alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e4150e642eb6253f8b4568/lima-fakta-unik-tentang-india
Lima fakta unik tentang india ,
Lima fakta unik tentang india ,

India negara eksotis yang berada di benua Asia, menyimpan banyak misteri dalam kebudayaan. Namun, seperti setiap negara, India memiliki hal-hal yang dianggap aneh atau unik oleh orang asing.

Hal-hal yang unik ini bisa dilihat edukatif, konyol bahkan terasa aneh oleh beberapa pihak. Berikut ini, lima fakta unik yang hanya muncul di Negara India.

#Membawa keluar mata uang rupee keluar dari India dianggap ilegal
Lima fakta unik tentang india ,

Banyak turis asing yang sering membawa mata uang dari negara yang mereka sambangi sebagai kenang-kenangan. Namun, terdapat peraturan di India yang ternyata dianggap ilegal jika turis asing membawa rupee keluar dari Negeri Bollywood.

Peraturan unik ini dibuat oleh Reserve Bank of India (RBI) pada 2013. Peraturan ini menyatakan bahwa setiap warga asing yang hendak meninggalkan Negeri Anak Benua harus menukar uang rupee yang dimiliki sebelum menaiki pesawat.

Dikabarkan, sebenarnya peraturan ini sudah ada sejak dulu, yakni melalui aturan yang dituangkan dalam Foreign Exchange Management Act. Namun, baru pada 2013 RBI ‘menggalakkan’ peraturan ini.

Berdasarkan keterangan dari pejabat RBI, mereka akan membuka semacam kios di dekat meja imigrasi yang berada di bandara internasional India. Di kios ini, warga asing yang membawa rupee bisa menukarnya dengan mata uang negara asal mereka.

Peraturan ini cukup ketat, jadi jika warga asing tertangkap tangan membawa mata uang rupee karena tidak menukarnya di meja imigrasi, maka petugas bea cukai dapat bertindak.

Bagi warga asing yang tertangkap tangan membawa uang rupee keluar dari India, maka hukuman paling ringan ialah penyitaan uang. Sementara yang terberat adalah hukuman penjara.

#Polisi Berkumis di India digaji lebih tinggi
Lima fakta unik tentang india ,

Banyak warga di Indonesia jika menggemari film-film dari Bollywood pasti menyadari banyak aktor yang berperan sebagai polisi di India berkumis, ternyata referensi kumis ini bukan sembarangan.

Mungkin ini dianggap hal yang konyol, namun percaya atau tidak polisi yang bertugas di wilayah Madhya Pradesh, India akan diberikan gaji lebih tinggi jika memiliki kumis atau menumbuhkan rambut di bawah hidung.
Faktanya, banyak orang di India melihat kumis sebagai bagian dari kewibawaan yang dipancarkan seorang pria. Oleh karena itu, polisi di wilayah India akan lebih dihormati jika memiliki kumis di wajahnya.

Mayank Jain yang menjabat sebagi pimpinan polisi di Distrik Jhabua, Madhya Pradesh mengatakan, ia melihat petugasnya yang memiliki kumis mencerminkan aura yang ‘berbeda’.

“Kumis meningkatkan kepribadian dari para petugas. Mereka mendapatkan aura khusus. Mereka menciptakan energi yang lebih positif dan dihormati oleh warga lokal,” kata Jain, sebagaimana dilansir dari BBC, Jumat (5/2/2016).

Jain memaparkan bahwa polisi berkumis akan mendapatkan gaji dengan tambahan uang sebesar 30 rupee per bulan atau sekira Rp6.000.

#Di India, sapi harus memiliki KTP
Lima fakta unik tentang india ,

Ya, memang terdengar agak unik, jika sapi harus memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk). Namun peraturan ini benar-benar ada dan dibuat oleh otoritas demi mencegah pencurian atas mamalia besar yang diyakini umat Hindu sebagai hewan suci.

Sehingga di Negeri Bollywood ini, adalah suatu hal yang tabu untuk memakan daging sapi. Meski tetangganya, Bangladesh yang mayoritas Muslim senang mengonsumsi daging sapi.

Percaya atau tidak, kasus pencurian sapi dari India yang diselundupkan ke Bangladesh terbilang banyak. Kenyataan inilah yang mendesak otoritas India mengharuskan sapi yang berada di wilayah perbatasan India-Bangladesh memiliki KTP, demi mencegah hewan yang dianggap suci ini dicuri dan dibawa keluar.

Di India sendiri dikabarkan, setidaknya 25 ribu ekor sapi diselundupkan ke Bangladesh setiap harinya. Khususnya dari wilayah Bengal Barat. Oleh sebab itulah, KTP untuk para sapi ini dianggap penting oleh otoritas dan sang pemilik dari hewan ini.

#11 persen dari total jumlah emas dunia dipegang oleh para ibu rumah tangga di India
Lima fakta unik tentang india ,

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Times of India pada 2011, menyatakan bahwa 11 persen dari jumlah total emas dunia tenyata dipegang oleh ibu-ibu rumah tangga dari India.

Pada laporan itu dikatakan, jika dikonversi ke mata uang, maka semua emas itu bernilai USD950 miliar dan bila semua emas tersebut dikumpulkan serta ditimbang, akan memiliki bobot 18.000 ton.

Fakta yang lebih mengejutkan lagi adalah jumlah emas ini lebih tinggi daripada jumlah gabungan dari cadangan emas milik Amerika Serikat, IMF (International Monetary Fund), Swiss dan Jerman.

Emas sendiri menjadi bagian dari budaya dan tradisi di India, dan menjadikan negara ini sebagai konsumen emas tertinggi dunia nomor wahid. Akibat budaya emas ini, dikabarkan banyak ibu rumah tangga di India tidak ingin menjual perhiasan ataupun emasnya walaupun dalam keadaan sulit.

#Bernapas satu hari di Kota Mumbai setara dengan merokok 100 batang
Lima fakta unik tentang india ,

Mungkin terdengar sedikit janggal, namun yang dimaksud di sini adalah tingkat polusi udara di Kota Mumbai sudah sangat tinggi sehingga diibaratkan bernapas satu hari di kota ini tampak seperti merokok hingga 100 batang.

Bahkan, Mahstra Pollution Control Board pada 2012 mengeluarkan data yang menyatakan ketika Festival Diwali diadakan di Mumbai, maka jumlah polutan akan semakin bertambah dan bernapas satu hari pada saat Diwali di kota ini setara dengan merokok 113 batang rokok.

Dilaporkan, polusi pada Diwali bertambah setelah petasan dan kembang api yang terus dinyalakan pada perayaan ini. Polusi akibat rokok di Mumbai sendiri cukup parah apalagi bila ditambah pada Perayaan Diwali.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Mahastra Pollution Control Board, hasil uji laboratorium menemukan, tingkat material berbahaya yang terkandung dalam udara Mumbai memiliki kadar yang cukup tinggi.

Ketika mereka mengalkulasikannya, maka yang mereka temukan adalah fakta bahwa hanya dengan tinggal dan bernapas di Mumbai saja, tanpa merokok sekalipun, dapat membahayakan pernapasan, dan berakhir dengan penurunan kesehatan lainnya.


Spoiler for sumur:
polisi berkumis lebih tinggi gajinyaemoticon-Ngakak

BEHAHAHA AKHIRNYA GUE DAPAT PERTAMAX UNTUK PERTAMA KALINYAemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Selamatemoticon-Selamat
Jadi Inspektur Vijay gajinya lebih tinggi ya gan ?

Fakta di India (hasil bincang ama teman), kalau nawar barang/jasa pasti akan di cap orang miskin dan di suruh pulang ke negara asal. Bisa jadi nawarnya kebangetan sih
ane ngeri yg bernafas di mumbai itu gan, gimana kesehatan orang2nya emoticon-Takut
buset, kumis aja diperhitungkan buat gaji emoticon-Ngakak
kampret, sapi aja harus punya ktp..

berkumis digaji lebih tinggi enak bgt gan emoticon-Cool
haha unik gan emoticon-Big Grin
Wtf, spi aja diindia kasih ktp emoticon-Matabelo.

Tapi india bisa kirim satelit ke mars dan merintis dri kecil.

Dimari bahas agama mulu emoticon-Traveller
bwahahha enak banget emoticon-Wakaka
kalo kumisnya kbkar dipecat emoticon-Wkwkwk
maaf kak, kalo aku boleh komentar........
itu polusinya lebih parah dari jakarta ya kak emoticon-Matabelo
emoticon-flower
polisi berkumis...mantap itu...
Wanjer sapi kudu punya ktp emoticon-Ngakak
baru tau ane gan emoticon-Cape deeehh
sapi aja punya KTP loh disana emoticon-Big Grin
Gila itu mumbai emoticon-Cape d... (S)
xixixi tu polkis bombay berkumis gajinye gede emoticon-Belo
nama tokoh film indianya monoton gan....

dari... vijay, viki. vikram

anjani, anjali,prya,,,,

kelihatannya miskin ide.....



emoticon-Cool
sapi harus punya ktp emoticon-Hammer2
Jir gagal gembok
×