alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fae5fc54c07a97668b4575/semanggi-go-internasional
Semanggi Go Internasional
Semanggi Go Internasional

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Terima Kasih Sudah Berkunjung di tread sederhana ane gan emoticon-Salam Kenal

....Langsung Cek Berita

Quote:Makin banyak saja produk makanan lokal Indonesia yang dikenal di luar negeri. Seperti produk yang dihasilkan oleh Sumini, warga Sawo Bringin Gg V RT 03 RW 02, Surabaya. Dia membuat makanan khas Surabaya, yakni semanggi.Produk makanan tradisional tersebut dikemas dan dikirim hingga ke Singapura. “Sejak tahun 2011, semanggi bikinan saya dikirim ke Singapura,” kata Sumini kepada enciety.co, Senin (21/3/2016).Ia lalu menceritakan, sebelumnya sejak tahun 2006, dirinya berjualan semanggi Suroboyo dengan jalan berkeliling di kawasan Wiyung hingga Danau Unesa. Setiap hari ia bisa mampu menjual puluhan porsi. Semanggi buatannya itu dijual dengan menggunakan daun pisang.Selama berjualan, jumlah pelanggan Sumini terus bertambah. Dari pelanggan yang tinggal di Surabaya sampai luar kota. Nasib Sumini berubah setelah dirinya bertemu dengan salah seorang pelanggannya pada tahun 2011 lalu. Pelanggannya tersebut ternyata mempunyai anak yang sedang kuliah di Singapura.Oleh pelanggannya, Sumini diminta mengirimkan semanggi khas Suroboyo disana. Saat itu, Sumini kebingungan. Pasalnya, dia tak bisa membuat kemasan semanggi. Bila dikirim secara asal, tanpa diproses instan, tentu makanan tersebut akan mudah rusak.Lama mencar alternatif, Sumini kemudian diajak temannya bergabung dengan Pahlawan Ekononi, sebuah program pemberdayaan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Program ini di-launching pada tahun 2010, dan kini telah diikuti 3.020 UKM se-Surabaya. “Beruntung saya akhirnya bergabung dengan Pahlawan Ekonomi (PE). Saya terus belajar memperbaiki produk saya dengan membuat semanggi instan,” ujar dia.Dengan semanggi instan, Sumini pun tak mengalami kesulitan untuk mengirim semanggi ke Singapura. Dan kini, ia lebih berusaha untuk dapat menjual ke berbagai negara lain. “Tidak hanya Singapura,” cetusnya, optimistis.Dari ikut Pahlawan Ekonomi, Sumini kini lebih banyak membuat berbagai varian produk unggulan selain semanggi. Yaitu,peyek wortel, peyek jamu tiram, peyek sawi, dan peyek semanggi.Selain itu, Sumini sendiri lebih bersyukur karena dirinya tidak lagi berjualan dengan jalan menyusuri kota Pahlawan. Oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Sumini dikasih tempat jualan di terminal Manukan.“Alhamdulillah, kini sudah tidak keliling lagi untuk berjualan semanggi,” tutur Sumini, lalu tersenyum

....Lalu , Apa Itu Semanggi gan ?

Spoiler for Gambar Tanaman Semanggi:


√ Tentang Tanamanya :

Quote:Semanggi adalah sekelompok paku air(Salviniales) dari marga Marsilea yang diIndonesia mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluranirigasi.Morfologi tumbuhan marga ini khas, karena bentuk entalnya yang menyerupai payung yang tersusun dari empat anak daun yang berhadapan. Akibat bentuk daunnya ini, nama "semanggi" dipakai untuk beberapa jenis tumbuhan dikotil yang bersusunan daun serupa, seperti klover


Spoiler for Pedagang Semanggi Keliling Surabaya:

√ Sejarah nya :

Quote:Semanggi atau Pecel Semanggi adalah sejenis makanan khas Surabaya,Jawa Timur, dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan kemudian dinikmati dengan sambal pedas yang nikmat. Semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambah,kangkung,kerupuk puli yang terbuat dari beras, serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Saus atau bumbu yang digunakan dalam makanan semanggi memiliki bahan baku serta rasa yang berbeda.

Quote:Btw, Semanggi gk hanya ada di surabaya loh gan . Di Gresik & Banyuwangi Juga Ada dengan Ciri Khas Setiap Daerahnya Masing - Masing .

Sumur :
- Enciety.co (Pahlawan Ekonomi Surabaya
- Whdblog
- Wikipedia



Sekian Dari Tread Sederhana Ane ..
Saya Mau Kabur lagi emoticon-Traveller
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Wih mantap makanan lokal Go Internasional. emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By decasa
Wih mantap makanan lokal Go Internasional. emoticon-2 Jempol


Iya gan , Kuliner Nusantara emang jos emoticon-2 Jempol

wew,
Pertamax di Tread sepi ente gan emoticon-Ultah
baru tau saiya klo semanggi bisa diolah jd maeman.
klo yg saiya tau tu kemangi, tp itu jg cuman buat lalapan
oo ane baru tau tanaman semanggi emoticon-Matabelo
bedanya Samanggi surabaya,gresik,banyuwangi . apa brey ?
panganan ènak iki rèk!
Quote:Original Posted By mbahmomon
baru tau saiya klo semanggi bisa diolah jd maeman.
klo yg saiya tau tu kemangi, tp itu jg cuman buat lalapan


Quote:Original Posted By re.si.ca
ane juga baru tau mbah...
pengen nyobain deh


Quote:Original Posted By aderio25
oo ane baru tau tanaman semanggi emoticon-Matabelo


Iya gan , masih banyak yg gk tau .
Kuliner khas nya Surabaya nih semanggi gan .
makanan Favorit nya Bu Risma(walikota sby)
Quote:Original Posted By inori7
bedanya Samanggi surabaya,gresik,banyuwangi . apa brey ?


Surabaya : Pke Kerupuk Puli
Gresik : Pke Peyek
Banyuwangi : Bumbu nya di kasih belimbing kyaknya .
emoticon-Ultah
Quote:Original Posted By whdzera


Surabaya : Pke Kerupuk Puli
Gresik : Pke Peyek
Banyuwangi : Bumbu nya di kasih belimbing kyaknya .
emoticon-Ultah


Sama - Sama Mantap Brey .
Baguslah kalau begitu emoticon-I Love Indonesia
Kentut ane juga udah go antariksa ganSemanggi Go Internasional
ditempat aen dijadii pecel udah mantep gan ;cool
semanggi nih gimana ya rasanya gan
ane ga tau emoticon-Hammer2
ga pernah ngerasain emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By mbewehkill666
ditempat aen dijadii pecel udah mantep gan ;cool


di daerah ane udah ngga ada yg jual pecel
ane belum pernah coba tuh
Quote:Original Posted By mbewehkill666
ditempat aen dijadii pecel udah mantep gan ;cool


Dibuat pa aja , mantep gan menurutku emoticon-Request
kirain tadi semanggi yang mol mol itu gan..
hehe..
jadi pengen cobain gan, ane demen nih makan pecel2 begini nih gan..
Wih mantap pecel semanggi pun berjaya emoticon-Cool
Makin maju Indonesia emoticon-I Love Indonesia
semoga bisa terus maju emoticon-I Love Indonesia (S)