk menolak reklamasi di perairan Malalayan, Manado, Sulut, Minggu (15/11). Mereka menolak reklamasi karena akan merusak terumbu karang dan membunuh biota laut serta akan menghilangkan spot penyelaman. ANTARA/Basrul Haq

TEMPO Interaktif, Jakarta -Dilegalkannya reklamasi Pantai Jakarta oleh Mahkamah Agung melalui peninjauan kembali disesalkan oleh Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta."Kami sangat menyesalkan putusan MA ini," kata Ubaidillah, Direktur Eksekutif Walhi Jakarta� siang ini.

Padahal saat Walhi dan beberapa lembaga swadaya masyarakat lingkungan hidup sedang memperjuangkan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam Rancangan Peraturan Daerah Rancangan Tata Ruang dan Wilayah (Raperda RTRW). "MA malah berbalik 180 derajat dengan menyetujui PK tersebut," ujarnya.


Selain itu, Walhi juga mengendus adanya lobi-lobi yang dilakukan oleh para pengembang. "Tak hanya di tingkat eksekutif, dalam hal ini Pemda, tapi juga merambah ke yudikatif," ucapnya.

Masalahnya, lanjut Ubaidillah, masalah reklamasi ini masih terbentur AMDAL. Sementara Peraturan Daerah Tata Ruang dan Wilayah DKI Jakarta pun masih berupa rancangan. "Selama AMDAL itu belum ada, logikanya segala proyek yang berkaitan dengan reklamasi itu seharusnya ditunda," tuturnya.

Walhi sepertinya tak akan tinggal diam dengan keputusan ini. Mereka masih mempelajari kemungkinan adanya invensi tersebut. "Yang jelas, kalau ada indikasi korupsi, kami akan laporkan ke Mahkamah Konstitusi."

Sebelumnya, Mahkamah Agung telah mengeluarkan putusan Peninjauan Kembali yang melegalkan reklamasi Pantai Jakarta. Perkara No Register 12 PK/TUN/2011 dengan pengadilan asal PTUN Jakarta dan No Surat Pengantar .W2.TUN1.132/HK.06/XII/2010. Permohonan PK itu diajukan oleh salah satu direktur perusahaan reklamasi, Tjondro Indria Leimonta melawan Menteri KLH, Walhi cs."Kabul," tulis MA dalam situs resmi www.mahkamahagung.go.id pada Kamis lalu.


Perkara PK ini ditangani oleh hakim agung Supandi, hakim agung Yulius dengan ketua majelis hakim agung Achmad Sukardja. "Tanggal putus 24-Mar-11," tulis putusan itu.

Seperti diketahui, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) bersikukuh rencana reklamasi pantai utara Jakarta pada 2003 tidak sah. Reklamasi pantai yang berhutan bakau menjadi kawasan niaga berpotensi merugikan lingkungan. Sikap ini dituangkan dalam Keputusan Menteri. ini mentri jaman mega yg menggugat amdal reklamasi

Namun keputusan ini ditentang oleh 6 perusahaan reklamasi. Setelah melalui proses panjang di pengadilan, MA melalui PK membatalkan Keputusan Menteri itu.

PINGIT ARIA

Quote:


udah menang pk amdal nya, lu mau majuin pk ke planet namec?? emoticon-Big Grin
Wa berdoa yang terbaik aja deh buat Jakarta..

Gubernurnya udah oke, tinggal anggota dHewannya aja bisa sejalan gak, klo nggak ya ngantri ditangkepin KPK deh sono emoticon-Ngakak (S)

Dimana2 soalnya yg ngaku2nya wakil rakyat ini yg sering bikin rusuh, ntar pas ketangkep ya mereka2 juga emoticon-Nohope
rompi orange semakin jauh emoticon-Mewek
klo dr 5 jd 15 ya pasti ngap2 pengembangnya.
pantes ngehalalin sgla cara biar tetep 5 persen.
DITAMBAH WARGA LUAR JAKARTA, YG NGAKU WARGA JAKARTA emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk

Quote:
Quote:



yakin yg di omongin di media sesuai fakta dilapangan?? emoticon-Big Grin
Quote:


lebih yakin sama topig dan sanusi?? emoticon-Big Grin
Quote:



bawa ke sini kalo ada fakta lain.

simple emoticon-Embarrassment
Quote:



Quote:



gw lagi males.
ntar ane angkut buktinya 3 kontainer kalau gw lagi mood
emoticon-Traveller


padahal Rancangan Peraturan nya aja belum jadi tp pulaunya udah mau jadi emoticon-Ngakak



ahoak stloooong emoticon-Ngakak



tanya kenapa emoticon-Wakaka

Quote:



contoh ignorant tapi bacotnya maju dulu emoticon-Embarrassment
Quote:




nyantae wae kek emoticon-Wakaka


ts goblok lagi kerja

Ahok Ubah Dua Poin di Raperda Reklamasi

Ahok Ubah Dua Poin di Raperda Reklamasi