alexa-tracking

Negara Seolah Lupa Sejarah Perempuan Papua Diperkosa, dan Dibunuh

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56dcf343d44f9f7c7a8b456a/negara-seolah-lupa-sejarah-perempuan-papua-diperkosa-dan-dibunuh
Negara Seolah Lupa Sejarah Perempuan Papua Diperkosa, dan Dibunuh
Negara Seolah Lupa Sejarah Perempuan Papua Diperkosa, dan Dibunuh

Quote:HarianPapua.com - Indonesia hingga saat ini masih terus dipertanyakan tentang konsistensi para pemangku jabatan hingga Presiden Joko Widodo dalam mengungkap misteri pelanggaran HAM yang kelihatannya terus menghantui masyarakat yang berada di tanah Papua.

Negara Seolah Lupa Sejarah Perempuan Papua Diperkosa, dan Dibunuh

Sebut saja Pengacara Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Veronica Koman yang menyayangkan sikap pemerintah Indonesia yang dinilai dingin dalam mengungkapkan kebenaran yang terjadi di Papua.

"Pelanggaran HAM berat masa lalu sering luput. Biak '98, Wasior, Wamena, Paniai," kata Veronica via Kompas di Jakarta, Minggu (6/3/2016), kemarin.

Ia menuturkan, kasus pelanggaran HAM berat di Paniai mengakibatkan sejumlah mama-mama (Sebutan khusus bagi ibu-ibu Papua) memiliki tangan yang berlubang akibat ditembaki peluru oleh aparat keamanan.

Para mama tersebut melindungi anak-anak mereka saat para tentara memberondong mereka dengan peluru.

"Tidak ada usaha pengungkapan dari pemerintah. Banyak mama yang tangannya bolong," ujarnya.

Ada pula peristiwa sadis di Biak, Papua pada tahun 1998. Menurut Veronica, peristiwa itu tak kalah mengerikan dari peristiwa 1965, di mana para perempuan Papua diperkosa secara bergilir dan organ-organ vitalnya dipotong.

"Tapi luput dari media. Saya juga bingung kenapa," ungkapnya.

Perempuan Papua, lanjut dia, juga sering ditelantarkan dalam keadaan hamil. Berdasarkan analisanya, ada dua hal yang melatari hal tersebut.

Pertama, karena mereka dirayu para tentara di perbatasan kemudian ditinggal saat hamil karena mereka harus berpindah tugas atau pergi ke pulau lain.

Kedua, karena pola pikir pemerintah Indonesia yang menganggap masyarakat Papua bodoh, terbelakang, primitif, bahkan kanibal. Sehingga untuk menyelematkan Papua, genetik mereka harus diubah. Misalnya dengan cara mencampur genetik mereka dengan ras Jawa.

"Melalui nasihat itu tubuh perempuan jadi korbannya. Kayak diperkosa dengan segala mindset untuk mengubah genetika Papua itu," ujar Veronica.

Mereka juga dianggap telah dimarjinalkan secara ekonomi.

Veronica menyebutkan, Presiden Joko Widodo pada 2014 lalu menjanjikan mama-mama untuk dibangunkan sebuah pasar bernama Pasar Mama. Alasannya, banyak pendatang di daerah mereka. Sehingga mereka harus berjualan di pinggir-pinggir jalan, sedangkan para pendatang di pasar.

Namun, hingga saat ini janji tersebut belum terealisasikan. Memang, negara tak selalu menjadi aktor aktif dalam kasus-kasus kekerasan tersebut.

Akan tetapi, dengan melakukan pembiaran, kata Veronica, sesungguhnya pemerintah juga bisa dianggap sebagai pelaku kejahatan.

"Kalau di KUHP, pembiaran ada pasal kejahatannya. Jadi, pemerintah kalau melakukan pembiaran itu juga adalah pelaku kejahatan," ungkap Veronica.


Selengkapnya di Harian Papua

Quote:Follow HarianPapua.com di
Twitter : @Harian_Papua
Facebook : @MediaHarianPapua
wew perempuan papua emoticon-Peluk
Rezim kejam tapi negara stabil, rezim sekarang memberi banyak kebebasan tapi negara selalu gaduh..
emoticon-Wakaka
ngentod cewek papua? emoticon-DP
diperkosa?? emoticon-Matabelo
gw dengar cerita ini sepuluh tahun yg lalu... ternyata benar ya?
semoga ada ketegasan dari pemerintah
Sehingga untuk
menyelematkan Papua, genetik mereka
harus diubah. Misalnya dengan cara
mencampur genetik mereka dengan ras
Jawa.
"Melalui nasihat itu tubuh perempuan jadi
korbannya. Kayak diperkosa dengan
segala mindset untuk mengubah
genetika Papua itu," ujar Veronica.

Minta Di Perhatiin Tapi Belom" Udah Nyebar Isu Sara,Pantes Aja Di Anggap Terbelakang emoticon-fuck
tanpa meragukan kasus yg aslinya tp jelas ini ada yg dilebih2kan dan digunakan untuk agenda tertentu
tentara kita bejat2 ya ternyata
btw
Quote:Kedua, karena pola pikir pemerintah Indonesia yang menganggap masyarakat Papua bodoh, terbelakang, primitif, bahkan kanibal. Sehingga untuk menyelematkan Papua, genetik mereka harus diubah. Misalnya dengan cara mencampur genetik mereka dengan ras Jawa.

play as victim, fitnah keji, ga ada pemerintah berpikiran seperti itu
PNS orang papua yg kerja di jakarta yg gua tau mereka kecerdasannya di atas rata2

semoga ga ada saudara papua yg kena hasutan macam ini
Memperkosa mama papua?

Merubah genetik papua, dengan mencampurkan jawa dan papua melalui perkosaan?

Komentar gw satu aja: NGACA DONK
emoticon-Big Grin
Jawa lagi aja yang kena emoticon-Big Grin
Hmmm...
Soal HAM ya.. Mau komen, ntar sara lg..
Ada 2 suku disebut di artikel...
emoticon-Cool
memperkosa mama mama papua secara bergilir?? emoticon-Ngakak
Hmmm ts rada rada nih emoticon-Cape d...
Emang doyan?
Kemaruk bgt pelakunya.
emoticon-Ngakak
Nyang bener di perkosa
Kalo modelnya biar gelap tapi kyk beyonce semua baru ane percaya
lah ini ..?
Quote:Original Posted By victimaye
Hmmm ts rada rada nih emoticon-Cape d...


TS promo web-nya sendiri breh..

BTW, kalo memang ada bukti, kenapa ga dikumpulkan lalu kasi ke Pak Jokowi, toh dia sering kesana kan ? kapsul waktu pun ada disana..
cewek papua?
kalau aku sih no......ga tau kalo mas dhani..... emoticon-Ngacir
Cewe papua ane serem kl natap lamax gan..
Heem, kalau dinalar secara logika, sepertinya.... Hoax tuh perkosaan!