alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e994571cbfaa04088b4567/polda-banten-ringkus-penipu-ribuan-jamaah-haji
POLDA BANTEN RINGKUS PENIPU RIBUAN JAMAAH HAJI
POLDA BANTEN RINGKUS PENIPU RIBUAN JAMAAH HAJI

SERANG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Banten berhasil meringkus Nur Jannah (54), pelaku dugaan penipuan dan penggelapan dengan modus ibadah umroh dan ongkos naik haji (ONH) plus. Akibat perbuatannya, sebanyak 2.039 warga Banten berhasil ditipu.

Terungkapnya kasus penipuan dan penggelapan tersebut berawal dari laporan warga berinisial YR
dan YK yang bertugas sebagai koordinator jamaah umroh dan ONH plus di wilayah Banten beberapa waktu yang lalu.

“Berdasarkan dua laporan tersebut, petugas segera melakukan menyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku di rumah kontrakannya di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur pada 2 Maret kemarin,” kata Kasubdit II Ditkrimum Polda banten AKBP Agus Nugraha, kemarin.

Perwira menengah melati dua ini menjelaskan, modus operandi pelaku untuk melancarkan aksinya, dengan cara multi level marketing (MLM) dengan memanfaatkan dua koordinator yaitu YR dan YK.

“Dari Koordinator YR pelaku berhasil menipu 978 jamaah dengan total kerugian mencapai Rp 9.629 miliar. Sedangkan koordinator YK, pelaku berhasil menipu 1.061 jamaah dengan total kerugian mencapai Rp 8.106 miliar lebih,” ungkapnya.


Untuk memuluskan aksinya, lanjut Agus, pelaku memberangkatkan umroh dan haji kepada dua koordinator tersebut. Sehingga, tanpa curiga kedua koordinator tersebut membantu pelaku untuk mencari calon jamaah yang akan berangkat umroh dan haji.

“Pelaku melakukan aksinya sejak 2013 hingga 2015. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pada tahun 2013 pelaku sempat memberangkatkan jamaahnya. Kemudian, di tahun selanjutnya pelaku tidak memberangkat jamaah yang daftar haji dan umroh di PT Jaya Mandiri Bersama Indonesia milik pelaku,” katanya.

Adapun paket umroh yang ditawarkan PT Jaya Mandiri Bersama Indonesia beragam, sambungnya, untuk paket umroh harga Rp 3 juta yang akan diberangkatkan tiga tahun setelah lunas. Sedangkan paket ONH plus Rp 25 juta yang akan diberangkatkan tiga tahun setelah lunas.

“Uang jamaah yang dikumpulkan oleh koordinator di setorkan kepada pelaku, yang kemudian oleh pelaku uang tersebut diduga tidak digunakan untuk biaya pemberangkatan ibadah umroh dan haji para jamaah,” kata Agus menjelaskan.

Ia menambahkan, untuk di wilayah hukum Polda Banten ada dua laporan. Sedangkan pelaku juga melancarkan aksinya di Kalimantan, wilayah jawa dan DKI Jakarta. “Jadi untuk di Polda Banten ada dua LP, sedangkan di wilayah lain juga ada LP,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Banten Kombes Polisi Yus Fadilah. Kata dia, berdasarkan laporan kedua korban, petugas yang langsung dipimpin oleh Kasubdit II Ditkrimum Polda banten AKBP Agus Nugraha langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku. “Tidak ada perlawanan dalam proses penangkapan,” katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, lanjutnya, pelaku menawarkan pemberangkatan haji dan umroh dengan paket murah meriah sehingga bisa membuat para korbannya tertarik. “Untuk sementara pelaku dikenai Pasal 327 dan atau 378, dengan ancaman kurungan penjara selama empat tahun,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengimbau kepada warga Banten, untuk berhati-hati terhadap tawaran yang menggiurkan terhadap perjalanan ibadah haji dan umroh.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap tawaran agen perjalanan haji dan umroh, yang memberikan harga murah dan tidak masuk akal. Untuk biaya umroh Rp 3 juta sepertinya tidak masuk akal, karena untuk ongkos pesawat saja lebih dari Rp 3 juta. Belum lagi penginapan dan makan. Oleh karena itu, warga Banten yang ingin ibadah haji dan umroh harus tetap hati-hati,” imbuhnya.(met/yul)

SUMBER http://tangselpos.co.id/2016/03/16/p...-calon-jamaah/
Jahanam . Laknat . Terkutuk !!
Dasar wong edian...
Ky gini nih. Masa cm dipenjara aja sih? Kerugian materi yg di alami korban mang g bs balik ya? Klo si penipu sudah nyerah n mau dipenjara aja??
korbannya sampe 2000 orang emoticon-Matabelo
×