alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e40fc6e05227a86d8b4569/membayangkan-dunia-tanpa-pacaran
Poll: Apa respon abis baca trit ini?
Positif 65% (409 votes)
Negatif 16% (103 votes)
Bingung 18% (113 votes)
icon-hot-thread
Membayangkan Dunia Tanpa Pacaran
Membayangkan Dunia Tanpa Pacaran
Quote:Bukan maksud menggurui, ane juga sebelum menikah sempat "menikmati" masa pacaran dan berganti2 pacar.
Tapi disini ane cuman berbagi pikiran untuk membayangkan bagaimana ya kalo misalnya semua orang sepakat tidak akan menjalani masa pacaran dan akan langsung menikahi wanita/pria yang dia senangi setelah perkenalan tanpa pacaran

Note (Update setelah baca komen2 agan):
Dalam konteks trit ini, pacaran yg dimaksud adalah kegiatan yg ada istilah jadian, istilah si A udah jadi pacar si B jadi ga ada pihak lain boleh memiliki si A atau si B selama masih dalam status pacar, istilah putus, dll yg intinya ada istilah2 yg tidak ada dalam pertemanan.
Sepertinya semua setuju kalau pacaran tidak sama percis dengan pertemanan/sahabatan


Quote:1. Pasangan yang dimiliki/dinikahi adalah pasangan terbaik
Membayangkan Dunia Tanpa Pacaran
Kenapa bisa bilang begitu? karena ketika tidak ada pacaran dan langsung menikah maka pasangan yang dinikahinya itu adalah pasangan pertama dan satu-satunya yang pernah dimiliki, ga punya pasangan lain (mantan) untuk dibandingkan


Quote:2. Tidak ada kekhawatiran dapat "barang bekas"
Membayangkan Dunia Tanpa Pacaran
Ketika menikah, saat ini banyak juga orang yg khawatir apakah pasangan dia masih "gress" atau udah "bekas" karena ya gatau kan apa aja yang udah dilakukan bersama pasangan (mantan) nya dulu.
Tapi kalo tidak ada istilah pacaran, status "kesucian" pasangan sudah bisa jelas terlihat, dimana kalo gadis/bujang (belum pernah menikah) berarti masih "tersegel", kalo janda/duda (telah menikah) ya sebaliknya.

Note:
"bekas" disini tolong tidak diartikan udah ga perawan/perjaka/pernah nges*x, dll sebagainya.
ane cuman ambil dari kata "mantan" yang artinya "bekas"


Quote:3. "Belajar" bersama ketika telah menikah
Membayangkan Dunia Tanpa Pacaran
Belajar tanda kutip yang dimaksud itu belajar bermesraan dengan pasangan, semua hal mesra yang dilakukan bersama pasangan adalah yang pertama kalinya bagi keduanya dan tentu hal itu terasa adil dan menyenangkan bagi kedua belah pihak


Quote:4. Minim hati yang tersakiti akibat putus cinta
Membayangkan Dunia Tanpa Pacaran
Saat ini sangat jelas kalo kasus putus cinta saat berpacaran lebih banyak dibanding dengan perceraian, melakukan putus saat pacaran lebih mudah dibandingkan melakukan perceraian karena masih merasa belum punya ikatan kuat dan tidak sampai harus membawa keluarga besar dibanding dengan bercerai, walaupun berakhir dalam ikatan yang belum kuat tapi secara jujur perasaan sakit hati pasti ada pas putus itu, malah sampai ada yang bunuh diri loh.emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Nah kalo istilah pacaran hilang maka jumlah orang yang tersakiti pun otomatis berkurang


Quote:
Mungkin nanti banyak yang merespon dengan menggambarkan hal-hal positif dari pacaran, dan akan sangat dipersilahkan, atau menambahkan apa yang kurang dari trit ini, semua ditampung dan yang komennya oke langsung ditancapkan di page one
Tapi kalo alasan positifnya untuk mengenal pasangan agar lebih tau tentang dia sebelum memutuskan menikah, buat saya itu ga termasuk, karena mengenal seseorang tidak harus melalui pacaran namun bisa lewat pertemanan dengan dia atau bisa didapat dari orang terdekatnya, kenapa ane bisa bilang gini karena pengalaman pribadi, istri ane kelakukan ketika pacaran dan pas udah menikah jauh tuh, pas ditanya kenapa pas pacaran ga kayak gini karena katanya jaim, kalo keluarkan kelakuan aslinya takut ga dinikahi nanti katanya, tapi karena ane udah terlanjuur sayang ya semua kekurangan maupun kelebihannya ane terima

emoticon-Kimpoi


Quote:KOMENTAR AGAN-AGAN SEKALIAN
Quote:Original Posted By hakimamir
Betul gan! Ga usah pacaran. Kan mendingan langsung kimpoi aja yak. Siapa tau dapet pasangan yg psycho atau tukang mukul perempuan yah. Jaman sekarang siapa yg tau srigala berbulu domba. Di depan orang alim pake jenggot pake peci kemana2.. di dalem rumah mah bininya matanya biru, diumpetin kaga boleh keluar.

Terus kalo ente cuma ngeliat yg di kota besar, emang betul banyak yg terjadi pacaran yg tidak sewajarnya. Coba ente tengok di kampung kampung anak dibawah umur pada dinikahin sama ABG tua. Tuh contohnya kalo langsung nikah. Siapa yang tau lakinya udah punya bini berapa? Enak main nikah2 aja gataunya udah bini ke empat aja.

Enak pacaran dulu, lebih kenal lebih deket sama yg mau dinikahin. Tau luar dalem. Paling engga kalo pacaran lama ya tau lah baik buruknya. Ga asal comot aje. Analoginya gampang, orang kalo jualan mobil yg dikasih liat ya yang baik2nya aja, tar pas udah sebulan dua bulan tu mobil baru keliatan penyakitnye. Enakan kalo beli mobil tuh testdrive dulu, walaupun konotasinya bukan selalu mengenai seks ya. Bisa jalan bareng, ngobrol, maksud ane. Lama lama kan ngerti, dia pantes ga buat gue. Gitu.

Kalo ente cuma ngeliat perempuan cuma dari (maaf) MEM*K doang mah, masih perawan apa engga, maaf, ane bisa bilang pikiran ente terlalu sempit dan picik gan. Karna ketika berumah tangga, SEKS BUKANLAH YANG UTAMA. Tapi pengertian satu sama lain, komunikasi. Udah mah nikah lama, karna harepan ente cuma seks doang, kaga cocok lagi kalo ngobrol, udah dah tuh ente buang nantinya. Sekarang belum berasa ntar baru kalo bosen, cewe enak ente jadiin ampas doang.

Coba buka matanya gan. Liat sekeliling, buka http://komnasperempuan.or.id , baca baca dikit, udah banyak perempuan yg jadi korban KDRT. Dan masih banyak yang belum berani melapor. Semua karena apa? Karna ada istilah... NIKAH AJA DULU, CINTA BISA NYUSUL. Ntar kalo udah digebukin ama lakinya baru nyesel nikah maen nikah tanpa kenal pasangannya. Kenapa ga mau lapor? Alasannya klise: AIB RUMAH TANGGA. Malu untuk dilaporkan.

Sama satu lagi, DUA FAKTOR penyebab perceraian tertinggi adalah: EKONOMI sama ORANG KETIGA.

EKONOMI: Banyak orang yg ga mikirin ekonominya, main nikah aja, dengan keyakinan rejeki pasti datang. Faktanya??
ORANG KETIGA: Banyak orang yg ga puas akan pernikahannya, karna ya itu main nikah nikah aja, gatau buruknya pasangannya. Kenal sebulan nikah. Yang ada bosen, malah jajan di luar. Ini fakta gan. Bukan iming2 kaya yg sering disebutkan kalo lagi ceramah. Yang indah2 aja.


Pajang di PAGE ONE kalo berani. Biar imbang, bukan ngeliat dari satu sudut pandang aja.
Heran gue thread begini bisa HT.


Quote:Original Posted By supmop


komitmen itu bukan cuma soal menepati janji kapan bayar hutang, datang tepat waktu, dsb, tapi juga menjaga kesetiaan. masa lu mau ngeliat kesetiaan dengan ngeliat dia pacaran sama orang lain, dan jika dia ternyata setia sama pacarnya kita ajak nikah ? emoticon-Big Grin

seperti komen gue sebelumnya, ada orang2 yg bisa berbeda sikap antara dengan teman dan pacar, berdasarkan contoh nyata di sekeliling gue ada orang2 yg kalau dengan teman itu baik selalu inisiatif bayar ga nyusahin, tapi berbeda ketika sama pacarnya

gue belum menikah, tapi gue cukup pengalaman pacaran, dan juga melihat realita pengalaman disekitar, kalau lu bilang yakin cukup dengan berteman bisa keliatan sifat2nya gue bisa ambil kesimpulan peragulan lu kurang banyak

maaf juga yah, berdasarkan apa yg gue lihat, kebanyakan orang yg bilang lebih baik langsung nikah daripada pacaran itu orang2 yg minim pengalaman, atau sering ditolak jadi ditengah keputus asaan nya mereka berpikir begitu

banyak orang bilang pacaran itu proses penjajakan, apa itu penjajakan ? proses beradaptasi dan mengenal lebih dekat dan lebih banyak tentang karakter, durasi pacaran itu ga menjamin, dan pacaran itu ga menjamin semua hal akan terbuka, karena ada batasan berbeda antara teman, teman dekat, pacar dan suami / istri, dan karena hitu buat gue proses pacaran itu penting, ga bisa cuma berteman

tapi selama pacaran kita bisa mengenal lebih banyak karakter dia, pacaran nya jangan cuma yg enak2, makan, nonton, ngemall, coba lebih pintar dan lebih cermat mengamati apa dia cuma nunjukin yg bagus2nya, kebanyakan orang yg pada shock setelah menikah itu karena selama pacaran cuma enak2 doang & kurang jeli mengamati

soal istri lu berbeda sikap, ya wajar dong, dulu status dia pacar sekarang istri, faktor tambah umur dan juga pengalaman hidup bisa merubah sikap orang


Quote:Original Posted By gonzaph
Agan ts isi tritnya tanggung, akibatnya banyak banget yg salah kaprah. Padahal sebenernya menurut ane trit ini emg layak kok jadi HT :cheers

Pacaran itu kan cuma istilah yang digunakan, sebenernya menurut ane sendiri, semua yang dilakukan semasa pacaran itu ya bisa aja dilakukan dengan teman atau sahabat, tanpa bumbu keromantisan - yang ujung2nya membawa ke mudharatan

Nah buat yang ngomel2 ngalor ngidul. Dibaca, diresapi, dimengerti.


Quote:Original Posted By RifanX
Kalau misalnya g ada pacaran secara alamiah pasti akan ada alternatifnya gan.. Kalau dalam islam sudah jelas pacaran itu mendekati zina dan haram hukumnya, melakukannya akan berdosa, nah Allah kasih alternatif kita untuk ta'aruf (perkenalan sebelum menikah) dan ini hanya dilaksanakan bila niatnya emang untuk menikah dan ada batas2 yang perlu diketahui dan ditaati tentunya, termasuk lamanya ta'aruf.

Nah opini yang agan sampaikan bagus sekali namun perlu juga disampaikan alternatif pengganti pacaran itu apa. jadi ada masalah atau fakta yang diangkat disampaikan kerusakan2nya dan disampaikan juga solusinya pasti manteb dah emoticon-Big Grin

dan bila ane ingin sampaikan persepsi ane, pacaran itu seperti legalitas melakukan sesuatu lebih pada seseorang atas dasar suka sama suka dan persepsi yang ada dimasyarakat pacaran itu berarti boleh mesra2an sama lawan jenis pegang2an tangan dsb... ini jelas sesuatu yang akan merusak tatanan masyarakat gan dari mulai moral sampai keturunan/nasab (dan memang bisa dilihat faktanya sekarang)

Kita manusia memang memiliki naluri untuk melestarikan keturunan, indikasinya adalah ketertarikan kita kepada lawan jenis dan itu adalah hal yang alamiah dan sesuai fitrah manusia dan naluri ini menuntut pemenuhan gan namun berbeda dengan kebutuhan fisik yg sifatnya harus dipenuhi (seperti makan minum BAB dsb), naluri ini kalau tidak dipenuhi tidak akan menyebabkan kerusakan/kematian pada manusia kalau misalnya tidak dipenuhi. jadi naluri ini bisa ditahan gan (g pernah kan denger jones mati kesepian gara2 g laku2 hehe).

Maka dari itu naluri kita ini perlu diatur agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merusak (seperti pacaran, LGBT, freesex, pemerkosaan, dsb,) dan naluri ini (melestarikan keturunan) benar-benar tersalurkan kepada hal yang semestinya yaitu membuat hati kita tentram, memiliki keturunan yg jelas siapa ayah ibunya, dan manusia tetap lestari keberadaannya.

Boleh dong Page One bila berkenan gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By exofiyou
pacaran lama belum tentu mengenal pasangan gan..
justru banyakan yang kaget coz pasangannya berubah setelah menikah..
namanya ge orang pacaran, semu serba indah..
air comberan dikata susu, pup mbek dibilang mutiara..


Quote:Original Posted By FluffyGirlz
benernya ane setuju aja kl tanpa pacaran
karena pacaran yg lama pun nggak selalu menjamin pernikahan bakal mulus/langgeng
dan perkenalan yang singkat ga berarti pernikahan pasti bakal bubar

intinya pacaran dan pernikahan itu level yang mirip tapi beda

enaknya kalau pernikahan itu jelas statusnya secara ekonomi, hukum, agama. nggak cuma sekedar romantisnya aja

tapi mohon maaf ane nggak setuju kalau menikahi orang yang udah pernah berhubungan seks itu berarti dapet barang bekas
manusia tetaplah manusia
punya harkat dan martabat
apalagi kalau dia udah bertobat dari perbuatannya
jadi ane minta jangan pake istilah barang bekas lagi, gan

mohon maaf juga, nggak selalu kok orang yang belum pernah berhubungan seks itu berarti suci tanpa dosa
intinya manusia itu dinilai dari berbagai sisi
dan kita nggak pernah tau
orang yang sekarang baik belum tentu di masa depan tetap baik
orang yang masa lalunya buruk mungkin justru di masa depan jadi lebih suci dari siapapun



Quote:Original Posted By fhs.shop
Pacaran bisa jadi penyemangat ...sering denger2 motivator khan jadi semangat
Pacaran itu untuk pengenalan karakter ... Pengenalan karakter haruskah sampe bertaun2 emoticon-Bingung (S)
Pacaran itu enak, ada yang perhatian ... Yaelah lebih perhatian ibu juga drpd pacar loe
Pacaran itu ada tempat berkeluh kesah ...Situ ga punya temen apa? sampe ga punya orang buat curhat
Punya Temen sih tp pada sibuk sama pacarnya ...yaudah sana beli buku diary ,tuh tulis keluh kesahmu
Ga punya pacar itu malu2in emoticon-Frown emoticon-Frown ... masih pake baju lengkap, ngapain malu emoticon-Ngakak (S)

Udah dijawab yaa.. alasan pacaran itu hanya dibuat2


Quote:Original Posted By akira48
gini gan menurut nubi sih gini gan
buakan hanya buat berkenalan aja sisi positif dari pacaran
pacaran itu juga bisa jadi penyemangat untuk jadi lebih baik gan contohnya ane gan emoticon-Malu (S)
ane itu perokok gan dan berkat pacar ane sekarang ane belajar untuk tidak merokok lagi
pacaran juga bisa buat kita itu terlatih menghadapi masalah saat nanti udah nikah
kan kalo kita pacaran pasti ada banyak masalah kan disaat itu kita tau gimana cara ngatasinya gan emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)


Quote:Original Posted By call.l


walau gk pakek bawa agama tetep aja haram gan, lihat efeknya aja.
atas nama cinta, cewek bisa ditidurin gratis emoticon-Cool
kan kasian kalok ternyata mereka gk jodoh, akhirnya jodoh mereka dapat bekas


Quote:Original Posted By m00n2718
kalo untuk sekedar mengenal lebih jauh mnrut ane sih okey, setelah itu cepet2 dah nikahin, tapi kalo buat sekedar status dan gengsi doang ya bisa jadi lebih banyak mudhratnye emoticon-Malu (S)
bisa beda pacaran anak sekolahan/kuliahan ama pacarnya orang dewasa yang sudah matang dan siap buat nikah emoticon-Malu (S)



Quote:Original Posted By navo.hm
hahahahahahahahaha......
Bener juga sih kalau seandainya kita enggak pacaran pasti status kesucian pasangan buat nikah bakalan terjamin.
tapi itu juga masalah karena kita jadi tidak bisa mengenal pasangan kita lebih baik. kalau pacaran sama-sama bisa buat komitmen mungkin kedepan pasti akan baik-baik aja.

Tapi di dunia NYATA

Egois itu sudah menjadi sifat dasar manusia, kadang punya satu itu masih kurang jadi suka selingkuh terus udah gitu kadang terlalu membatasi pasangan sendiri dan kurang percaya jadi manusia itu adalah PENAKUT yang egois.

pernah juga denger kalimat begini gw di twitter
"Tujuannya pacaran itu apaan sih?"
terus di jawab
"Biar bisa Ng*ntot GRATISSSSSSSSSS"

setuju nggak setuju pasti arah pacaran bakal ke arah negatif mau bagaimanapun cara orang menyikapinya, karena rasa ingin memiliki dan menguasai sehingga menginginkan hal yang lebih dari biasanya. hahahahahahaha



Quote:Original Posted By henbun
hari gini masih mikir baru / bekas? sadar please. ini ngomongin orang apa celana kolor? emoticon-Smilie


@TS: accepting someone means also accepting who they were, who they are, and who they will be. kalo masih junjung tinggi ego, gengsi dan pandangan sempit, mungkin ada baiknya ga usah cari pasangan atau cari underage aja, jadi lu bisa yakin kalo dia, ehm.. 'baru' kalo kata lu.


@mod: ga salah nih ginian HT? 😁


Quote:Original Posted By tamimy
pacaran kagak pacaran sama aje ujung-nye berpasangan atau kagak. intinye :
input = kenal
proses = nikah/gak nikah/cerai/gakcerai
output = punya keturunan/gak punya keturunan

teknisnya sudah dijelaskan oleh pakar perpacaran oleh kakanda dan adinda sebelumnye.
emoticon-coffee


Quote:Original Posted By aabdee
kalo gitu gada orang goblok yang bunuh diri dong gan emoticon-Malu


Quote:Original Posted By rezayuliana
udeh , yang aman mah temenan aja. kalo temen apalagi sahabat, ketauan tuh semua sifat2 nya karena gada jaim2an pas pacaran, pas nikah baru ketahuan.

Temen aja temen, dinilai, kalo sekiranya tuh orang oke , cocok, minta restu sama Tuhan, ortu dan tancap gas. 😁

alasan basi pacaran biar bisa tau luar dalem, depan pacar mah rata2 yg baek2 ny doang yg di tampilin hehe peace broo


Quote:Original Posted By evin.glasses
Menurut ane pacaran itu cemen, laki itu musti tanggung jawab...kalo ente suka langsung kenalin bentar trus nikahin...mau ceweknya pada akhirnya kurang bagus sifatnya, ente sebagai lelaki wajib menuntun dan menerimanya apa adanya......ane paling bulshit kalo org udah punya pacar macam udah ada ikatan aja (aturan dari mana cobaemoticon-Ngakak), gue deketin cewe trus cowonya marah, ya silakan aja marah, kecuali mukul baru ane laporin polisi trus ane nikahin pacar ente emoticon-Ngakak...
Oh ya satu lagi, pacaran buat pengenalan pra nikah itu bulshit, nafsu juga ujung2nya (pembenaran), lagian sifat org bsa berubah...pas pacaran baik, pas nikah keluar buruknya...


Quote:Original Posted By elschimaera
Ikut Ninggalin jejak.
Secara pemikiran gini,seorang Bapak pasti klo liat anaknya pacaran pasti gk boleh mau anak laki atau cewek. Tapi kenapa akhirnya ngebolehin? Karena si Anak maksa terus nah klo udh maksa terus biasanya Belakang Jalan (Backstreet). Malah lebih serem kalo backstreet kalo ada apa² gk ketauan. Nah akhirnya Bapaknya bolehin dah dgn resiko diberikan ke anaknya sendiri. Kalo bahasa jawanya "Ben ngerasakno dewe,nek ono opo² ra sah wadul maring biyung lan bapakmu" atw biar rasain sendiri,kalo ada apa² gk usah cerita sama ibu bapakmu,kalimat ni sering keluar dr orang tua yg udh pasrah ama anaknya dlm hal apapun dan gw ambil contoh bwt pacaran.
Baca td di Halaman pertama, katanya biar tau luar dalam. Nah tujuan menikahnya apa kalo udh tau luar dalam pas pacaran? Cuma punya anak dan kelon? emoticon-Cape d...
Tujuan menikah ya biar tau luar dalam,bkn malahan pas pacaran udh tau kekurangan dan kelebihan baru menikah. Menikah itu SALING MELENGKAPI,MENUTUPI dan MELINDUNGI ... Bukan cuma punya anak dan kelon. emoticon-Cape d...


Quote:Original Posted By ahmadabdulloh
kalo mau tau sifat asli pasangan sih lewat pacaran ya salah gan, pengalaman nih ya, bapak ibu ane pacaran udah lama semenjak mereka smp, terus nikah dah pas umur 21 tahun (nikah muda).. dulunya pas pacaran bapak ane alus ke ibu ane gan (kata ibu ane), nah sekarang udah nikah sifat bapak ane jadi berubah ngomong kasar n jarang ngasih nafkah ke ibu ane.. dan sekarang bapak ibu ane mau cerai gan karena ibu ane udah gak kuat dikasarin.. jadi pacaran enggak menjamin kita bisa tau sifat asli pasangan gan.. mohon dijadiin page one gan kalo boleh hehe..

pacaran banyak banyak mudharatnya gan emoticon-Cool
pacaran hanya nambah dosa, habisin duit...
habislah kaw emoticon-Angkat Beer
tapi tak ada gregetnya gan....

apalagi klu sampai....


emoticon-Cool
kalo udah mampu mending nikah gan.. emoticon-Angkat Beer
Masa sih gan, ane pacaran untuk tau karakter masing2 aja, jd kalo nanti nikah gak kaget
pacaran :cih emoticon-Entahlah emoticon-Betty
ane setuju sama agan emoticon-Toast
cuma kadang bully an nya yg bikin goyah kalo jomblo emoticon-Wakaka
Pacaran itu pada dasarnya pengertian awalnya kan penjajakan agar mengetahui kredibilitas pasangan masing2 , namun pd jamannya skrng pacaran trkdng d slh artikan dan membawa hawa negatip , jd se
mungkin sista neverwin12 sama agan bagobo baca ini emoticon-Malu (S)
ane netral aja gan
ane sebagai jomblo dari orok akan merasa tersaingi gan emoticon-Cool
Quote:Original Posted By mbewehkill666
pacaran banyak banyak mudharatnya gan emoticon-Cool

hahaha ane belum berani bilang gitu gan,
disini cuman dibahas kalo misalnya pacaran itu ga ada

Quote:Original Posted By manggor18
pacaran hanya nambah dosa, habisin duit...
habislah kaw emoticon-Angkat Beer

apalagi kalo ga jadi nikahnya ama pacarnya itu, makin kerasa ja buang2 duitnya gan ya.. emoticon-Gila

Quote:Original Posted By blontho
tapi tak ada gregetnya gan....

apalagi klu sampai....


emoticon-Cool

klu sampai apa gan?? emoticon-Confused


Quote:Original Posted By deniiriyanto
kalo udah mampu mending nikah gan.. emoticon-Angkat Beer

setuju banget gan emoticon-Metal

Quote:Original Posted By lilinilin
Masa sih gan, ane pacaran untuk tau karakter masing2 aja, jd kalo nanti nikah gak kaget

silahkan aja gan, emoticon-Peace
cuman pengalaman ane dulu pas pacaran ternyata ga semua karakter pasangan keluar pas pacaran itu, karakter aslinya ketauan pas dah nikah karena hampir 24jam bareng2.. emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
tapi ya gitu gan. banyak orang yang ngangep jomblo = gak laku = hina
Quote:Quote:Original Posted By azzaedie
ane setuju sama agan emoticon-Toast
cuma kadang bully an nya yg bikin goyah kalo jomblo emoticon-Wakaka

Quote:Original Posted By xlegendx
tapi ya gitu gan. banyak orang yang ngangep jomblo = gak laku = hina

iya gan kalo semuanya ga kompak pada ga pacaran ya pasti yg ga pacaran ikut2n,
kayak ane gini contohnya, pengennya ga pacaran tapi karena liat orang lain dan juga gamau dapat bekas jadi ikut2n deh emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By asdwar
Pacaran itu pada dasarnya pengertian awalnya kan penjajakan agar mengetahui kredibilitas pasangan masing2 , namun pd jamannya skrng pacaran trkdng d slh artikan dan membawa hawa negatip , jd se

bener gan,
bahkan jama sekarang penjajakan nya bisa ampe 5-10 tahun emoticon-Peace

Quote:Original Posted By ron12ron
mungkin sista neverwin12 sama agan bagobo baca ini emoticon-Malu (S)

sapa tuh gan? emoticon-Confused

Quote:Original Posted By mrrevaldi
ane netral aja gan

siap gan emoticon-Metal

Quote:Original Posted By kampretabang
ane sebagai jomblo dari orok akan merasa tersaingi gan emoticon-Cool

sapa yang mau nyaingi agan nih?
Yg pasti gak khawatir dpt barang bekas gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By hyzhel
Yg pasti gak khawatir dpt barang bekas gan emoticon-Ngakak


apa lagi srkarang jamannya PHP gan (perawan hampir punah) emoticon-Hammer (S):
maaf kak, kalo aku boleh komentar........
pacaran boleh aja sih kak, asal jangan kelewat batas emoticon-Matabelo
emoticon-flower
opini ini yah emoticon-Malu (S)
gini gan menurut nubi sih gini gan
buakan hanya buat berkenalan aja sisi positif dari pacaran
pacaran itu juga bisa jadi penyemangat untuk jadi lebih baik gan contohnya ane gan emoticon-Malu (S)
ane itu perokok gan dan berkat pacar ane sekarang ane belajar untuk tidak merokok lagi
pacaran juga bisa buat kita itu terlatih menghadapi masalah saat nanti udah nikah
kan kalo kita pacaran pasti ada banyak masalah kan disaat itu kita tau gimana cara ngatasinya gan emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)
×