alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fb5184529a4572108b4567/akibat-salah-gaul
Akibat Salah Gaul
salam,
ini thread pertama ane. setelah cukup lama jadi SR, ane jadi pengen cerita. pusing juga, apa yang harus ane lakukan gan.
jadi ceritanya gini, ane seorang kakak, punya 2 adik.
yang pertama, namanya Wibi (nama samaran ya gan). umurnya 23 tahun.
yg kedua Joko ( nama samaran juga, 19 tahun).
Joko ini, waktu kecilnya nurut gan. baek, solatnya rajin. sampe kalo nginep di rumah temennya pun wajib bawa sarung ama peci solat subuh di sana.
sampe masuk SMP pun nurut lah.
masalah muncul menjelang dia masuk SMA. udah rada2 bandel, ketika temen2nya udah main sosmed, dia masih main layangan, main bola, nyari ikan di kali, bolang banget lah.
tapi....gitu dia minta masuk SMA yang menjadi ikon sekolah tawuran, dia ngotot minta kesana padahal bokap gak izinin. maunya joko sekolah di SMA yang deket rumah aja.
sedangkan nyokap, malah mendukung joko.
'biarin sih dia sekolah di tempat yang dia suka. malah ntar dia stress lagi kalo sekolah di tempat yang gak dia suka' nyokap pun membujuk bokap hingga akhirnya luluh... jadilah sekolah disono. ga ada masalah gan...
namun, pas mau naik kelas 2, ane melihat pergaulan joko mulai ga bener. mulai dari ngerokok, tawuran, pacaran, tapi nyokap gak percaya.
ane pun membujuk bokap buat masukin joko ke pesantren.
bokap setuju banget, karena pola pikir ane sama bokap sama persis, sedangkan nyokap ngikut maunya anak aja. jelas aja joko gak mau, karena di rumah dia udah nyaman apa aja diturutin sama nyokap.
ditambah, masukan dari tetangga yang udah kita anggap kayak sodara yang mendukung nyokap
'yaudah gpp ga usah mesantren, yg penting mau ngaji'. gitulah keputusannya.
emang sih akhirnya dia mau ngaji di tempat pak kiai, tapi cuma 2 bulanan. udah gitu jadi sering tawuran, sama kampung sebelah, sama sekolah lain, belum berantem2 nya, pokoknya kenyang deh bokap dipanggil pak lurah ama pak RT.
puncaknya gan, momen paling sedih dalam hidup ane, bokap ane meninggal...
serasa lepas pegangan hidup ane.
dan bener aja, semuanya lepas kendali. ancur berantakan.
joko yang sejak dulu minta dibeliin motor, malah semakin gila. belum ada 40 hari dia ngamuk2 terus minta motor. gak mikir dia bokapnya baru aja meninggal. ane dan wibi ga setuju kalo nyokap beliin motor.
karena tahu kelakuan joko ini gak bener di luaran sana.
tapi tetangga yang udah kayak sodara itu lagi2 menyumbang suara. mendukung nyokap buat beliin motor...
alesannya 'ntar ni anak bisa depresi klo ga dibeliin'
suara ane dan wibi gak didenger.
akhirnya, entah gimana caranya, uwak ane ngasih duit 7 juta buat beli motor. jadilah itu motor.
tapi.....belum lama eh itu motor udah diacak-acak. dimodif apaan lah, biaya keluar banyak.
trus nih anak bolos sekolahnya banyaaaaak banget......
sampe ratusan kali bolosnya,
then, gak naik kelas.
nyokap kasih kesempatan
tapi gitu lagi.
akhirnya di DO.
setelah itu jadi main gak jelas sama anak nakal di kampung.
ane udah curiga nih anak main narkoba nih.
dia juga sering nyolong barang2 ane, uang ane.
tapi nyokap ga marahin.
ane kesel banget.
banyak kenakalannya yg bikin ngelus dada.
jambak ane pernah, gak ngakuin ane sebagai kakaknya juga iya,
dia suka minta uang.
prinsip ane sama kayak bokap, jangan sering ngasih uang kalo ga butuh. tapi nyokap beda. apaaa aja yg diminta bakal dikasih walaupun harus ngutang.

klimaksnya, blarrrr!!!
terdengar kabar kalo dia memperkosa beramai-ramai cewe kampung lain. dan dia kabur tapi tetep hubungi nyokap. buat apa? minta uang.
akhirnya dipesantrenin tapi tetep... minta uang melulu.
belum ada sebulan udah minta lagi. padahal nyokap juga gak banyak duit.
sedangkan ane males, ogah kirim2 dia duit. gak mikir2 juga dia udah dalam kondisi kayak apa. ane pengennya laporin dia ke polisi aja.
tapi dilema... yah kasian sama nyokap.
jujur gan ane gak bisa maapin adek ane. karena dia bersalah.
ane cewe soalnya, kalo ane yg dikerjain cowo2 apa nyokap bakal nyuruh ane maapin cowo jahat yg udah ngancurin masa depan ane?
ane ga bisa gan kasian sama joko. dia udah berbuat bejat.
walaupun dia udah sadar, ane ga bisa kasian.
berat rasanya. ngerasain banget duka si cewe itu.
orang salah kok dilindungi. penjarain aja mestinya.

tapi ane bingung harus ngapain???
yakin uda sadar? sadar dia bersalah apa sadar dr mabok tuh?
dipesantren itu masi minta2 duit buat apa?
buset tu adek nakalnya mah udah kelewatan.. ko bsa si ibu belain dia terus?
kyanya dlu salah pergaulan tuh sis tp klo uda begitu di biarin mah bakal semakin menjadi.. apalagi dia lg kena masalah hukum perkosa bocah rame2..
bocah model gtu kyanya bsa sadar klo uda d tegur ma yg d atas sis..
Quote:Original Posted By asincuka
yakin uda sadar? sadar dia bersalah apa sadar dr mabok tuh?
dipesantren itu masi minta2 duit buat apa?



ngakunya sadar. yah tapi sadar kalo dia lg jadi buronan
Quote:Original Posted By kalud
buset tu adek nakalnya mah udah kelewatan.. ko bsa si ibu belain dia terus?
kyanya dlu salah pergaulan tuh sis tp klo uda begitu di biarin mah bakal semakin menjadi.. apalagi dia lg kena masalah hukum perkosa bocah rame2..
bocah model gtu kyanya bsa sadar klo uda d tegur ma yg d atas sis..



iya. entahlah, apa karena anak bungsu...?
Quote:Original Posted By bungarusa



iya. entahlah, apa karena anak bungsu...?


ga ngaruh klo anak bungsu mau alim apa nakal.. tp selama pnya kepenginan trus mintanya masih wajarkan gan? g pake acara nekad ma ngancem sgala
Quote:Original Posted By kalud
ga ngaruh klo anak bungsu mau alim apa nakal.. tp selama pnya kepenginan trus mintanya masih wajarkan gan? g pake acara nekad ma ngancem sgala



iya banyak juga kok anak bungsu yang nurut.. tapi ini, bener-bener kebawa lingkungan jelek. kalo ga dikasih duit, pintu digedor-gedor sampe rusak. dan nyokap pernah marahnya ke ane karena gak ngasih duit. tapi setelah makin bandelnya dia, nyokap pun diem gak lagi marah ke ane. menurut ane, sayang bukan berarti ngasih apa yang dia mau. tapi ngedidik dia buat lebih menghargai uang yang didapetnya aja susah.
jangankan ke ane, ke nyokap aja mintanya sambil bentak2 kayak ke babunya aja. ane kasian sama nyokap, tapi nyokap ga sadar bahwa kelakuan joko itu gak cukup hanya dengan didoain. perlu ketegasan juga...
Emang pergaulannya salah, tapi yang paling salah ibu yang terlalu manjain. Ibu sis jg salah ga nurut suami/bokap sis malah lebih bela anaknya.
Hmm kalo dah gini ga tau deh mau ngomong apaan...
Selama ibu sis ga mao berubah manjain dia terus ya percuma. Kec joko dipenjara jd ibu sis ga bs apa2 lg.
haduh ribet juga ya sis. kompleks itu sis.gak cuma satu ataw dua tapi banyak banget masalah nya. maap sis gak bisa ngasih opini,doain aja biar keluarganya gansis cepet beres masalahnya dan jadi harmonis lagi
Seharusnya dia pantas d penjara, trus kenapa ga dtangkap?
saran gw: laporin polisi. terus kalian semua minta maaf ke keluarga korban.

orang tua kalo udah nggak bener gitu ya jangan diturutin lah, yang penting masih dihormati aja.
masuk pesantren itu bukan solusi, kecuali dia abis masuk penjara baru masuk pesantren.

amit2 knock on the wood deh jangan sampe anak cucu keluarga kalian dapat karmanya.
Quote:Original Posted By bungarusa
iya banyak juga kok anak bungsu yang nurut.. tapi ini, bener-bener kebawa lingkungan jelek. kalo ga dikasih duit, pintu digedor-gedor sampe rusak. dan nyokap pernah marahnya ke ane karena gak ngasih duit. tapi setelah makin bandelnya dia, nyokap pun diem gak lagi marah ke ane. menurut ane, sayang bukan berarti ngasih apa yang dia mau. tapi ngedidik dia buat lebih menghargai uang yang didapetnya aja susah.
jangankan ke ane, ke nyokap aja mintanya sambil bentak2 kayak ke babunya aja. ane kasian sama nyokap, tapi nyokap ga sadar bahwa kelakuan joko itu gak cukup hanya dengan didoain. perlu ketegasan juga...



klo gtu mah mending di kasih pelajaran gan.. tega ga tega mending laporin tu kasus dia biar dia belajar tanggung jawab ma apa yg dia perbuat.. klo di biarin malah semakin mnjadi seakan dia lakuin hal apa pun ga bakal ada hukumannya..
apa agan takut ma adeknya?
Quote:Original Posted By bungarusa
salam,
ini thread pertama ane. setelah cukup lama jadi SR, ane jadi pengen cerita. pusing juga, apa yang harus ane lakukan gan.
jadi ceritanya gini, ane seorang kakak, punya 2 adik.
yang pertama, namanya Wibi (nama samaran ya gan). umurnya 23 tahun.
yg kedua Joko ( nama samaran juga, 19 tahun).
Joko ini, waktu kecilnya nurut gan. baek, solatnya rajin. sampe kalo nginep di rumah temennya pun wajib bawa sarung ama peci solat subuh di sana.
sampe masuk SMP pun nurut lah.
masalah muncul menjelang dia masuk SMA. udah rada2 bandel, ketika temen2nya udah main sosmed, dia masih main layangan, main bola, nyari ikan di kali, bolang banget lah.
tapi....gitu dia minta masuk SMA yang menjadi ikon sekolah tawuran, dia ngotot minta kesana padahal bokap gak izinin. maunya joko sekolah di SMA yang deket rumah aja.
sedangkan nyokap, malah mendukung joko.
'biarin sih dia sekolah di tempat yang dia suka. malah ntar dia stress lagi kalo sekolah di tempat yang gak dia suka' nyokap pun membujuk bokap hingga akhirnya luluh... jadilah sekolah disono. ga ada masalah gan...
namun, pas mau naik kelas 2, ane melihat pergaulan joko mulai ga bener. mulai dari ngerokok, tawuran, pacaran, tapi nyokap gak percaya.
ane pun membujuk bokap buat masukin joko ke pesantren.
bokap setuju banget, karena pola pikir ane sama bokap sama persis, sedangkan nyokap ngikut maunya anak aja. jelas aja joko gak mau, karena di rumah dia udah nyaman apa aja diturutin sama nyokap.
ditambah, masukan dari tetangga yang udah kita anggap kayak sodara yang mendukung nyokap
'yaudah gpp ga usah mesantren, yg penting mau ngaji'. gitulah keputusannya.
emang sih akhirnya dia mau ngaji di tempat pak kiai, tapi cuma 2 bulanan. udah gitu jadi sering tawuran, sama kampung sebelah, sama sekolah lain, belum berantem2 nya, pokoknya kenyang deh bokap dipanggil pak lurah ama pak RT.
puncaknya gan, momen paling sedih dalam hidup ane, bokap ane meninggal...
serasa lepas pegangan hidup ane.
dan bener aja, semuanya lepas kendali. ancur berantakan.
joko yang sejak dulu minta dibeliin motor, malah semakin gila. belum ada 40 hari dia ngamuk2 terus minta motor. gak mikir dia bokapnya baru aja meninggal. ane dan wibi ga setuju kalo nyokap beliin motor.
karena tahu kelakuan joko ini gak bener di luaran sana.
tapi tetangga yang udah kayak sodara itu lagi2 menyumbang suara. mendukung nyokap buat beliin motor...
alesannya 'ntar ni anak bisa depresi klo ga dibeliin'
suara ane dan wibi gak didenger.
akhirnya, entah gimana caranya, uwak ane ngasih duit 7 juta buat beli motor. jadilah itu motor.
tapi.....belum lama eh itu motor udah diacak-acak. dimodif apaan lah, biaya keluar banyak.
trus nih anak bolos sekolahnya banyaaaaak banget......
sampe ratusan kali bolosnya,
then, gak naik kelas.
nyokap kasih kesempatan
tapi gitu lagi.
akhirnya di DO.
setelah itu jadi main gak jelas sama anak nakal di kampung.
ane udah curiga nih anak main narkoba nih.
dia juga sering nyolong barang2 ane, uang ane.
tapi nyokap ga marahin.
ane kesel banget.
banyak kenakalannya yg bikin ngelus dada.
jambak ane pernah, gak ngakuin ane sebagai kakaknya juga iya,
dia suka minta uang.
prinsip ane sama kayak bokap, jangan sering ngasih uang kalo ga butuh. tapi nyokap beda. apaaa aja yg diminta bakal dikasih walaupun harus ngutang.

klimaksnya, blarrrr!!!
terdengar kabar kalo dia memperkosa beramai-ramai cewe kampung lain. dan dia kabur tapi tetep hubungi nyokap. buat apa? minta uang.
akhirnya dipesantrenin tapi tetep... minta uang melulu.
belum ada sebulan udah minta lagi. padahal nyokap juga gak banyak duit.
sedangkan ane males, ogah kirim2 dia duit. gak mikir2 juga dia udah dalam kondisi kayak apa. ane pengennya laporin dia ke polisi aja.
tapi dilema... yah kasian sama nyokap.
jujur gan ane gak bisa maapin adek ane. karena dia bersalah.
ane cewe soalnya, kalo ane yg dikerjain cowo2 apa nyokap bakal nyuruh ane maapin cowo jahat yg udah ngancurin masa depan ane?
ane ga bisa gan kasian sama joko. dia udah berbuat bejat.
walaupun dia udah sadar, ane ga bisa kasian.
berat rasanya. ngerasain banget duka si cewe itu.
orang salah kok dilindungi. penjarain aja mestinya.

tapi ane bingung harus ngapain???


kuot dulu
Quote:Original Posted By bungarusa
salam,
ini thread pertama ane. setelah cukup lama jadi SR, ane jadi pengen cerita. pusing juga, apa yang harus ane lakukan gan.
jadi ceritanya gini, ane seorang kakak, punya 2 adik.
yang pertama, namanya Wibi (nama samaran ya gan). umurnya 23 tahun.
yg kedua Joko ( nama samaran juga, 19 tahun).
Joko ini, waktu kecilnya nurut gan. baek, solatnya rajin. sampe kalo nginep di rumah temennya pun wajib bawa sarung ama peci solat subuh di sana.
sampe masuk SMP pun nurut lah.
masalah muncul menjelang dia masuk SMA. udah rada2 bandel, ketika temen2nya udah main sosmed, dia masih main layangan, main bola, nyari ikan di kali, bolang banget lah.
tapi....gitu dia minta masuk SMA yang menjadi ikon sekolah tawuran, dia ngotot minta kesana padahal bokap gak izinin. maunya joko sekolah di SMA yang deket rumah aja.
sedangkan nyokap, malah mendukung joko.
'biarin sih dia sekolah di tempat yang dia suka. malah ntar dia stress lagi kalo sekolah di tempat yang gak dia suka' nyokap pun membujuk bokap hingga akhirnya luluh... jadilah sekolah disono. ga ada masalah gan...
namun, pas mau naik kelas 2, ane melihat pergaulan joko mulai ga bener. mulai dari ngerokok, tawuran, pacaran, tapi nyokap gak percaya.
ane pun membujuk bokap buat masukin joko ke pesantren.
bokap setuju banget, karena pola pikir ane sama bokap sama persis, sedangkan nyokap ngikut maunya anak aja. jelas aja joko gak mau, karena di rumah dia udah nyaman apa aja diturutin sama nyokap.
ditambah, masukan dari tetangga yang udah kita anggap kayak sodara yang mendukung nyokap
'yaudah gpp ga usah mesantren, yg penting mau ngaji'. gitulah keputusannya.
emang sih akhirnya dia mau ngaji di tempat pak kiai, tapi cuma 2 bulanan. udah gitu jadi sering tawuran, sama kampung sebelah, sama sekolah lain, belum berantem2 nya, pokoknya kenyang deh bokap dipanggil pak lurah ama pak RT.
puncaknya gan, momen paling sedih dalam hidup ane, bokap ane meninggal...
serasa lepas pegangan hidup ane.
dan bener aja, semuanya lepas kendali. ancur berantakan.
joko yang sejak dulu minta dibeliin motor, malah semakin gila. belum ada 40 hari dia ngamuk2 terus minta motor. gak mikir dia bokapnya baru aja meninggal. ane dan wibi ga setuju kalo nyokap beliin motor.
karena tahu kelakuan joko ini gak bener di luaran sana.
tapi tetangga yang udah kayak sodara itu lagi2 menyumbang suara. mendukung nyokap buat beliin motor...
alesannya 'ntar ni anak bisa depresi klo ga dibeliin'
suara ane dan wibi gak didenger.
akhirnya, entah gimana caranya, uwak ane ngasih duit 7 juta buat beli motor. jadilah itu motor.
tapi.....belum lama eh itu motor udah diacak-acak. dimodif apaan lah, biaya keluar banyak.
trus nih anak bolos sekolahnya banyaaaaak banget......
sampe ratusan kali bolosnya,
then, gak naik kelas.
nyokap kasih kesempatan
tapi gitu lagi.
akhirnya di DO.
setelah itu jadi main gak jelas sama anak nakal di kampung.
ane udah curiga nih anak main narkoba nih.
dia juga sering nyolong barang2 ane, uang ane.
tapi nyokap ga marahin.
ane kesel banget.
banyak kenakalannya yg bikin ngelus dada.
jambak ane pernah, gak ngakuin ane sebagai kakaknya juga iya,
dia suka minta uang.
prinsip ane sama kayak bokap, jangan sering ngasih uang kalo ga butuh. tapi nyokap beda. apaaa aja yg diminta bakal dikasih walaupun harus ngutang.

klimaksnya, blarrrr!!!
terdengar kabar kalo dia memperkosa beramai-ramai cewe kampung lain. dan dia kabur tapi tetep hubungi nyokap. buat apa? minta uang.
akhirnya dipesantrenin tapi tetep... minta uang melulu.
belum ada sebulan udah minta lagi. padahal nyokap juga gak banyak duit.
sedangkan ane males, ogah kirim2 dia duit. gak mikir2 juga dia udah dalam kondisi kayak apa. ane pengennya laporin dia ke polisi aja.
tapi dilema... yah kasian sama nyokap.
jujur gan ane gak bisa maapin adek ane. karena dia bersalah.
ane cewe soalnya, kalo ane yg dikerjain cowo2 apa nyokap bakal nyuruh ane maapin cowo jahat yg udah ngancurin masa depan ane?
ane ga bisa gan kasian sama joko. dia udah berbuat bejat.
walaupun dia udah sadar, ane ga bisa kasian.
berat rasanya. ngerasain banget duka si cewe itu.
orang salah kok dilindungi. penjarain aja mestinya.

tapi ane bingung harus ngapain???




Sama banget gan sama sepupu ane. Nakalnya gak ketulungan. Dlu sepupu ane sampe bkin ibunya stress krn kelakuannya. Yg bkin sedikit berubah, doa ibu gan. Bibi ane selalu berdoa buat dia. Dlu dia DO, sama sekali gak mau kerja. Dan puncaknya dia hamilin ank orng. Akhirnya nikah. Setelah anknya lahir dia berubah. Akhirnya mw kerja. Wlpn cuman jadi sopir. Tp lumayan lah drpd gak kerja sama sekali. Selalu doain adik agan yaa. Jng pernah tinggalin dia.
ente tinggal di daerah mana sis? kalo deket ane mau bantu.. kasih pelajaran dikit buat ade ente.. tuh anak kudu disekolahin duku biar tau rasanya sakit dan kehilangan.. apalagi kalo kelakuan udh bentak2 nyokap,minta duit maksa,sok jagoan tp ga bisa cari duit sendiri.. kalo ga dikasih pelajaran dr sekarang jadi sampah tuh anak beneran dah..
Tau dari mana merkosa?
lapor polisi lah..
enak aja udah merkosa anak orang bisa bebas2 gitu.
kali aja di penjara bisa sadar..
atau pantat makin lebar..
ke pesantren udah bagus tu sis, yg penting jauh dari pergaulannya, kalo bisa beda pulau dan sama orang yg dia segani di keluarga sis. kayak sepupu ane yg udah nikah nakalnya sejak kuliah make narkoba, dibawa rehab sana sini malah sering masuk rsj tapi kalo udah sampe di rumah seminggu kemudian udah gawat lagi karena gaulnya sama yg ngasih lagi walopun diam2. tapi ya itu gara2 paman ane manjain dia, apalagi kalo sambil nangis2 minta pulang pas rehab. sekampung sering gwat gara2 dia.
akhirnya mereka pindah, lambat laun ya berubah tapi gk sama kek dulu lagi, ngomongnya lambat, mikir lambat kalo buat cari nafkah udah gk bisa diarepin untungnya ada warisan rumah sama sama kebun sawit tapi Alhamdulillah lah udah bener2 berubah dan istrinya setia walo keadaannya udah kayak gitu.
Numpang komeng ya sis..

Sori sis ane agak nggak terima sis jujur sewaktu ane baca dia ngeperkosa ramai2 cewek di kampung lain (memperkosa dlm arti memaksa kan disini sis?) krn ane punya adek cewek, ane sayang buanget sm adek ane.
Kl ane di posisi sis ane pasti bingung jg secara nyokap lo kaya begitu, dimanja banget ya si Joko?? Nyokap lo ga buka telinga kanan-kiri? Kok kelihatannya sudut pandangnya kasih sayang ibu doang(?) tp sis harus banget banget berusaha memperlihatkan ke nyokap kl Joko bener2 ga pantes buat dibela lagi, sbg pembelajaran hidup Joko juga.

Tp ane salut ama lo sis, bokap lo nggak ada & lo masih mikirin adek lo pdhl lo cewek. Semangat yeee