alexa-tracking

Pembuat Mobil Nasional Komodo Mengeluh Dijiplak China

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fb3d385c7798516e8b456a/pembuat-mobil-nasional-komodo-mengeluh-dijiplak-china
Pembuat Mobil Nasional Komodo Mengeluh Dijiplak China
Pembuat Mobil Nasional Komodo Mengeluh Dijiplak China

PT Fin Komodo Teknologi selaku perusahaan swasta nasional di bidang rekayasa dan teknologi tak kehilangan akal untuk terus mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan jargon mobil nasional. Langkah ini dianggap perlu terus dilakukan agar tetap kuat bersaing di tengah gempuran dominasi mobil-mobil Jepang di Indonesia.

Saat ini, diketahui Fin Komodo telah memiliki beberapa varian yang terus dikembangkan, seperti mobil pemadam kebakaran (Fire Fighter), ambulans (Medivac), serta mobil yang terbaru yang dikembangkan bersama TNI.

Namun sayang, di tengah semangat yang membara untuk terus mengembangkan dan mempopulerkan mobil nasional, Komodo justru menghadapi masalah lantaran ada kasus plagiarisme dari model-model yang dibuatnya.

“Sebenarnya ada lagi untuk penyiram gulma lengkap denan pompa air dan tangki air. Tapi tidak kami ekspose karena khawatir kalau laku ditiru. Karena model ini (Komodo) sudah ada banyak yang tiru, terutama dari China. Mereka malah dikasih macam-macam (modifikasi). Padahal kami juga bisa dan ada,” ujar Marketing PT Fin Komodo Teknologi Dewa Yuniardi saat ditemui di acara pameran INAPA, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu, 30 Maret 2016.

Namun, sejumput asa masih memantik semangat mereka untuk tak kehilangan akal. Fin Komodo pun kini terus gencar merangsang penjualan produknya ke sejumlah wilayah yang membutuhkan mobil berkarakter yang dibuat mereka.

“Selama ini kita kita sudah sampai empat kali pengembangan dan yang keempat ini engine sama, namun performa beda. Artinya performa bertambah. Untuk melakukan penjualan sendiri, saat ini kami langsung menawarkan kepada konsumen yang disasar seperti di pedesaan," kata dia.

“Hingga saat ini, rata-rata setiap tahun mobil kita laku terjual 120-150 unit. Kebanyakan digunakan untuk perkebunan dan tambang. Tapi saat ini juga banyak untuk wisata fun yang disewakan, seperti wisata adventure,” ungkapnya.

Soal harga, Fin Komodo dijual dengan harga Rp88 juta dengan model standar. (ms)

http://otomotif.news.viva.co.id/news...edium=facebook
no comment
ndak di patenin aja modelnya.
tar yg niru tinggal dituntut aja.
cina tukang niru, emoticon-Embarrassment
Gak kaget sama sekali
cina minta dikirimi racunya komodo
Cinak gitu lohh

tapi sapa pulak yg mau beli mobil.cinak, sparepart kagak jelas ntar, mendingan beli buatan sendiri
jagonya gan
China kan spesialis kw emoticon-Big Grin

Sbnr nya jualan mobil di aftersales nya. Kalo suku cadang gampang, murah dan berkualitas pasti bisa bersaing kok.
Buktinya mobil/motor jepang tetap menang lah sama bikinan China.
kalo emg bagus dan berkualitas ngapain takut ditiru nanti pasar juga bisa milih sendiri. nyatanya dulu cina niru motor jepang dengan model yang sama persis ttp aja keok ga laku di pasaran.
Negeri KW memang terlalu...
Quote:


Ngga segampang itu kalo sama china, udah banyak kasus merk2 mobil china niru model mobil2 eropa bahkan ada yang sama persis tapi perusahaan eropa itu gabisa berbuat apa2 karena disana juga perlindungan buat desain itu hampir ga ada jadi ya orang sana bebas buat apa aja tanpa khawatir bakal diganggu sama si pemilik desain. Makanya disana barang kw banyak bgt
Quote:


cino mau dituntut masalah hak paten?
ngimpiiii emoticon-Big Grin
kalau bisa dituntut udah dari dulu kalee
yang dipatenin dan merk internasional aja kena kw
namanya juga persaingan .. harus lebih inovatif lagi nih emoticon-Traveller
gak kaget, gak heran, komen apa yak... cinak gitu loh emoticon-Recommended Seller
ini pake mesin bikinan sendiri atau beli jadi...?
mobil off-road buat pedalaman emoticon-Motret
gak kaget lagi lah cina gitu loh

eh tiongkok deng

emoticon-Ngacir
ya sabar2 aja sama tuh negara satu emoticon-Big Grin soalnya pabrikan luar negri yg bikin pabrik disana aja nuntut hak cipta ke pengadilan sana tapi g di gubris dengan alibi g sama emoticon-Big Grin apalagi indo emoticon-Traveller
maka nya otomotif byk yg pindah pabrik ke negara2 asean kyk thailand,vietnam,malay sama indo atau asia selatana kyk india emoticon-Traveller emoticon-Ngacir