alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e38de454c07a64598b4567/terbitkan-imb-gereja-ridwan-kamil-digugat
Terbitkan IMB Gereja, Ridwan Kamil Digugat
Terbitkan IMB Gereja, Ridwan Kamil Digugat

Bandung - Warga Kelurahan Karasak, Kecamatan Astana Anyar akan menggugat Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang menerbitkan izin mendirikan bangunan (IMB) bagi jemaat Gereja Rehoboth Berea.
“Wali kota memaksakan kehendaknya. Padahal ada warga yang tidak setuju dengan pendirian rumah ibadah tersebut,” ujar Dadang Budiman, salah seorang warga RW 06, Kelurahan Karasak, Kecamatan Astana Anyar di depan Balai Kota Bandung, Kamis (10/3).
Dalam aksinya itu, Dadang menyampaikan keluhannya. Permintaan warga untuk beraudiensi dengan wali kota sebanyak tiga kali belum mendapat tanggapan.
Badan Pusat Perizinan Terpadu Kota Bandung menerbitkan IMB bagi pembangunan Gereja Rehoboth Berea pada akhir 2015. Padahal, ungkap Dadang, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung pernah menyegel rumah ibadah itu pada 2013.
Selain Dadang tampak hadir di aksi tersebut, puluhan anggota Front Pembela Islam, Gerakan Reformis Islam, serta Forum Ulama Ummat Islam yang ikut mendukung pembentukan Aliansi Nasional Anti-Syiah.
Imam besar Gerakan Reformis Islam, Chep Hermawan menyatakan pihaknya tidak melarang umat agama lain mendirikan tempat ibadah selama sesuai dengan aturan yang berlaku. Aturan itu mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama dan Pendirian Rumah Ibadah.
“Mau mendirikan rumah ibadah, agama apa juga mengacu pada peraturan tersebut. Itu aturan yang disepakati semua agama bukan Islam saja. Jadi jangan memaksakan kehendak,” tutur Hermawan.
Salah satu syarat dalam peraturan--yang kerap disebut surat keputusan bersama dua menteri atau SKB 2 Menteri--untuk mendirikan rumah ibadah adalah mendapatkan dukungan dari minimal 90 warga sekitar.
Yosep, salah seorang warga RW06, Kelurahan Karasak mengaku dirinya sama sekali belum pernah diajak bicara oleh pihak gereja soal rencana pendirian gereja di sana.
“Buat saya ini berarti tidak ada iktikad baik dari mereka,” ujar Yosep memaparkan keberatannya memberikan izin pembangunan gereja di Karasak sejak tahun 1997 silam.
Kepala Divisi Advokasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung Harold Aaron menyoroti keberadaan peraturan bersama dua menteri sebagai biang dari masalah ini. Pemerintah seharusnya memberikan akses pelayanan publik yang cepat dan mudah terkait pendirian rumah ibadah.
“Berdasarkan pendampingan kami, sering kali kelompok korban mengakui pengurusan izin pendirian rumah ibadah ini malah jadi ajang bisnis perizinan,” ungkap Harold.
LBH Bandung mencatat kondisi kebebasan beragama dan berkeyakinan di Kota Bandung masih bersifat diskriminatif. Kelompok yang rentan menjadi korban adalah jemaat Ahmadiyah, Syiah, dan Kristen.
“Ada tiga aspek pelanggaran hak kebebasan beragama dan berkeyakinan yaitu kebebasan menjalankan agama, ibadah dan pentaatan agama, pendirian dan penggunaan rumah ibadah, serta pengajaran dan pendidikan agama,” ujar Harold sembari menambahkan pemerintah membiarkan masalah tersebut daripada melakukan tindakan aktif untuk menyelesaikannya.

Adi Marsiela/AB

http://m.beritasatu.com/nasional/354...l-digugat.html

Dan sebagian besar pengidola rk pun kecewa
Udah ada ijin tp karena ada yg ga setuju jd minta dicabut?
Tp ane dukung semua rumah ibadah tanpa imb diratakan dengan tanah
Quote:Original Posted By papipanda
Udah ada ijin tp karena ada yg ga setuju jd minta dicabut?
Tp ane dukung semua rumah ibadah tanpa imb diratakan dengan tanah


like emoticon-thumbsup
sewa ruko aja emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By papipanda
Udah ada ijin tp karena ada yg ga setuju jd minta dicabut?
Tp ane dukung semua rumah ibadah tanpa imb diratakan dengan tanah


kalo masjidnya yg gak punya IMB, apa ente berani usik?
sudah bosan idup ya ? emoticon-Wkwkwk
Ah sudahlah, di Jabar mah gitu emoticon-Big Grin


semuanya punya alasan dan pembenaran masing-masing emoticon-Ngacir2
Heran sekali kenapa berita ginian gak jauh2 dari daerah bandung depok bekasi emoticon-Big Grin

Nth iman masyarakat disana yg bagus dan kuat atau masyarakatnya yg goblog, tanyakan saja sama rumput yg bergoyang emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By guecupu


kalo masjidnya yg gak punya IMB, apa ente berani usik?
sudah bosan idup ya ? emoticon-Wkwkwk


Justru kalo liat di media,umat islam yg paling di depan ngurusin perijinan rumah ibadah,jd kl ada masjid tanpa imb,umat islam pasti akan senang hati meratakan dengan tanah
Kalo ga kan malah munafik,masa imb rumah ibadah orang diributin,taunya rumah ibadah sendiri ga ada imb nya?
Munafik itu dosa besar dlm islam
ridwan kamil goblok, mendingan buat kafe, diskotik, restoran atau mall saja. pasti tidak ada yang protes, semua hepi, dapat duit hidup tentram
Bisa dipastikan setelah gereja itu berdiri, maka berbondong-bondong umat Islam disekitar pada pindah agama. Begitu ya logikanya?
daerah jabar mirip papua y?

ribut masalah rumah ibadah mulu
Quote:Original Posted By papipanda


Justru kalo liat di media,umat islam yg paling di depan ngurusin perijinan rumah ibadah,jd kl ada masjid tanpa imb,umat islam pasti akan senang hati meratakan dengan tanah
Kalo ga kan malah munafik,masa imb rumah ibadah orang diributin,taunya rumah ibadah sendiri ga ada imb nya?
Munafik itu dosa besar dlm islam

emoticon-Wakaka
Ternyata masyarakat sana banyak yang hipokrit dan munafik ya.. emoticon-Ngacir
Mending Jabar ama Atjeh berdiri sendiri aja lah, nggak menjunjung ke-Bhinnekaan inih
Quote:Original Posted By papipanda
Justru kalo liat di media,umat islam yg paling di depan ngurusin perijinan rumah ibadah,jd kl ada masjid tanpa imb,umat islam pasti akan senang hati meratakan dengan tanah
Kalo ga kan malah munafik,masa imb rumah ibadah orang diributin,taunya rumah ibadah sendiri ga ada imb nya?
Munafik itu dosa besar dlm islam


kayak gak tau aja standar janda emoticon-Wkwkwk
munafik kalo menguntungkan diri sendiri itu diperbolehkan brow
berani usik? kita buat kerusuhan nanti emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk
gak heran deh di daerah situ (jabar), pola pikir masyarakat nya masih minim...
gampang di hasut dg dasar agama...

pantas aja daerah nya gak maju2...
jabar mulu, gak bosen apa ya emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By papipanda


Justru kalo liat di media,umat islam yg paling di depan ngurusin perijinan rumah ibadah,jd kl ada masjid tanpa imb,umat islam pasti akan senang hati meratakan dengan tanah
Kalo ga kan malah munafik,masa imb rumah ibadah orang diributin,taunya rumah ibadah sendiri ga ada imb nya?
Munafik itu dosa besar dlm islam


Masjid tanpa imb bakal dihancurin?yakin?
Nggak pernah liat situasi real yah?emoticon-Big Grin

Noh di depok banyak masjid non imb, termasuk daerah gw, dan pas mau dibongkar warga malah dipojokkin sama dicap "intoleran"emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Abc..Z


Masjid tanpa imb bakal dihancurin?yakin?
Nggak pernah liat situasi real yah?emoticon-Big Grin

Noh di depok banyak masjid non imb, termasuk daerah gw, dan pas mau dibongkar warga malah dipojokkin sama dicap "intoleran"emoticon-Big Grin

Yg nolak bongkar masjid minta gereja dibongkar jg ga
Kl iya ya munafik
Padahal itu tempat ibadah juga gak pake toa yg menyakitkan telinga
Quote:Original Posted By papipanda


Justru kalo liat di media,umat islam yg paling di depan ngurusin perijinan rumah ibadah,jd kl ada masjid tanpa imb,umat islam pasti akan senang hati meratakan dengan tanah
Kalo ga kan malah munafik,masa imb rumah ibadah orang diributin,taunya rumah ibadah sendiri ga ada imb nya?
Munafik itu dosa besar dlm islam


Ada berita kmrin2 kalau mesjid byk yg ga ada imb bro
×