alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fbd1041a997545028b4567/erry-jalin-bilateral-pendidikan-kesehatan-pemprovsu-pulau-pinang
Erry Jalin Bilateral, Pendidikan, Kesehatan, Pemprovsu-Pulau Pinang
Erry Jalin Bilateral, Pendidikan, Kesehatan, Pemprovsu-Pulau Pinang

MEDAN. 30/3. sorotsumut – Plt Gubernur Sumatera H T Erry Nuradi berniat memperbarui berbagai kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang. Pembaruan kerjasama menurutnya diperlukan dalam rangka lebih meningkatkan hubungan ke dua wilayah yang dikaitkan dengan kondisi kekinian era Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Hal itu diungkapkan Plt Gubsu saat jamuan makan malam Yang Dipertua Kerajaan Negeri Pulau Pinang Tun Seri Dato’ Haji Abdul Rahman bin Haji Abbas di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Senin (29/3) malam. Hadir dalam kesempatan itu Timbalan Setia Usaha Kerajaan Negeri (Pengurusan) Haji Ghazali bin Derahman, Konsul Jenderal Malaysia di Medan Amizal Fadzli Rajali, Konsul Jenderal RI di Pulau Pinang Agus Priono, anggota DPD RI Parlindungan Purba dan Walikota Medan Dzulmi Eldin serta jajaran Yayasan PRSU.
Plt Gubsu mengatakan hubungan Provinsi Sumatera Utara maupun Kota Medan dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang harus semakin ditingkatkan terutama pada era Masyarakat Ekonomi Asean. “Di era MEA banyak yang bisa dilakukan, mari kita tingkatkan kerjasama bilateral bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan dan lain sebagainya,” ujar Erry Nuradi .
Beberapa perjanjian dan MoU baik oleh Pemko Medan maupun Pemporivsu yang sudah berumur 10 tahun menurut Plt Gubsu bisa diperbaiki lagi. Terutama dikaitkan dengan Kondisi kekinian, dan pemberlakukan MEA.
Kunjungan Yang Dipertua Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia adalah yang pertama sejak sepuluh tahun terakhir dalam rangka keikutsertaan pada Pekan Raya Sumatera Utara. Setelah absen selama empat tahun, Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia kembali ikut serta dalam ajang PRSU yang berlangsung selama satu bulan.

Pulau Pinang dan Sumut , sambung Erry, jaraknya sangat dekat hanya sekitar 30 menit penerbangan. Dan Hampir sebagian besar masyarakat Sumut pernah ke Pulau Pinang . “Hari ini kami bangga setelah 10 tahun Yang Dipertua Negeri kembali berkunjung. Saya berharap hubungan semakin di tingkatkan lagi. Berbagai bentuk kerjasama silam seperti pemberian nama Jalan Pulau Pinang di pusat Kota Medan, dan pemberian pinjam pakai faviliun Sumatera Utara di Jalan Pulau Tikus maupun paviliun bagi Kerajaan Negeri Pulau Pinang di PRSU tetap kita lanjutkan dan ditingkatkan,” ujar Plt Gubsu.
Erry kembali mengungkapkan harapannya agar ke depan hubungan ke dua wilayah dapat lebih baik lagi. “Terimakasih kepada para pengusaha dan pemerintah kerajaan tahun ini kembali membuka stand PRSU, dan kami juga pada tahun ini juga akan kembali mengisi stand di Penang Fair,” ucap Erry.

Timbalan Setia Usaha Kerajaan Negeri (Pengurusan) Haji Ghazali bin Derahman mengaku terharu dengan penyambutan Pemporovsu dan Kota Medan. “Sejak dahulu hubungan baik terus terjalin dengan kerjasama termasuk PRSU,” ujar Ghazali. Dia berharap bulan Desember nanti, Sumut ikut serta dalam even Pinang Fair 2016.
Dia mengatakan setiapharinya penerbangan dari Medan ke Pulau Pinang selalu penuh, terutama untuk tujuan wisata dan berobat. “Mungkin karena cost lebih murah dan pelayanan kesehatan yang bagus,” ujarnya. Selain ikut serta dalam ajang PRSU, dalam kunjungannya di Sumut, Kerajaan Negeri Pulau Pinang akan menggelar acara Majelis Makan Pulau Pinang pada Rabu (30/3).