alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea8713e0522704428b456e/fakta-fiksi-persepsi
Fakta, Fiksi, Persepsi
Tidak ada fakta, adanya hanya interpretasi



Ada dua orang lelaki sedang berkelahi, akhirnya mereka tidak sanggup lagi menyelesaikannya. Syahdan, pergilah mereka ke pengadilan untuk menggugat keadilan. Mereka datang ke pak hakim. Lelaki X menceritakan duduk perkaranya lalu hakim menyimpulkan "itu tidak salah".

Lelaki X tersontak dengan ucapan hakim, ia berkata "anda belum mendengar perkara dari sudut pandang saya!". Maka ia menceritakan berdasarkan perspektifnya dan hakim pun menyimpulkan nada yang serupa " Itu benar " kata pak hakim.

Kuasa hukum kedua belah pihak bertanya bagaimana bisa dua belah pihak bisa benar, karna hakim tidak boleh memihak keduanya, harus satu dan satu itu pula kebenaran yang mutlak. Hakim kembali meladeni mereka dengan menyatakan " Itu benar "

Namun kita menemukan bahwa dengan memandang suatu informasi yang sama melalui multi perspektif. Kita akan menjadi lebih terbuka terhadap informasi itu. Mungkin sebuah informasi bisa menjadi disinformasi yang bersifat ambigu. Kita bisa memandang satu fenomena, meskipun sama-sama punya mata mengapa kita punya pandangan yang berbeda ? Atau ada kemungkinan yang tidak terbatas lalu kita berusaha mengetahui kebenaran dari kaca mata sains diutak-atik menyingkirkan segala tabir. Jika kita gagal menggali beberapa perspektif dan hanya mengandalkan satu-satunya cara memandang bahkan lebih ekstrim merasa diri paling benar. Kita lebih beresiko mengaburkan stabilitas mindset dengan stabilitas fenomena itu sendiri.

Bagi saya, dunia ini terdiri dari orang yang meiliki kemampuan berpikir liberal atau literal, konservatif atau progresif. Pahamkah selama ini bagi yang beragama muslim kalimat "tunjukannlah kami jalan yang lurus" apakah ada merasa sudah di jalan yang lurus ?

Mungkin lebih baik seperti ini, 2+3 = ? Atau 5 = operasi perhitungan apa ? Keseluruhan lebih besar daripada jumlah jawaban final, mutlak, absolut.


N.M. P.L.S.15
Dipermudah lagi gan bahasanya, ane rada pusing bacanya emoticon-Hammer
yo yoi, setuju gan, kasih gambar kayaknya lebih menarik gan
tambahin pict sebagai mulustrasi dong gans emoticon-Christmas


Bangsad Brotherhood
ane ga ngerti gan Fakta, Fiksi, Persepsi
+1 dlu ah
emoticon-Cool
Serius gan....




Ane Ga ngerti emoticon-Bingung (S)
rada berat nie bhsa nye bree emoticon-Big Grinemoticon-Ngakak (S)
gagal paham nie
sebener nya makna nya keren lhoo itu kalo bisa mencerna bahasanya.ane bakal cari tau gan arti dari semua itu.hmm masih agak terlalu berat buat ane untuk ngertiin bahasa nya emoticon-Matabelo
Ane msh bingung gan...
Berangkat dari keresahan ane, malu pake prime id . Reflelsi ngalor ngidul antara celah perdebatan perbedaan keyakinan atas segala hal.
Quote:Original Posted By Gatel_banget
rada berat nie bhsa nye bree emoticon-Big Grinemoticon-Ngakak (S)


Kalau biasa baca catatan pinggir mas Gun, berat itu relatif.
 emoticon-fuck
jadi kita harus memandang suatu isu dari berbagai paham dan sisi pikiran manusia brur ?
fakta atau mitos...
relative ga dibawa juga gan ?
emoticon-Embarrassment
gak ngerti...
jadi 2 + 3 = berapa gan? gagal paham ane,,,
jgn asalcopas lah,,,
Pendidikan jg mempengaruhi pemikiran seseorang bro..