alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e9fe96582b2e16498b4567/merantau-memberikanmu-banyak-pengalaman-hidup-pergilah-sejauh-mungkin-tapi
Merantau Memberikanmu Banyak Pengalaman Hidup, Pergilah Sejauh Mungkin Tapi ...
Selamat pagi Agan-agan. Kali ini ane mau share Artikel tentang merantau nih.
Agan agan disini ada yang merantau? Pasti banyak ya gan, saya sendiri udah kurang lebih 4 tahun di Bandung emoticon-Ngakak (S) betah gan disini emoticon-Hammer2

Nah, buat agan agan yang merantau pasti punya banyak pengalaman hidup kan? mulai dari pengalaman hemat, makin pintar sosialisasi sama orang yang gak kenal, pinter bahasa daerah yang kita tinggali di perantauan, bahkan sampe kelaparan di akhir bulan juga ngerasain ya gan emoticon-Wakaka
Oke, Lanjut Yuk ke isinya emoticon-Selamat

Spoiler for Sebelumnya cek dulu nih:


Merantau Memberikanmu Banyak Pengalaman Hidup, Pergilah Sejauh Mungkin Tapi Jangan Sampai Lupa Pulang

Quote:Tahukah Agan bahwa merantau bisa memberikanmu banyak tentang pengalaman hidup? begitu juga yang saya rasakan ketika merantau di Bandung sudah lebih dari 4 tahun ini. Berikut saya akan sharing sebuah tulisan dari Riza Dian Kurnia Seperti yang dikutip dari Ehloo.com.

Demi sebuah cita-cita yang tersemat di dalam dada, kamu harus pergi merantau ke kota atau pulau seberang untuk menuntut ilmu. Awalnya kamu ragu, seperti apakah kehidupan di ujung sana. Sementara di sini sudah nyaman dipelukan keluarga dan lingkungan yang nyaman. Bersiaplah, ada banyak pengalaman hidup yang bisa kamu dapatkan saat merantau ke kota lain.


1. Hidup sendiri memaksamu melakukan semuanya secara mandiri
Quote:Merantau Memberikanmu Banyak Pengalaman Hidup, Pergilah Sejauh Mungkin Tapi ...
kamu akan belajar tentang sebuah kemandirian Via wallpaperstock.net

Berada di tempat asing dan sendiri akan membuat mentalmu terbentuk dengan dewasa. Kamu akan belajar mandiri dengan keadaan yang menuntutmu bertahan hidup dengan keadaan yang ada. Tak ada lagi keluarga di dekatmu yang akan membantu setiap kesulitanmu. Ini akan membuatmu paham arti hidup yang sebenarnya. Karena nantinya, semua orang akan menjalani hidupnya sendiri.


2. Kamu bertanggung jawab atas segala sikap baik dan buruk yang kamu lakukan
Quote:Merantau Memberikanmu Banyak Pengalaman Hidup, Pergilah Sejauh Mungkin Tapi ...
semua sikap akan kamu tanggung sendiri Via caisscubidubibuloaloa.blogspot.co.id

Jika di kampung halaman kamu akan mendapat perlakuan baik karena keluargamu yang terkenal kaya dan terhormat, maka tentu saja di perantauan tidak akan ada yang mengenalmu seperti itu. Kamu hadir di tengah masyarakat sebagai pribadi individu tanpa memperhitungkan latar belakang keluargamu.

Kamu akan bertanggung jawab atas segala sikap buruk yang kamu lakukan. Untuk itu saat merantau kamu akan belajar bersikap baik, mengikuti aturan di mana kamu berada. Tidak akan ada sikap sombong dan arogan yang dulu kamu agungkan di daerah asal.


3. Akan datang banyak teman baru dari latar belakang yang berbeda
Quote:Merantau Memberikanmu Banyak Pengalaman Hidup, Pergilah Sejauh Mungkin Tapi ...
banyak teman dengan latar belakang yang berbeda Via azkia-04.blogspot.co.id

Saat kamu merantau ke tempat baru, bukan tidak mungkin kamu akan bertemu dengan rekan-rekan seperjuangan yang juga merantau seperti dirimu. Di sini kamu akan membawa dirimu untuk mengenal orang baru dengan segala latar belakang berbeda. Kesamaan kondisi akan membuatmu menjadikan mereka keluarga baru di perantauan.


4.Saat jauh, kamu akan merasa lebih mencintai daerah asalmu
Quote:Merantau Memberikanmu Banyak Pengalaman Hidup, Pergilah Sejauh Mungkin Tapi ...
Lebih cinta kampung halaman Via muhammadelhami.blogspot.co.id

Ketika berada di daerah asalmu, semua tampak biasa saja. Keramaian di ujung jalan, suasana sepi yang biasa kamu nikmati tak begitu berarti bagimu. Tapi ketika telah jauh merantau meninggalkan daerah asal, kamu akan sering rindu dengan suasana rumah. Secara tidak langsung kamu akan lebih mencintai daerah asalmu lebih dari orang-orang asli yang berada di sana.


Percayalah, merantau akan mengajarkanmu tentang keinginan dan kekecewaan dalam hidup
Quote:Merantau Memberikanmu Banyak Pengalaman Hidup, Pergilah Sejauh Mungkin Tapi ...
pahit manis kehidupan akan kamu rasakan di perantauan Via bacathok.com

Tak jarang kekecewaan terhadap sesuatu saat merantau terjadi dan jadi bagian dari perjalanan hidup di perantauan. Kadang kamu mendapati kondisi tidak nyaman yang tak sesuai dengan yang kamu inginkan. Uang bulanan yang dirasa kurang cukup untuk membeli keperluan pribadi dan harus mengikhlaskannya. Atau kondisi lain yang mengharuskan kamu mengalami ketidaknyamanan lainnya.



Nah, itu dia gan hal-hal yang kita rasain kalo kita merantau. dan memang benar ane sendiri ngerasain.
Kalo agan yang merantau gimana? Yuk share nanti ane pajang disini emoticon-Ngacir2

Sumber: http://www.safaat.id/
Reserved buat komen
disaat merantau, ibadah menjadi hal yang sangat penting gan. Bukan menjadi kewajiban lagi, tapi udah jadi kebutuhan. Sama satu lagi, hati2 terhadap gaya hidup hedon dan lingkungan baru yang kita hadapi
nice share emoticon-Cool
#-Merantaulah…-

Orang berilmu dan beradab tidak diam beristirahat di kampung halaman.
Tinggalkan negerimu dan hidup asing (di negeri orang).#

#Merantaulah…

Kau akan dapatkan pengganti dari orang-orang yang engkau tinggalkan (kerabat dan kawan).
Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.#

#Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan..
Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, akan keruh menggenang.#

#Singa jika tak tinggalkan sarang, tak akan dapat mangsa..
Anak panah jika tak tinggalkan busur, tak akam kena sasaran.#

#Jika matahari di orbitnya tak bergerak dan terus berdiam..
tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang.#

#Bijih emas tak ada bedanya dengan tanah biasa di tempatnya (sebelum ditambang).
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan.#

#Jika gaharu itu keluar dari hutan, ia menjadi parfum yang tinggi nilainya.
Jika bijih memisahkan diri (dari tanah), barulah ia dihargai sebagai emas murni.#

[Imam as-Syafi'i]
bagi ane merantau itu banyak plusnya, mengajarkan kita buat hidup bener2 mandiri emoticon-Embarrassment

tapi ya itu, resikonya bakal bikin sering homesick, wkwkwk emoticon-Ngakak (S)

nice thread gan emoticon-Embarrassment
ente kudu merantau, jangan di bawah ketek emak muluemoticon-Cool
saya ga pernah merantau..

pengennya merantau ke korea atau jepang


pulang.. dapet oppa gantengh....
emoticon-Malu
Thread bagus gan, kebetulan ane lagi merantau kuliah, ane asli jakarta merantau jauh ke ujuk jawa
Bak kata kesehatan itu harta yg paling berharga, demikian pula saat kita jauh merantau, jika kita sampai jatuh sakit maka hanya diri kita sendiri yg akan mengurusnya. Kalau di tempat asal kita, tentu keluarga seperti ibu/ayah/kakak/adik akan merawat kita. Bagi yg merantau jauh dari keluarga pesan saya, hindari sedapat mungkin kegiatan yg merugikan kesehatan kita dan tabungan usahakan sedapat mungkin jangan dipakai utk menginap di rumah sakit, lebih baik dipakai menginap di hotel/penginapan dlm kegiatan liburan.
Gara-gara kuliah ane terpaksa jadi anak rantau emoticon-Frown
Dan orang tua ane selalu kasih nasehat, "Jangan makan mie instant. Kalo gak punya duit pulang! Jangan ngutang, jangan minta transfer."
Ingat merantau kok jadi inget film iko uwais. emoticon-Hammer2

Pergi merantau pulang tinggal nama. emoticon-Frown
Ibadah adalah ujian yang paling berat di perantauan gan

Quote:Original Posted By tompel87
disaat merantau, ibadah menjadi hal yang sangat penting gan. Bukan menjadi kewajiban lagi, tapi udah jadi kebutuhan. Sama satu lagi, hati2 terhadap gaya hidup hedon dan lingkungan baru yang kita hadapi


ane pengen merantau ke sumatra atau sulawesiMerantau Memberikanmu Banyak Pengalaman Hidup, Pergilah Sejauh Mungkin Tapi ...
Quote:Original Posted By mayaaaaaa
Gara-gara kuliah ane terpaksa jadi anak rantau emoticon-Frown
Dan orang tua ane selalu kasih nasehat, "Jangan makan mie instant. Kalo gak punya duit pulang! Jangan ngutang, jangan minta transfer."


gimana urusannya gan, gak punya duit pulang. Emangnya pulang gak pake biaya apa? hehehe
Quote:Original Posted By jarmen5.0
#-Merantaulah…-

Orang berilmu dan beradab tidak diam beristirahat di kampung halaman.
Tinggalkan negerimu dan hidup asing (di negeri orang).#

#Merantaulah…

Kau akan dapatkan pengganti dari orang-orang yang engkau tinggalkan (kerabat dan kawan).
Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.#

#Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan..
Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, akan keruh menggenang.#

#Singa jika tak tinggalkan sarang, tak akan dapat mangsa..
Anak panah jika tak tinggalkan busur, tak akam kena sasaran.#

#Jika matahari di orbitnya tak bergerak dan terus berdiam..
tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang.#

#Bijih emas tak ada bedanya dengan tanah biasa di tempatnya (sebelum ditambang).
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan.#

#Jika gaharu itu keluar dari hutan, ia menjadi parfum yang tinggi nilainya.
Jika bijih memisahkan diri (dari tanah), barulah ia dihargai sebagai emas murni.#

[Imam as-Syafi'i]


Keren ya gan kata kata imam Syafi'i. Ulama besar islam emoticon-Toast

Quote:Original Posted By bocahdepresi
bagi ane merantau itu banyak plusnya, mengajarkan kita buat hidup bener2 mandiri emoticon-Embarrassment

tapi ya itu, resikonya bakal bikin sering homesick, wkwkwk emoticon-Ngakak (S)

nice thread gan emoticon-Embarrassment


Tapi inget tanggal tua gan di Perantauan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By yorisssssssssss
ente kudu merantau, jangan di bawah ketek emak muluemoticon-Cool


Baca gan post ane, jangan asal post aja emoticon-Nohope
ane ngerantau juga gan di bandung asal dari padang emoticon-Malu
alasannya merantau mencoba hidup dan mencari pengalaman di negeri orang haha
Quote:Original Posted By ivony90
saya ga pernah merantau..

pengennya merantau ke korea atau jepang


pulang.. dapet oppa gantengh....
emoticon-Malu


Merantau ke Hati abang aja neng emoticon-Salaman

Quote:Original Posted By gnzls
Thread bagus gan, kebetulan ane lagi merantau kuliah, ane asli jakarta merantau jauh ke ujuk jawa


Semoga betah diperantauan gan.
Selamat menuntut ilmu. emoticon-Toast

Quote:Original Posted By mayaaaaaa
Gara-gara kuliah ane terpaksa jadi anak rantau emoticon-Frown
Dan orang tua ane selalu kasih nasehat, "Jangan makan mie instant. Kalo gak punya duit pulang! Jangan ngutang, jangan minta transfer."


Pulang juga harus pake uang gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kruingputih2
Bak kata kesehatan itu harta yg paling berharga, demikian pula saat kita jauh merantau, jika kita sampai jatuh sakit maka hanya diri kita sendiri yg akan mengurusnya. Kalau di tempat asal kita, tentu keluarga seperti ibu/ayah/kakak/adik akan merawat kita. Bagi yg merantau jauh dari keluarga pesan saya, hindari sedapat mungkin kegiatan yg merugikan kesehatan kita dan tabungan usahakan sedapat mungkin jangan dipakai utk menginap di rumah sakit, lebih baik dipakai menginap di hotel/penginapan dlm kegiatan liburan.


Benar gan ane setuju
Quote:Original Posted By ndemun75
ane pengen merantau ke sumatra atau sulawesiMerantau Memberikanmu Banyak Pengalaman Hidup, Pergilah Sejauh Mungkin Tapi ...


Aduh jangan deh, udah banyak para perantau yg datang ke sumatera atau sulawesi. Ente kalau mau, merantau ke ujung kulon aja gan emoticon-Big Grin
Pagi gaaan, mari sarapan di warkop emoticon-coffee