banyuwanger
TS
banyuwanger
Tips mengirim lamaran kerja lewat email
Spoiler for Ilustrasi:


Di zaman serba online seperti saat ini, tak hanya kemudahan dalam berbelanja online yang ditawarkan, pengiriman surat lamaran kerja pun dapat dilakukan via online. Pengiriman lamaran kerja lewat email dipilih karena memudahkan bagian HRD / Personalia dalam menyeleksi dokumen. Tak perlu menyiapkan tempat untuk tumpukan surat lamaran, tak perlu takut dokumen terselip dan proses seleksi juga dapat dilaksanakan jauh lebih cepat.

Dari sisi pelamar pun, mengirim lamaran kerja lewat email juga banyak memberikan keuntungan. Pelamar dapat menghemat biaya cetak surat lamaran, cetak foto, fotokopi dokumen dan tak perlu mengeluarkan ongkos kirim surat lamaran. Pelamar cukup mengubah berkas-berkas lamaran ke dalam bentuk file dan file tersebut dapat digunakan untuk mengirim beberapa surat lamaran sekaligus atau disimpan untuk keperluan di lain hari.

Namun, bagi Anda yang akan mengirim lamaran kerja lewat email untuk pertama kalinya biasanya masih ada beberapa hal yang bingung. Berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda:

Jangan alay!
Kenapa ini saya tulis pertama kali? Karena masih ada saja pelamar yang mengirim lamaran kerja menggunakan nama email alay. Jika alamat email Anda adalah (misal) dindacantix@xxxxx.com, amiracintakamoe@xxxxx.co.idatau nama semacam itu, segera lupakan jika tidak ingin lamaran kerja Anda berakhir di kotak sampah (trash). Nama seperti ini membuat orang lain menganggap Anda adalah orang alay dan labil yang tentunya belum siap memasuki dunia kerja.

Buatlah email baru menggunakan nama asli Anda, misalnya budihartono@xxxxx.com, adindahartatik@xxxxx.com atau lainnya. Nama email seperti terkesan formal dan profesional.

Jangan lupa mengisi Subjek email
Jika ingin mengirim lamaran kerja lewat email, pastikan Anda telah mengisi Subjek email. Hal ini akan membantu diri Anda sendiri karena email Anda akan mudah dikenali oleh HRD / Personalia di antara sekian banyak email masuk lainnya.

Contoh:

Subjek: Lamaran kerja Penulis Artikel

Subjek: Lamaran kerja Staff Marketing

Subjek: ACC - maksud Accounting (atau kode seperti ini)

Dimana saya harus menulis surat lamaran?
Ibarat menulis surat lamaran di selembar kertas, badan email adalah tempat yang cocok untuk menulis surat lamaran. Baru berkas-berkas lain dapat Anda lampirkan melalui attachment.

Lampirkan berkas-berkas pendukung
Pastikan Anda menyertakan CV, pasfoto, KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, serta dokumen-dokumen pendukung lainnya dalam bentuk file. Anda dapat mengubah dokumen-dokumen tersebut menjadi bentuk file dengan alat scan. Anda dapat pergi ke rental komputer atau warnet jika tidak memiliki alat scan.

Perhatikan bentuk dan ukuran file
Anda dapat mengirimkan file lampiran dalam bentuk Doc atau PDF, jika tidak ada instruksi perusahaan. Ukuran file lampiran pun patut diberi perhatian khusus saat mengirim lamaran kerja lewat email.

Jangan mengirim file dengan ukuran terlalu besar karena beresiko gagal terkirim. Selain itu, jangan biarkan HRD / Personalia malas mencari tau lebih jauh tentang Anda karena terlalu lama menunggu saat mengunduh file Anda.

Ikuti instruksi perusahaan
Terakhir pastikan Anda mengikuti semua instruksi yang disyaratkan oleh perusahaan. Jangan sampai ada yang terlewat. Usahakan tidak ada sedikitpun celah yang dapat membuat lamaran kerja lewat email milik Anda gagal dalam tahap seleksi berkas.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sumber:
http://banyuwanger.com/read/page/cat...y/Artikel/1836
Diubah oleh banyuwanger 04-04-2016 05:04
0
5.3K
0
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan