alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea71109a0951d0138b4572/ketika-media-sosial-menjadi-pedang-yang-sangat-tajam
Ketika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat Tajam
Haii agan/aganwati sekalian.
Welcome to my first thread !!!!! emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat

Ini adalah tread pertama saya. Jadi jika ada banyak kekurangan mohon dimaafkan yaaa !!!!

Spoiler for Thread ini bisa dibaca di:


Spoiler for Bukti no repsol:


Saya mendapat 'ilham' untuk menulis thread ini setelah Selasa malam (15/3), grup Line kelas saya digemparkan dengan suatu kejadian di sebuah media sosial ternama yaitu Instagram. Seorang perempuan di kelasku (kita inisialkan sebagai T) meng-upload foto selfie bersama 2 temannya (yaitu N dan D) di media sosial berlambang lensa kamera itu. Namun, aksi upload fotonya itu berdampak fatal dimana ia memulai sebuah "civil war"/perang besar (okay ini agak lebay sih hehehehe emoticon-Big Grin emoticon-Hammer2 :V ) di antara kelasku dengan seorang remaja putri yang bernama Nurbaya (@nhoerbaya96) dimana Nurbaya adalah koordinator/manager dari sebuah boyband lokal yang dulu pernah berjaya di era 2011-2014 yang kini sudah bubar, Coboy Junior/CJR namanya dan antek-anteknya yang sebagian besar adalah Comate (Pendukung garis keras CJR).

Ia melakukan sebuah kesalahan kecil dimana ia men-tag salah satu akun palsu Nurbaya (@nhoerbaya96__) ini kedalam foto selfie-nya walaupun dia itu tidak membuat akun palsu Nurbaya. Kesalahan kecil memang, bahkan saya menganggap ini hanya masalah remeh yang tidak seharusnya dipanjangkan. Tetapi, si Nurbaya menganggap ini sebagai sinyal bahaya baginya, karena ia menganggap jika si T itu membuat akun palsu yang mengatasnamakan dirinya. Ia menganggap itu adalah "pertanda kebencian" dan pencemaran nama baik yang dilakukan seorang T terhadap dirinya. Dia pun bereaksi cepat, dia langsung mengupload foto selfie si T ke akun Instagramnya dan bertanya siapa gerangan orang yang berani membuat fake account atas nama dirinya.

Spoiler for Bukti bukti dari tkp gan:


Si T mengadukan perihal masalah ini ke grup kelasku dan meminta pembelaan serta "advokasi", dan dimulailah "civil war" ini. Lantas, beberapa orang di kelas saya langsung membuka akun Instgram mereka, mencoba membela T dan "menyerang" Nurbaya melalui komentar. Nurbaya tak mau kalah. Ia dibantu oleh pasukan yang mencoba membela dirinya yang terdiri dari Comate. Si T juga mencoba untuk membela dirinya sendiri dan meminta maaf atas kejadian ini dan menyatakan jika ini hanyalah kesalahpahaman. Comate dari Samarinda juga ada yang membela si T dan ada yang malah memanaskan kasus ini seperti si T.

Spoiler for "Civil War" yang terjadi di tkp :v:


Okay, kasus diatas sebenarnya hanyalah masalah kecil dan jangan dipahami terlalu mendalam karena saya tidak begitu paham kasus ini eheheheh emoticon-Big Grin emoticon-Hammer2. Tetapi, dari kasus diatas saya mencoba membahas tentang "tajam"nya media sosial. Mungkin sudah banyak artikel di internet sono yang membahas tentang masalah ini tetapi saya mencoba membahasnya kembali dengan bahasa dan pendapat saya sendiri.

Masih ingat pepatah "Mulutmu Harimaumu" dan "Lidah Tak Bertulang Tapi Bisa Lebih Tajam Daripada Pedang"? Ya begitulah jika anda menggunakan media sosial. Banyak orang yang mendadak menjadi artis di media sosial karena perkataan mereka yang sangat bijak dan memiliki pengaruh tersendiri bagi pembacanya.

Tapi ada juga orang yang kemudian mendapat permasalahan dengan orang lain bahkan sampai tersandung kasus hukum hanya karena perkataan mereka di media sosial. Dengan kemudahan akses informasi dan komunikasi yang ditawarkan media sosial, media sosial bisa menjadi "senjata" yang sangat ampuh bagi pemakainya.

Lantas apa hubungannya dengan kasus di atas? Kita bisa melihat bahwa si Nurbaya membuat pernyataan seenak udelnya jika si T membuat akun palsu atas namanya. Lantas yang terjadi selanjutnya adalah "konflik" antara si T dengan Nurbaya beserta pendukung dari masing-masing kubu.

Sampai-sampai, salah satu teman di kelasku mengatakan di grup Line kelasku jika si Nurbaya ini "sok ngartis betul". Mentang-mentang sering dekat ama CJR jadi kelakuannya kayak CJR yang memang sudah menjadi artis. Ada yang menyangkut dirinya aja langsung dibesar-besarkan. Hal ini menujukkan keampuhan media sosial bahkan sampai membuat konflik permusuhan diantara kedua insan ini walaupun kasus ini sendiri sudah selesai sih hehehehehe. emoticon-Big Grin emoticon-Hammer2

Kasus ini hanyalah satu dari banyaknya kasus yang muncul karena penggunanya tidak bisa menjaga omongan dalam media sosial. Masih ingat kasus Antho Nugroho, seorang analis bank yang tinggal di Jambi, yang berani mengatakan di Instagram jika Dedi Corbuzier disebut kumpul kebo dengan Chika Jessica? Dedy Corbuzier pun geram bahkan sampai presenter di salah satu acara talkshow ini pun meminta tim IT nya untuk melacak keberadaan Antho Nugroho, kemudian langsung diterbangkan ke Jakarta untuk dipolisikan.

Kasus ini juga termasuk satu dari banyaknya konflik yang terjadi di media sosial. Dimana konflik-konflik itu melibatkan pendukung sebuah idola dengan pendukung idola lainnya dimana ini biasa disebut dengan fanwar. Fanwar sering kita temukan di banyak media sosial. Bahkan dari fanwar-fanwar ini melahirkan rivalitas antara pendukung garis keras sebuah idola yang tak kalah hebat dengan rivalitas antara pendukung tokoh politik dan pendukung klub sepakbola sekalipun.

Spoiler for Ketika antara pendukung idola tak kalah fanatik dengan pendukung klub sepakbola:


Terus apa gunanya fanwar? Apa gunanya membela sebuah idola yang idola itu aja tidak tahu dan tidak peduli dengan apa yang kita bela terhadap mereka? Malah terkadang antara idola yang sering "dirivalkan" ini pun adem ayem dan akur-akur aja. Entahlah, tanya mereka jangan tanya saya hehehehehe. emoticon-Big Grin emoticon-Hammer2

Spoiler for UPDATE:


Spoiler for Sumur:


Spoiler for Jangan lupa di:

Spoiler for Tidak menerima:

bacaan berat nih,baca dlu ya gan emoticon-Cool
media sosial trkadang emang dijadikan sbagai alat penebar kebencian dan fitnah gan emoticon-Cool
nyimak dulu dah

Ketika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat TajamKetika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat TajamKetika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat Tajam
Bazengggg gw bacanya sampe ngelus dada Ketika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat Tajam Ketika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat Tajam Ketika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat Tajam.

PASTI RAME KALO HEBOH TUH ANAK ALAYKetika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat Tajam
Keknye seru neh perangnye bree... emoticon-Angkat Beer

emoticon-Angkat Beer
Bangsad Brotherhood

Bangsad dari yang terbangsad
Quote:Original Posted By kamujahat21
Bazengggg gw bacanya sampe ngelus dada Ketika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat Tajam Ketika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat Tajam Ketika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat Tajam.

PASTI RAME KALO HEBOH TUH ANAK ALAYKetika Media Sosial Menjadi Pedang yang Sangat Tajam


Quote:Original Posted By mutenroshi23
bacaan berat nih,baca dlu ya gan emoticon-Cool
media sosial trkadang emang dijadikan sbagai alat penebar kebencian dan fitnah gan emoticon-Cool


Emang lebay bangat gan, cuman salah tag sampai sebegitunya wkwkkwkwkwkwkwemoticon-Hammer2

emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
booking dulu biar paham..emoticon-Big Grin
kayaknya panjang nih, numpang komeng dulu dah emoticon-Malu (S)
itulah mereka para KEYBOARD WARRIOR GAN. emoticon-Ngakak
Gw print dulu deh biar enak bacanya... Agak panjang nih kyknya...
ati biarpun di dumay breee emoticon-Takut
AHH DASAR BOCAH, TUNGGU SAMPE KULIAH. PENGEN LIAT MASIH BISA KAYA GITU GAK??emoticon-Wakaka
Ini mah pas lg labil aja... Seiting bertambah umur jd bisa memahami...
Yok mampir ke trit #f1 ane...
http://m.kaskus.co.id/thread/56e9948...lam-pitstop-f1
Gak maen instagram emoticon-Cool
ah yang suka sosmed war cuma ababil emoticon-Cool
Quote:Original Posted By cocacola
Gw print dulu deh biar enak bacanya... Agak panjang nih kyknya...

Quote:Original Posted By sav0ki
kayaknya panjang nih, numpang komeng dulu dah emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By jolong2
booking dulu biar paham..emoticon-Big Grin


Kepanjangan yah bray? maklum post pertama. lagian ini kan kasusnya menimpa teman di kelas ane jadi segala sesuatu yg muncul di otak ane, ane langsung curahkan emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
Cuma problem sepele bgini,
dibesar - besarin... emoticon-Nohope
udah di salah gunakan sama oknum gans emoticon-Christmas


Bangsad Brotherhood
pantes ni negri kaga maju2, mikirin kek gini dibahas wkwk
btw ane salah kamar. Bye...
kaum alay kembali beraksi..
×