alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56faeba8162ec227448b457e/kpk-belum-temukan-adanya-niat-jahat-dalam-kasus-sumber-waras
KPK Belum Temukan Adanya Niat Jahat dalam Kasus Sumber Waras
JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih melakukan penyelidikan kasus pembelian lahan milik Rumah Sakit Sumber Waras oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Meski demikian, KPK belum menemukan adanya niat jahat pejabat negara dalam kasus tersebut.

"Kami harus yakin betul di dalam kejadian itu ada niat jahat. Kalau hanya kesalahan prosedur, tetapi tidak ada niat jahat, ya susah juga," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Menurut Alex, meski Badan Pemeriksa Keuangan menemukan adanya penyimpangan dalam pembelian lahan tersebut, KPK tetap perlu membuktikan apakah ada niat jahat seseorang dalam kasus tersebut.

Hal serupa juga dikatakan oleh Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarief. Menurut dia, yang paling penting untuk menaikan suatu kasus menjadi penyidikan adalah adanya niat jahat dari pelaku.

"Kalau menetapkan sebagai tersangka, saya harus tahu kamu itu berniat merusak, mengambil keuntungan atau merugikan negara," kata Syarief.

Para Pimpinan KPK menyatakan bahwa KPK tidak akan gegabah dalam menangani kasus tersebut.

KPK juga tidak akan terpengaruh adanya desakan untuk meningkatkan status penyidikan menjadi penyidikan.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta membeli lahan milik Yayasan Kesehatan Sumber Waras (YKSW) senilai Rp 800 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2014.

Oleh BPK, proses pembelian itu dinilai tidak sesuai dengan prosedur dan Pemprov DKI membeli dengan harga lebih mahal dari seharusnya sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 191 miliar.

BPK sebelumnya menemukan enam penyimpangan dalam pembelian lahan Sumber Waras.

Enam penyimpangan itu adalah penyimpangan dalam tahap perencanaan, penganggaran, tim, pengadaan pembelian lahan RS Sumber Waras, penentuan harga, dan penyerahan hasil.

Sumber
megapolitan.kompas.com/read/2016/03/29/22580791/KPK.Belum.Temukan.Adanya.Niat.Jahat.dalam.Kasus.Sumber.Waras#
berita seksi beginian . . .
hanya buat jengkel dan sakit mata tetangga sebelah saja . . . emoticon-Big Grin
pokoknya ahok salah......salah.....salah.... hik...hik....







emoticon-Wkwkwk
Quote:Original Posted By extraspicy
berita seksi beginian . . .
hanya buat jengkel dan sakit mata tetangga sebelah saja . . . emoticon-Big Grin



emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Kata niat jahat itu ambigu sekali....
Memangnya siapa yg tau niat jahat dalam hati seseorang??

Sebagai info aja..ada kasus di proyek PLN dimana seorang pimpinan proyek di penjara karena memutuskan membayar ganti rugi untuk ROW tanah yg dilalui SUTET lebih tinggi dari harga ketentuan...karena dah lama warga menolak pembangunan SUTET tersebut.

Akhirnya si pimpinan proyek itu dipenjara...padahal gak ada yg dia terima juga...
Harusnya kalau pakai definisi niat jahat dia gak akan ditangkap...
coba diteliti lagi barangkali ditemukan niat jahat, kan niat jahat bisa dari mana aja, bisa dari BPK, MAKI siapa tahu niat jahatnya malah dari situ emoticon-Ngacir
Huaaa..terguncyaang..9.0 SR..pelan2 ya gan bacanya ntar bisa keselek Cilok, btw bicara niat jahat noh DPRD gudangnya sampai 12 T..haa..
walaaahh....
nasbung bisa frustasi tingkat dewa nih,
baca berita ini...

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
Tapi menurut nasbung ahok udah punya niat jahat karena beliau gubernur cinak tapir emoticon-Mad


Klo ga percaya tanya aja ama nasbung2 padang sumatra dan jabar yg paling aktip menentang ahok sebagai gubernur DKI emoticon-Angel
Quote:Original Posted By aganaganaga
Kata niat jahat itu ambigu sekali....
Memangnya siapa yg tau niat jahat dalam hati seseorang??

Sebagai info aja..ada kasus di proyek PLN dimana seorang pimpinan proyek di penjara karena memutuskan membayar ganti rugi untuk ROW tanah yg dilalui SUTET lebih tinggi dari harga ketentuan...karena dah lama warga menolak pembangunan SUTET tersebut.

Akhirnya si pimpinan proyek itu dipenjara...padahal gak ada yg dia terima juga...
Harusnya kalau pakai definisi niat jahat dia gak akan ditangkap...

Niat jahat itu bahasa hukum... dari bahasa Belanda "mens rea". Maksudnya bukti yang menunjukkan pelaku sengaja berbuat untuk tujuan tertentu. Misalnya ente mecahin gelas, bisa sengaja atau nggak sengaja. Tapi kalau terlihat gerakan ente sistematis, misalnya pertama ngedeketin gelas tanpa ada keperluan lain, terus gelasnya ente ambil pake tangan dan dilepas, maka jelas ada itu mens rea. Lain kalo misalnya ente udah lama duduk aja di satu tempat... terus tanpa ente ketahui ada orang naruh gelas di deket tangan ente lalu kesenggol. Nah mencari niat jahat korupsi itu gitu juga... dilihat apa aja yang terjadi sebelum dan sesudah tindakan. Apalagi kalo yg dituduhkan itu pasal 3 yang ada klausa "dengan tujuan".

Soal kasus2 dipenjara karena korupsi yang "nggak sengaja" ane emang sering denger keluhan2 spt itu thd kasus yg ditangani Kejaksaan thd pejabat rendahan khususnya di Pemda. Itu salah satu latar belakang yg bikin Jokowi tahun lalu keluarin apa yg disebut "surat edaran anti kriminalisasi kebijakan".
BELUM bukan berarti TIDAK ADA emoticon-Stick Out Tongue


klo ada kerugian negara yg disebabkan oleh kesalahan prosedur, gmn cara menentukan apakah niat jahat atau bukan?, berarti klo niat jahat dijadikan parameter jg dlm tindakan korupsi, koruptor yg sudah2 hrsnya banyak yg gak bs divonis dong emoticon-Embarrassment
yah nangis lagi emoticon-Frownemoticon-Frown




















emoticon-Wow
Coba periksa BPKnya, waras kagak. emoticon-Big Grin
pasti ada cuman belom ketemu emoticon-Ngakak
Bakal jd trit sepi nih emoticon-Embarrassment
Audit abal2 BPK kok dipercaya. KPK aja bingung emoticon-Ngakak
ayo nasbung yg semangat kasi bukti ke KPK emoticon-Recommended Seller
mana yang kemaren punya bukti hampir 100 % emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By aganaganaga
Kata niat jahat itu ambigu sekali....
Memangnya siapa yg tau niat jahat dalam hati seseorang??

Sebagai info aja..ada kasus di proyek PLN dimana seorang pimpinan proyek di penjara karena memutuskan membayar ganti rugi untuk ROW tanah yg dilalui SUTET lebih tinggi dari harga ketentuan...karena dah lama warga menolak pembangunan SUTET tersebut.

Akhirnya si pimpinan proyek itu dipenjara...padahal gak ada yg dia terima juga...
Harusnya kalau pakai definisi niat jahat dia gak akan ditangkap...


Korupsi itu kejahatan yg disengaja, bukan kecelakaan atau kelalaian, jd memang harus ada niat dan perbuatan, kalo perbuatan aja itu masuknya ke ranah administrasi ato perdata

analoginya, pengemudi mobil yg nabrak orang sampe mati ya ga bisa pake pasal pembunuhan, kecuali kalo ada bukti tu supir emang niat nabrak

kasus korupsi di indo banyak diawali dr temuan kerugian negara, lalu selidiki perbuatannya, niat jahatnya dicari-cari belakangan emoticon-Big Grin
pdhl tidak semua korupsi menyebabkan kerugian negara dan tidak semua kerugian negara adalah korupsi

untuk kasus yg nte sebutin di atas, menurut ane itu kan kesalahan prosedur yg disengaja, udah tau salah tp dilakukan (meski dampaknya baik), meski dia ga terima duit se rupiah pun ya ttp masuk korupsi

andi malarangeng kan ga dapet duit, ga.ikut langsung korupsi, cuman anak buahnya korup dia diem aja emoticon-Big Grin
kpk ngaco
harusnya kpk banyak konsultasi sama nasbung dong emoticon-Wow