alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea75fce05227ec3d8b456e/begini-cara-mengontrol-air-mata-saat-hadapi-situasi-sulit
Begini Cara Mengontrol Air Mata saat Hadapi Situasi Sulit
Begini Cara Mengontrol Air Mata saat Hadapi Situasi Sulit

KOMPAS.com - Anda tak ingin menangis tapi air mata sudah menggenang di pelupuk. Begitu Anda berkedip, turunlah air mata yang selama ini Anda tahan.

Menangis itu penting dan menyehatkan, dan perlu dilakukan tanpa harus menjadi cengeng.

Namun, yang lebih penting untuk diketahui adalah, situasi atau pembicaraan yang sulit dan menguras emosi bukan jaminan yang menjadikan seseorang bisa menangis, kata psikolog klinis Steve Orma, Psy.D.

Seringkali, tangisan berasal dari apa yang psikolog sebut "catastrophizing" atau anggapan bahwa sesuatu lebih buruk dari kenyataannya. Artinya, kadang tangisan itu karena kita over-reaksi, tapi kadang juga tidak.

"Reaksi emosi kita datang dari bagaimana kita memaknai situasi bukan dari situasi itu sendiri," kata Otma.

Menangis adalah ekspresi dari rasa takut kehilangan. Jadi, ketika Anda menangis karena pasangan Anda mengatakan dia marah, Anda mungkin akan menangis karena menafsirkan kemarahannya sebagai arti Anda bisa kehilangan dia.

Stres terpendam serta ketidakstabilan hormon juga dapat berkontribusi untuk keluarnya air mata, kata Gayani DeSilva, M.D, psikiater di Rumah Sakit St. Joseph di California.

Jadi bagaimana Anda menahan air mata dan menjaga interpretasi selama menghadapi percakapan atau kondisi yang berat? Orma merekomendasikan Anda ambil napas dalam-dalam untuk menenangkan saraf Anda, dan mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda akan tetap tenang, katanya.

Misalnya, jika Anda panik karena bos meminta Anda untuk rapat, ingatkan pada diri Anda bahwa Anda sudah bekerja baik selama ini dan tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Kemudian, ketika Anda duduk terjebak di dalam pembicaraan yang tidak nyaman, fokuslah kepada apa yang dikatakan orang lain, bukan pada apa yang berputar di kepala Anda. Jangan biarkan pikiran Anda mengembara dari interaksi ini.

Jika ketakutan atau kekhawatiran mulai muncul, ajukan pertanyaan untuk membantu meringankan mereka, dan pastikan Anda memahami apa yang orang lain katakan.

"Jika Anda fokus pada fakta-fakta, reaksi emosional Anda akan selaras dengan kenyataan," kata Orma. Dan jika Anda tetap ingin menangis, pamitlah ke luar ruangan dan menangislah.



Penulis: Lily Turangan
Editor: Bestari Kumala Dewi
Sumber: Womens Health

sumber : http://health.kompas.com/read/2016/03/17/161129423/Begini.Cara.Mengontrol.Air.Mata.saat.Hadapi.Situasi.Sulit?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp
dr pd di pendem mending ditumpahin keluar.
biar ati jd legah.
atas ane bener tuh,,,,mending di tumpahkan kesedihannya drpd di pendam mlh jadi pikiranemoticon-Traveller
Quote:Original Posted By mbahmomon
dr pd di pendem mending ditumpahin keluar.
biar ati jd legah.


emang dgn menangis bisa menyelesaikan masalah ? emoticon-Bingung (S)
ane suka nangis kalo ada yg ngupas bawang emoticon-Frown
Quote:Original Posted By appple


emang dgn menangis bisa menyelesaikan masalah ? emoticon-Bingung (S)


klo nyelesaiin masalah sih nggak.
minimal ngurangin strees atau beban pikiran dg ngeluarin apa yg dipendam.
Quote:Original Posted By atfrie
...

Stres terpendam serta ketidakstabilan hormon juga dapat berkontribusi untuk keluarnya air mata, kata Gayani DeSilva, M.D, psikiater di Rumah Sakit St. Joseph di California.
...

Quote:Original Posted By mbahmomon
dr pd di pendem mending ditumpahin keluar.
biar ati jd legah.


Yang paling mengharukan adalah negara bagian California telah menjadi bagian dari NKRI. emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown
Ane mudah nangis gan, kenapa janda" gak ada mau sama ane emoticon-Cool
Coba ah dicontoh dulu apa yg dia bilang,
sapa tau dapet situasi kaya begitu.
Quote:Original Posted By diverboy



Yang paling mengharukan adalah negara bagian California telah menjadi bagian dari NKRI. emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown


California kan sebelahnya Calimalang pinggir dikit bray emoticon-Traveller