alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fbd66f162ec2c97f8b4568/curhatan-gak-penting
curhatan gak penting
Selamat malam agan dan sista yang mungkin gak sengaja mampir ke trit ane ini. Disini ane cuma mau sharing aja sih, tentang apa perasaan ane sekarang.

Alhamdulillah ane sudah (berhasil) melamar cewek ane di bulan Februari kemaren, dan rencananya nikah tanggal 30 Juli 2016 nanti. Yah jujur jujuran aja ya, ane nikah pakai biaya dari ortu ane. Segala macem tetek bengek pernikahan ortu ane yang nanggung. Cuma pesen dari ortu ane, kamu nyiapin untuk disana nya aja. Kebetulan ane kerja di daerah di Jawa Timur, sdgkan calon domisili di Bekasi. Dari pesen ortu ane sih kayaknya sederhana ya, ane mikir dulu sih cuma nyiapin kontrakan aja, soalnya ortu ane jg bilang sih mau beliin perabotan. Tapi, lama - lama ane mikir.. apa ane gak malu kalau segala macem minta ortu, terlepas ortu ane mampu atau gak.. dari sini ane mikir, mikir jauh ke depan, untuk perencanaan hidup, terutama finansial.. yang ternyata, ane rasa ane belum siap.

Ane sekarang kerja sbg abdi negara, sebelumnya di swasta yang gajinya dua kali lipet sekarang. Dulu, baru pertama kali kerja, dan langsung dapet gaji gede (menurut ane sih gede), ane hamburkan di barang - barang mewah. Ane cicil beli hp yang harga 6 juta, beli motor, beli sepeda, segala macem deh. Waktu itu ane udah sama cewek ane, dan dulu masih suka putus nyambung (masih labil) jadi ane gak mikir kesiapan nikah. Sebenernya ane mikir, cuma suka gak kuat nahan godaan. Apalagi dg suka putus nyambung jadinya halaah, ngapain sih dipikirin. Kaya gitu ane.. Sampai, sudah setahun bekerja, dan mau pindah ke Jawa Timur, ane cek tabungan ane kok kosong.. kosong dalam arti, ane gak punya tabungan sama sekali buat pindahan. ane bener bener gk habis pikir, ane udah beli apa aja... bener bener abis blas. sampai ane pun gak tau udh abis gara gara apa itu duit. sampai saat itu ane sadar, ane bener - bener buruk dalam mengelola keuangan. ane coba untuk berubah pas masuk sbg abdi negara.

Barangkali ada yang tau kalau sbg cpns baru, gajinya masih belum seratus persen, dan juga gajinya setengah dari gaji yg dulu. Okay, ane bisa ngelewatin lah. Ngerencanain ini itu. Sampai, suatu ketika, entahlah ane kesambet setan apalagi, ane malah nyicil kamera SLR dlm wktu satu tahun, kemudian bulan depannya ane nyicil laptop dlm wktu 18 bulan. Luar biasa! Luar biasa bodoh kalau dipikir sekarang. Untuk nabung pun sampai gak bisa untuk bulanannya.

Sampai, entah ane bodoh atau... yah terlalu terburu buru, ane bilang serius ke ortu ane, dan blg serius jg ke ortu cewek ane. kemudian sebulan setelah ngmg itu, ane lamaran. Serius, mulai dari situ ane mulai rencanain keuangan dan.... hasilnya gak bagus. ini gak akan bisa mencukupi buat ngasih makan istri aja bakal kesusahan banget.. buat ngontrak rumah sekarang aja, nanti mau gadai emas ane (untung dulu msh mikir buat beli emas), dan tabungan udh abis buat beli perabotan nanti di kontrakan. dan sekarang ane mikir buat jual segala macem barang - barang ane yang sekiranya bisa dijual. Kamera, laptop, handphone, semuanya aja kalau bisa...

Ane gak butuh barang - barang itu, ane baru nyadar sekarang kalau barang - barang itu gak ane butuhin sama sekali. Cobaaa aja, kalau ane saving satu juta aja dari pertama kerja sampai sekarang... udah dapet banyak...ane udah terjebak gaya hidup hedon, yang dampaknya itu mematikan sekali. ane mah gak mikirn orang lain punya ini punya itu, itu urusan mereka. ane mikir sendiri aja udah kesusahan. cuma bisa menyesal.

Entahlah apa yang ane mau share disini, sorry... cuma mau curhat...
Penyesalan ga ada gunanya. Mengingat ente tidak bagus dakam pengelolaan uang, kalo sesudah nikah cewe ente lebih mahir mending suru cewe ente yg kelola pengaturan uang.

Om aku banyak yang seperti kamu. Hedon parah, hobi otomotif pula. emoticon-Hammer (S)

Tapi mereka berubah pas rumah tangga. Mungkin karena terdesak keadaan. Rumah tangga kan harus pintar-pintar mengelola. Apalagi pas ada anak, yang merokok sampai harus bela-belain berhenti buat susu bayi yang muahaaal banget hehe.

Niat yang penting, gan. Btw, selamat ya. Semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. emoticon-Big Grin
daripada lu jual barang barang lu... lu gunain sebagai kerja sampingan kek kamera lu... bisa disewain kan??
y laen x jangan hedox lagi gan
Klo u jual barang2 yg u beli dgn cicil klo masih jalan kreditnya malah rugi bnyk banget. Putus asa, butuh duit tapi juga u musti bisa mikir secara ekonomis. Jgn dibiasaiin itu abis beli barang trs gak punya duit dijualin. Itu kaya apa ya sebutannya? Malu kalo kaya gitu. U dah beli, u dah nyicil ya perjuangin kecuali u masuk rs atau sakit

Ai sih gak nyaranin utk ndompleng sama ortu ya, tp klo ortu msh mampu, msh ada spare mending u ngomong sm mereka itung2annya gmn. Klo mereka ada spare ya u pinjam lg deh. Nanti klo cicilan dah pada lunas ya u cicil ortu u.

Klo ada waktu senggang cari income tambahan, extra money.