alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Young on Top KASKUS Community (YOTKC) /
Tantangan Membangun Bisnis Startup
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ebdc22162ec2bc3d8b4569/tantangan-membangun-bisnis-startup

Tantangan Membangun Bisnis Startup

Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 7
Quote:


Apaan gan dicoba?
Baju kah?
ane ada modal dan ide... tapi ane ga ngerti IT dan bukan programmer.. pdhl sedikit bnyk ane udh ada pengalaman jadi technical writer utk program it.. bikin flowchart bisa, merumuskan ide aplikasi juga bisa..

ane jadi pengguna aja lah.. tiap org udh punya bakat masing2 soal bisnis.. klo ane sih bakatnya bisnis kuliner emoticon-Big Grin
Mau jualan sayuran ah
Laku ga ya?
Startup berat
Tp asyik loh ditekuninnya
ane itu ada ide gan, modal juga udah ada, semuanya udah ada gan. cuman ane itu takut gan...

soalnya produk ane itu sabu2 gan, gmna?
Nice infoh bang billy untuk kaskuser semua
Jadi inget Angin lama gan gatot tiap mau bikin usaha baru
bookmarked emoticon-Malu (S)

ane jg mau jadi startup
ini baru greget.. pasti anaknya maddog :v
Quote:


Banyak orang yg msh salah persepsi tntng startup krn msh bnyk yg ngira startup itu bisnis di bidang IT.Padahal startup itu ga melulu di bidang IT.. startup bisa di artikan sbg bisnis rintisan alias bisnis yg msh baru..
Keren nih kalo ke depannya banyak startup baru yang berorientasi memecahkan masalah nyata di Indonesia, apalagi...

Dalam kunjungan kerja ke Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Brebes, Jawa Tengah, Senin, 11 April 2016, Presiden akan meluncurkan Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat, bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup pelaku usaha di pedesaan, dengan cara memberikan kesempatan bekerja/berusaha yang layak bagi petani, peternak, dan nelayan.

Program ini dilaksanakan dibawah koordinasi Kementerian Koordinator bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) dengan melibatkan banyak kementerian, yakni Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kementeian Koperasi dan UKM), Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes), serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Adapun dalam kegiatan ini, program yang akan disinergikan untuk memberikan kesempatan bekerja/berusaha yang layak bagi petani, peternak, dan nelayan tersebut adalah, satu, program sertifikasi tanah atau lahan bagi para petani melalui Kementerian ATR/BPN dan Kemen BUMN serta Bank BUMN.

Progran lainnya adalah sinergi Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Program Inklusi atau pendalaman pasar keuangan. Sinergi ini bertujuan memudahkan pelaku usaha dalam mengakses layanan keuangan di pedesaan. Program ini merupakan sinergi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Kementerian Koperasi dan UKM serta perbankan.

Program ini memberikan kemudahan kepada pelaku usaha yang berada di daerah karena tidak perlu lagi mencairkan kreditnya dengan mendatangi bank-bank di kota, tapi cukup mencairkan melalui penyalur-penyalur yang disebut sebagai agen laku pandai sebagai perpanjangan tangan perbankan di daerah-daerah.

Sinergi dalam bidang produksi meliputi sarana dan prasarana, bibit, pupuk, serta penyuluh yang akan melibatkan sinergi dua kementerian yaitu Kementan dan Kementerian PUPR.

Dalam hal pemasaran, pemerintah juga akan mulai mengenalkan sistem pemasaran produk hasil pertanian dengan e-commerce melalui pengembangan sarana dan prasarana IT sebagai upaya untuk memangkas rantai distribusi hasil produksi dari petani kepada konsumen. Tujuannya adalah untuk menjaga ketersediaan komoditas pangan dan stabilitas harga sampai pada tingkat konsumen.

Contoh aplikasi e-commerce yang digunakan semisal LimaKilo, sikumis.com, dan sebagainya. Sinergi pemasaran ini melibatkan tiga kementerian yaitu Kementerian Kominfo, Kemendag, dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Pada siklus distribusi petani memerlukan gudang sebagai tempat penampungan produk, pasar, dan kurir. Lebih dari itu semua, transportasi desa menjadi jantung yang akan menggerakan perekonomian masyarakat desa.

Sertifikasi Hak Atas Tanah (SHAT)
Hal paling mendasar dalam memberikan kesempatan bekerja/berusaha yang layak bagi petani, peternak, dan nelayan adalah memiliki aset berupa tanah. Karena itu sertifikasi hak atas tanah (SHAT) menjadi siklus pertama.

SHAT dimaksudkan untuk pertama, memberikan kekuatan hukum atas kepemilikan hak atas tanah. Kedua, memfasilitasi penyediaan aset yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh modal usaha. Ketiga, meningkatkan kepastian keberlangsungan usaha penerimaan manfaat.

Sementara tujuan SHAT adalah, pertama, memberikan kepastian/status hukum atas kekayaan (aset) milik masyarakat para peserta program. Kedua, memberikan jaminan para peserta program untuk meningkatkan kualitas lingkungan sosial dan ekonomi yang layak, permanen, dan sehat. Ketiga, meningkatkan kepastian usaha peserta program melalui kepemilikan aset berupa tanah yang dapat digunakan sebagai agunan untuk mengakses sumber-sumber permodalan.

Brebes Proyek Percontohan Pengentasan Kemiskinan
Ada beberapa alasan mengapa Brebes dipilih menjadi tempat protek percontohan pengentasan kemiskinan. Pertama, karena Brebes merupakan sentra produksi bawang Indonesia, dan bawang adalah komoditi yang berkontribusi cukup besar pada inflasi. Tetapi faktanya kesejahteraan petani bawang relatif rendah, sebab sebagian besar keuntungan dinikmati pedagang perantara. Melalui peluncuran program ini diharapkan kesejahteraan petani bawang dapat meningkat dan menjadi contoh bagi pelaku usaha di daerah lainnya.

(dari Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana)

Tantangan Membangun Bisnis Startup

Tantangan Membangun Bisnis Startup

Tantangan Membangun Bisnis Startup
Cari investor kemana ya emoticon-Bingung
Menarik gan
Aku jadi mau menerima tantangan emoticon-Cool
jejak gan. nice threademoticon-2 Jempol
pengen ni nyoba start up kadang muncul ide tp ga tau harus dr mana
Halaman 7 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di