alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fbbe0ed89b09ea5e8b456e/cara-budidaya-pohon-pinang-intensif
Cara Budidaya Pohon Pinang Intensif
Cara Budidaya Pohon Pinang Intensif
Buah Pinang atau bahasa latinnya Areca Cathecu merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia. Permintaan akan buah pinang ini lumayan tinggi. Buah pinang pada umumnya banyak tumbuh dipekarangan rumah atau kebun, dan belum banyak petani yang membudidayakan Pinang secara serius, secara intensif.

Biji pinang berguna untuk bahan makanan, bahan baku industri seperti pewarna kain, dan obat. Biji pinang sebagai penyusun ramuan obat sudah masuk ke dalam daftar prioritas WHO (World Health Organization/organisasi kesehatan dunia) . Biji pinang ini sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak ribuan tahun sebelum masehi, terutama di Mesir dan India.

Hingga kini banyak negara yang menggunakan biji pinang antara lain sebagai; obat cacing, eksim, sakit gigi, flu, luka, kudis, difteri, nyeri haid, mimisan, sariawan, mencret, koreng, dan borok.

Syarat Tumbuh Tanaman Pinang

Pinang akan tumbuh dengan baik jika penanaman dilakukan di tempat yang sesuai dengan syarat tumbuhnya. Jika tempatnya sesuai maka akan memberikan dampak yang baik sehingga menghasilkan pertumbuhan dan produksi buah yang optimal.

Beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan di dalam penanaman pinang antara lain :

  1. Tanaman Pinang dapat berproduksi optimal pada ketinggian 0–1.000 m dpl (meter diatas permukaan laut). Tanaman pinang idialnya ditanam pada ketinggian dibawah 600 m diatas permukaan laut.
  2. Tanah yang baik untuk pengembangan pinang adalah tanah beraerasi baik, solum tanah dalam tanpa lapisan cadas, jenis tanah laterik, lempung merah dan aluvial.
  3. Keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman pinang sekitar pH 4 - 8.
  4. Curah hujan yang dikehendaki tanaman pinang antara 750-4.500 mm/tahun yang merata sepanjang tahun atau hari hujan sekitar 100 - 150 hari.
  5. Tanaman pinang sangat sesuai pada daerah yang bertipe iklim sedang dan agak basah dengan bulan basah 3 - 6 bulan/tahun dan bulan kering 4 - 8 bulan/tahun.
  6. Tanaman pinang dapat tumbuh dengan baik pada suhu optimum antara 20º - 32º C. Tanaman pinang menghendaki daerah dengan kelembaban udara antara 50 – 90 %.
  7. Pohon pinang memerlukan penyinaran yang cukup. Penyinaran yang sesuai untuk tanaman pinang berkisar antara 6-8 jam/hari.


Bibit Pinang

[list]
[*]Bibit bermutu berasal dari benih terpilih yang berasal dari pohon induk terpilih. Seleksi pohon induk dapat dilakukan pada individu pohon, yaitu melalui seleksi sebagai berikut:
[*]Pohon induk tumbuh tegar, batang lurus, mahkota pohon berbentuk setengah bulat dan pertumbuhan daun terbagi rata.
[*]Pohon bebas dari serangan hama dan penyakit
[*]Umur pohon lebih dari 10 tahun dan telah stabil berproduksi, yaitu sekitar 4-5 tahun.
[*]Lingkar batang lebih dari 45 cm (diukur pada ketinggian 1 m dari permukaan tanah).
[*]Daun yang terbuka penuh lebih dari 8 helai,
[*]Jumlah tandan lebih dari 4 buah,
[*]Jumlah buah per tandan lebih dari 50 butir.

Sumber: gampongrt
Waduh.. pohon pinang emang kudu dilestarikan, supaya masih ada lomba panjat pinang di masa depan.
Quote:Original Posted By taufikation
Waduh.. pohon pinang emang kudu dilestarikan, supaya masih ada lomba panjat pinang di masa depan.



betul gan,masa ntr dganti panjat tiang listrik emoticon-Wakaka
pinang sekarang lagi murah ble