alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e9b43c9478681c4e8b4574/penipu-pencatut-nama-menpan-rb-ditangkap
Penipu Pencatut Nama Menpan RB Ditangkap
Penipu Pencatut Nama Menpan RB Ditangkap

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya membekuk dua penipu undangan bodong atas nama Menpan RB Yuddy Chrisnandi. Kedua tersangka AS dan D telah menipu 10 kepala daerah di beberapa wilayah dengan total Rp225 juta.


"Jadi tanggal 14 Maret 2016, dari staf Kemenpan RB melapor ke kami bahwa telah terjadi penipuan, pemalsuan, kemudian TPPU dengan surat dan tanda tangan Menpan RB yang dipalsukan. Total kami ketahui hingga kini sudah 10 kepala daerah yang ditipu oleh kedua pelaku asal Sulawesi Selatan," kata Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Mujiyono di Mapolda Metro Jaya, Rabu (16/3/2016).


Mujiyono mengungkapkan, kedua pelaku menjalani aksinya dengan modus membuat surat seolah asli dari Menpan RB. AS dan D menawarkan sosialisasi masalah penggunaan anggaran di daerah-daerah ke Jakarta untuk 2016.


Namun acara ini tak gratis. Para kepala satuan wilayah atau kepala daerah dipungut biaya antara Rp5 juta hingga Rp10 juta.


Mujiyono mengatakan kedua pelaku mengaku menjalani perannya berbeda. AS yang menipu dari satu daerah ke daerah lain sedangkan D menyediakan rekening untuk menampung uang korban.


"Dalam penipuan ini, pembagiannya yang menipu mendapat jatah pembagian 80 persen, yang menyediakan rekening jatahnya 20 persen," lanjut Mujiono.


Dari pemeriksaan, kata dia, pelaku kopian surat Kemenpan RB dari internet. Kemudian, beberapa tanda tangan pejabat dipalsukan.


"Sampai dengan detik ini pejabat tidak ada yang terlibat. Murni tersangka," jelas Mujiono.


Mujiono tak menjelaskan bagaimana proses penangkapan. Namun, kata dia, dari tangan keduanya, polisi menyita enam telepon genggam, enam sim card, satu laptop, puluhan kartu ATM, dan uang senilai Rp1,8 juta.


"Keduanya kami sangkakan dengan Pasal 263 KUHP, Pasal 266 KUHP, Pasal 378 KUHP dan pasal-pasal di TPPU. Dalam hal ini kami imbau kepada pejabat seindonesia, kepala dinas se-Indonesia yang merasa dirugikan, merasa tertipu, dengan modus operasi seperti ini, silakan lapor ke kami, maka akan saya sidik sampai tuntas. Untuk saat ini, saya akan kembangkan tersangka yang sudah kita tangkap ini," pungkas dia.


Dia pun menyarankan, bila ada berita, ada telepon, email, surat, pejabat tak langsung percaya. Kabar itu harus ke verifikasi ulang ke kementerian atau lembaga terkait.


"Kalau sudah pasti silahkan, kalau belum pasti, tanya dulu keabsahan surat itu. Jangan sampai ini terulang kembali," jelas dia.


Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan RB, Herman Suryatman menuturkan, sampai saat ini ada enam surat bodong yang didapatinya dari para korban. Surat terkumpul sejak April 2015 hingga Maret 2016.


"Laporan kami banyak dari daerah dinas. Sampai saat ini ada 6 surat bodong, mereka para pelaku mengirim surat ke PPK maupun Dinas Badan melalui fax dan email," ujar Herman.


Sepintas, kata dia, surat mirip dengan aslinya. "Kami tidak ada kegiatan undangan sosialisasi kebijakan, lokakarya maupun terkait seleksi CPNS dan penyelesaian tenaga honorer, apalagi sampai dipungut biaya. Kami tak pernah melakukan kegiatan dengan pemungutan biaya," tegas dia.


Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...n-rb-ditangkap

---

Kumpulan Berita Terkait PENIPUAN :

- Penipu Pencatut Nama Menpan RB Ditangkap Penipu Pencatut Nama Menpan RB Ditangkap

- Penipu Pencatut Nama Menpan RB Ditangkap Polda Ungkap Penipuan yang Catut Nama Pejabat Kemenpan RB

- Penipu Pencatut Nama Menpan RB Ditangkap Tiga Pejabat Pemkab Bireuen Diduga Terlibat Kredit Fiktif

Habis sudah kaw emoticon-Big Grin