alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Wakil Ketua DPR: Lapas Harus Dikoreksi Total
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56dd276dd675d492038b4568/wakil-ketua-dpr-lapas-harus-dikoreksi-total

Wakil Ketua DPR: Lapas Harus Dikoreksi Total

Wakil Ketua DPR: Lapas Harus Dikoreksi Total

Metrotvnews.com, Jakarta: Labora Sitorus, terpidana kasus pencucian uang dan pembalakan liar, di Sorong, Papua Barat, lolos dari operasi besar-besaran yang dilakukan aparat setempat. Kesalahan itu dinilai bermula dari mekanisme yang berlaku di lembaga pemasyarakatan (Lapas) setempat.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, sudah menjadi rahasia umum, terpidana tertentu bisa keluar-masuk begitu saja dari suatu Lapas. Fadli menganggap ini sebuah kelemahan, karena kerap kemudahan izin keluar dari Lapas disalahgunakan.

Seperti kasus Labora, yang sejatinya ditahan di Lapas Sorong, tiba-tiba bisa keluar menghirup udara bebas. Labora diduga menyalahgunakan izin berobat dengan tinggal di kediaman pribadinya dan tidak pernah kembali lagi ke Lapas.

Hingga, Jumat, 4 Maret 2016 pagi waktu setempat, ratusan aparat gabungan TNI dan Polri berusaha menjemput langsung Labora. Namun operasi yang berlangsung sekira tiga jam itu tidak berhasil.

Pasalnya, Labora tidak berada di dalam rumah atau sekitarnya ketika aparat berhasil memaksa masuk ke kediaman Labora yang terletak di Tampa Garam, Kecamatan Rufei, Sorong, Papua Barat. Labora diduga sudah kabur malam sebelum operasi itu.

Alhasil, aparat atau petugas Kementerian Hukum dan HAM gagal memindahkan Labora ke Lapas Cipinang, Jakarta.

"Saya kira harus ada sesuatu koreksi total terhadap itu (pembinaan dan mekanisme perizinan dalam Lapas). Sehingga tidak mudah mereka yang di dalam Lapas untuk izin keluar dengan berbagai macam alasan. Kecuali memang sakit," kata Fadli di sela-sela diskusi Polemik di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (5/3/2016).

13 September 2014, Mahkamah Agung menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara terhadap Labora atas tuduhan pencucian uang dan pembalakan liar. Labora mempertanyakan dasar hukum yang digunakan MA sehingga ia bersikeras akan melakukan perlawanan terhadap putusan itu.

Labora mengaku lebih baik mati, ketimbang mendekam di balik jeruji besi selama 15 tahun.

"Lebih baik saya mati, daripada dihukum 15 tahun penjara. Memang saya salah apa. tidak ada pelanggaran hukum yang saya lakukan. Memang saya salah apa," kata Labora, dalam Program Metro Siang, Metro TV, Jumat, 6 Februari 2015.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...ikoreksi-total

---

Kumpulan Berita Terkait EKSEKUSI LABORA SITORUS :

- Wakil Ketua DPR: Lapas Harus Dikoreksi Total Labora Sitorus Serahkan Diri Ke Polres Sorong

- Wakil Ketua DPR: Lapas Harus Dikoreksi Total Labora Sitorus Masuk DPO, Keamanan Bandara Sorong Diperketat

- Wakil Ketua DPR: Lapas Harus Dikoreksi Total Menko Polhukam: Kejar dan Tangkap Labora

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di