alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea530714088d7a388b4569/masalah-densus-88-bukan-hanya-urusan-umat-islam
Masalah Densus 88 Bukan Hanya Urusan Umat Islam
Masalah Densus 88 Bukan Hanya Urusan Umat Islam



Pengamat hukum dan HAM dari Fakultas Hukum UII Yogyakarta Suparman Marzuki, menegaskan, semua pihak harus mencermati tindak tanduk pasukan Densus 88 ketika menjalankan tugasnya memberantas terorisme. Bahkan, harus diingatkan kepada masyarakat bahwa segala urusan yang terkait dengan perilaku pasukan khusus ini bukan hanya menjadi urusan umat Islam Indonesia, melainkan juga menjadi urusan pihak lain selaku sesama umat manusia.

‘’Tak hanya umat Islam yang harus kritis, berbagai pihak di luar umat Islam juga harus berani bersikap dan bersuara bila melihat kejanggalan pasukan Densus 88. Ingat ini masalah kemanusian, bukan hanya masalah satu kelompok atau satu umat saja. Ini masalah bersama terkait peradaban manusia,’’ kata Suparman kepada Republika (17/3).

Suparman mengatakan, semua yang dilakukan Densus 88 adalah harus tunduk pada aturan hukum. Apalagi, para anggotanya jelas merupakan anggota polisi atau masyarakat sipil.

‘’Tindakan yang mereka lakukan bukan operasi perang. Nah, karena bukan operasi perang dan sekaligus juga sebagai organisasi sipil, maka mereka harus siap dikritisi oleh seluruh elemen masyarakat. Sekali lagi, operasi mereka bukan operasi peperangan, tapi penegakan hukum yang itu haris fair, transparan, dan akuntabel. Pasukan Densus 88 bukan pasukan siluman, tapi mereka adalah aparat penegak hukum,’’ katanya.

Menurutnya, sikap kritis umat Islam dan masyarakat lain harus tetap berjalan karena pada faktanya banyak kasus yang menyatakan operasi penegakan hukum mereka banyak yang bermasalah. ’’Sudah banyak kasus salah tangkap, bahkan salah tembak. Maka, wajar —terutama umat Islam— berani memprotesnya,’’ ujar Suparman yang mantan direktur Pusat Studi HAM (Pusham) UII dan mantan ketua Komisi Yudisial itu.

Menyinggung mengenai adanya rencana penambahan anggaran negara untuk membiayai operasi Densus 88, Suparman mengatakan, tak menjadi masalah sebab negara memang wajib memberantas terorisme. Jadi, bila ingin ditambah dananya, itu hal yang absah.

‘’Cuma masalahnya adalah di bidang tindakan Densus ketika melakukan operasi di lapangan. Ingat kita jangan sampai mengulang masa represif seperti dulu lagi. Apalagi bila orang sudah dicap sebagai teroris, dia langsung mengalami ‘kematian perdata’. Maka itulah, semua pihak harus berhati-hati agar semua tindakan dalam pemberantasan terorisme tidak dilakukan sewenang-weang atau di luar koridor penegakan hukum,’’ ujar Suparman menegaskan.
http://www.republika.co.id/berita/du...san-umat-islam
Quote:’’Sudah banyak kasus salah tangkap, bahkan salah tembak. Maka, wajar —terutama umat Islam— berani memprotesnya,’’ ujar Suparman yang mantan direktur Pusat Studi HAM (Pusham) UII dan mantan ketua Komisi Yudisial itu.

knapa harus umat islam yg protess???
Quote:Original Posted By saya.korban
Masalah Densus 88 Bukan Hanya Urusan Umat Islam



Pengammeat hukum dan HAM dari Fakultas Hukum UII Yogyakarta Suparman Marzuki, menegaskan, semua pihak harus mencermati tindak tanduk pasukan Densus 88 ketika menjalankan tugasnya memberantas terorisme. Bahkan, harus diingatkan kepada masyarakat bahwa segala urusan yang terkait dengan perilaku pasukan khusus ini bukan hanya menjadi urusan umat Islam Indonesia, melainkan juga menjadi urusan pihak lain selaku sesama umat manusia.

‘’Tak hanya umat Islam yang harus kritis, berbagai pihak di luar umat Islam juga harus berani bersikap dan bersuara bila melihat kejanggalan pasukan Densus 88. Ingat ini masalah kemanusian, bukan hanya masalah satu kelompok atau satu umat saja. Ini masalah bersama terkait peradaban manusia,’’ kata Suparman kepada Republika (17/3).

Suparman mengatakan, semua yang dilakukan Densus 88 adalah harus tunduk pada aturan hukum. Apalagi, para anggotanya jelas merupakan anggota polisi atau masyarakat sipil.

‘’Tindakan yang mereka lakukan bukan operasi perang. Nah, karena bukan operasi perang dan sekaligus juga sebagai organisasi sipil, maka mereka harus siap dikritisi oleh seluruh elemen masyarakat. Sekali lagi, operasi mereka bukan operasi peperangan, tapi penegakan hukum yang itu haris fair, transparan, dan akuntabel. Pasukan Densus 88 bukan pasukan siluman, tapi mereka adalah aparat penegak hukum,’’ katanya.

Menurutnya, sikap kritis umat Islam dan masyarakat lain harus tetap berjalan karena pada faktanya banyak kasus yang menyatakan operasi penegakan hukum mereka banyak yang bermasalah. ’’Sudah banyak kasus salah tangkap, bahkan salah tembak. Maka, wajar —terutama umat Islam— berani memprotesnya,’’ ujar Suparman yang mantan direktur Pusat Studi HAM (Pusham) UII dan mantan ketua Komisi Yudisial itu.

Menyinggung mengenai adanya rencana penambahan anggaran negara untuk membiayai operasi Densus 88, Suparman mengatakan, tak menjadi masalah sebab negara memang wajib memberantas terorisme. Jadi, bila ingin ditambah dananya, itu hal yang absah.

‘’Cuma masalahnya adalah di bidang tindakan Densus ketika melakukan operasi di lapangan. Ingat kita jangan sampai mengulang masa represif seperti dulu lagi. Apalagi bila orang sudah dicap sebagai teroris, dia langsung mengalami ‘kematian perdata’. Maka itulah, semua pihak harus berhati-hati agar semua tindakan dalam pemberantasan terorisme tidak dilakukan sewenang-weang atau di luar koridor penegakan hukum,’’ ujar Suparman menegaskan.
http://www.republika.co.id/berita/du...san-umat-islam


Ane sangat setuju...
Menurut ane yg masyarakat umum kalau ada individu atw kelompok terlepas apa agama n ideologinya jika tujuan utamanya adalah mengkafirkan n menghalalkan darah siapa saja yg tidak sepaham dgn kelompoknya
Ya jangan mewek n play victim kalo di head shot ..

emoticon-2 Jempol
klo gak punya niat jahat ngapain takut sama densus
emoticon-Big Grin
hidup maspiyu
Quote:Original Posted By victorducatista
Menurut ane yg masyarakat umum kalau ada individu atw kelompok terlepas apa agama n ideologinya jika tujuan utamanya adalah mengkafirkan n menghalalkan darah siapa saja yg tidak sepaham dgn kelompoknya
Ya jangan mewek n play victim kalo di head shot ..

emoticon-2 Jempol


Semua perlu di buktikan,bukan atas dasar asumshit, itulah gunanya sop,prosedur n pengadilan. klo cuman maen tangkap masukin inova item,hajar,klo mati katanya melawan petugas,itu ga perlu Datesemen Kusus,Preman juga bisa emoticon-Cape d... (S)
Udah di page Jonru.
Kalau sudah masuk di page jonru, berarti berita itu bersifat...(isi sendiri deh)
tersangka maling, pengedar sabu semuanya juga banyak yg mati saat di tangkap

mengapa tidak ada muslim atau ormas islam yg protes ?

apalagi masalah terorisme, sebelum penangkapan, sudah ada yg namanya intel, pengawasan gerak gerik selama beberapa waktu.
bukan seperti maling ayam yg langsung di tangkap ketika ada laporan

jadi jika seorang tersangka terorisme di tangkap, biasanya sudah cukup indikasi kuat terlibat terorisse, dibanding kejahatan lainnya
lalu mengapa hanya masalah kasus kematian terorisme yg di hujat ormas islam ?

mau ingkar islam mengajarkan terorisme ?
kalau gak terkait dengan terorisme atau indikasi teroris gak akan ditangkap densus 88
peduli amat apa agamanya
membahayakan negara ya dorr emoticon-Embarrassment
Masalah Densus 88 Bukan Hanya Urusan Umat Islam

Goblok.. emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By okunae
tersangka maling, pengedar sabu semuanya juga banyak yg mati saat di tangkap

mengapa tidak ada muslim atau ormas islam yg protes ?

apalagi masalah terorisme, sebelum penangkapan, sudah ada yg namanya intel, pengawasan gerak gerik selama beberapa waktu.
bukan seperti maling ayam yg langsung di tangkap ketika ada laporan

jadi jika seorang tersangka terorisme di tangkap, biasanya sudah cukup indikasi kuat terlibat terorisse, dibanding kejahatan lainnya
lalu mengapa hanya masalah kasus kematian terorisme yg di hujat ormas islam ?

mau ingkar islam mengajarkan terorisme ?



Polisi itu Aparat Penegak Hukum,negara ini menganut azas praduga tak bersalah. klo cuman maen tangkep dengan alibi,telah cukup indikasi trus dijafikan justifikasi matiin seseorang tidak perlu Densus 88 yang maju,suruh aja anak buah herkules beres.

Aparat penegak hukum itu seharusnya tau hukum bukan main hakim sendiri seolah tidak pernah didik SOP dan PROSEDURE bagaimana menangani sebuah masalah dan bagaimana mengambil tindakan atasnya. Hukuman mati,penjara itu adalah ranah pengadilan dam bukannya ranah Densus 88

Membela terrorist? itulah opini yg sedang di giring oleh non islam. padahal hal itu tak lebih hanyalah presure untuk densus agar profesional,ikut SOP dan tidak main hakim sendiri.



Quote:Original Posted By ontolisis
Masalah Densus 88 Bukan Hanya Urusan Umat Islam

Goblok.. emoticon-Wakaka


hahahaha TS nya berani balas gak emoticon-Wakaka
lgan korban DOM banyak warga sipil yang tewas hanya gara2 'diduga' OPM/GAM koq
mana suaranya pembela teroris neh
Kalo sekarang boleh ga dibilang Islam lagi play victim... ?? takut salah komen emoticon-Big Grin


Maen api terbakar, Main air basah... itu sudah..!
Quote:Original Posted By yooben

[/b]

Polisi itu Aparat Penegak Hukum,negara ini menganut azas praduga tak bersalah. klo cuman maen tangkep dengan alibi,telah cukup indikasi trus dijafikan justifikasi matiin seseorang tidak perlu Densus 88 yang maju,suruh aja anak buah herkules beres.

Aparat penegak hukum itu seharusnya tau hukum bukan main hakim sendiri seolah tidak pernah didik SOP dan PROSEDURE bagaimana menangani sebuah masalah dan bagaimana mengambil tindakan atasnya. Hukuman mati,penjara itu adalah ranah pengadilan dam bukannya ranah Densus 88

Membela terrorist? itulah opini yg sedang di giring oleh non islam. padahal hal itu tak lebih hanyalah presure untuk densus agar profesional,ikut SOP dan tidak main hakim sendiri.





pertanyaan gue, ke mana suara muslim ketika tersangka maling atau bandar narkoba yg mati di tangkap polisi ?
apa maling dan bandar narkoba tidak berhak atas azas praduga tak bersalah ?

Quote:Original Posted By okunae


pertanyaan gue, ke mana suara muslim ketika tersangka maling atau bandar narkoba yg mati di tangkap polisi ?
apa maling dan bandar narkoba tidak berhak atas azas praduga tak bersalah ?



Kenapa ente bertanya kemana suara muslim? apakah keadilan atas hukum hanya untuk muslim?

kristen/katolik juga mengatakan yg berhak mencabut nyawa manusia hanya Tuhan,Prinsip keadilan mengatakan Hukum adalah panglima,kita menganut azas praduga tak bersalah,semua sama dimata hukum,betul?

kenapa ente hanya bertanya kemana suara muslim saja,sementara suata kristen,katholik,hindu,budha tidak? why
DOM ? tanya megawati lah...doi tau itu emoticon-Cool



Quote:Original Posted By dwiatmaja
hahahaha TS nya berani balas gak emoticon-Wakaka
lgan korban DOM banyak warga sipil yang tewas hanya gara2 'diduga' OPM/GAM koq
mana suaranya pembela teroris neh
Quote:Original Posted By yooben


Kenapa ente bertanya kemana suara muslim? apakah keadilan atas hukum hanya untuk muslim?

kristen/katolik juga mengatakan yg berhak mencabut nyawa manusia hanya Tuhan,Prinsip keadilan mengatakan Hukum adalah panglima,kita menganut azas praduga tak bersalah,semua sama dimata hukum,betul?

kenapa ente hanya bertanya kemana suara muslim saja,sementara suata kristen,katholik,hindu,budha tidak? why



masih tidak ngerti juga
konteksnya agama lain tidak ikut campur masalah penegakan hukum
jika tidak mencampuri urusan hukum maka semua kasus hukum tidak di campuri, tidak pilih2 kasus

sedangkan islam hanya ikut campur masalah penegakan hukum soal terorime, pengakan hukum diluar terorisme islam belagk bego
kesimpulannya jelas islam mendukung terorisme, bukan mendukung keadailan

jika ada guru yg membela semua muridnya adalah guru yg adil
tapi jika guru tsbt yg hanya membela murid tertentu adalah guru biadab
teroris fanboy lg cari celah nih yee
opm = gam
teror bomb mall alam sutra = begal indomart

MANA SUARA FPI HTI saat ada serangan bom? ada dr mereka yg mengutuk? yg ada langsung keluar teori konspirasi tai kucing...
inilah knp di seluruh dunia teroris di urus sama polisi, karena beda teroris dan kriminal sangat tipis...