alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e40cc0a2c06e846b8b456f/ada-yang-nyinyir-ketika-ane-bahas-simbiosis-mutualisme-kaskus-kaskuser
Ada yang Nyinyir Ketika Ane Bahas Simbiosis Mutualisme Kaskus-Kaskuser
Quote:Hi gan, apa kabar nih? Semoga sehat dan baik selalu, ya..emoticon-rose

Sebelumnya ane ucapin makasih buat agan yang udah berkunjung, komen, dan rate5. Dan seperti biasa, kalau agan nggak suka, langsung ajah tutup jendela Kaskus di layar komputer agan sista.

Di tret ini ane mau bahas tentang fenomena-fenomena yang sedang banyak diperbincangkan di Kaskus.

Buat momod dan mimin, sudi kiranya untuk TIDAK menggembok apa yang akan ane sampaikan di tret ini.

Mari kita meluncur, gan!emoticon-Smilie
emoticon-Traveller


Quote:Simbiosis Mutualisme

Ada yang menggelitik saat ane ngepost sebuah tret di salah satu sub forum di Kaskus. Waktu itu ane sempat menyinggung hubungan Kaskus dengan Kaskuser.

Dalam tret itu, ane menyebutkan bahwa alangkah baiknya jika Kaskus dan Kaskuser bisa berjalan beriringan. Saling bersinergi dan saling melengkapi. Seperti sebuah simbiosis mutuaslisme lah tepatnya.

Tak lama, seorang Kaskuser komen tanpa ragu. Intinya yang bersangkutan mempertanyakan dalam hal apa ane berani memposisikan diri dengan Kaskus sebagai sebuah simbiosis mutualisme? User di Kaskus itu banyak, jadi yang komen itu beranggapan bahwa seorang Kaskuser nggak boleh nuntut hubungan yang lebih.

Mungkin yang komen nggak menyadari bahwa Kaskus itu forum di mana Kaskus tumbuh bersama tema-tema yang diangkat Kaskuser ke dalam sebuah tret. Selanjutnya, traffic Kaskus akan meningkat dengan adanya tret-tret yang dibuat secara sukarela itu.

Coba bayangkan jika tidak ada Kaskuser yang membuat tret! Pasti Kaskus harus menggaji seorang pengisi konten yang bertugas membuat tret-tret yang mengungdang user untuk berdiskusi dan meramaikan Kaskus.


Quote:Kaskuser = Volunteer

Saat ini banyak yang mempertanyakan apa timbal balik yang diterima Kaskuser atas tret-tret yang dibuatnya?

Yang menuduh Kaskus pelit, sah-sah saja. Tapi yang perlu diingat, Kaskuser membuat tret dengan sukarela. Oleh sebab itulah agak sulit kalau mau minta 'jatah' ke Kaskus karena sudah membuat sebuah tret.

Idealnya memang harus ada timbal balik karena tidak dipungkiri bahwa ide-ide Kaskuser (khususnya yang orisinil) pasti sedikit banyak membantu meramaikan Kaskus. Tapi apalah daya, user hanyalah rakyat jelata di Kaskus ini.

Coba kita bandingkan dengan walikota Bandung yang membuat tantangan ke warganya untuk menyumbangkan ide-idenya dengan imbalan jadi walikota sehari. Selain itu, satu orang terpilih bakal dapet kompensasi yang diambil dari biaya operasional.

Nah, kalau Kaskus harus membayar para pembuat tret, berapa rupiah yang harus disisihkan untuk mereka?

Anggaplah satu tret dibayar 10rb. Jika dalam sehari ada 15 tret yang dipajang di halaman utama Kaskus, berarti sehari harus ada biaya 150rb. Coba kalikan dengan 30 hari yang berarti setiap bulannya Kaskus harus keluar biaya 4,5 juta. Lalu dikalikan dengan satu tahun menjadi 54 juta setahun. Wah, besar juga ya anggarannya. Itu baru dari tret HT.

Kalau semua tret di sub forum yang jadi TT dibayar juga gimana?


Quote:Sekian dulu tret dari ane. Kalo ada yang mau nambahin, silakan komen ajah, gans...

emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir

Ane minta maaf kalau ada kata yang kurang berkenan di hati agan. Ane nggak bosen-bosennya bilang kalo ane cuma manusia biasa, bukan Tuhan yang Maha Sempurna.

Sekali lagi ane ngucapin makasih buat yang sudah mampir. Ane juga nggak bosen-bosennya bilang kalo tret ini dibuat bukan untuk memuaskan segala kalangan. Jadi, kalau ada kekurangan karena tidak sesuai dengan minat agan, berilah maaf si TS karena hakikatnya, sebuah tret tidak akan mampu memuaskan seluruh Kaskuser.
Jangan digembok ya, mod!emoticon-Kiss (S)

Quote:Original Posted By m00n2718
wah kalo soal ginian mah ane gak ikut campur, bagi ane sendiri kaskus udah kayak tempat nongkrong di dunia maya, cari hiburan, info, refreshing, dll
soal timbal balik menurut ane mah relatif setiap kaskuser berbeda pendapatnye,, ane sendiri teramsuk yang netral aja , toh di sadari atau enggak timbal balik antar kaskus dan kaskuser sudah ada, kaskus gak bakal gede kalo gak ada kaskuser, sebaliknya juga kalo gak ada kaskus para kaskuser juga mungkin gak ada tempat nongkrong di dunia maya yang asyik, mnrut ane aja sih itu emoticon-Malu (S)


Ane nggak bertanggung jawab atas kebenaran info yang ane angkut, cuma memenuhi permintaan Kaskuser yang udah susah payah komen ajahemoticon-Smilie

Quote:Original Posted By bramantyonagas
Gw setuju dah ama Ts nya. Menurut surpei user aktif kaskus kan 70% lebih adalah pengangguran akut yg gak punya kerjaan jelas di real life, makanya ketimbang gak ada kerjaan yg berarti di real life nya mereka menyibukkan diri dan menghabiskan waktunya dengan berforum di kaskus (baca: chit chat gak penting, cari eksistensi dan perhatian), secara di real life nya cuma dianggap angin lalu sama sekitar. Makanya gw setuju dah kalo ada reward buat mereka, itung itung buat beli mereka pulsa internet, supaya bisa melupakan kenyataan hidup dengan membenamkan diri di Kaskus. Kan gak enak ngemis ngemis emaknya terus buat minta pulsa. Itung2 kasih kebahagiaan semu lah buat orang2 seperti mereka.

emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By bramantyonagas

Dari data opicernya sih gt. Pejwan dong komen gw bray, jarang2 gw ngetik panjang2 di trit orang
emoticon-Toast
54 juta setahun itu bukan apa2 gan emoticon-Ngakak
gak liat apa iklan di mari segambreng emoticon-Ngakak
iya ya ? ane baru kepikiran apa timbal baliknya buat kaskuser.. emoticon-Cool
kalo sekali post dibayar 100 rupiah aja juga gpp emoticon-Malu
Kaga bakal digubris ama admin2 idiot... emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By mbewehkill666
kalo sekali post dibayar 100 rupiah aja juga gpp emoticon-Malu


Pasti pada berlomba ngepost bwt dapetin duit 100rb gan emoticon-Ngakak
TS MAU MANCING KERIBUTA LAGI
Quote:Original Posted By def.jam


Pasti pada berlomba ngepost bwt dapetin duit 100rb gan emoticon-Ngakak


klo gk dikabulin mogok ngepost gan, jd ane bisa pertamax trs emoticon-Cool
habislah kaw TS emoticon-Angkat Beer
emoticon-Shutup
berburu pejwan aja gann emoticon-Cool
hmmmmmm........



nanti saya pikirkan.......




emoticon-Cool
iya juga sih gan, ada baiknya kaskus mempertimbangkan hal ini emoticon-Cool
Quote:Original Posted By kamumaho21
TS MAU MANCING KERIBUTA LAGI


Nggak, gan.. Ane mau damai2 ajah menggunakan akal dan hati nuraniemoticon-Smilie
Kalo masalah tiap HT dikasih imbalan mending dibuat macem paypai aja, jadi tiap tiap kita HT otomatis saldo langsung masuk ke akun itu, baru setelah mencapai saldo tertentu boleh diambil deh uangnya emoticon-Smilie emoticon-Smilie

sekedar saran
Quote:Original Posted By mbewehkill666


klo gk dikabulin mogok ngepost gan, jd ane bisa pertamax trs emoticon-Cool


Gak dibayar gw mah tetep ngepost selama threadnya bermutu & gk repost. Gw jg gk ngejar pertamax tuh. Toh gw bukan anak alay yg baru melek kaskus
Quote:Original Posted By anwar04
Nggak, gan.. Ane mau damai2 ajah menggunakan akal dan hati nuraniemoticon-Smilie

salam damai dihati damai dibumi
emoticon-Angel

-------
anti oot
ane yakin kaskuser disini meskipun tidak dibayar atau tidak mendapatkan apapun dari pihak kaskus, tipi kita dapet ilmu baru, komunitas baru, temen baru. itu lebih bernilai daripada yg lain.
banyak orang yang ketipu lalu posting dikaskus akhirnya temen temen kaskus ikut membantu mencarikan keberadaan pelaku, saling sharing hobi, wawasan bertambah, Surat pembaca buat keluhan terhadap suatu instasi, ada yang saling curhat disini

Timbal baliknya ccuman dapat badge sama hadiah yg gak seberapa tapi buat ngedapati nya susah minta ampun emoticon-Traveller



ampun MIn emoticon-Traveller
ngga banyak orang yang sudi berbagi dengan kesadarah dari hati emoticon-Recommended Seller