alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fb44cf31e2e677538b4569/5-tanda-yang-bikin-agan-kepergok-berbohong-saat-wawancara-kerja
5 Tanda yang Bikin Agan Kepergok Berbohong Saat Wawancara Kerja
5 Tanda yang Bikin Agan Kepergok Berbohong Saat Wawancara Kerja
source: linkedin.com


Wawancara kerja merupakan tahapan penting dalam proses pencarian kerja. Siapapun pastinya ingin performa wawancaranya memuaskan, terutama kalau perusahaan yang dilamar benar-benar perusahaan idamannya. Tapi demi memukau pewawancara kadang kala Agan terpaksa berbohong, sekalipun hanya untuk hal kecil.

Menurut seorang pakar Grafologi, ternyata 60% pelamar kerja tak segan berbohong saat wawancara kerja (source: http://goo.gl/qNiXt9). Padahal perbuatan ini bisa terbaca loh, yakni dari ekspresi wajah, mata, suara, dan sebagainya.

Ini dia tanda-tanda yang tanpa sadar Agan lakukan saat berbohong, namun bisa ‘kepergok’ sama pewawancara:


Quote:1. Menyentuh hidung atau mulut

5 Tanda yang Bikin Agan Kepergok Berbohong Saat Wawancara Kerja

Adrenalin saat berbohong ternyata bisa menyebabkan seseorang punya kecenderungan untuk menyentuh hidung atau menutup mulutnya. Mulut yang terlihat tegang juga menunjukkan tanda-tanda seseorang berbohong, Gan.


Quote:2. Gerakan mata

5 Tanda yang Bikin Agan Kepergok Berbohong Saat Wawancara Kerja

Ternyata dari gerakan mata, pewawancara bisa tahu jika Agan sedang berbohong. Agan bisa kepergok bohong kalau mata Agan melihat ke atas kemudian ke kanan (berlaku sebaliknya buat orang yang kidal, yaitu melihat ke atas kemudian ke kiri). Tanda lainnya adalah Agan juga cenderung lebih banyak berkedip.


Quote:3. Kontak mata

5 Tanda yang Bikin Agan Kepergok Berbohong Saat Wawancara Kerja

Agan mungkin pernah denger kalau orang yang sedang berbohong biasanya menghindari kontak mata. Nah, tapi ternyata info ini kurang valid karena banyak orang yang justru dengan sengaja terus-terusan melakukan kontak mata demi meyakinkan pewawancara kalau mereka gak berbohong.


Quote:4. Berbicara lebih cepat atau lambat

5 Tanda yang Bikin Agan Kepergok Berbohong Saat Wawancara Kerja

Seseorang yang sedang berbohong biasanya tanpa sadar mulai berbicara lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya. Nadanya juga jadi lebih tinggi. So, kalau Agan melakukan ini saat menjawab pertanyaan wawancara, kemungkinan Agan sedang dicurigai sama tim recruiter, Gan.


Quote:5. Mengulang jawaban

5 Tanda yang Bikin Agan Kepergok Berbohong Saat Wawancara Kerja

Kandidat yang berbohong gak akan mampu memberi detail informasi bermutu yang bisa mendukung jawabannya. Mereka justru memberikan informasi yang berlebihan dan tidak perlu, atau cenderung mengulang jawaban yang sama persis bahkan hingga beberapa kali. Hal ini dimaksudkan untuk meyakinkan pewawancara, Gan.


Itu tadi baru lima dari sejumlah tanda yang bisa bikin Agan kepergok berbohong saat wawancara kerja. Lengkapnya langsung ke sumurnya aja ya, Gan --> http://www.wikihow.com/Detect-Lies

Saran ane, jangan terlalu mengkhawatirkan lima hal di atas selama Agan wawancara. Yang ada pewawancara bakal tahu kalau Agan lagi gelisah menutupi kebohongan. Selama Agan melakukan persiapan matang, Agan gak perlu melewati situasi ini.

Memang ada pertanyaan-pertanyaan yang bisa Agan prediksi dan persiapin jawabannya karena biasa ditanyakan saat wawancara. Misalnya, apa yang diketahui tentang perusahaan, kelebihan dan kekurangan, dll. Tapiii, sebenernya ada banyak pertanyaan lain yang unik, gak terduga dan bisa menjebak kandidat. Kalau gak siap kondisi ini bakal bikin Agan tertekan dan berpotensi berbohong.
Ini contoh pertanyaan wawancaranya, Gan:

5 Tanda yang Bikin Agan Kepergok Berbohong Saat Wawancara Kerja

5 Tanda yang Bikin Agan Kepergok Berbohong Saat Wawancara Kerja


Biasanya ane suka baca-baca review soal seleksi wawancara di perusahaan-perusahaan PLUS bocoran pertanyaannya di website ini, Gan. Jadi buat agan-agan yang lagi cari kerja, bisa langsung meluncur ke situ buat mempelajari pertanyaan apa aja yang mungkin ditanyain ke Agan saat wawancara nanti.

Semoga membantu, Gan! emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Lumayan gan jadi referensi bentar lagi ane mau tamat habis tuh nyari kerja gan, doai'n ya gan emoticon-Big Grin
tuh buat job seeker hati" emoticon-Big Grin
pertanyaannya gampang. jawabannya yg susah..emoticon-Big Grin
Wahhhh lumayan nih Baca Baca beginian
bermangpaat buat ane gan, kebetulan ane nih smk kelas 12 , bentar lg lulus, nyari kerja... Izin save gan
klo mo wawancara tangan diiket trus mata ditutup biar ndak ketahuan boong.
kalo lagi wawancara emang gerak geriknya harus ekstra hati hati yah gan
berani jujur hebat yah gan emoticon-Cool
Ane jujur gan emoticon-Cool jujur kalo ane emang suka bohong emoticon-Hammer (S)
micro expression itu ya gan..tapi yang nomor 2 setau ane buat yg kidal sama yang normal bukannya sama aja ya gan..coz gerakan mata tersebut respon dari otak..nah otak kiri dan orak kanan orang kidal ya sama aja ky orang normal..hanya masalah lebih aktif bagian mana..
kalo yang ane pelajarin jika orang berbohong ( jika ditanya tentang masa lalu/yang sudah dilakukan : kamu kemana malam minggu..dimana u waktu gw cariin di lapangan futsalkemaren.. ) cenderung setelah melirik ke kiri atas ( otak kiri benrfungsi untuk masalah ilmiah, itung2an, kejadian yang telah dialami, memori ) selanjutnya akan melihat ke arah kanan atas ( otak kanan berhubungan dengan imajinasi, seni dll ), dan secara garis besar micro expression tsb dapat dilihat dari :Muka ( muka, mulut ) , lengan, jari tangan dan kaki, arah badan dan nafas..CMIIW
Pakai topeng men
Biat ekspresinya gak keliatan men

Tp apapun itu, jujur tetap pilihan yang terbaik men
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By suwe..
micro expression itu ya gan..tapi yang nomor 2 setau ane buat yg kidal sama yang normal bukannya sama aja ya gan..coz gerakan mata tersebut respon dari otak..nah otak kiri dan orak kanan orang kidal ya sama aja ky orang normal..hanya masalah lebih aktif bagian mana..
kalo yang ane pelajarin jika orang berbohong ( jika ditanya tentang masa lalu/yang sudah dilakukan : kamu kemana malam minggu..dimana u waktu gw cariin di lapangan futsalkemaren.. ) cenderung setelah melirik ke kiri atas ( otak kiri benrfungsi untuk masalah ilmiah, itung2an, kejadian yang telah dialami, memori ) selanjutnya akan melihat ke arah kanan atas ( otak kanan berhubungan dengan imajinasi, seni dll ), dan secara garis besar micro expression tsb dapat dilihat dari :Muka ( muka, mulut ) , lengan, jari tangan dan kaki, arah badan dan nafas..CMIIW


oh ya gan? soal yg kidal itu mungkin yg laen bisa mengoreksi juga?
bener gann emang dasarnya karna otak kanan berkaitan sama imajinasi yaa
Quote:Original Posted By prabufilm
kalo lagi wawancara emang gerak geriknya harus ekstra hati hati yah gan


kalo terlalu dipikirin pun takutnya bikin gelisah gan dan malah jadi ga mulus interview-nya emoticon-Ngakak (S) intinya asal jujur mah santai aja ya gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By br0sis


oh ya gan? soal yg kidal itu mungkin yg laen bisa mengoreksi juga?
bener gann emang dasarnya karna otak kanan berkaitan sama imajinasi yaa


coz ane leftenhand juga gan..hehehe...
kalo tiba2 idungnya gatel pas lagi wawancara gimana, gan? emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By Restituta
kalo tiba2 idungnya gatel pas lagi wawancara gimana, gan? emoticon-Bingung

minta garukin aja sama yg ngewawancarain emoticon-Ngakak
tq gan,, bermanfaat bgt, soalnya ane lg ngelamar kerjaanemoticon-Shakehand2
Mantappp
Makanya janganboong deh mendingan
Usahakan jujur, kecuali kepepet gan.
×