alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea2244925233ce358b4569/apa-itu-skyactiv-technology
Apa itu Skyactiv Technology?
Salam Zoom-Zoom !!!

Apa itu Skyactiv technology
??, mungkin logo ini sudah sering anda lihat saat terjebak kemacetan di jalan raya dan anda tepat berada di belakang mobil MAZDA. Atau mungkin ada lihat di seragam para sales eksekutif Mazda saat anda sedang jalan-jalan di Mall dan bertemu mereka di pameran. Sedikit ulasan tentang apa itu skyactiv technologi akan saya kemas secara ringkas dalam bahasa yang sederhana dan mudah di pahami.


Emblem di atas adalah logo skyactiv yg dipasang di sudut kanan mobil Mazda yaitu Mazda 6, CX5, Biante dan All New Mazda 2. Awal mula pengembangan Skyactiv technology sendiri dimulai pada bulan November 2011 di markas besar Mazda di Jepang.

Skyactiv sendiri merupakan sebuah perkembangan teknologi pada Mesin, Transmisi, Bodi dan Chassis mobil. Ide ini begitu brilliant, di zaman modern ini dimana semua mobil di jepang mengkonsentrasikan pengembangan teknologi hanya pada 1 atau 2 titik saja, tetapi mazda memikirkannya lebih. Saya mulai dari Skyactiv G, yang di konsentrasikan pada bagian mesin.

1.SKYACTIV ENGINE :

a. Kompresi mesin 13:1
Pada bagian mesin ini, mazda membuat satu terobosan yang luar biasa berbeda dari semua mesin competitornya. Mazda membuat kompresi mesin 13 : 1 sementara pada mesin competitornya masih menggunakan kompresi 10 : 1, dan ini pertama dan satu-satunya di dunia, kemampatan kompresi yang padat pada sisa ruang piston sangat panas sehingga menciptakan ruang bakar yang sempurna. Hal ini menciptakan sebuah performa mesin yang responsive, dan bertenaga pada putaran bawah maupum putaran atas.

b.Direct Injection
Kompresi yang sempurna, didukung dengan sistem penyemprotan bahan bakar Direct Injection. Pada sistim direct injection ini, bahan bakar langsung di semprotkan ke ruang bakar, ini yang membuat mazda mampu menghemat bahan bakar karena kompresi 13:1 plus sistem direct injection sehingga hanya dengan sedikit semprotan bahan bakar sudah sangat optimal untuk meledakkan piston dengan sempurna.

c. 4 - 2 - 1 (Exhaust)
Terdengar seperti formasi football, hehehe,. ini adalah sistim gas buang dari sisa pembakaran di ruang mesin, dimana semua mobil Jepang umumnya masih menggunakan sistim 4-1. Ok, masih bingung pada sistim ini? ini penjelasannya. Anda tau mobil dengan sistim 4 Silinder? ya dengan 4 busi pada masing-masing piston dan pipa buang yang menuju ke arah knalpot, ini dasarnya 4-1, dimana 4 mewakilkan piston dan 1 pipa yang langsung menuju ke luar (knalpot).
Di Skyactiv Engine, sebelum memasuki pipa terakhir, sisa pembakaran di ruang mesin dipecah dulu pada 2 pipa lagi sebelum menuju pipa utama (exhaust). Sistem 4-2-1 tersebut menciptakan kondisi gas buang yang rendah emisi yang tentunya sangat ramah lingkungan.

d. i-stop (idling stop)
Saya suka menyebutnya ini sebagai bonus Fitur dari Skyactiv engine, I-stop adalah sebuah fitur tambahan yang mampu menghemat konsumsi bahan bakar 10-15%. Cara kerjanya sangat sederhana, Fitur ini sudah aktif saat anda mulai menghidupkan mesin, dan fitur i-stop ini bekerja pada saat anda melakukan pengereman dengan pemberhentian total sperti pada saat anda menginjak pedal rem di saat macet total atau pada saat lampu merah, ketika mobil anda sudah berhenti total maka i-stop akan mematikan kerja mesin anda tetapi seluruh electrical pada mobil masih berfungsi, termasuk audio dan AC.
Jika anda tidak suka dengan fitur ini, anda dapat me-non-aktifkan, so simple !!!

2.SKYACTIV TRANSMISSION :
Jika anda melihat mobil lain punya emblem CVT, CVTC, atau VVTI dan yang sejenis itu pada transmisi otomatis maka Mazda menggabungkan seluruh teknologi yang ada pada teknologi konvesional itu. contohnya pada teknologi CVTC (Continues Variable Timing Control) pada sistim ini perpndahan gigi pada transmisi otomatis akan terasa sangat lembut namun terasa berat dan tidak bertenga. sementara pada sistim konvesional 4AT dan dual Clutch pada sistim manual terlalu responsif yang menciptakan kondisi tidak nyaman. Mazda menggabungkan keduanya!!!. Apa yang anda rasakan saat menginjak pedal gas begitu responsif namun terasa begitu halus dan nyaman.

3.SKYACTIV BODY :
Mazda mendesain bodi yang kokoh namun ringan. Jika anda berfikir bahwa kokoh dan kuat itu pasti berat, atau sebaliknya, jika ringan maka body tersebut akan ringkih atau lemah. Tapi tidak dengan skyactiv body, Insinyur Mazda memilih baja dengan tekanan tinggi dan melakukan riset yang panjang hingga terciptalah sebuah bodi yang dibangun dengan baja khusus yang bertekanan tinggi sehingga bahan tersebut begitu kuat dan ringan, hal ini sudah terbukti uji tabrak (Crash Test) oleh EuroNCAP dan mendapat bintang 5 untuk kekokohan yang tentunya sangat Safety untuk pengemudi dan penumpang.
Ini sangat saya rekomendasikan untuk anda jika anda mengutamakan keselamatan berkendara!!!

4.SKYACTIV CHASSIS :
Sekali lagi mazda begitu cerdas memahami anda, dengan penggabungan chassis dan supensi yang di tuning begitu sempurna sehingga membuat pengemudi mampu melaju dengan stabil di kecepatan tinggi, di tikungan dan tetap nyaman di jalan bergelombang.

Mazda juga melakukan perombakan seperti geometri suspensi depan dan belakang, rasio steering gear dibikin lebih cepat namun electronic power steering (atau EPAS), dirancang Mazda agar selain memberikan feedback yang baik antara anda dan mobil anda.

Pada suspensi belakang, pivot point yang biasanya ada di bawah ini dibuat naik agar penumpang tidak terlalu merasa guncangan saat mobil melalui jalan yang berlubang, atau jalan yang jelek.

Jadi kalau mobil kena polisi tidur, biasanya kalau pivot pointnya dibawah begitu kena polisi tidur, ban itu akan naik, sehingga kita kesundul oleh ban belakang, kan gak nyaman, dengan dinaikkannya pivot itu, ban akan mantul ke atas, sehingga orang tidak terlalu merasa efeknya seperti kalau pivot pointnya di bawah.


Demikian sedikit informasi yang saya share seputar  Apa itu Skyactiv Technology?,
semoga bermanfaat yaa gan....

More Info & Test Drive
HUBUNGI :

HAIKAL
0819 321 85 132 / WA
PIN 29F0E7FA



ga ngerti ane jon
×