alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e9a35dd44f9ff3078b456b/exploresumbar--trail-run-singgalang-marapi-dan-trekking-talamau
Cool 
#ExploreSUMBAR -Trail Run Singgalang, Marapi dan Trekking Talamau-
Bismillahirrahmanirrahim

Quote:ijinkan nyubi untuk sedikit berbagi cerita melalui catper yang seadanya ini.
semoga ada sedikit manfaat yang dapat diambil dari catper ini. emoticon-Embarrassment
Sebelumnya Tak lupa saiah ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada
Allah SWT yang telah memberikan kesempatan untuk bisa mengunjungi tempat-tempat ini.
Dan juga kepada kedua Orang tua yang telah memberi izin utk perjalanan ini. emoticon-Kiss emoticon-Peluk
Tak lupa juga utk teman seperjalanan yang telah menambah warna warni perjalanan ini.


Okeh gan sist kitah mulai sajo....emoticon-Ngacir2

Berkebutalan saiah lg pulkam untuk menghadiri acara wisudanya adik di akhir bulan lalu.
bak gayung bersambut saiah rencnakanlah untuk bisa "maranacah" a.k.a explore kampung halaman sendiri.
soalnya sudah lama jugak saiah indak explore kampung sendiri sebab setiap pulkam kadang hanya punya waktu
sedikit dan tidak cukup waktu untuk pergi kemana-mana. Alhamdulillah beberapa tempat dapat tersambangi
meski tak semua yang dari rencana terwujud.

Talamau Atap Ranah Minang


Talamau . . . Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga nubih kesini emoticon-Embarrassment

#ExploreSUMBAR -Trail Run Singgalang, Marapi dan Trekking Talamau-

Beberapa minggu sebelum mudik saiah mengontak soham yang biasa nanjak baren kalo lagi di sumbar
kebetulan doih juga pernah 2 kali nanjak ke talamau. Alhamdulilla doih bisa menemani saia emoticon-Embarrassment emoticon-Betty (S)
terakhir nanjak bareng doih tahun 2013 lalu ke Kerinci.

Singkat cerita, Akhirnya kami berdua sepakat berangkat hari minggu tanggal 28 Februari 2016.
sebenarnya saiah agak keberatan karna satu hari sebelumnya baru saja balik ngetrel dari singgalang emoticon-Nohope
Tapi apaboleh buat kondisi memaksa untuk berangkat hari itu, kalu tidak entah kapan lagi bisa kesana.
Dan waktu yang dimilikipun cukup singkat untuk ke talamau ini. Biasanya orang2 membutuhkan waktu 3h2m
ini harus bisa diselesaikan dalam waktu 2h1m.

Sekitar Pukul 3 siang saiah sampai di pertigaan Jambu Aia, Bukittinggi dan janjian disana dengan soham emoticon-Peluk
Ngobrol sebentar ngomongin mau naik apa ke Pasaman Baratnya. Akhirnya setelah perdebatan yang panjang kami
memutuskan untuk motoran agar dapat sampai ditujuan dengan cepat. Jarak Bukittinggi - Pasaman Barat ini cukup
jauh. Singkat cerita, skatar jam 10 malam kami baru sampai di Simpang Ampek, Pasaman Barat. Molor 3 jam dari yang
direncanakan dikarnakan beberapa faktor alam, yaitu hujan dan bocor ban diperjalanan. emoticon-Nohope Istirahat sebentar
sambil makan malam dan melengkapi logistik yang masih kurang. Sekitar pukul 23.00 kami beranjak dari simpang ampek
menuju ke kampung yang bernama PINAGA, para pendaki talamau biasanya memilih start dari sini dikarnakan jaraknya
agak pendek dari jalur satunya lagi walaupun jalur PINAGA ini bukan jalur resmi.


Pukul 23.30 kami berdua sampai di simpang tiga PINAGA. Lapor kewarga setempat sekalian titip motor dan kami
berduapun langsung pamitan buat jalan malam itu agar kami bisa turun hari selasa sore. Sebab cukup sulit
untuk bisa menyelesaikannya dalam 2h1m. Dari pengalaman soham yang sudah 2 kali kesini selalu memakan waktu 3h2m.
Jarum jam sudah menunjukkan pukul 00.20WIB senin dini hari. Target jalan malam ini cuma sampai pondokan dipenghabisan
kebun sawit. Setelah berjalan +-1jam dg jarak perjalanan +-4km tibalah kami dipondokan, kamipun langsung beristirahat
disana mengingat kondisi sudah sangat lelah motoran dari solok sampai ke pinaga ini. Di awal perjalan saiah sempat
kaget melihat pendakian kali ini dimulai dari ketinggian 200-an MDPL :kagets emoticon-Belo dengan ketinggian yang akan dilalui 2.919MDPL.
Dalam benak saiah langsung terbayang bagaimana jalur pendakian talamau via pinaga ini, setidaknya 2.600-an M vertical yang akan
kami lewati emoticon-Busa dan butuh +- 15Km sampai ke TOP Talamau. Pondokan ini baru berada pada ketinggian +-600MDPL

Spoiler for jangan dibuka:



Bujugkuneng daaaaaah Bangun kesiangan ! ! ! ! emoticon-Nohope Alamat bakal jalan sampek tengah malam ini emoticon-Busa:
Setelah sarapan, Pukul 10.00WIB teng kami langsung bergegas tancap gas naik. Kira2 1/2km lagi dari pondokan
masih melewati perkebunan warga yang didominasi perkebunan jeruk setelah itu akan melewati jalanan semak belukar
yang terkadang membentuk seperti terowongan.

Setelah berjalan sekitar 2.5Jam Pukul 12.30WIB kamipun sampai di PoS 1 TALAMAU, yaitu POS "RINDU ALAM" yang
berada pada ketinggian 1.100-MDP. Di Pos Rindu Alam ini kami sempat berhenti 1 jam sambil istirahat solat dan ngemil emoticon-Big Grin
sekalian refill persidiaan air minum. Disini sumbar air sudekat emoticon-Ngakak (S)


Spoiler for Jangan dibuka:


okeh gan kitah lanjut jalan lagih emoticon-Ngacir2
jam pun sudah menunjukkan pukul 13.30WIB kami segera beranjak dari Pos Rindu Alam menuju Pos 2.
Baru setengah jam meninggalkan pos 1 kami berdua bertemu 1 rombongan berjumlah 3orang yang lagi turun.
sempat ngobrol sebentar, mereka sudah hari ke-3 apa ke-4 di talamau saiah lupa pastinya dan mereka juga
satu-satunya rombongan yang ada di talamau saat itu. Berarti FIX Talamau milik kami berdua malam ini emoticon-Betty (S) emoticon-Takut (S)
Dari pengalaman soham yang sudah yg ke-3kalinya kesini baru kali ini ketemu rombongan lain. emoticon-Big Grin

Dari Pos 1 sampai ke Pos 2 ini serangaan "acek" a.k.a pacet sering menghantui. Setiap berapa langkah berjalan
ada saja yang menempel di kaki dan sepatu. Dengan sigap pun setiap saiah melihat pacet menghampiri langsung menyentilnya.
Beruntung kali ini cuaca cukup bersahabat dan tidak hujan, jadi serangan pacet tidak begitu banyak.

Spoiler for jangan dibukak:


Hampir 3 jam berlalu akhirnya kami sampai juga di Pos 2 "Bumi Sarasah". Disini kami istirahat cukup lama, kondisi sudah mulai
drop setelah hampir 7 jam berjalan. Kami putuskanlah utuk memasak, membuat minuman hangat dan makan disini sembari memulihkan
tenaga yang sudah mulai habis. Pos 2 Bumi Sarasah ini berada pada ketinggian +-1900MDPL. Berarti Masih ada +- 1000M lagi nanjaknya
secara vertical dan untuk sampai ke TOP TALAMAU dan butuh 600M lagi ke Pos 3 "Ranah Paninjauan". Estimasi butuh 3 atau 4 jam dari
pos 2 ke pos 3.


Spoiler for jangan dibukak:



Jarum Jam telah menunjukkan Pukul 18.40WIB kamipun meninggalkan pos 2. Tanjakan dari Pos 2 sampai ke Pos 3 cukup sadis dan menyiksa emoticon-Nohope
baru jalan sekitar 20menit teman mulai ngedrop lagi. Sedikit demi sedikit di ayunkan juga langkah ini agar dapat
sampai di pos 3. Sekitar jam 10 malam kami sampai juga di Ranah Paninjauan dan beberapa menit kemudian soham sampai juga. Alhamdulillah
tanpa pikir panjang saiah langsung setup tenda agar bisa cepat-cepat beristirahat. Tenda terpasang si soham lansung sajo bagaluang jo SB emoticon-Cape d... (S)
sudah dibikinin air anget susah bet nyuruh minumnya emoticon-Mad emoticon-Bata (S) setelah bikin minuman dan memasak sedikit kebutuhan untuk summit esok pagi pun
saya mulai ke peraduan.



selasa 1 maret 2016

sempat kebangun beberapa kali ternyata masih menunjukkan jam 3 dini hari, lihat barometer pada jam ternyata
didalam tenda suhu mencapai 8*C emoticon-Belo sembriwing dinginyoooooh emoticon-Takut (S)


jam sudah menunjukkan jam 7 pagi tetapi kok masih mendung sajo ya? emoticon-Bingung (S) penasaran akhirnya lihat keluar
ternyata pagi itu cuaca cukup cerah, terlihat seperti mendung karna matahari terbitnya berada di balik bukit emoticon-Cape d... (S)

Spoiler for jangan dibukak:




setelah sarapan pukul 9.20 pagi kami berdua bersiap menuju top talamau. ________emoticon-Ngacir
30 menit berlalu sampailah di telaga-telag yang berada sebelum puncak talamau

Spoiler for jangan dibuka:


1 jam pas tibalah di puncak talamau, dataran tertinggi yang berada di ranah minang emoticon-Beloemoticon-Mewek:
Alhamdulillah akhirnya sampeeeeek jugak dimarih emoticon-angel tak lupa sujud sukur sebagai ungkapan
terimakasih telah diberi kesempatan untuk sampai disisni.


berikut berapa penampakan yang sempat kami abadikan di atap tanah ranah bundo ini.

selama berada di top talamau emoticon-Malu

Spoiler for jangan dibukak:




Tak terasa 2 jam sudah kami menghabiskan waktu menikmati keindahan puncak talamau.
setelah puas mengabadikan moment disana kami langsung bergegas turun mengingat
sore ini atau malam kita harus sudah sampai di pinaga lagi. pukul 12.30 teng kami langsung turun kembali
menuju pos Ranah Paninjauan. sesekali sempat mengabadikan moment saat turun.


sekitar jam 13.00 kami sampai di pos 3 Ranah paninjauan, segera berkemas dan mempersiapkan makan siang.


Spoiler for jangan dibukak:


hampir 2,5jam sudah waktu yang terlewati untuk beberes dan makan siangpun terlewati.

Pada pukul 15.30 WIB langsung saja kami ngacir kebawah takut keburu gelap sampai dibawah. Satu jam terlewati untuk turun
sampai ke pos 2 Bumi sarasah. sebelum sampai di pos 2 sempat terjadi sedikit insiden pada diri saiah emoticon-Berduka (S)
engkle kaki sebelah kiri "tapaledoh" a.k.a terkilir sempat membuat saiah duduk terkapar dan pandangan
berkunang-kunang emoticon-Frown beruntung saat kejadian jarak saya dibelakan tidak terlalu jauh dengan soham.
Thanks sudah memberikan pertolongan pertama dan pijitan sesaat setelah kejadin emoticon-Kiss (S)
selang waktu 15 menit kami melanjutkan perjalanan turun dengan kondisi kaki kiri saiah yang tertatih-tatih.

Perlahan kaki sebelah kiri terasa mulai membaik langkah kaki bisa dipercepat. 1 jam sudah terlewati sampai
jua lah di pos 1 Rindu Alam tepatnya pukul 17.30, disini istirahat hanya sebentar dan dimanfaatkan untuk refill
air minum. Lima menit berselang langsung josh turun kebawah menghindari berada di hutan dalam keadaan gelap.
Alhamdulillah 18.30 kami berdua sampai di perkebunan warga, tinggal melewati jalan landai sekitar 4-5km lagi
agar sampai di PINAGA.

Spoiler for jangan dibuka:


Alhamdulillah jam 8 malam kami mengakhiri perjalanan ini sesuai dari target saiah emoticon-Belo
Solo Trail Running ke Singgalang
#ExploreSUMBAR -Trail Run Singgalang, Marapi dan Trekking Talamau-

pada akhir bulan Februari lalu tepatnya hari sabtu tanggal 27 saiah memutuskan untuk pergi ngetrel ke Singgalang.
Pagi itu jam 6.30 cuaca yang kurang meyakinkan untuk berangkat, masih hujan dan langit cukup gelap.
Tepatnya jam 7 lewat dikit hujan mulai reda tanpa pikir panjang saiah langsung berangkat dari solok
menuju ke nagari Pandai Sikek yang berada dalam wilayah kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar.
Sekitar jam 9 sampailah saiah di pos registrasi pendakian Singgalang.

istirahat sejenak di warung untuk ngopisusu sembari menghilangkan penat motoran dari solok - pandai sikek.
Tak lupa juga sekalian beli sedikit cemilan dan air mineral untuk kebutuhan selama trail run.

ini beberapa perabotan lenong yg saya pergunakan saat trail run.

Spoiler for jangan dilihat:


pukul 9.30 saya bersiap untuk memulainya, titip motor di pos register dan mendaftarkan diri utk kegiatan ini
serta bayar register pendakian kalo indak salah sebesar 5000 rupiah.

berikut penampakan pos pendakiannya

Spoiler for jangan dilihat:


okeh gan lestgooooh ________emoticon-Ngacir
jam pun telah menunjukkan pukul 9.40 saya pun langsung mulai ngacir untuk 4km pertama akan melewati
jalanan beraspal sampai ke tower pemancar. Sampai di pemancaran ini saya membutuhkan waktu sekitar 50menit
lemot bet yak...emoticon-Nohope untuk menghemat perjalanan sebenarnya motor bisa di bawa sampai ke pemancar dan bisa
dititip disana. tapi karna ketidak tahuan, saiah memulainya dari pos pendakian. emoticon-Cape d... (S):

sesampai ditower saiah tidak berhenti dan langsung lanjooooot gaspooool menuju telaga dewi.
Km 5 atau Km pertama setelah tower kitah akan melewati jalur terowongan yang ditumbuhi tanaman seperti pohon tebu. berikut penampakannya

Spoiler for jangan dilihat:

setelah melewati jalur terowongan maka jalur yang akan dilalui didominasi jalanan tanah berakar,
jalanan lumpur dan sedikit bebatuan cadas sebelum sampai di telaga dewi.

Spoiler for jangan dibukak:


sekitar 3 jam berjalan sampailah di TALAGO DEWI.... horaaaaaayyyy emoticon-I Love Indonesia foto2 sebentar langsung
cari spot yang bagus di sekitaran talago sekalian menikmati keindahannya. Alhamdulillah sampai disini cuaca
cukup cerah dan dapat menikmati kabut yang silih berganti datang menutupi talago dewi. Niat awal yang cuma sekitar
30 menit akhirnya bablas sampai 2 jam karna tak ingin beranjak dari talago dewi yang indahnya mintak ampun membuat diri ini
betah berlama-lama disana.

cek penampakannya dibawah gan
Spoiler for jangan dibukak:


ini saat bikin betah dimarih emoticon-Wowcantik emoticon-Stick Out Tongue

#ExploreSUMBAR -Trail Run Singgalang, Marapi dan Trekking Talamau-
#ExploreSUMBAR -Trail Run Singgalang, Marapi dan Trekking Talamau-

Spoiler for jangan dilihat:

sekitar pukul 14.30 saiah mulai jalan dan memutuskan untuk ke top singgalang. sebenarnya orang2 jarang banget yang ke top singgalanya
dikarnakan cukup ngerih-ngerih sedap juga kesana gan apalagi sendirian. emoticon-Takut (S) Talago dewi sampai ke top singgalang +- jarak 1km.

Spoiler for jangan dilihat:


setelah foto2 sebentar saiah langsung ngacir se ngacir-ngacirnya turun gan. sereeeeeem jugak sendirian dimarih emoticon-Takut (S) _____emoticon-Ngacir



akhirnya setalah +- 2 jam 15 menit ngacir turun sampai juga kembali di pos pendakian gn. singgalang.
Allhamdulillah solo trail run singgalang terselesaikan. thanks My Allah


istirahat sebentar di warung sekalian ngopi2 sambil melepas penat, setelahnya langsung pergi mandi ke tempat pemandian
yang direkomendasiin sama si ibu penjaga warung. Duh asik bener dah habis lelarian mandi dimarih...
Biasanya tempat pemandian ini digunakan oleh para petani setempat sekalian tempat istirahat dan solat bagi mereka.

Spoiler for jangan dilihat :p:



# Trail Run Marapi

lelarian kemarih sekalian mengingat2 moment kesini 8th silam emoticon-Wowcantik emoticon-Ngakak (S)


Marapi, ini gunung pertama yang saya daki waktu esemA, terakhir kesini 2009 lalu sama si anu emoticon-Embarrassment jadi curcol emoticon-Hammer (S)
semenjak 2009 itu baru kali inilah saiah baru sempat kembali kesini sebab jarang banget dapat waktu pulkam yg agak lama.

Sebenarnya setelah ngetrel dari Singgalang pengen langsung cus Marapi, tapi apa daya keasikan di talago dewi
saiah jadi kesorean turunnya. Marapi pun mbatal emoticon-Nohope

Pada tgl 5 maret lalu saiah iseng chat di sebuah group watsap Trail Run, eh ada yg lagi di SUMBAR gak?? klo ada yuk besok
kita ngetrel ke Marapi. emoticon-Embarrassment Eh ternyata oh ternyata ada salah satu dari anggota group yang lagi di sumbar, tepatnya di solok juga. iyeeeey emoticon-Wowcantik setelah bujuk rayu akhirnya doih mau ngetrel ke Marapi emoticon-kisssing emoticon-Betty (S) indak jadi sendirian lagi ngetrelnya kyk ke singgalang emoticon-Ngakak (S) kesepakatan pun terbuat, kita besok akan berangkat jam 6 pagi.

6 maret 2016
Roman-romannya bakal gagal nih acara ngetreilnya emoticon-Nohope semenjak setelah subuh hujan sangat deras sekali mengguyur kota solok emoticon-raining emoticon-Frown
Sekitar Pukul 7 pagi hujanpun mulai reda, dengan sedikit kebimbangan dan hasrat yang tinggi buat kesana akhirnya saiah putuskan juga untuk berangkat walau cuaca cukup mendung dan kurang bersahabat. Janjian disalah satu tempat dan kami berdua pun langsung cus menuju Koto Baru. brum brum...... emoticon-Ngacir

Kurang lebih sekitar jam 9 kami sampek jugak di titik awal pendakian ke Gn. Marapi. Istirahat sejenak sambil ganti kostum untuk persiapan nemoticon-Ngakak (S) getrel. Oiya, untuk register pendakian ke Gn.Marapi ini kita cukup bayar 10rb rupiah dan jika bawa motor dikenakan biaya 10rb rupiah juga.

Jarum jam telah menunjukkan pukul 09.30WIB setelah sedikit pemanasan kami pun langsung ngacir _______emoticon-Ngacir
Satu kilometer pertama jalanannya masih lebar dan masih melewati perkebunan warga. Setelah itu mulai memasuki pesanggrahan atau pintu rimba. Jalur Merapi via Koto Baru ini di dominasi trek tanah berakar dan sebelum memasuki area puncak akan melalui jalur bebatuan cadas. Jalurnya tidak panjang, namun banyak nanjaknya emoticon-Busa emoticon-Ngakak (S) Dari titik awal pendakian sampai ke Tugu Abel hanya berjarak 5KM++.
Untuk sampai ke Tugu Abel saiah membutuhkan waktu 1 jam 47 menit non stop. Selang waktu 20 menit teman pun sampai juga di Tugu Abel. Kondisi cuaca saat itu memang kurang bersahabat tak ada view yang tampak karna kabut menyelimuti. emoticon-Frown Jadi tak banyak moment yang bisa di abadikan disana, niat untuk ke Top Marapi pun di urungkan karna alasan cuaca. Cukup beresiko dalam kondisi kabut memaksakan ke puncak sebab jalurnya kecil yangmana sebelah kirinya ada jurang yang dasarnya kawah dan yang kanan ada jurang yang entah berapa ratus meter dalamnya.

Berikut beberapa penampakan saat kami berada di Tugu Abel.

Spoiler for jangan dibuka:


Setelah 1 jam lebih berada di Tugu Abel ternyata kabut masih setia menyelimuti Marapi, kamipun langsung ngacir turun. ______emoticon-Ngacir2
Dalam perjalanan turun hujanpun mulai turun, trekpun mulai basah dan dan licin sehingga sedikit menghambat laju saat turun.
Butuh waktu +- 1jam bagi saiah untuk turun dari Tugu Abel - Titik awal pendakian (pos tower).
Spoiler for jangan dibuka:
ciek lai yo emoticon-Big Grin
Akhirnya terbit juga ExploreSumbar nya. Dilanjut gan.. emoticon-Wakaka
Ini agan yang ke Dempo 2.5 jam itu bukan yah?


Warbiasah dengkul racingnya

Talamau..ndeh bilolah ka bisa kamari goh
lanjut maaaaang ihiyyyyy emoticon-Embarrassment emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By suxdayz
Akhirnya terbit juga ExploreSumbar nya. Dilanjut gan.. emoticon-Wakaka


yoyoy gan emoticon-Embarrassment
jd knmna trip selanjutnyaaaaah? emoticon-Malu

Quote:Original Posted By TheCriminalCat
Ini agan yang ke Dempo 2.5 jam itu bukan yah?


Warbiasah dengkul racingnya

Talamau..ndeh bilolah ka bisa kamari goh


ho'oh om emoticon-Embarrassment

smga bisa sacapeknyo kasnan om emoticon-Stick Out Tongue

Quote:Original Posted By lutpispt
lanjut maaaaang ihiyyyyy emoticon-Embarrassment emoticon-Ngacir


emoticon-coffee
tareeeeeeeek mang emoticon-Ngacir2
dtunggu yak lanjutannya emoticon-Kiss (S)

Biasanya ane cuman bisa liat gunung Singgalang dari kejauhan saja...setelah baca trit ini jadi tau keadaan jalur dan top nya... emoticon-Big Grin
Wah mantaaff oooiii tripnya.. Udah masuk bidikan ane juga neh ngetrip ke 3 gunung sumbar itu, mdh2an ada kesempatan utk menikmati gunung talamau, singgalang dan marapi.
wuidih mount trail 3 gunung ngeri kak emoticon-Stick Out Tongue
mantap paman trail run & hikking di 3 gunung sumbarnya, bakal jadi referensi ane klo singgalang & talamau pas pulkam emoticon-thumbsup
mana nih paman trail marapi nya emoticon-linux2
aaaa tuaaah, masuakk barangg tuh da, mangstab banna.
wah tjakep, kapan kapan ke sana ah emoticon-Ngacir
Top Marapi yang dimaksud Puncak Merpati apa Puncak Garuda Gan?
Kyk familiar nih ts nya
emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By Darpox
Biasanya ane cuman bisa liat gunung Singgalang dari kejauhan saja...setelah baca trit ini jadi tau keadaan jalur dan top nya... emoticon-Big Grin

smga suatu saat bisa ksna gan emoticon-I Love Kaskus

Quote:Original Posted By mamangboyan
Wah mantaaff oooiii tripnya.. Udah masuk bidikan ane juga neh ngetrip ke 3 gunung sumbar itu, mdh2an ada kesempatan utk menikmati gunung talamau, singgalang dan marapi.

makasih gan... smga kesampaian ksna gan emoticon-Angel
Quote:Original Posted By ayakanaya
wuidih mount trail 3 gunung ngeri kak emoticon-Stick Out Tongue


aih biasa sajo kok kk aya emoticon-Embarrassment

ngerih lah trip kk... apa lagi yg pas ke aw itu emoticon-Stick Out Tongue emoticon-Peace


Quote:Original Posted By ulil azmi
mantap paman trail run & hikking di 3 gunung sumbarnya, bakal jadi referensi ane klo singgalang & talamau pas pulkam emoticon-thumbsup


thanks lil... smga kesampaian kasinan.. talamau emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-Wowcantik
Quote:Original Posted By Loopz
mana nih paman trail marapi nya emoticon-linux2


itu udah ditambahin paman
maap poto2nya cuman dikit emoticon-Peace


Quote:Original Posted By neno182
aaaa tuaaah, masuakk barangg tuh da, mangstab banna.

kama masuaknyo tu da? emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By panjia8
wah tjakep, kapan kapan ke sana ah emoticon-Ngacir


smga kesampaian paman... talamau rekomendasiin bgt buat yg nyari suasana sepi
Quote:Original Posted By TheCriminalCat
Top Marapi yang dimaksud Puncak Merpati apa Puncak Garuda Gan?


iyo puncak merpati om emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By probot
Kyk familiar nih ts nya
emoticon-Embarrassment


wah masa sih paman emoticon-Embarrassment