alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56e3874bdc06bd5b508b4568/nu-pengikut-islam-radikal-diperkirakan-mencapai-10-juta-di-indonesia
NU: Pengikut Islam Radikal Diperkirakan Mencapai 10 Juta di Indonesia
NU: Pengikut Islam Radikal Diperkirakan Mencapai 10 Juta di Indonesia

Pengurus Syuriyah PWNU Jawa Timur, Prof Dr KH Ali Mascan Moesa, mencatat pengikut paham radikal di Indonesia saat ini mencapai 10 juta orang.

"Hasil riset menunjukkan empat persen penduduk Indonesia atau sekitar 10 juta orang sekarang memiliki pemahaman radikal," katanya, di Surabaya, Selasa.

Dia menjelaskan penelitian yang dilakukan menunjukkan hubungan agama dan negara menentukan kekerasan atas nama agama.

"Kalau hubungan agama dan negara terlalu dekat maka ada dua dampak yakni agama dijadikan alat atau terjadi radikalisasi agama, tapi kalau terlalu jauh akan terjadi sekulerisasi dan liberalisasi," katanya.

Menurut mantan anggota DPR itu, liberalisasi yang menjauhkan negara dari agama justru mendorong negara menjadi bangkrut akibat banyak masyarakat terlalu rasional dan stres.

"Solusi terbaik itu kembali pada cara Nabi Muhammad SAW yang lembut atau moderat dalam memadukan antara agama dan negara dengan mengedepankan akhlak dan akidah daripada fiqih dalam bernegara. Saya kira, cara ini perlu diterapkan pemerintah melalui kerja sama dengan para tokoh agama," katanya.

Ia mencontohkan nabi pernah hendak dibunuh. "Kalau menggunakan fiqih, maka orang yang hendak membunuh nabi itu harus dibunuh.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr H Sahid HM, menegaskan, adikalisasi dalam Islam mulai terjadi saat kepemimpinan Usman bin Affan, akibat konflik politik, karena banyak masyarakat yang tidak setuju dengan mutasi yang dilakukan Usman terhadap Saad bin Abi Waqash.

"Ada empat tokoh masyarakat yang tidak setuju tapi tanpa kekerasan, di antaranya Salman Alfarisi, namun ada 2.000 orang yang mengedepankan fiqih dengan membenturkan agama dengan politik, sehingga mereka menyatakan Usman harus dibunuh, karena tidak menggunakan hukum Islam," katanya.

Akhirnya, terbunuhnya Usman melahirkan tiga kubu yakni kubu Syiah yang pro-Ali bin Abi Thalib dan kubu Muawiyah yang anti-Ali bin Abi Thalib (Sunni), lalu muncul kubu Khawarij dari kubu Ali bin Abi Thalib tapi tidak setuju dengan Ali.

Dari kubu Khawarij inilah yang melakukan "takfiri" atau mengafirkan mayoritas Muslim itu berdosa besar, karena tidak berpedoman pada hukum Islam.

"Pola radikalisme itu muncul juga pada era modern dan kontemporer," katanya.

Pada era modern muncul di Arab Saudi yang dipimpin Muhammad bin Abdul Wahab pada 1703 atau dikenal dengan kelompok Wahabi yang memurnikan Islam dengan melawan bidah, khurafat, dan tahayul. Wahabi menghancurkan seluruh makam di Tanah Arab.

"Cara-cara itu melahirkan Komite Hijaz di Indonesia yang meminta pemerintah Saudi Arabia agar makam Rasulullah tidak dihancurkan sebagai bagian dari sejarah Islam. Komite Hijaz itulah yang mendorong lahirnya NU," katanya.

Pada era kontemporer, radikalisme muncul sebagai reaksi atas modernisme nilai-nilai Barat dalam sosial, budaya, politik, dan ekonomi, sehingga lahir Ikhwanul Muslimin di Mesir pada 1928.

"Arahnya atau targetnya untuk membentuk negara Islam dengan empat ciri yakni melawan atau menggunakan kekerasan, dan menolak hermeneutika atau pemahaman Al-Qur’an secara kontekstual," katanya.

Ciri lain, menolak pluralisme atau pemahaman terhadap non-Islam secara kemanusiaan yang dianggap merusak akidah, dan menolak Islam secara sosiologis seperti Islam Nusantara yang dianggap mendegradasi Islam.

"Bentuknya bisa gerakan politik seperti Wahabi atau Ikhwanul Muslimin, atau bisa gerakan dakwah seperti Hizbuth Tahrir yang bisa bermetamorfose menjadi PKS, FPI, Laskar Jihad, Majelis Mujahidin, tapi targetnya sama, yakni Negara Islam," katanya.

sumber
Banyak juga jumlah pengikut aliran sesatnya emoticon-Matabelo
Yup 75% nya berasal dri propinsi si tukang panggul beras
Quote:Original Posted By ngehemaniax
Yup 75% nya berasal dri propinsi si tukang panggul beras


Provinsi tukang panggul beras?
Markas besarny ada di jabar. Semoga RK maju di pilgub Jabar biar gerombolan yg satu ini mati kutu.
Quote:Original Posted By Avangelino


Provinsi tukang panggul beras?


NU: Pengikut Islam Radikal Diperkirakan Mencapai 10 Juta di Indonesia
Bagussssss, gak sekalian 250 Juta rakyat indonesia sekalianemoticon-Ngakak
NU sekarang kepengaruh faham Gusdurian,pluralis, JIL jadi sudah tidak sesuai khittah
G usah jauh2 ke Yaman,Islam NU aja beda dengan Malaysia, Brunei walaupun sama2 sekte Asyairoh

Jumlah 10 juta itu wajar jika parameter radikal itu mendirikan negara Islam, emang karena aktifis, organisasi yg berniat mendirikan Negara Islam itu banyak dengan pemahaman masing2
Negara kalo dideketin agama jelek, kalo dijauhin juga jelek..

Trus maunya apa ?? emoticon-Mewek

Negara tuh gabisa digituin...
semua agama juga ada yg radikal.....emoticon-thumbsup
tapi ini INDONESIA bray, bumi damai...emoticon-Cool
NU/JIN mulai kehilangan member. makin banyak yang sadar dan meninggalkan ormas ini emoticon-Shakehand2
Kalau yg nyeleneh kayak ulil itu baru ciptaan NU n the genk.

Bener ga gus
Quote:
Ia mencontohkan nabi pernah hendak dibunuh. "Kalau menggunakan fiqih, maka orang yang hendak membunuh nabi itu harus dibunuh.


habis kalian semua emoticon-linux emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By botak.dodol2
Kalau yg nyeleneh kayak ulil itu baru ciptaan NU n the genk.

Bener ga gus


kalau si botak mustofanahra gimana?
ini sebenarnya tugas intelijen, entah apa kerja intelijen, palingan yg banyak direkrut intelijen bodoh, sebaiknya semua berbau aparat sebaiknya dimeliterkan semua, makin lama ga beres negara ini, jauh sekali seperti zaman soeharto
contoh nya di BP, banyaakk....
scara pribadi itu pilihan lu, selama tdk mengganggu org lain dan melanggar norma2 hukum n adat budaya stempat, ane sih fine2 aja...
radikal bebas emoticon-Cool
radikal yg komprehensifemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mad.pedo2


kalau si botak mustofanahra gimana?


minoritas kampang sok ikut ikutan masalah orang.

Kalau lu merasa dia teroris laporin aja tu ke densu 88, suruh tangkap
Ngerik gan, kudu waspada nih.. emoticon-Mad
Mo diberantas nanti mewek, dibiarin merajalele.. emoticon-thumbdown
waduh, kalo yang sekedar nolak pluralisme dibilang radikal, gak cuman 10jt tuh, minim 100jt dah, bikin ketawa aja ini jil emoticon-Ngakak (S)