alexa-tracking

Yuk Salat Gerhana, Begini Caranya...

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56dd22839478681b458b456d/yuk-salat-gerhana-begini-caranya
Yuk Salat Gerhana, Begini Caranya...

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News


Quote:Original Posted By pukibebulu

Yuk Salat Gerhana, Begini Caranya...
JAKARTA - Sejumlah wilayah di Indonesia pada Rabu lusa (9/3) akan mengalami gerhana matahari total (GMT). Kementerian Agama (Kemenag) dan sejumlah pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) di daerah pun telah mengeluarkan imbauan agar umat Islam di wilayah yang mengalamai gerhana matahari untuk menunaikan salat sunah dua rakaat.


Lantas, bagaimana tata cara salat gerhana atau yang dikenal dengan salat kusuf? KH Maman Imanul Haq, pengasuh pondok pesantren Al-Mizan, Majalengka, Jawa Barat menjelaskan, salat gerhana merupakan sunah muakad (sangat dianjurkan, red).


Dalam Alquran, petunjuk untuk salat khusuf ada pada surat Al Fushshilat ayat 37. Selain itu ada pula hadis Nabi Muhammad SAW.


Kiai Maman menjelaskan, sebaiknya salat gerhana dilakukan secara berjemaah di masjid, sebagaimana pernah dilakukan Rasulullah SAW. Pelaksaannya tidak didahului dengan azan maupin iqamat.


Menurut Kiai Maman, yang disunnahkan hanyalah panggilan salat dengan lafaz “as-shalatu jamiah'. "Salat gerhana dilakukan dua rakaat, masing-masing rakaat dua kali rukuk," katanya, Senin (7/3).


Setelah salat gerhana berjemaah kelar, maka bisa dilanjutkan dengan khutbah. Hal itu mengacu pada mazhab As-Syafi'iyah.


Sedangkan merujuk pada mazhab Al-Malikiyah, usai salat cukup memberikan peringatan kepada jamaah yang hadir, tapi bukan berbentuk khutbah di mimbar.(fat/jpnn)



================================



Berikut tata cara salat kusuf (gerhana matahari) :

1. Takbiratul ihram

2. Membaca doa iftitah, membaca al-Fatihah, membaca ayat Alquran

3. Rukuk dengan membaca doa rukuk

4. Bangkit dari rukuk sambil membaca: sami'allahu liman hamidah, rabbana walakal hamd. Kemudian membaca al-Fatihah dan ayat Alquran

5. Rukuk kedua sambil membaca doa rukukk

6. Bangkit dari rukuk sambil i’tidal (diam sejenak)

7. Sujud sambil membaca doa sujud.

8. Bangkit dari sujud dan membaca doa di antara dua sujud

9. Sujud kembali dan membaca doa sujud

10. Bangkit dari sujud dan mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama sampai tasyahud akhir dan salam.





Sumber : JPNN.COM






cuma liat gerana g ada gregetnya, sholat gerana baru ada gregetnyaemoticon-Cool




ane baru tau gan....
Pasti bntar lagi ada domba yg bakal coli dimari. emoticon-Cool
Quote:Original Posted By kalangkang.
Pasti bntar lagi ada domba yg bakal coli dimari. emoticon-Cool


Kalau ada yg coli pasti domba yang disalahin
sangat disayangkan kalau trit seperti ini sering dikotori oleh domba, babi dan tapir emoticon-Cape d... (S)
monggo yg pengen salat gerhana dipelajari cara2nya.
bener kan omongan gw dulu. jadwal shalat gerhana lengkap. skrg yg dipuja2 beralih ke bulanemoticon-Big Grin
Buset agama apa pula pk acara solat gerhana
Dewa bulan bisa ngamuk kalo gak disembah

Liat aja lambangnya bulan dan bintang

emoticon-Wakaka
Setahu ane sih gerhana itu kejadian yg byk dilakukan pagan ritual di jaman baheula
Quote:Original Posted By fuckbp2
bener kan omongan gw dulu. jadwal shalat gerhana lengkap. skrg yg dipuja2 beralih ke bulanemoticon-Big Grin

Bener bray
Semetara tgl 9 besok kotak kardus dilupakan sejenak, beralih sembah dewa bulan emoticon-Ngakak
Semisal agama import ga masuk indonesia kata2 domba babi dan onta ga mungkin ada. Dan ababil2 goblog bp ga mungkin sara.

Agama memang sengaja di susupkan negara asing aseng untuk mengadu domba warga negara spy perang saudara. Bagi yg otak dangkal ga bs memahami apa itu agama.

Negara perang saudara? Amerika dan saudi tertawa terbahak bahak hahahahahah
Quote:Original Posted By topkomputer


Kalau ada yg coli pasti domba yang disalahin


Dan prediksi gw benar. emoticon-Cool
Quote:Original Posted By victim.o.gip.13
Bener bray
Semetara tgl 9 besok kotak kardus dilupakan sejenak, beralih sembah dewa bulan emoticon-Ngakak



emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By masmomon
monggo yg pengen salat gerhana dipelajari cara2nya.





kok bisa di benet lagi mbah, apa halemoticon-Frown
Quote:Original Posted By kalangkang.
Pasti bntar lagi ada domba yg bakal coli dimari. emoticon-Cool


tuh udah ada, orang yang ibadah di yang ribut , heran pada kelonjotan sendiri emoticon-Wakaka
salatnya wajib pake kacamata gerhana ga? susah juga ya
Quote:Original Posted By pukibebulu





kok bisa di benet lagi mbah, apa halemoticon-Frown

momodnya lg nyadar kali bray kmaren salah ngelepasin.
emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By kalangkang.


Dan prediksi gw benar. emoticon-Cool


Lu tau anonymous ga. Lu ga bakal tau detail org di balik anonymous. Siapa mereka? Apa tujuan mereka? Itulah sebabnya banyak provokator yg gampang manas manasi org yg pikirannya pendek.
Shalat gerhana itu maksudnya apa ya ?
Ada yg bisa bantu pencerahan?