alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea228398e31baa738b4569/kereta-cepat-jakarta-bandung-beroperasi-30-mei-2019
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 30 Mei 2019
Quote:Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 30 Mei 2019

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan melalui kuasanya Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko bersama Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Hanggoro Budi Wirjawan menandatangani kesepakatan mengenai konsesi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung pada Rabu malam (16/3/2016).

Menteri Jonan mengatakan, perjanjian konsesi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah ditandatangani dengan tanpa jaminan pemerintah dalam bentuk apapun untuk jangka waktu 50 tahun.

Nantinya usai 50 tahun, seluruh aset PT KCIC akan diserahkan kepada negara cq Direktorat Jenderal Perkeretaapian dalam kondisi clean dan clear serta layak operasi, sejak tanggal pengoperasian yang ditetapkan 30 Mei 2019.

"Artinya 50 tahun lagi, negara akan memiliki KA cepat tanpa APBN sama sekali alias gratis," kata Jonan, Kamis (17/3/2016).

Dia menambahkan, nilai proyek ini juga sudah dikoreksi dari US$ 5,5 miliar menjadi US$ 5,1 miliar, sehingga ada penghematan sekitar US$ 400 juta.

Proyek kereta cepat ini telah melakukan pemancangan tiang perdana (groundbreaking) oleh Presiden RI Joko Widodo pada 21 Januari 2016. Dengan begitu maka perjanjian konsesi baru bisa diperoleh setelah 2 bulan peletakan batu pertama.

"Dua bulan itu oke, tidak lama, dulu saat saya di KAI, perjanjian konsesi seperti kereta Bandara Soetta dan jalur ganda di Sumatera Selatan itu lebih lama, kalau tidak salah 6 bulan," kata Jonan tadi malam. (Nrm/Ndw)

http://bisnis.liputan6.com/read/2460...si-30-mei-2019


paslah itu deket2 dengan pemilu... emoticon-Traveller
50 tahun lgi baru milik negara emoticon-Matabelo
Ingat ya
Harus sebelum pemilu

Biar ada bekal, meskipun proyek goblok
ohh deket pemilu, yaudah semoga bener emoticon-Big Grin

ketebak emoticon-Wkwkwk
Lama amat 50 tahun sementara itu teknologinya uda usang
pecuma kalo di dalem masi ada yg jual aqu prutang seprit maijon wkwkwk
1 minggu setelah oprasi masih keliatan bersih dan wangi, 1 bulan setelah nya ya sperti biasa coret2an dan kotor emoticon-Traveller
50 tahun. Wow. Sebenernya jadi ga nih
50th lg???
semoga ane masih idup bray
50 taun lagi yak emoticon-Nohope
ane tunggu deh cuman 3 tahun
Semoga kereta cepatnya bener-bener bermanfaat buat masyarakat ya pak JKW emoticon-Cool
Oke baron tunggu gan..emoticon-Cool
Feeling gw sih mangkrak
wow 50 thn emoticon-Matabelo
ketika usia kereta udah uzur dan memerluka maintenance
apakah pemerintah dikala itu mampu menghandlenya, jgn lupa faktor inflasi brg dan harga barang bakunya
klo tidak mampu, buat konsensi baru lg, diperpanjang 50 thn lagi emoticon-Ngakak
Persoalannya bukan berapa lama kereta ini akan diberikan kepada negara, tetapi apakah selama periode waktu tersebut, perawatan dan perlakuan penumpang terhadap kereta dan sarana pendukungnya baik sehingga saat diserahkan, kereta ini masih baik dan tetap dapat dioperasikan. Kereta yang biasa dipakai di Jakarta itu ada yang merupakan kereta bekas yang dipakai di Jepang selama puluhan tahun. Tapi saat diberikan ke Indonesia, kondisinya masih bagus dan terlihat seperti baru.
Kereta cepat Jakarta - Bandung ??
Judulnya sudah jelas salah. Harusnya Jakarta - Kabupaten Bandung, bukan Kota Bandung.
Meskipun secara prinsip sangat mendukung adanya kereta cepat, tapi fasilitas akses ke stasiun harus benar-benar di perhatikan.
Ane harus rutin Jakarta-Bandung tiap weekend.
Kalo kondisi eksisting dipelihara dan tidak ada progress LRT hingga 2019 (3 tahun lagi), ngak kebayang apa untungnya ada kereta cepat ini.
Ane tinggal hampir di pusat kota Bandung --> perjalanan ke Tegal Luar butuh 1-2 jam pake mobil pribadi/taxi, kalo pake angkot ngak jelas. Tiba di Halim, menuju Kuningan butuh waktu sekitar 0,5 - 1 jam. Sama perjalanan 40 menit, sudah butuh 3-4 jam.
Ngak ada bedanya ngak waktu yg dibutuhkan argo parahyangan sekarang. (parahyangan turunnya di Gambir).
Tolong Menhub, benar-benar dijaga pembangunan LRT baik di Jakarta maupun di Bandung (menghubungkan kota Bandung ke Tegal Luar) sebelum kereta cepat beroperasi. Tanpa ini, sia-sia pembangunan kereta cepat.
Sedangkan kereta Kalimantan mungkin akan beroperasi di atas tahun 2020an
Mantab, tar bisa cepet sampai bandung emoticon-Embarrassment
gapapa menjelang pemilu jg asal jangan meledug aja pas beroperasi,,kalo ane sih gratis aja ogah naek nya