alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fbb86e14088daf458b4570/dpr-berniat-mempersulit-eksekusi-mati-gembong-narkoba-dkk
DPR Berniat Mempersulit Eksekusi Mati Gembong Narkoba Dkk
DPR Berniat Mempersulit Eksekusi Mati Gembong Narkoba Dkk

Kolekan bata dulu laek ,hmm emoticon-Cool
Kala DPR Berniat Mempersulit Eksekusi Mati Gembong Narkoba Dkk

DPR Berniat Mempersulit Eksekusi Mati Gembong Narkoba Dkk

Jakarta - Di tengah perang pemerintah melawan narkoba, DPR terang-terangan akan mempersulit upaya eksekusi mati, termasuk untuk para penjahat narkoba kelas kakap. Alasannya sederhana yaitu karena bandar narkoba kelas kakap itu telah insyaf atau berkelakuan baik, sehingga dinilai tidak layak untuk dieksekusi mati.

Draf tersebut tertuang dalam RUU KUHP yang tengah digodok oleh Komisi III DPR. "Pembuat UU tampaknya sudah tidak mengikuti tujuan pemidanaan yaitu sebagai pembalasan tetapi sebagai rehabilitasi," kata ahli hukum Prof Dr Hibnu Nugroho kepada detikcom, Rabu (30/3/2016).
DPR Berniat Mempersulit Eksekusi Mati Gembong Narkoba Dkk
Saat ini penerapan hukuman mati terbatas hanya kepada 6 jenis pidana yaitu tindak pidana makar, pembunuhan berencana, korupsi, pelanggaran HAM, terorisme dan narkotika.

DPR menggagas para terpidana mati itu tidak perlu dijatuhi hukuman mati apabila dalam penjara selama 10 tahun berkelakuan baik sehingga hukumannya bisa diturunkan menjadi seumur hidup atau 20 tahun penjara. Menurut Hibnu, proses pemidanaan memiliki beragam variasi di tiap-tiap negara.

"Atau malah nanti ke arah kerja sosial. Jadi ini masalah pilihan tujuan pemidanaan," ujar guru besar Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) itu.

Namun gagasan itu dinilai kurang tepat karena masyarakat Indonesia masih memerlukan hukuman yang tegas dan keras. Di sisi lain, tekanan internasional dalam bidang HAM membayangi Indonesia.

"Untuk Indonesia harus dipikir ulang, tapi kalau tidak nanti Indonesia takut dibilang tidak menjunjung HAM," cetus Hibnu.

Menurut anggota Fraksi PPP, Arsul Sani, ide tersebut mayoritas diterima seluruh fraksi. Arsul mengatakan bahwa di akhir masa sidang lalu, Panja hanya meminta pemerintah sebagai pengusul untuk memperbaiki sistematika pasal.
DPR Berniat Mempersulit Eksekusi Mati Gembong Narkoba Dkk
"Secara fraksional, 8 fraksi sebenarnya sudah sepakat dengan norma-norma hukum terkait hukuman mati yang ada dalam RKUHP. FPDIP memberikan catatan agar hukuman mati dijatuhkan dengan prinsip kehati-hatian. F-PD meminta pasal hukuman mati dihapus," jelas Arsul yang fraksinya (PPP) juga menyetujui hal itu.

Fraksi yang menolak tegas usulan itu baru datang dari Fraksi PKS. Menurut anggota Fraksi PKS Nasir Djamil, ide tersebut bisa tumpang tindih dengan fungsi grasi yang dimiliki presiden. Selain itu, kewenangan mengurangi hukuman mati juga berpeluang oknum pemerintah bermain mata.
DPR Berniat Mempersulit Eksekusi Mati Gembong Narkoba Dkk
"Ini memberikan peluang dan potensi abuse of power alias penyalahgunaan kewenangan bagi Kementerian Hukum. Misal ada yang divonis mati, karena ingin diberikan masa percobaan dan diubah hukuman matinya kemudian 'menyuap' pihak kementerian. Jadi ini potensial disalahgunakan," papar Nasir.

Kritik terhadap rancangan aturan ini salah satunya disampaikan oleh BNN. Menurut BNN, eksekusi mati adalah harga final untuk gembong narkoba.

"BNN tunduk pada aturan mekanisme hukum. Alangkah indahnya kalau sindikat narkotika dihukum berat-berat dan eksekusi dipercepat," kata Kabag Humas BNN, Kombes Slamet Pribadi.

Sementara itu, hakim agung Prof Dr Gayus Lumbuun yang berkali-kali menjatuhkan hukuman mati keberatan dengan gagasan tersebut. Usulan DPR ini dinilai bertabrakan dengan fungsi lembaga pengadilan yang mempunyai hak untuk menjatuhkan hukuman mati. Usulan DPR itu dinilai bertentangan dengan nilai-nilai trias politika yang ada.
DPR Berniat Mempersulit Eksekusi Mati Gembong Narkoba Dkk
"Ini kan sama saja dengan mengubah putusan hakim. Ini akan membelenggu daya kreasi hakim dalam memutus sebuah kasus kalau nantinya akan diubah hukumannya," kata Gayus.
DPR Berniat Mempersulit Eksekusi Mati Gembong Narkoba Dkk
Sumur :https://m.detik.com/news/berita/3175537/kala-dpr-berniat
Panjang amat enih trid laeeek emoticon-DP
Baca-baca dulu ya bang. Komeng entaran aja deh emoticon-Traveller
Blunder kelas kakap, gara" ngeliat peredaran duitnya trilyunan...
Efek duit haram luar biasa, bisa jadi halal untuk semua pihak yg terlibat..
Ga inget kmren ditangkep nya ampe mati brapa polisi?

Blm yg mati OD brapa bocah?
Quote:Saat ini penerapan hukuman mati terbatas hanya kepada 6 jenis pidana yaitu tindak pidana makar, pembunuhan berencana, korupsi, pelanggaran HAM, terorisme dan narkotika.

kok ane belom pernah denger ada koruptor yang dijatuhi hukuman mati? yang ada malah dapet remisi tiap tahun emoticon-Big Grin


disaat negara ingin memerangi gembong narkoba dengan hukuman mati, anggota DePeeR kita malah mau mempersulit eksekusi emoticon-Cape d...
alasannya berkelakuan baik? atau jangan² dianggap berkelakuan baik karena udah 'nyetor'? emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:DPR Berniat Mempersulit Eksekusi Mati Gembong Narkoba Dkk

masalah ini bertentangan dgn semangat .... "negara darurat narkoba"

dpr bablas
kasihan rakyat emoticon-Turut Berduka


dpr dagelan ..... RIP buwas
emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By silitneonhuuek
Baca-baca dulu ya bang. Komeng entaran aja deh emoticon-Traveller

Lu dah komen ituh kehed emoticon-Bata (S)
ntar jemput isyana dulu
baru komen yakkk emoticon-Kaskus Radio


haiyyaaa cilaka luwa welas waaa
Quote:Original Posted By kohanamet
Blunder kelas kakap, gara" ngeliat peredaran duitnya trilyunan...
Efek duit haram luar biasa, bisa jadi halal untuk semua pihak yg terlibat..


Dan yg berkepentingan emoticon-shakehand
ada yang udah kena duit nih di gedung alien sono emoticon-siul
Quote:Original Posted By dimasew
Ga inget kmren ditangkep nya ampe mati brapa polisi?

Blm yg mati OD brapa bocah?

Komen gini kek bukan orang endonesah lu bro,sejak kapan parlemen dimarih peduli sama rakyatnye mao modar kek kelaperan kekk,persetaan !!
Quote:Original Posted By .koray.

Lu dah komen ituh kehed emoticon-Bata (S)


Bangkor jangan oot di trit sendiri dong emoticon-Gila
Quote:Original Posted By purelight123


kok ane belom pernah denger ada koruptor yang dijatuhi hukuman mati? yang ada malah dapet remisi tiap tahun emoticon-Big Grin


disaat negara ingin memerangi gembong narkoba dengan hukuman mati, anggota DePeeR kita malah mau mempersulit eksekusi emoticon-Cape d...
alasannya berkelakuan baik? atau jangan² dianggap berkelakuan baik karena udah 'nyetor'? emoticon-Blue Guy Bata (L)


Yg lu lupa selain kgak ad nyang dihukum mati dan dapet remisi saban taun ,napi tindak pidana korupsi itu selnye dipisahkan dengan napi tindak pidana lain emoticon-Big Grin ,wuenaak toh emoticon-Recommended Seller

mana yg jagoan di trit enih...
TS langgar rule nih bepeh bukan fjb emoticon-Mad (S)
Quote:Original Posted By silitneonhuuek


Bangkor jangan oot di trit sendiri dong emoticon-Gila

Oot mata lu sobek emoticon-fuck2
Quote:Original Posted By bonta87
mana yg jagoan di trit enih...


Negh lo kenalin koray aloemni boedoet 1908 ,hmm emoticon-Cool
Quote:Original Posted By .koray.
Panjang amat enih trid laeeek emoticon-DP


Gw gak setuju ma DPR

Mending semua anak STM dan alumni nye
Di tes urine.

Pasti positif mengandung zat lem aibon dan lem fox buat mavok

emoticon-Cool

Salam Bunda Kandung bray