alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e3a14f98e31bf2588b456b/yusril-akan-likuidasi-pemprov-dki-jakarta-jika-terpilih-sebagai-gubernur
Yusril Akan Likuidasi Pemprov DKI Jakarta jika Terpilih sebagai Gubernur
JAKARTA, KOMPAS.com - Yusril Ihza Mahendra percaya diri menjadi penantang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Apa rencana besar Yusril sehingga begitu percaya programnya bisa menyelesaikan masalah Jakarta secara tuntas?

Dalam perbincangan santai di kantor Tribunnews.com, Yusril memaparkan rencana besarnya yang tujuan akhirnya yakni melikuidasi Jakarta sebagai provinsi.

"Kalau saya terpilih menjadi Gubernur, saya hanya mengatur Jakarta dalam masa transisi. Ke depan, Jakarta dilikikuidasi. Tidak ada lagi Gubernur. Tidak ada lagi DPRD. Yang ada adalah Menteri Urusan Ibukota, kemudian Komisi Urusan Ibukota serta wali kota-wali kota saja," jelas Yusril yang berdialog selama hampir tiga jam bersama Tribun, Warta Kota, Kompas TV dan Kompas.com, Jumat (11/3/2016) sore.

Yusril mengatakan, wajah Jakarta sebagai Ibukota adalah cerminan wajah Indonesia.

Semerawutnya Jakarta, banjir dan macet Jakarta, menjadi kesan utama luar negeri bahwa Indonesia juga seperti itu.

Yusril mencontohkan, Manila dan Kuala Lumpur sebagai Ibukota Negara, lebih baik kondisinya dari Jakarta. Kemacetan bisa teratasi, transportasi memadai.

Menurut Yusril, Manila dan Kuala Lumpur bisa menjadi seperti itu lantaran wilayah tersebut bukan berdiri sendiri menjadi provinsi mandiri seperti Jakarta.

Yusril memiiliki ide, wilayah Jakarta yang berada di Ibukota itu diatur oleh menteri khusus, bukan sekelas gubernur. Dengan jabatan menteri khusus yang dipilih langsung oleh Presiden, maka menteri urusan Ibukota itu bisa melakukan koordinasi dengan berbagai wilayah provinsi terdekat dalam melakukan pembangunan tanpa ada hambatan birokrasi atau ego sesama kepala daerah.

Yusril lantas menyebut, penanganan banjir di Jakarta yang sebagian akibat air kiriman dari sungai di Bogor, selama ini belum tuntas karena sulitnya berkoordinasi dengan kota, kabupaten tetangga maupun Pemprov Jawa Barat.

Jika koordinasi penanganan Ciliwung dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Menteri Urusan Ibukota, maka para wali kota, bupati maupun gubernur dipastikan akan mudah berkoordinasi karena yang melakukan koordinasi adalah menteri. Bukan sesama kepala daerah.

Begitu pula dengan penanganan masalah transportasi, Menteri Urusan Ibukota sebagai kepanjangantangan pemerintah pusat bisa mudah melakukan koordinasi dengan kepala daerah tetangga Ibukota.

Sehingga pembangunan transportasi tak hanya terpusat di Jakarta.

Kawasan penyangga Ibukota juga akan merasakan dampak pembangunan secara komprehensif karena Menteri Urusan Ibukota bertugas menciptakan kondisi Ibukota yang nyaman dan ramah bagi seluruh warga Indonesia.

Bukan hanya memikirkan Ibukota saja.

Dengan transportasi yang terbangun dari Jakarta hingga kawasan penyangga secara baik, maka akses menuju Ibukota menjadi mudah.

Kawasan pemukiman juga bisa diatur sejalan dengan dibangunnya jalan dan penyediaan moda transportasi di kawasan penyangga.

"Orang tetap senang dan nyaman tinggal di luar Ibukota. Kalau mau bekerja atau ada urusan ke Ibukota, tak perlu lama-lama terkena macet karena aksesnya lancar," jelas Yusril.

Masalah sampah yang sempat menjadi pertengkaran dengan daerah tetangga Jakarta, hal tersebut tidak akan terjadi apabila yang menangani Menteri Urusan Ibukota.

Menteri tersebut akan mudah berkoordinasi dengan wilayah tetangga karena mereka menjalankan tugas dari pemerintah pusat sehingga tidak lagi muncul ego kepala daerah.

Jakarta yang diurus oleh menteri juga bisa turut andil membangun kawasan sekitar dengan memberikan bantuan dana besar yang dimilikinya.

"Misal hendak membangun waduk di Bogor atau Depok, Menteri Urusan Ibukota bisa anggarkan dana untuk membiayainya. Jadi daerah-daerah di luar Ibukota akan menikmati Ibukota sebagai bagian dari pemerintah pusat," lanjut Yusril.

Yusril memimpikan Jakarta bukan lagi hanya menjadi milik orang Jakarta. "Jakarta adalah milik seluruh warga Indonesia karena Jakarta adalah Ibukota Indonesia," tegas Yusril.

(Yulis Sulistyawan/Tribunnews.com)

http://kom.ps/AFuniu
teman ahoak gogling2 dulu gih buat konter emoticon-Big Grin
Segala cara dilakukan ckckck ,dasar penghianat bangsa cuiih emoticon-Mad (S)
Kalo mau ky gitu wewenangnya di presiden dan dpr ri,bikin uu yg ngerubah pemerintahan jkt
pemikirannya orisinil

Jenius emoticon-Angkat Beer
goblok nya minta ampun
dah jelas tujuan jd cagub karena mau jadi menteri dan Presiden
suruh menteri revolusi mentalemoticon-Embarrassment
super komprehensif emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By orgindox
goblok nya minta ampun
dah jelas tujuan jd cagub karena mau jadi menteri dan Presiden



emoticon-Gila baca lagi tong

"Kalau saya terpilih menjadi Gubernur, saya hanya mengatur Jakarta dalam masa transisi. Ke depan, Jakarta dilikikuidasi. 
kemungkinan besar gag akan terlaksana.
Ibu kota itu mau dipindahin sama jokowi pak! emoticon-Big Grin






Tapi cuma omong kosong jokowi doang! emoticon-Tai emoticon-Ngakak
trus gimana caranya ngusulin tu?
Lu mau jadi gubernur atw mo jadi presiden jink emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Marah
bagus ni ide...cuma apa malah menimbulkan raja2 kecil di tingkat walkot? kecuali walikota bisa dipecat presiden...ini baru bagus...skarang dki punya pemimpin bersih yg bagus kerjanya...tapi beberapa tahun lagi gimana kalo orng parpol yg nguasai??? ah bingung kemungkinan bisa kemana2emoticon-Bingung
nongkrong dimari akh.
mau liat om yusril di bully fans ahog emoticon-Cool
Quote:Original Posted By eqepe



emoticon-Gila baca lagi tong

"Kalau saya terpilih menjadi Gubernur, saya hanya mengatur Jakarta dalam masa transisi. Ke depan, Jakarta dilikikuidasi. 


kalo gitu programnya, mending pulang kampung ke belitung aja, dia kira jadi gubernur dki bisa ngatur presiden dan dpr utk ubah uu mengenai DKI emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mbahmomon
kemungkinan besar gag akan terlaksana.



knp nggak .. yusril spesialisasinya hukum tata negara ..
Quote:Original Posted By eqepe



emoticon-Gila baca lagi tong

"Kalau saya terpilih menjadi Gubernur, saya hanya mengatur Jakarta dalam masa transisi. Ke depan, Jakarta dilikikuidasi. 


ke depan lagi endonesah BUBAR emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Cerdasss,,, ane dukung dari sidoarjo bang yus emoticon-thumbsup
emang gubernur punya wewenang mengubah sistem pemerintahan kaya gini? emoticon-Gila
Komunitas kebon sirih akan meradang
×