alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ea1e2d1a9975d1698b456a/mengenal-layanan-cloud-computing-untuk-bisnis-anda
Mengenal Layanan Cloud Computing Untuk Bisnis Anda
Mengenal Layanan Cloud Computing Untuk Bisnis Anda

Artikel ini adalah kelanjutan dari seri Mengenal Cloud Computing Lebih Dalam yang saya tulis sebelumnya. Pada artikel kali ini, kita akan mengenal layanan cloud computing untuk menunjang bisnis anda. Manakah layanan yang paling anda butuhkan saat ini. Mari kita simak bersama.

Telah banyak artikel yang membahas jenis-jenis layanan cloud computing. Di sini saya akan menyampaikannya dalam bahasa sederhana yang semoga mudah dipahami. Secara umum layanan cloud computing terdiri dari :


Infrastructure as Service (Iaas)

Mengenal Layanan Cloud Computing Untuk Bisnis Anda

Maksud dari istilah ini pada dasarnya adalah layanan penyediaan hardware komputer untuk digunakan sebagai server. Misalnya begini. Katakanlah anda ingin membuat website dan anda tahu kalau website itu membutuhkan apa yang disebut dengan data center yang terdiri dari komputer server yang terus menyala 24 jam dan terhubung ke jaringan internet beserta jaringan listrik, pendingin ruangan, jenset, dan orang sebagai administrator server.

Jika anda seorang yang sudah punya modal milyaran rupiah, untuk membangun data center seperti di atas tentu dapat dilakukan dengan mudah. Namun jika anda hanya rakyat kecil seperti saya yang hanya punya anggaran ratusan ribu apakah bisa membuat website? tentu saja dengan adanya Cloud Computing, semua jadi bisa.

Anda tidak perlu membangun data center dengan biaya milyaran. Cukup dengan menyewa paket server dari perusahaan penyedia cloud computing, anda sudah dapat menggunakan alat yang fungsinya sama dengan data center.

Berikut adalah layanan penyedia Cloud Computing Model Infrasturcture as Service yang memiliki produk simpel dan mudah dipahami.

- Linode
- Vultr
- Digital Ocean
- Cloud Kilat
- dsb

Jika kita lihat misalnya Digital Ocean, anda hanya perlu membayar $5 setiap bulan untuk spesifikasi server dengan spesifikasi : 1 Core processor, 20 GB Penyimpanan, dan RAM 512 MB. Sudah sangat cukup untuk website awal yang pengunjungnya masih di bawah 10 ribu orang per hari.

Bukankah ini adalah Virtual Privat Server (VPS) yang sudah dikenal jauh sebelum ada booming istilah Cloud Computing? ya memang. Cloud Computing adalah teknologi lama dengan istilah baru. Namun ada perbedaan di sini antara VPS tradisional dengan VPS Cloud Computing.

Pada VPS tradisional, jika anda ingin merubah spesifikasi server, maka akan membutuhkan waktu yang lama. Karena administrator penyedia VPS akan merubah konfigurasi server sesuai pesanan terlebih dahulu. Biasanya sekitar 1 atau 2 hari.

Sedangkan pada VPS yang sudah berbasis cloud computing, anda hanya tinggal merubah spek server anda pada sistem (misalnya dari kapasitas penyimpanan 20 GB ke 30 GB) dan klik apply, maka setelah VPS anda restart 10 detik, spek sudah berubah seperti yang anda minta.

Itulah syarat sistem yang bisa disebut Cloud Computing. Yaitu elastisitas. Tanpa adanya elastisitas, maka sistem tidak dapat disebut cloud computing.


Platform as Service (PaaS)

Mengenal Layanan Cloud Computing Untuk Bisnis Anda

Platform as Service pada dasarnya adalah penyediaan komputer server yang siap diisi dengan aplikasi buatan anda. Dalam hal ini, anda sudah tidak perlu lagi mengelola permasalahan Sistem Operasi, Optimalisasi Server, dan modul – modul sistem terkait lainnya. Yang anda lakukan adalah fokus kepada aplikasi yang anda buat.

Biasanya layanan Platform as Service menyediakan sewa server yang telah terinstall sistem operasi tertentu sesuai paket, Misalnya Ubuntu dan telah dilengkapi dengan modul – modul sistem seperti aplikasi web server, database server, php serve, java, dan sebagainya. Mengenai berapa RAM dan CPU yang digunakan? kita sudah tidak perlu memusingkan hal itu. Yang pasti, aplikasi kita dapat berjalan lancar di server dengan jumlah pengunjung berapapun tanpa mengalami kelambatan. Layanan ini cocok bagi anda yang hobi programming atau membuat sistem informasi berbasis web.

Berikut adalah Penyedia Cloud Computing dengan layanan Platform as Service (PaaS)

Amazone Web Service
Google Apps Engine
dan sebagainya


Software as Service (SaaS)

Mengenal Layanan Cloud Computing Untuk Bisnis Anda

Layanan cloud computing yang terakhir adalah Software As Service. Maksud dari layanan ini adalah anda tinggal menggunakan aplikasi yang disediakan saja tanpa harus tahu apa hardware yang digunakan dan aplikasi ini dibangun menggunakan apa.

Contoh yang paling mudah terkait layanan Software as Service ini adalah :

Email seperti : Gmail, Yahoo Mail, Outlook/Hotmail, dsb.
Maps Online seperti : Google Maps, Bing Map, Here Map, dsb.
Sales Force
Facebook
Streaming Online seperti : YouTube, Vimeo, dsb.
dsb
Aplikasi yang dibangun menggunakan model Cloud Computing seperti di atas sudah di desain untuk dapat mengolah data hingga milyaran transaksi per detik. Dan pastinya, aplikasi tersebut sangat besar dan susah di bayangkan oleh orang awam bagaimana cara kerjanya.

Misalkan seperti ini. Tahukah anda bahwa email dari Google yaitu Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan 15 GB per penggunanya? dan sekarang sudah lebih dari 500 juta pengguna Gmail. Artinya Gmail telah memiliki penyimpanan data sebesar 7.5 Milyar GigaByte. Suatu ukuran yang sangat besar bukan?. Jika saya sebagai rakyat kecil hanya bisa menggambarkan tumpukan harddisk sebanyak 7,5 juta buah. Itu belum termasuk penyimpanan yang dibutuhkan untuk YouTube yang tentunya jauh lebih besar dibanding dengan Gmail.

Hal seperti itu juga sama terjadi dengan Facebook. Suatu fakta yang sangat mencengangkan.


Mengapa Harus Mengenal Layanan Cloud Computing?

Tak paham maka tak efisien. Dengan Mengenal Layanan Cloud Computing seperti di atas, anda sebagai bisnisman akan lebih paham berapa dana anda yang dibutuhkan untuk membangun perangkat teknologi informasi.

Jika anda tidak paham sama sekali tentang spesifikasi perangkat server untuk email server, anda bisa menggunakan jasa layanan email dengan domain sendiri seperti google apps dan sebagainya untuk membuat email perusahaan anda.

Jika anda adalah programmer yang fokus kepada pengembangan aplikasi, anda bisa menggunakan layanan Platform as Service sehingga anda dalam bekerja tidak lagi dipusingkan dengan permasalahan harddisk rusak, jaringan internet tidak konek, atau komputer server yang terkena virus.

Itulah sekilas artikel tentang mengenal layanan Cloud Computing.

Sumber Artikel : http://bikinkantor.com/mengenal-laya...k-bisnis-anda/
nice info
thx gan. lagi belajar nulis artikel ni. dah lama cuman jadi tukang. ^_^
Info yang menarik gan, kebetulan kita juga bergerak di bidang cloud, lagi ada promo "Free Cloud Backup" neh gan, ayo dimanfaatkan gan