alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea7645c0cb1764478b4567/iuran-dinaikkan-jokowi-bakal-panggil-dirut-bpjs-kesehatan
Iuran Dinaikkan, Jokowi Bakal Panggil Dirut BPJS Kesehatan
Iuran Dinaikkan, Jokowi Bakal Panggil Dirut BPJS Kesehatan

Iuran Dinaikkan, Jokowi Bakal Panggil Dirut BPJS Kesehatan


Presiden Joko Widodo menyatakan akan memanggil direktur utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk meminta penjelasan terkiat kenaikan iuran yang dibebankan pada masyarakat.

"Saya akan panggil direksi dan manajemennya," kata Presiden saat meninjau pelaksanaan BPJS Kesehatan di RSUD Sumedang, seperti dituturkan Tim Komunikasi Presiden Sukardi Rinakit, Kamis (17/3).

Setelah meninjau RSUD Sumedang, dia menyimpulkan bahwa pelayanan kesehatan bagi pasien BPJS sudah cukup baik. Bahkan, 90 persen pasien di RSUD tersebut adalah peserta BPJS.

Hanya saja, yang masih jadi persoalan adalah keterbatasan ruang perawatan sehingga membuat antrean pasien cukup panjang. Jokowi sendiri telah meminta Menteri Kesehatan Nila Moeloek untuk menambah ruang perawatan.

"Menurut saya pelayanan baik. Tapi ruangan kurang. Ini perlu segera ditambah, meskipun rumah sakit ini dalam proses tambah 150 tempat tidur, tetap masih kurang," kata Presiden.

Pekan lalu, Presiden Jokowi telah memanggil Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, dan Direktur Utama (Dirut) BPJS Fahmi Idris ke Istana Merdeka untuk meminta penjelasan terkait isu BPJS bangkrut.

Dalam konferensi pers usai pertemuan, Dirut BPJS Kesehatan Fahmi Idris menyatakan isu BPJS bangkrut tidak benar. Tapi, dia membenarkan bahwa terjadi iuran yang dibayarkan peserta masih di bawah target. Namun begitu, BPJS tidak akan menyiasati kekurangan tersebut dengan menaikkan iuran.

"Presiden sampaikan nanti sampai program ini dirasakan manfaatnya dengan baik," ucap dia.

Namun, hanya selang beberapa hari, BPJS malah menaikkan iuran bagi peserta mandiri. Kenaikan iuran akan berlaku mulai 1 April 2016.

Sumber

Ditunggu aksi sang Pahlawan... emoticon-Stick Out Tongue
Jok.. Keuangan BPJS udah jebol lho.. Klo g d naikin bisa2 bangkrut lho.. emoticon-Big Grin
lho....bukannya kenaikan ini udah atas persetujuan jokowi ya? kok masih mau manggil??
Heleeeh bo onk..
udah defisit kok ngeless.. emoticon-Big Grin
Lah yang tanda tangan persetujuan kenaikan iuran bukannya doi ya?
Subsidi dicabutin, pajak digenjotin, trus duitnya utk kesejahteraan rakyat mana???? emoticon-Gila



Yg ada pada getol bikin proyek, cuma cukong2 yg tambah kaya, rezim edan emoticon-Gila


Iuran Dinaikkan, Jokowi Bakal Panggil Dirut BPJS Kesehatan
Lha bukannya sudah disetujui, ditandatangan, dan disahkan oleh ente sendiri?
Ngapain lagi panggil-panggil minta penjelasan terkait kenaikan?
Berarti Perpres yang kemaren cuma ditandatangan tanpa dibaca dulu yee?

emoticon-Wakaka

Quote:Presiden Jokowi sahkan kenaikan Iuran BPJS Kesehatan mulai 1 April
March 12, 2016

Presiden Joko Widodo kembali bertolak belakang dengan pernyataan sebelumnya yang tidak akan menaikan iuran BPJS kesehatan. Kali ini, secara mengejutkan Presiden mengesahkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan bagi pekerja bukan penerima upah atau peserta Mandiri per April 2016 lewat Peraturan Presiden No.19/2016.

Perpres tentang Perubahan Kedua atas Perpres No. 12/2013 tentang jaminan kesehatan nasional tersebut ditandatangani pada 29 Februari lalu, namun baru dipubilikasikan Kamis (10/3/2016).


“Beberapa ketentuan dalam Perpres No. 12/2013 tentang Jaminan Kesehatan sebagaimana telah diubah dengan Perpres No. 111/2013, perlu disesuaikan dengan kebutuhan penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional,” tulis perpres tersebut

Pengesahan kenaikan iuran bertolak belakang dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pernah disampaikan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Kamis (10/3/2016).

Dalam kesempatan itu, Fachmi Idris menegaskan BPJS Kesehatan tidak benar akan bangkrut. Kemudian ditegaskannya pula, bahwa BPJS Kesehatan tidak akan menaikkan besaran iuran sebelum masyarakat merasakan manfaat yang lebih dari pelayanan BPJS Kesehatan. “ Kami ingin tegaskan transit keuangan kita antara pemasukan dan pengeluaran itu balance (seimbang) dan tidak masalah,” kata Fachmi Idris.

Namun, Perpres Nomor 19/2016 yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 29 Februari 2016 itu berkata lain. Dalam Pasal 16F disebutkan, iuran jaminan kesehatan bagi peserta mandiri, yakni pekerja bukan penerima upah (PBPU) dan peserta bukan pekerja, mengalami kenaikan per 1 April 2016 mendatang.


Rincian Kenaikan iuran BPJS dasar Perpres Nomor 19 Tahun 2016 1 april 2016.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2016, yang merupakan perubahan kedua atas Perpres Nomor 12 tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan telah dikeluarkan.

Aturan ini merupakan dasar hukum bagi kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dikenakan kepada masyarakat yang telah menjadi peserta.

kenaikan iuran BPJS kesehatan berlaku untuk semua golongan, yaitu golongan satu hingga tiga. Berikut, rincian kenaikan tarif bagi peserta pekerja bukan penerima upah dan peserta bukan pekerja:

– Iuran BPJS kelas III perorangan dinaikan dari Rp25.500 per bulan, menjadi Rp30.ribu.

– Iuran BPJS kelas II perorangan naik dari Rp42.500 per bulan, menjadi Rp51 ribu per bulan.

– Iuran BPJS kelas I perorangan naik dari Rp59.500 per bulan, menjadi Rp80 ribu per bulan.

Berdasarkan Pasal 16F ayat 2, aturan tersebut akan mulai diberlakukan pada 1 April 2016.

Alasan kenaikan iuran BPJS kesehatan

Besaran iuran merupakan hasil akhir yang telah disepakati antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, dan BPJS Kesehatan itu sendiri.

Alasan yang mendasari kenaikan iuran BPJS tersebut antara lain : penyesuaian tarif ditinjau dua tahun sekali dan BPJS kesehatan mengalami defisit anggaran sebesar Rp5,85 triliun. (asp)

Sumber

Sepertinya sang pahlawan akan kembali beraksi agar dielu-elukan para Nastak.
Beraksi sebagai pahlawan yang akan membatalkan hal-hal yang tidak memihak rakyat kecil, membatalkan sesuatu yang dilakukan oleh dirinya sendiri demi citra diri yang tetap terlihat baik dan terkesan dekat dengan wong cilik.

emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By kodokbleduk
Lah yang tanda tangan persetujuan kenaikan iuran bukannya doi ya?




Yg tanda tangan orang goblok gan emoticon-Betty


Iuran Dinaikkan, Jokowi Bakal Panggil Dirut BPJS Kesehatan
Emang bukan lu yang tanda tangan ya jok? Jangan2 simbok yang tanda tangan emoticon-Wakaka
dipanggil doang gak cukup, suruh tuh orang bayarin selisih kenaikan iuran bpjs orang seindonesia
Spoiler for erta.ale;56ea7645c0cb1764478b4568:
bukannya naikin tarifnya pake perpres alias peraturan presiden ??
apa kemarin gak sempet baca sebelum tanda tangan pak ??emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Quote:Original Posted By inside_uus
Lha bukannya sudah disetujui, ditandatangan, dan disahkan oleh ente sendiri?
Ngapain lagi panggil-panggil minta penjelasan terkait kenaikan?
Berarti Perpres yang kemaren cuma ditandatangan tanpa dibaca dulu yee?

emoticon-Wakaka


Sepertinya sang pahlawan akan kembali beraksi agar dielu-elukan para Nastak.
Beraksi sebagai pahlawan yang akan membatalkan hal-hal yang tidak memihak rakyat kecil, membatalkan sesuatu yang dilakukan oleh dirinya sendiri demi citra diri yang tetap terlihat baik dan terkesan dekat dengan wong cilik.

emoticon-Wakaka


seperti biasa, mungkin lupa baca gan emoticon-Wakaka
Parah.. naiknya aja pake peraturan presiden

emoticon-Hammer2
ni orang jgn2 pas ttd kemarin doi dihipnotis apa ya?
ada ada saja

emoticon-I Love Indonesia (S)
mungkin kang owi manggil direktur BPJS mau tanya.............."emangnya kalo kalo saya tanda tangan persetujuan kenaikan iuran BPJS itu artinya apa.............?"

Khan die gak tau.......
1. Apa yg dia tanda tangan
2. Kenapa dia harus tanda tangan
3. Untuk apa dia tanda tangan

Namanya presiden khan urusannya banyak, apalagi dia jadi presiden khan salah satu tujuannnya buat ngurusin jakarta............jadi kalo BPJS gimana ya............tanda tangan aje..........emoticon-Wkwkwk

Quote:
JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, permasalahan kemacetan dan banjir di Jakarta akan mudah teratasi jika dia menjadi presiden. Seorang presiden akan mudah mengatur dan memerintahkan kepala daerah di kawasan Jabodetabek untuk bekerja sama.
http://megapolitan.kompas.com/read/2....Jadi.Presiden

Tjahya asia akan kembali menerangi emoticon-Matabelo
Berasa dejavu sama kejadian ini emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mobil.bergoyang
lho....bukannya kenaikan ini udah atas persetujuan jokowi ya? kok masih mau manggil??


Ia gan,saya jg bingung..
Katanya pak koko udh ttd perpres/kepres tentang iuran naik..
Gak dibaca lagi kah?
Quote:Original Posted By kalangkang.


Ia gan,saya jg bingung..
Katanya pak koko udh ttd perpres/kepres tentang iuran naik..
Gak dibaca lagi kah?


doyan drama tu orang.

emoticon-Cape d... (S)
jok jok untuk sementara lw sembunyiin kekonyolan lw lah
umat lw lagi fokus nyembah dewa yg satu lagi