alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fb23c896bde6d72c8b4567/frekwensi-pelanggaran-rute-selatan-cukup-tinggi
Poll: pelanggaran penerbangan rute selatan cukup tinggi
pelanggaran dan hukum udara 50.00% (3 votes)
perbatasan dan hukum udara 50.00% (3 votes)
FREKWENSI PELANGGARAN RUTE SELATAN CUKUP TINGGI
FREKWENSI PELANGGARAN RUTE SELATAN CUKUP TINGGI

Rute penerbangan selatan Jawa, khususnya di atas Jawa Timur, selama ini memang dikenal sebagai kawasan terbatas (restricted area), karena pada rute tersebut terdapat dua kawasan latihan militer (Military Training Area – MTA), yaitu MTA pangkalan TNI AU (Lanud) Iswahyudi, Madiun dan Lanud Abdulrakhman Saleh, Malang.. Sesuai UU penerbangan nasional, pesawat terbang sipil (domestik dan asing) maupun pesawat terbang militer asing, yang terbang di kawasan tersebut harus minta ijin atau melakukan koordinasi dengan otoritas TNI AU, dalam hal ini Lanud Iswahudi dan Lanud Abdulrakhman Saleh.

Namun kenyataannya, aturan tersebut banyak dilanggar, dimana dalam kurun waktu dua bulan saja, sejak Januari hingga Februari 2016, sudah terjadi 21 (dua puluh satu) kali pelanggaran di dua MTA, baik Lanud Iswahyudi maupun Lanud Abdulrakhman Saleh.. Bila di buat rata-rata, bisa disimpulkan hampir tiap dua hari pelanggaran itu terjadi. Mayoritas pelanggar adalah pesawat sipil domestik, mereka secara sengaja memasuki wilayah restricted area tanpa minta ijin atau melakukan koordinasi dengan otoritas TNI AU.

FREKWENSI PELANGGARAN RUTE SELATAN CUKUP TINGGI FREKWENSI PELANGGARAN RUTE SELATAN CUKUP TINGGI

Pelanggaran itu secara jelas terdeteksi oleh radar jajaran Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosek Hanudnas) II Makassar. Padahal sesuai aturan penerbangan sipil dan alasan keselamatan penerbangan mereka seharusnya menghindari kawasan tersebut, Aturan tersebut berlaku di semua negara, seperti yang sudah di atur dalam Aeronautical Information Publication (AIP). Terkait dengan masalah tersebut, nampak bahwa masih ada “pekerjaan rumah” yang harus diselesaikan bersama terkait dengan pelanggaran rute selatan di MTA Lanud Iswahyudi dan Abdulrakhman Saleh.

Dari sisi legalitas, pesawat sipil yang memasuki restricted area, sebenarnya sudah masuk kategori pelanggaran pidana. Dan sesuai pasal 402 Undang-Undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan, mereka dapat diancam dengan tuntutan penjara 3 tahun atau membayar denda 500 juta rupiah. Sayangnya proses hukum terhadap para pelanggar udara tersebut, masih belum optimal, karena terkendala dengan regulasi penerbangan (PP) yang sampai saat ini belum di syahkan.

Sementara dari sisi keselamatan penerbangan, pelanggaran itu justru membahayakan pesawat beserta para penumpangnya. Tidak menutup kemungkinan pesawat sipil yang memasuki restricted area digunakan untuk kegiatan pengintaian atau bahkan aksi teroris menyerang instalasi militer atau obyek vital, seperti yang terjadi pada peristiwa “9-11” (nine eleven) di AS tahun 2001.
sementara itu mayoritas bandara di jawa masih nempel sama lanud tni,emoticon-Big Grin
Mayoritas pelanggar pesawat sipil domestik, apakah ini artinya maskapai penerbangan lokal?
btw, no fly zone di jalur selatan mana aja sih?

Sama mas TS lupa ngasih sumber tuh.
Quote:Original Posted By Sapi.Metal
Mayoritas pelanggar pesawat sipil domestik, apakah ini artinya maskapai penerbangan lokal?
btw, no fly zone di jalur selatan mana aja sih?

Sama mas TS lupa ngasih sumber tuh.


Yg bandel sih tujuan dari Bali/SBY ke jakarta. Lewat Selatan fuelnya lebih irit. Waktu tempuh lebih cepat, dan jalur tidak padat.

FYI, masuk ke langit Jakarta, semua pesawat dari timur rata2 sdh di hold di atas Indramayu. Bisa dibayangin padetnya.

Oleh karena itu Kemenhub saat ini sdg melakukan pembahasan dan negosiasi ttg pembukaan jalur Selatan untuk kepentingan penerbangan sipil.

Kembali lagi, maskapai yg paling bandel ya you know who.. emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By cherrybombers


Yg bandel sih tujuan dari Bali/SBY ke jakarta. Lewat Selatan fuelnya lebih irit. Waktu tempuh lebih cepat, dan jalur tidak padat.

FYI, masuk ke langit Jakarta, semua pesawat dari timur rata2 sdh di hold di atas Indramayu. Bisa dibayangin padetnya.

Oleh karena itu Kemenhub saat ini sdg melakukan pembahasan dan negosiasi ttg pembukaan jalur Selatan untuk kepentingan penerbangan sipil.

Kembali lagi, maskapai yg paling bandel ya you know who.. emoticon-Ngacir


Lah, kalau kasusnya sampai mengganggu operasional militer, berarti bisa di intercept sama paksa mendarat ya? emoticon-Big Grin
Ndak kebayang kalo pas naik maskapai itu, tau-tau di cegat F-16 langsung suruh turun di tengah jalan emoticon-Big Grin

Kalau maskapai nya sih (seharusnya) bisa di kasi sanksi/denda administratif atau cabut ijin operasional nya
Quote:Original Posted By Sapi.Metal


Lah, kalau kasusnya sampai mengganggu operasional militer, berarti bisa di intercept sama paksa mendarat ya? emoticon-Big Grin
Ndak kebayang kalo pas naik maskapai itu, tau-tau di cegat F-16 langsung suruh turun di tengah jalan emoticon-Big Grin

Kalau maskapai nya sih (seharusnya) bisa di kasi sanksi/denda administratif atau cabut ijin operasional nya


Seharusnya. Tapi berhubung di beacon nya dia ada kode penerbangan nya. Dan hapal pula tuh sama kode nya, airline nya paling disuratin sama di omelin. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By cherrybombers


Seharusnya. Tapi berhubung di beacon nya dia ada kode penerbangan nya. Dan hapal pula tuh sama kode nya, airline nya paling disuratin sama di omelin. emoticon-Big Grin


Mestinya didalem suratnya diselipin surat denda sekalian, jadi ngga bisa ngeyel lagi tu maskapai.

Mungkin ada baiknya sekali-sekali di force down trus Cpt & Co-Pilotnya dipidanakan sesuai UU nya
Quote:Original Posted By cherrybombers

Seharusnya. Tapi berhubung di beacon nya dia ada kode penerbangan nya. Dan hapal pula tuh sama kode nya, airline nya paling disuratin sama di omelin. emoticon-Big Grin

Kalo jogja-jakarta masa iya ikutan "ngalang" lewat pantura om?

Quote:Original Posted By finacle

Mestinya didalem suratnya diselipin surat denda sekalian, jadi ngga bisa ngeyel lagi tu maskapai.

Sekalian suruh milih aja mau pake slip merah apa slip biru

Quote:Original Posted By Kumkums
Mungkin ada baiknya sekali-sekali di force down trus Cpt & Co-Pilotnya dipidanakan sesuai UU nya

Harusnya sih kalau denda di berlakukan plus ancaman ijin operasional maskapai dicabut, itu sudah cukup, menurut saya.

btw, ini kan termasuk aktivitas sipil yang berpotensi mengganggu kepentingan militer. Payung hukum untuk masalah ini kira-kira gimana ya?