alexa-tracking

Ketika BlackBerry Membius Indonesia Sampai Picu Kericuhan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fb8a8dde2cf2e0558b456f/ketika-blackberry-membius-indonesia-sampai-picu-kericuhan
Ketika BlackBerry Membius Indonesia Sampai Picu Kericuhan
akarta - Rasanya belum lama ponsel BlackBerry menjadi primadona Indonesia. Berbagai model BlackBerry begitu digilai dan menjadi simbol status sampai pernah bikin kericuhan.

BlackBerry mulai memikat pengguna di Indonesia sepertinya sekitar tahun 2006 dan mencapai puncaknya di 2008 sampai beberapa tahun setelahnya. BlackBerry jadi smartphone terpopuler di sini, siapa yang punya merasa bangga.

Di Indonesia, BlackBerry menjadi anomali. Handset ini sebenarnya ditujukan untuk kalangan pebisnis, namun di Indonesia kala itu semua kalangan meminatinya. Dari ibu rumah tangga sampai anak-anak, terutama terpikat dengan layanan BlackBerry Messenger.

Wajar saja, BBM kala itu belum ada saingannya. WhatsApp dan layanan sejenisnya belum begitu dikenal. Faktor itu, selain menenteng BlackBerry terlihat bergengsi, membuat ponsel BlackBerry menjadi dambaan. Artis artis pun banyak menggunakannya.

"Soalnya pakai Blackberry bisa ketawa-ketawa sendiri, bisa menimbulkan teman baru. Tapi bisa juga menimbulkan masalah baru, soalnya orang di sebelah kita bisa kita cuekin," aku Luna Maya yang kala itu hobi BBM.

Karena harganya yang mahal, banyak yang tak mampu membeli BlackBerry. Research in Motion, nama perusahaan BlackBerry di masa itu, menghadirkan solusi dengan kedatangan BlackBerry Gemini. Gemini yang dihargai paling murah langsung menghebohkan Indonesia.


Gemini waktu itu harganya Rp 3 jutaan dan dianggap mengancam Nokia. Di zaman itu, BlackBerry memang bersaing sengit dengan Nokia yang juga tengah jaya. Dan benar saja, Gemini akhirnya jadi ponsel sejuta umat.

"Gemini bisa mempengaruhi pasar menengah ke bawah. Orang yang ingin membeli ponsel diharga Rp 3 jutaan akan melirik Gemini karena Gemini adalah BlackBerry. Hal ini harus mendapat perhatian dari Nokia jika ingin melindungi pangsa pasarnya," papar seorang pengamat kala itu.

Picu Kericuhan

Popularitas BlackBerry belum kendor sampai tahun 2011 walau Android dan iPhone mulai mengancam. Bahkan kalau masih ingat, kedatangan model baru Bellagio atau Bold 9790 memicu kericuhan saat penjualan perdananya di Pacific Place di akhir tahun tersebut.

Kehebohan terjadi karena Bellagio dijual separuh harga menjadi Rp 2,3 juta untuk seribu pembeli pertama. Tak ayal, begitu banyak orang yang ingin mendapatkannya. Sebagian jelas ingin menjualnya lagi dengan bayangan meraup untung tidak sedikit.

Tertibnya antrean di Pacific Place hanya sebentar, yang terjadi kemudian adalah chaos. Ribuan massa berdesak desakan tak terkendali sehingga polisi dan satpam yang menjaga kewalahan. Bahkan banyak yang pingsan.


"Ingat bapak ibu saudara menanti di rumah, keselamatan adalah yang paling utama," teriak petugas, demi menenangkan massa yang tidak sabar. Menurut Kompol Hando yang kala itu menjabat Kapolsek Kebayoran, korban sakit sudah sekitar 90 orang. Polisi pun tidak punya pilihan lain selain menutup loket penjualan Bellagio.


Peristiwa ini ramai diberitakan, bahkan sampai ke media media tenar di mancanegara. Menunjukkan masih tingginya ketenaran BlackBerry di Indonesia.

Sayang kemudian, BlackBerry tak mampu melawan serbuan pasukan ponsel Android. Hingga akhirnya masa kejayaan BlackBerry benar benar berakhir di Indonesia maupun dunia. Dominasi BlackBerry di Indonesia pun hanya tinggal cerita.

http://inet.detik.com/read/2016/03/30/110312/3175660/317/ketika-blackberry-membius-indonesia-sampai-picu-kericuhan
haha ane jmn itu malah blm pake bb
buat para fanboy bb jgn fanatik lah sama bb nya
image-url-apps
Gw beli onyx 300rb
Dulu harga onyx baru brpa gan ? emoticon-Cool
image-url-apps
Gemini ane liat dikalangan pebisnis masih banyak yg make utk hape kedua

KASKUS Ads
image-url-apps
Dulu banyak fanboy BB yg kenceng bela BB.

masih bela BB nggak ya mereka? emoticon-Embarrassment
image-url-apps
Quote:


haha , masih eksis ternyata



image-url-apps
Gue masih ada tuh bellagio
Blon sempet dijual
image-url-apps
BB yg bikin ribet kan gegara pake bis
Untung yg skrg udah ga lagi
Tapi nilai jualnya apa selain romantisme masa lalu?
image-url-apps
Quote:


tp masih pada pake bbm tuh, paling pindah andro/iphone
image-url-apps
Klo yg masih paham fungsinya..

BB masih lebih powerfull drpd andro.. emoticon-Malu (S)
image-url-apps
Quote:


Alasan nya.... batere nya awet.... layar kecil soalnya

Android boros krn layar gede

image-url-apps
Belaggio sama Bold 9900 apalah itu lupa gw punya gw keduanya Matot emoticon-Hammer penyakit BB itu loading Bootloop nya loh yang 75% itu
image-url-apps
Jaman itu gw masih pake wm 6.1 hammer
image-url-apps
Masih inget istilah ini sampe sekarang...

"Hari gene gak pake bebe..."

Rasanya pengen gw tusnol pake tiang listrik tuh ababil alay
image-url-apps
Inget BB Ane Jadi Sakit Hati Lagi Nih... emoticon-No Hopes:

Haga Javelin 7jt Belom 2 Taon Drop Sampe 80% Harga Awal... Asuh Banget... emoticon-Marah
gak aneh di indo hape baru meningkatkan status sosialnya ... walau orang tahu kalau dia berprofesi sbg op warnet emoticon-Stick Out Tongue

emoticon-Entahlah
image-url-apps
jijiki emoticon-Najis
image-url-apps
wolak-walik ing jaman emoticon-Big Grin
Ga pernah pake BB, prefer android,
apalagi dulu bos gw pake andro versi 1.0 kayanya udah keren itu sekitar 9 tahun yg lalu
sekarang cukup puas liat andro dimana2, prediksi gw ga salah... emoticon-Cool

sekalian donk minta cendol jika berkenan, hehehehe

Ketika BlackBerry Membius Indonesia Sampai Picu KericuhanKetika BlackBerry Membius Indonesia Sampai Picu KericuhanKetika BlackBerry Membius Indonesia Sampai Picu Kericuhan
image-url-apps
Quote:



pertama keluar dulu di TA ane beli msh 6-an gan emoticon-Mewek

sekarang dijual gope aja belom tentu laku emoticon-Sorry
×