alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea4f051ee5df8a488b4568/kadin-tolak-pungutan-tarif-kontainer-di-pelabuhan-tanjung-priok
Kadin Tolak Pungutan Tarif Kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok
sumber : pojoksatu.id
Kadin Tolak Pungutan Tarif Kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memprotes pungutan tarif progresif penimbunan kontainer oleh PT Pelindo II (Persero) karena dinilai membebani biaya logistik.

Oleh karenanya Kadin menolak pungutan yang keluar sejak 1 Maret 2016 itu.

Dikatakannya setelah pungutan tarif itu dikeluarkan tarif inap kontainer pada hari kedua malah langsung meningkat 900 persen.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasokan Rico Rustombi mengatakan pekerjaan bongkar muat peti kemas oleh otoritas pelabuhan memakan waktu sampai empat hingga lima jam dengan rata-rata waktu kedatangan kapal pukul 22.00-23.00, sedangkan tarif progresif mulai berlaku sejak pukul 24.00.

“Ini melukai rasa keadilan pengguna jasa di pelabuhan, karena biaya logistik jadi tinggi. Dampak pemberlakuan sudah dirasakan pengusaha,” jelas Rico, Kamis (17/3/2016).

Ia menambahkan, Kadin tak keberatan dengan sistem tarif progresif asalkan tidak langsung dibebankan di hari kedua pasca kontainer tersebut datang.

Namun, ia tak mengira angka tarifnya bisa melonjak hingga 900 persen dan dibebankan per hari inap kontainer.
Kalo ga mau ya lewat udara aja, udah jelas tarifnya blom naek emoticon-Big Grin

Kalo trit beginian, si Pig ama piyu kaga nongol yah emoticon-cystg
hmmmm,,parah juga y kapal sandar jam 10/11 malem trs penalti berlaku di jam 12 malem,kan itungannya udah masuk hari kedua.


btw klo berlaku 4 jam setelah kapal sandar gmn,,hehehehe




mudah2an ada win win solution lah
Yah namanya pemerasan kerjanya lama makannya bongkar muatnya lelet...

Plus klo surat surat lengkap tapi kontainernya di tahan tahan sampai berminggu minggu masa konsumen yg harus bayar....
Kerjanya rajawali ngepet mau nekan dwelling time. Malah pk cara pemerasan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kerupukalengan
Kerjanya rajawali ngepet mau nekan dwelling time. Malah pk cara pemerasan emoticon-Big Grin


Rajawali ngepet bajingan itu gan...bacot doang yang gede.. kerjanya cuman bikin rusuh
Percaya lah bung di pelabuhan semuanya serba uang dan mungkin gak lama lagi bernafas di pelabuhan pun mesti keluar uang emoticon-Ngakak (S)
Itulah kan , ulah2 ny preman berdasi
Harus di kupas tuntas , krn buka cuma di Tj Priok aja gan
seharusnya jangan tarif
tapi denda,
& itu sangat mahal dendanya.


Quote:Original Posted By sesova
hmmmm,,parah juga y kapal sandar jam 10/11 malem trs penalti berlaku di jam 12 malem,kan itungannya udah masuk hari kedua.


btw klo berlaku 4 jam setelah kapal sandar gmn,,hehehehe




mudah2an ada win win solution lah


ya memang seharusnya patokan sekian jam setelah sandar.
bukan patokan pergantian hari.

btw, apa bedanya kapal sandar & kapal bongkar muatan ?
Quote:Original Posted By kerupukalengan
Kerjanya rajawali ngepet mau nekan dwelling time. Malah pk cara pemerasan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By otonggelem
Rajawali ngepet bajingan itu gan...bacot doang yang gede.. kerjanya cuman bikin rusuh



Itu kebijakan rajawali ngepet apa pelindo??
Quote:Original Posted By preketek887
seharusnya jangan tarif
tapi denda,
& itu sangat mahal dendanya.

ya memang seharusnya patokan sekian jam setelah sandar.
bukan patokan pergantian hari.

btw, apa bedanya kapal sandar & kapal bongkar muatan ?


Klo kapal sandar belum tentu bongkar muat gan, tapi klo kapal bongkar muat udah pasti kapal sandar. emoticon-Big Grin

Coz bisa bnyk sebab kapal sandar tdk sama kapal bongkar muat.
1. Bisa juga sandar krna loading minyak operasional bukan minyak muatan
2. Loading air tawar (point 1,2 jarang terjadi si, biasanya udah includevpas bongkar muat)
3. Sandar bisa juga overhoul or perbaikan yg ga bs diperbaikin pas anchor
4. Bisa juga udah OHN, sudah sandar, akhirnya anchorblagi gr2 dokumen belum jelas
5,6,7 dst msh bnyk lagi

** yg bikin aturan juga bego, masa patokannya pergantian hari. Sandar aja butuh brp jam, dr anchor smpe sandar ikat tali engine stop, rata2 bu 2jam lebih blm juga klo arus bawah kenceng.
** kyknya aturannya murni bnyk kepentingan n pemerasan. Bukan murni aturan dibuat untuk keprofesionalan.
** n aturan pungutan ky gini mang udah lama deh. Tp berlaku bagi kapal yg udah slsi bongkarmuat tp ga ancor2...
Quote:Original Posted By scooblack.2005


Klo kapal sandar belum tentu bongkar muat gan, tapi klo kapal bongkar muat udah pasti kapal sandar. emoticon-Big Grin

Coz bisa bnyk sebab kapal sandar tdk sama kapal bongkar muat.
1. Bisa juga sandar krna loading minyak operasional bukan minyak muatan
2. Loading air tawar (point 1,2 jarang terjadi si, biasanya udah includevpas bongkar muat)
3. Sandar bisa juga overhoul or perbaikan yg ga bs diperbaikin pas anchor
4. Bisa juga udah OHN, sudah sandar, akhirnya anchorblagi gr2 dokumen belum jelas
5,6,7 dst msh bnyk lagi

** yg bikin aturan juga bego, masa patokannya pergantian hari. Sandar aja butuh brp jam, dr anchor smpe sandar ikat tali engine stop, rata2 bu 2jam lebih blm juga klo arus bawah kenceng.
** kyknya aturannya murni bnyk kepentingan n pemerasan. Bukan murni aturan dibuat untuk keprofesionalan.
** n aturan pungutan ky gini mang udah lama deh. Tp berlaku bagi kapal yg udah slsi bongkarmuat tp ga ancor2...


kemaren ane jg liat di tv,
ada bbrp alasan knp masalah dwelling time itu msh aja jd masalah di priok khususnya. a.l :

- barang yg masuk priok itu emang khusus utk 'konsumsi' nasioanal, shg harus ada pengecekan dari balai karantina segala utk bahan makanan.
beda ama Singapore. barang yg masuk ke sana istilahnya hanya numpang lewat aja. utk di re export lagi.

- kapal2 yg bawa muatan, kadang surat2nya blm lengkap. saat kapal jalan dr negara asalnya, surat baru diurus. bahkan udah nyampe priok, pengurusan surat2 mrk blm kelar dr negara asalnya. tp kapal udah masuk pelabuhan.

kalo kaya gitu, secara awam, menurut ane manajemen di pelabuhannya gak rapi & kurang tegas.
selain juga mungkin pelabuhannya kurang gede. gak dibagi2 jadi sub2 bagian.


Niatannya memang mau peras tuh pergantian hari jadi penentunya
Quote:Original Posted By sesova





Itu kebijakan rajawali ngepet apa pelindo??


Kebijakan pemerintah, dlm hal ini kementriannya si ra-pet. Pelindo yg menerapkannya.

http://m.liputan6.com/bisnis/read/2299957/5-gebrakan-rizal-ramli-atasi-dwelling-time-di-tanjung-priok

Koreksi kl ane salah
×